Sabtu, 02 Januari 2021

Materi, Soal dan Kunci IPA SMP Fotosintesis, Gerak dan Penyakit pada Tumbuhan

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



Daftar Link Materi Soal dan Kunci IPA SMP - Fisika Biologi Kimia


 - - | FOTOSINTESIS, GERAK, PENYAKIT PADA TUMBUHAN | - -

 

FOTOSINTESIS

Dilihat dari strukturnya, kloroplas terdiri atas:

1. Stroma

Stroma merupakan membran ganda yang melingkupi ruangan yang berisi cairan. Membran tersebut membentuk suatu sistem membran tilakoid yang berbentuk bangunan yang disebut kantung tilakoid.

2. Grana

Grana merupakan lapisan-lapisan yang terdiri atas kantungkantung tilakoid. Klorofil terdapat pada membran tilakoid dan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Peristiwa tersebut berlangsung di dalam tilakoid. Pembentukan glukosa sebagai produk akhir fotosintetis berlangsung di stroma.

Tahapan Fotosintesis

1. Reaksi Terang

Secara garis besar, proses berlangsungnya fotosintesis dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Cahaya mencapai sel-sel daun yang mengandung klorofil.

b. Klorofil menyerap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia.

c. Udara yang mengandung karbon dioksida masuk ke dalam daun daun melalui stomata. Selanjutnya, karbon dioksida tersebut menyebar di antara sel-sel daun.

d. Akar menyerap air yang dibutuhkan tanaman untuk proses fotosintesis. Air tersebut mengalir dari akar menuju batang kemudian ke daun

e. Molekul air dipecah oleh energi cahaya menjadi oksigen dan hidrogen. Molekul hidrogen bergabung dengan molekul CO2 membentuk glukosa.

f. Hasil fotosintesis berupa glukosa dan oksigen. 

Skema berlangsungnya fotosintesis dapat kamu lihat pada gambar berikut.

 

2. Reaksi Gelap (siklus Calvin)

Reaksi gelap (siklus Calvin) terjadi di dalam stroma (rongga daun). Pada siklus Calvin, H2 yang terlepas dari molekul air (H2O) akan diikat oleh NADP dan terbentuklah NADPH2, sedang O2 tetap dalam keadaan bebas. Pada reaksi gelap terjadi seri reaksi siklik (berulang) yang membentuk gula dari CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Reaksi ini tidak membutuhkan cahaya.

Energi yang digunakan dalam siklus Calvin diperoleh dari reaksi terang. Ketika berlangsung reaksi gelap terjadi proses respirasi seluler. Glukosa yang diperoleh pada reaksi terang digunakan oleh tanaman untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa yang merupakan komponen utama tubuh tumbuhan dan dapat pula digunakan sebagai bahan bakar.

Respirasi pada tumbuhan berlangsung pada malam hari. Tumbuhan berespirasi dan mengeluarkan CO2, uap air, dan energi. Oleh karena itu, pada malam hari udara di bawah tumbuhan terutama yang berdaun banyak akan terasa pengap, sedikit lembab dan gerah. Karbon dioksida bersifat menyerap kalor dari sekeliling sehingga menyebabkan udara menjadi gerah. Udara lembab yang dirasa adalah karena uap air yang dikeluarkan.

Spektrum Cahaya Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi dengan bantuan sinar matahari. Dari semua radiasi matahari yang dipancarkan, hanya panjang panjang gelombang yang berada pada kisaran cahaya tampak dengan panjang gelombang 380–700 nm yang dapat digunakan untuk proses fotosintesis. Cahaya tampak terbagi atas beberapa spektrum, antara lain sebagai berikut.

a. Cahaya merah

Spektrum cahaya merah mempunyai panjang gelombang antara 610–700 nm.

b. Cahaya hijau–kuning

Spektrum cahaya hijau–kuning mempunyai panjang gelombang 510–600 nm.

c. Cahaya biru

Spektrum cahaya biru memiliki panjang gelombang antara 410–500 nm.

d. Cahaya violet

Spektrum cahaya violet mempunyai panjang gelombang <400 nm. Tiap-tiap spektrum cahaya mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap proses fotosintesis. Hal ini terkait pada jenis dan sifat pigmen di dalam kloroplas pada saat menangkap cahaya dalam fotosintesis. Pigmen yang terdapat pada membran grana menyerap cahaya yang memiliki panjang gelombang tertentu. Pigmen yang berbeda menyerap cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda pula.

A. Faktor yang Memengaruhi Fotosintesis

Laju fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesis adalah sebagai berikut.

1. Intensitas cahaya

Laju fotosintesis mencapai puncaknya pada saat terdapat banyak cahaya.

2. Konsentrasi karbon dioksida

Semakin banyak karbon dioksida di udara, jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis juga semakin banyak

3. Suhu

Suhu sangat berperan di dalam segala jenis reaksi biokimia di dalam tubuh tumbuhan terutama yang melibatkan kerja enzim. Enzim-enzim yang bekerja di dalam proses fotosintesis hanya akan dapat bekerja pada suhu yang optimal. Pada umumnya laju fotosintensis akan meningkat beriringan dengan meningkatnya suhu sampai pada batas toleransi enzim.

4. Kadar air

Air mempunyai peran vital pada proses fotosintesis. Kekurangan air atau kekeringan dapat menyebabkan stomata atau mulut daun menutup sekaligus menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga akan mengurangi laju fotosintesis.

5. Kadar hasil fotosintesis (fotosintat)

Apabila kadar fotosintat, misalnya karbohidrat berkurang maka laju fotosintesis akan meningkat. Namun, apabila kadar fotosintat bertambah maka laju fotosintesis akan berkurang.

GERAK PADA TUMBUHAN

A. Gerak Autonom

Gerak autonom merupakan gerak tumbuhan yang tidak disebabkan oleh rangsangan dari luar. Diduga gerak yang terjadi disebabkan oleh rangsangan yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Gerak autonom disebut juga gerak endonom atau gerak spontan. Contoh gerak autonom antara lain sebagai berikut.

1. Gerak protoplasma pada sel-sel daun tanaman lidah buaya dan umbi lapis bawang merah yang masih hidup.

2. Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.

3. Gerak tumbuhan ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun, dan bunga. Pada tumbuhan yang sedang mengalami masa pertumbuhan terjadi penambahan massa dan jumlah sel. Pertumbuhan ini menimbulkan gerak autonom.

B. Gerak Esionom

1. Gerak Nasti

Gerak nasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang arahnya tidak ditentukan atau ditujukan ke atau dari sumber rangsang. Rangsang tersebut dapat berupa sentuhan, suhu, cahaya, dan kelembaban. Berdasarkan jenis rangsang yang memengaruhi, gerak nasti dibedakan menjadi termonasti, seismonasti, niktinasi, dan nasti kompleks. Mari kita pelajari satu per satu melalui pembahasan berikut ini.

a. Termonasti

Termonasti merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang berupa suhu. Contoh termonasti yang terjadi di daerah dingin, misalnya bunga tulip dan bunga crokus yang membuka karena pengaruh suhu. Bunga-bunga tersebut mengembang jika mengalami kenaikan suhu. Jika suhu menurun maka bunga-bunga tersebut akan menutup lagi.

b. Fotonasti

Fotonasti adalah gerak yang melibatkan sebagian atau seluruh bagian tumbuhan karena pengaruh rangsang berupa cahaya. Contoh fotonasti adalah menguncupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada waktu matahari terbenam.

c. Seismonasti

Seismonasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau getaran. Contoh seismonasti adalah gerak menutupnya daun putri malu ketika disentuh. Untuk memahami pengertian gerak seismonasti pada tumbuhan dapat kamu lakukan dengan mengamati tanaman putri malu (Mimosa pudica). Pernahkah kamu mengamati tanaman putri malu? Jika daun tanaman putri malu disentuh maka daun tersebut akan menutup seperti layu. Sentuhan merupakan salah satu rangsang dari luar terhadap gerakan daun tanaman putri malu. Arah menutupnya daun akibat sentuhan adalah tetap walaupun rangsang sentuhannya berbeda.

d. Niktinasti

Gerak niktinasti (nyktos = malam) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang dari lingkungan di malam hari. Contoh gerak niktinasti adalah gerak menutupnya daun tumbuhan yang tergolong tumbuhan polong (Leguminoceae) pada menjelang malam hari. Gerak ini disebabkan oleh perubahan tekanan turgor sel-sel pada jaringan di dalam persendian daun.

e. Nasti kompleks

Gerak nasti kompleks adalah gerakan sebagian tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh lebih dari satu macam rangsang. Contoh gerak nasti kompleks adalah gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh cahaya matahari, zat kimia, dan air. Pernahkah kamu mengamati mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) dan pohon waru (Hibiscus tiliaceus)? Mekarnya bunga pukul empat pada sore hari itu dipengaruhi oleh cahaya dan suhu.

2. Gerak Tropisme

Tropisme (tropos = balik) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang. Tropisme yang menuju sumber rangsang merupakan gerak positif, sedangkan yang menjauhi rangsang adalah negatif. Berdasarkan jenis rangsang yang memengaruhinya, tropisme dapat dibedakan menjadi fototropisme, kemotropisme, hidrotropisme, geotropisme,dan tigmotropisme.

a. Fototropisme

Fototropisme atau heliotropisme adalah gerak tumbuhan yang terjadi akibat pengaruh arah datangnya rangsang berupa cahaya. Fototropisme dibagi menjadi dua, yaitu:

1) Fototropisme positif, adalah gerak tanaman menuju ke arah datangnya cahaya Contoh: Ujung batang bunga matahari yang membelok menuju ke arah datangnya cahaya.

2) Fototropisme negatif, adalah gerak tanaman atau bagian tanaman menjauhi arah datangnya cahaya. Contoh: Gerak ujung akar yang menjauhi arah datangnya cahaya.

b. Kemotropisme

Kemotropisme adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan ke arah sumber rangsang yang berupa bahan kimia. Contoh: Akar tanaman yang menuju arah zat makanan atau menjauhi zat racun.

c. Hidrotropisme

Hidrotropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh air. Peristiwa hidrotropisme, misalnya pada gerak akar tumbuhan menuju sumber air. Contoh: Gerak ujung akar kecambah menuju tempat yang berair.

d. Geotropisme

Geotropisme ialah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh gaya gravitasi. Gerak ini terjadi pada akar dan batang tumbuhan. Berdasarkan arah gerak terhadap gravitasi, geotropisme dibagi menjadi dua, yaitu

1. Geotropisme positif, adalah gerak yang menuju ke pusat bumi. Contoh: Gerak ujung akar kepala.

2. Geotropisme negatif, adalah gerak yang menjauhi gaya gravitasi bumi. Contoh: Gerak pada ujung batang tumbuhan.

e. Tigmotropisme

Tigmotropisme atau haptotropisme (thigma = singgungan; hapto = sentuhan) adalah gerak membeloknya bagian tubuh tumbuhan akibat adanya persinggungan (sentuhan). Tigmotropisme dapat kita amati pada tanaman kacang panjang dan mentimun. Ujung batang atau ujung sulur kacang panjang dan mentimun dapat membelit pada tempat merambatnya.

3. Gerak Taksis

Gerak nasti yang dikemukakan di atas merupakan gerak akibat perbedaan kecepatan perubahan tekanan turgor, sedangkan gerak tropisme merupakan gerak akibat tumbuh. Kedua gerak tersebut bukan merupakan gerak pindah tempat. Pada beberapa jenis tumbuhan tingkat rendah ada yang dapat melakukan gerak berpindah tempat. Gerak ini disebut gerak taksis. Gerak taksis adalah gerak seluruh bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang. Gerak yang menuju ke arah datangnya rangsang disebut taksis positif, sedangkan gerak yang menjauhi rangsang disebut taksis negatif. Berdasarkan jenis rangsang yang memengaruhinya, taksis dapat dibedakan menjadi fototaksis dan kemotaksis.

a. Fototaksis

Fototaksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang cahaya.

Contoh:

1. Euglena yang dikenai cahaya akan bergerak pindah tempat menuju ke arah datangnya cahaya.

2. Gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya.

b. Kemotaksis

Kemotaksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang zat kimia.

Contoh:

1. Bakteri oksigen yang bergerak ke tempat-tempat yang banyak mengandung oksigen.

2. Spermatozoid pada Arkegonium lumut-lumutan dan paku-pakuan yang bergerak karena tertarik oleh zat gula atau protein. (Menurut klasifikasi Whittaker, organisme-organisme pada contoh di atas tidak termasuk kingdom plantae).

C. Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata. Gerak higroskopis ini merupakan gerak bagian-bagain tanaman yang tidak hidup lagi. Contoh gerak higroskopis antara lain merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan, membukanya dinding sporangium (kotak spora) paku-pakuan, serta membentang dan menggulungnya gigi-gigi pristoma pada sporangium lumut.

HAMA, GULMA, DAN PENYAKIT TANAMAN

A. Hama

1. Wereng

Wereng adalah sejenis kepik yang menyerang tumbuhan dan menyebabkan daun dan batang menjadi berlubang-lubang. Jika serangannya parah maka daun akan menguning, kering, dan akhirnya mati. Wereng dapat dikendalikan secara kimiawi, misalnya dengan penyemprotan menggunakan insektisida. Menyemprot dengan pestisida harus menggunakan baju lengan panjang, sarung tangan, penutup muka (masker), topi, sepatu, dan diupayakan tidak melawan arah angin.

2. Gangsir

Gangsir merupakan binatang yang sering menyerang tanaman yang masih muda, misalnya tanaman yang baru dipindah dari persemaian. Gigitan gangsir menyebabkan tanaman mati karena batangnya putus atau patah. Potongan pangkal batang itu biasanya tidak dimakan tapi hanya diputus. Serangan gangsir biasanya terjadi pada malam hari. Gangsir membuat liang di dalam tanah sampai kedalaman 90 cm dengan ciri khas ada onggokan tanah di permukaan liang. Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain dengan tidak menanam bibit yang terlalu muda karena disukai gangsir. Adapun pengendalian terhadap gangsir dapat dilakukan dengan menyiram larutan insektisida pada liang gangsir kemudian ditutup dengan tanah.

3. Tikus

Tikus merupakan hama tanaman yang sangat merugikan petani karena hal-hal sebagai berikut.

a. Menyerang tanaman pada masa persemaian, pertumbuhan, pembungaan, panen, hingga masa penyimpanan.

b. Sulit dikendalikan karena memiliki daya adaptasi yang baik.

c. Memiliki kemampuan berkembang biak yang tinggi dan penyebarannya cepat. Tikus betina dapat melahirkan 4 sampai dengan 12 anak dalam satu siklus reproduksi.

d. Memakan bagian tanaman seperti biji-bijian, umbi tanaman, dan buah. Selain itu, tikus juga merusak batang tanaman.

Tanda-tanda serangan tikus antara lain adanya kerusakan tanaman, ada jejak dan kotoran tikus, adanya bekas potongan-potongan pada tanaman yang dirusak tikus, serta adanya liang tikus. Pengendalian tikus dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

a. Pemberian racun tikus yang bersifat akut. Racun ini jika termakan oleh tikus dapat membunuh tikus hanya dalam beberapa jam.

b. Gropyokan, yaitu memburu dan membunuh tikus secara beramai-ramai dalam sebuah desa atau wilayah kelompok tani.

c. Emposan, yaitu dengan membakar campuran belerang dan jerami diarahkan ke dalam liang tikus. Sebelumnya lubang-lubang yang ada ditutup agar tidak ada tikus yang lari keluar melalui lubang lain.

d. Pengendalian biologis dilakukan dengan melepaskan musuh alami, misalnya burung hantu, kucing, dan ular sawah.

e. Penanaman padi secara serentak, yaitu agar serangan tikus tidak memusat pada salah satu wilayah persemaian

4. Lalat buah

Lalat buah biasanya menyerang tanaman pada waktu musim hujan. Lalat betina menusuk buah-buahan dengan alat peletak telur untuk memasukkan telurnya ke dalam daging buah. Telur akan menetas dan menjadi belatung yang memakan buah tersebut sehingga buah akan busuk dan rusak. Pengendalian lalat buah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

a. Sanitasi lingkungan dengan membersihkan semua buah yang rontok.

b. Pemasangan perangkap berupa sex pheromon.

c. Penyemprotan insektisida secara berselang-seling. Penyemprotan dilakukan pada pagi hari ketika masih ada embun.

5. Walang sangit

Walang sangit merupakan serangga hama tanaman padi. Setiap kali bertelur, serangga betina dapat menghasilkan 100–200 butir telur. Telur-telur tersebut diletakkan pada daun bendera tanaman padi. Telur yang telah menetas akan menjadi nimfa yang berwarna hijau dan berangsur-angsur menjadi coklat. Nimfa dan imago menyerang buah padi yang sedang matang susu dengan cara menghisap cairan buah sehingga menyebabkan buah menjadi hampa. Pengendalian terhadap wereng coklat dapat dilakukan dengan cara menanam secara serentak, sanitasi tanaman yang terserang, atau dengan penyemprotan insektisida dengan dosis yang sesuai.

6. Artona

Hama ini temasuk lepidoptera (kupu yang merusak tanaman ketika stadia larva). Artona menjadi hama bagi tanaman kelapa. Ulat yang baru menetas menyerang dengan menimbulkan gejala serangan titik-titik pada daun. Setelah agak besar, ulat menimbulkan gejala serangan garis-garis pada daun. Selanjutnya, ulat yang cukup besar memakan daun kelapa berikut tulang daunnya sehingga daun kelapa hanya tinggal lidinya saja. Pengendalian terhadap artona dilakukan dengan memangkas daun kelapa yang sudah terserang agar ulat dan kepompongnya ikut terbuang. Pengendalian hayati dengan melepas parasit Apanteles artonae. Pada areal pertanaman yang luas dapat dilakukan penyemprotan dengan larutan insektisida yang bersifat sistemik atau racun perut. Upaya pengendalian dan pemberantasan hama tanaman secara garis besar dapat dilakukan melalui dua macam cara, yaitu secara kimiawi dan secara biologi.

1. Pengendalian secara kimiawi

Pengendalian hama secara kimiawi merupakan upaya pengendalian pertumbuhan hama tanaman menggunakan pestisida, yaitu zat kimia pembasmi hama tanaman. Pestisida terdiri atas insektisida, larvasida, fungisida, dan algasida.

a. Insektisida digunakan untuk memberantas serangga (insekta).

b. Larvasida digunakan untuk memberantas larva (ulat).

c. Fungisida digunakan untuk memberantas jamur (fungi).

d. Algasida digunakan untuk memberantas ganggang (algae).

Penggunaan pestisida harus dilakukan secara cermat dan hati-hati mengikuti aturan pakai. Hal ini karena pestisida terbuat dari zat kimia yang berbahaya. Dampak penggunaan pestisida antara lain sebagai berikut.

a. Dapat membunuh hewan lain yang sebenarnya bermanfaat bagi manusia.

b. Apabila masuk ke dalam bahan makanan dapat bersifat racun sehingga membahayakan kesehatan manusia.

c. Dapat merusak keseimbangan ekosistem. 

Ada juga pengendalian hama secara kimiawi dengan menggunakan sistem fumigasi. Fumigasi adalah cara pengendalian hama dengan menggunakan gas beracun Methyl Bromide (CH3Br). Dengan dosis yang sesuai, fumigasi dapat membunuh rayap, tikus, kumbang, ngengat, dan lain-lain.

Fumigasi memiliki tingkat penetrasi yang tinggi dan dapat membunuh semua tingkat perkembangan hama tanpa mengotori bahan atau tanaman yang difumigasi. Namun, karena bahan yang digunakan adalah senyawa beracun maka penggunaan lebih lanjut masih dipelajari lebih lanjut supaya tidak terjadi dampak yang merugikan.

2. Secara biologi

Pemberantasan hama secara biologi merupakan upaya pengendalian hama tanaman dengan menggunakan agen pemangsa alami (predator). Contoh berbagai hewan pemangsa hama tanaman antara lain lebah penyengat, semut rangrang, dan burung hantu.

a. Ulat kupu artona diberantas dengan hewan semacam lebah penyengat.

b. Kutu loncat diberantas dengan semut rangrang.

c. Tikus diberantas dengan burung hantu

B. Gulma

Gulma adalah tanaman pengganggu tanaman budi daya. Berbeda dengan hama dan penyakit tanaman, pengaruh yang diakibatkan oleh gulma tidak terlihat secara langsung dan berjalan lambat. Namun, secara keseluruhan kerugian yang ditimbulkan sangat besar. Gulma mampu berkompetisi kuat dengan tanaman budi daya untuk memenuhi kebutuhan unsure hara, air, sinar matahari, udara, dan ruang tumbuh. Contoh tumbuhan yang termasuk gulma, yaitu rumput teki, tanaman paku-pakuan, dan enceng gondok.

1. Pertumbuhan tanaman terhambat sehingga waktu mulai berproduksi lebih lama.

2. Penurunan kuantitas dan kualitas hasil produksi.

3. Gulma dapat menjadi sarang hama dan penyakit.

4. Pengendalian gulma membutuhkan biaya yang mahal.

Cara pengendalian gulma dilakukan melalui dua cara, yaitu:

1. Cara tradisional dengan mencabuti gulma secara langsung.

2. Cara modern dengan menyemprot menggunakan herbisida.

C. Penyakit Tanaman

Selain hama dan gulma, ada lagi yang dapat menurunkan kualitas tanaman, yaitu penyakit tanaman. Penyakit tanaman dapat menyebabkan terganggunya daya tahan tubuh tanaman terhadap pengaruh luar. Secara umum, penyakit tanaman disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Berbagai contoh penyakit tanaman antara lain sebagai berikut.

a. CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)

CVPD adalah penyakit yang merusak pembuluh tapis batang tanaman jeruk. Penyakit CVPD disebabkan oleh virus.

b. TMV (Tobacco Mozaic Virus)

TMV adalah virus mosaik yang menyerang tanaman tembakau. Daun tanaman tembakau yang terserang virus mosaik menjadi berwarna belang hijau muda sampai hijau tua. Ukuran daun menjadi relatif lebih kecil dibandingkan dengan ukuran daun normal. Apabila tanaman muda terserang virus ini, pertumbuhan tanaman terhambat dan akhirnya kerdil.

c. Penyakit bulai

Penyakit ini biasanya menyerang tanaman jagung. Penyebabnya adalah jamur dengan penyebaran menggunakan spora yang diterbangkan oleh angin.

d. Penyakit virus belang

Penyakit ini biasanya menyerang tanaman kedelai. Penyebabnya adalah virus dengan penyebaran melalui perantaraan angin.

e. Penyakit kerdil rumput

Penyakit ini biasanya menyerang tanaman padi. Penyebabnya virus dengan penyebaran melalui perantaraan hama wereng.

Pengendalian penyakit ini dilakukan dengan jalan mengendalikan hewan perantaranya, yaitu wereng. Cara pengendalian tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Menanam padi yang tahan terhadap hama wereng (VUTW).

2) Memutuskan daur perkembangbiakan wereng dengan jalan mengupayakan rotasi tanaman, yaitu menanam dua jenis tanaman di satu lahan secara bergantian.

3) Menanam padi secara serentak dalam areal yang luas dengan jenis padi yang ditanam sama. Hal ini dilakukan agar pemanenan dapat dilakukan serentak dalam satu waktu. Dengan demikian, terdapat tenggang waktu, yaitu tidak terdapatnya tanaman padi sama sekali sehingga hama wereng tidak memperoleh makanan dan akhirnya mati.

4) Membunuh wereng secara langsung menggunakan insektisida dengan dosis yang tepat. Dosis yang tepat sangat penting supaya hama wereng dapat diberantas tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem.

 

 

1. Tumbuhan menghasilkan energi melalui proses . . . .

a. fotosintesis

b. respirasi

c. modifikasi

d. radiasi

Jawaban :A

2. Gelombang cahaya tampak yang paling optimal untuk proses fotosintesis adalah dalam kisaran . . . .

a. 380–700 nm

b. < 100 nm

c. > 800 nm

d. 0–200 nm

Jawaban :A

3. Tumbuhan membutuhkan energi matahari untuk fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan . . . .

a. air dan oksigen

b. oksigen dan karbon dioksida

c. gula dan karbon dioksida

d. air, oksigen, dan gula

Jawaban :D

4. Pada reaksi gelap terbentuk . . . .

a. garam dapur

b. vitamin

c. protein

d. gula

Jawaban :D

5. Jika kamu berada di bawah pohon pada malam hari, kamu akan lebih banyak menghirup udara yang mengandung . . . .

a. CO2

b. O2

c. gula

d. N2

Jawaban :A

6. Apakah yang terjadi apabila tumbuhan diletakkan di tempat yang sama sekali tidak pernah terkena cahaya?

a. Tetap melakukan fotosintesis.

b. Daun yang tumbuh lebat.

c. Tidak menghasilkan makanan dengan baik.

d. b dan c benar.

Jawaban :D

7. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor yang memengaruhi laju fotosintesis adalah . . . .

a. intensitas cahaya

b. konsentrasi karbon dioksida

c. suhu

d. kadar oksigen

Jawaban :D

8. Pernyataan-pernyataan di bawah ini adalah benar, kecuali . . .

a. Apabila kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang maka laju fotosintesis akan meningkat.

b. Apabila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai jenuh maka laju fotosintesis akan berkurang.

c. Laju fotosintesis akan jauh lebih tinggi pada tumbuhan yang sedang tumbuh atau berkecambah apabila dibandingkan dengan tumbuhan dewasa.

d. Jika kadar air rendah maka fotosintesis akan optimal.

Jawaban :D

9. Siklus Calvin terjadi pada . . . .

a. reaksi terang

b. reaksi gelap

c. fotosintesis 1

d. respirasi

Jawaban :B

10. Kapankah saat paling baik untuk melakukan olah napas di bawah pohon?

a. Malam hari.

b. Pagi menjelang siang.

c. Saat matahari terbenam.

d. Saat sebelum pagi, matahari belum bersinar.

Jawaban :B

11. Suatu gerak terjadi pada bagian tubuh tumbuhan tertentu, arah gerak tidak dipengaruhi arah datang rangsang. Gerak tersebut merupakan . . . .

a. tropisme

b. endonom

c. taksis

d. nasti

Jawaban :D

12. Gerak higroskopis dapat dipengaruhi oleh rangsang berupa . . . .

a. besarnya tekanan udara

b. perubahan kecepatan angin

c. jumlah unsur hara tanah

d. perubahan kadar air

Jawaban :D

13. Gerak higroskopis dijumpai pada peristiwa berikut, kecuali . . . .

a. pecahnya kulit buah jarak yang sudah kering

b. membuka dan menutupnya sporangium paku oleh annulus

c. menjalarnya akar tumbuhan ke tempat yang berair

d. membuka dan menutupnya kotak spora lumut oleh gigi peristom

Jawaban :C

14. Gerak taksis berbeda dengan gerak lainnya karena . . . .

a. arah geraknya tidak dipengaruhi rangsang

b. pergerakkan seluruh tubuh akibat adanya rangsangan

c. arah gerakan menjauhi rangsang

d. pergerakannya hanya bagian tubuh tertentu

Jawaban :B

15. Gerak kecambah yang diletakkan di tempat yang kurang cahaya merupakan gerak . . . .

a. tropisme

b. kemotaksis

c. nasti

d. higroskopis

Jawaban :A

16. Berikut ini merupakan gerak pada tumbuhan, kecuali . . . .

a. gerak bunga matahari ke arah sinar

b. gerak sulur membelit

c. gerak biji polong menutup pada malam hari

d. gerak mahkota bunga jatuh karena gugur

Jawaban :D

17. Membuka dan menutupnya annulus pada sporangium paku termasuk gerak . . . .

a. endonom karena penyebabnya tidak jelas

b. higroskopis karena dipengaruhi oleh kadar air

c. higroskopis karena penyebabnya perubahan suhu

d. tropisme positif karena menuju sumber rangsang

Jawaban :B

18. . . . termasuk gerak kemotaksis.

a. Lumut-lumatan bergerak ke arah gula

b. Kecambah mencari cahaya

c. Bunga matahari mencari cahaya

d. Tumbuhan putri malu mengatup

Jawaban :A

19. Sulur pada tanaman semangka dapat membelit. Gerak yang terjadi termasuk gerak . . . .

a. fototropisme

b. tigmotropisme

c. nasti

d. taksis

Jawaban :B

20. Hewan yang mengganggu tanaman disebut sebagai . . . .

a. gulma

b. hama

c. predator

d. pestisida

Jawaban :B

21. Wereng merupakan salah satu jenis . . . .

a. hama

b. gulma

c. pestisida

d. fungisida

Jawaban :A

22. Hama yang paling sering menggerek batang padi adalah . . . .

a. wereng

b. jamur

c. bulu babi

d. daun sendok

Jawaban :A

23. Berikut ini adalah kelompok hama, kecuali . . . .

a. artona

b. wereng

c. kumbang

d. enceng gondok

Jawaban :D

24. Tanaman yang sering mengganggu tanaman lain disebut . . . .

a. penggerek

b. gulma

c. pestisida

d. penyakit

Jawaban :B

25. Salah satu jenis gulma yang sering berada di wilayah perairan adalah . . . .

a. rumput teki

b. enceng gondok

c. pohon pisang

d. padi

Jawaban :B

26. Hama tikus dapat dibasmi menggunakan . . . .

a. pestisida

b. herbisida

c. fungisida

d. algisida

Jawaban :A

27. Penyakit yang merusak pembuluh tapis batang tanaman disebabkan oleh . . . .

a. bakteri

b. virus

c. serangga

d. artona

Jawaban :B

28. Pengendalian hama dan gulma yang baik adalah sebagai berikut, kecuali . . . .

a. memerhatikan ekosistem

b. mengurangi dampak yang merugikan

c. mengupayakan rotasi tanaman, yaitu menanam dua jenis tanaman di satu lahan secara bergantian

d. disemprot pestisida dengan dosis tinggi

Jawaban :D

29. Gulma sawah dapat menjadi lebih bermanfaat jika . . . .

a. tumbuhan tersebut mudah dicabut

b. menggunakan biopestisida

c. tumbuhan tersebut dapat dijadikanm bahan baku industri

d. tumbuhan tersebut mudah berkembang biak

Jawaban :C

30. Masuknya gas CO2 untuk fotosintesis melalui ....

a. floem dan xilem pada batang

b. floem dan xilem pada daun

c. stomata pada daun

d. floem dan xilem pada akar

Jawaban :C

31. Faktor yang tidak memengaruhi fotosintesis yaitu ....

a. oksigen 

b. klorofil

c. CO2 

d. suhu

Jawaban :A

32. Hasil fotosintesis diedarkan ke seluruh tubuh dan sebagian disimpan dalam bentuk ....

a. amilum 

b. lemak

c. protein 

d. air

Jawaban :A

33. Gerakan spermatozoid, penyerbukan dan pembuahan yang diakibatkan oleh rangsangan zat kimia termasuk gerak ....

a. kemotaksis 

b. fototaksis

c. taksis 

d. tropisme

Jawaban :A

34. Gerakan tumbuhan karena pengaruh rangsangan dari luar termasuk gerak ....

a. turgor 

b. esionom

c. taksis 

d. iritabilitas

Jawaban :B

35. Gerakan berikut yang tidak termasuk gerakan higroskopis adalah ....

a. gerakan daun ketika hujan lebat

b. gerakan membukanya kotak spora pada tumbuhan paku

c. gerakan membukanya kotak spora pada tumbuhan lumut

d. pecahnya cangkang biji tanaman kacang-kacangan

Jawaban :A

36. Gerak sebagian tubuh tumbuhan yang arah geraknya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsang adalah ....

a. taksis 

b. higroskopis

c. nasti 

d. tropisme

Jawaban :C

37. Gerakan kloroplas di dalam sel ketika menerima cahaya termasuk gerak ....

a. kemotaksis 

b. fototaksis

c. taksis 

d. tropisme

Jawaban :B

38. Salah satu ciri yang menunjukkan suatu tanaman tidak terkena penyakit maupun hama adalah ....

a. tanaman layu dan mengalami perubahan warna

b. tanaman kerdil dan daunnya mengeriting

c. tanaman layu, kembali segar setelah disiram air

d. daun berlubang-lubang dan bunganya mudah rusak

Jawaban :C

39. Untuk memberantas serangan hewan lunak pada tanaman budidaya dapat dilakukan dengan memberikan ….

a. bakterisida 

b. herbisida

c. molisida 

d. fungisida

Jawaban :C

40. Pertukaran CO2 dan O2 dilakukan oleh ...

a. kloroplas

b. klorofil

c. palisade

d. stomata

Jawaban :D

41. Proses fotosintesis terjadi pada jaringan ....

a. epidermis

b. palisade

c. stomata

d. spons

Jawaban :D

42. Dalam proses fotosintesis, CO2 bereaksi dengan air menghasilkan ....

a. O2 dan glukosa

b. H2O dan glukosa

c. COH dan glukosa

d. C6H12O6 dan glukosa

Jawaban :A

43. Jaringan spons pada daun mempunyai fungsi ....

a. menyerap cahaya matahari untuk fotosintesis

b. menampung O2 untuk fotosintesis

c. proses fotosintesis

d. menampung CO2 untuk fotosintesis

Jawaban :C

44. Kloroplas berfungsi sebagai ....

a. menyerap O2

b. menyerap CO2

c. menyerap cahaya matahari

d. menyerap air

Jawaban :C

45. Fotonasti adalah gerakan tumbuhan karena rangsangan ....

a. air

b. suhu

c. zat kimia

d. cahaya

Jawaban :D

46. Mekarnya bunga tulip merupakan gerak termonasti yang dipengaruhi oleh ....

a. zat kimia

b. suhu

c. cuaca

d. cahaya

Jawaban :B

47. Menutupnya daun putri malu akibat sentuhan disebut gerak ....

a. tigmotropisme

b. termonasti

c. seismonasti

d. fotonasti

Jawaban :C

48. Virus TMV menyerang tembakau dengan gejala ....

a. daun belang hijau muda

b. batang mudah patah

c. batang menjadi kuning

d. daun bercak-bercak hitam

Jawaban :A

49. Walang sangit menyerang tanaman padi bagian ....

a. batang

b. daun

c. akar

d. biji

Jawaban :D

50. Bagian daun yang melakukan fotosintesis adalah ....

a. tilakoid 

b. kortex

c. lenti sel 

d. kutikula

e. stomata

Jawaban :A

51. Berikut ini merpakan faktor yang mempengaruhi jalannya fotosintesis, kecuali ....

a. kadar oksigen 

b. kadar air

c. kadar karbondioksida 

d. suhu

e. kadar sinar matahari

Jawaban :A

52. Yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis adalah ....

a. xilem 

b. lenti sel

c. stomata 

d. palisade

e. floem

Jawaban :E

53. Jaringan epidermis pada bagian bawah daun berubah bentuk menjadi ....

a. lapisan kutikula 

b. lentisel

c. lapisan lilin 

d. palisade

e. stomata

Jawaban :E

54. Jaringan meristem terdapat pada bagian tumbuhan, kecuali ....

a. lembaga 

b. kambium

c. ujung akar 

d. daun

e. ujung batang

Jawaban :D

55. Sistem tunas terdiri dari bagian tumbuhan berikut kecuali ....

a. akar 

b. kuncup

c. batang 

d. bunga

e. daun

Jawaban :D

56. Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....

a. geotropisme 

b. hidrotropisme

c. nasti 

d. kemonasti

e. fototropisme

Jawaban :A

57. Ujung akar dapat tumbuh memanjang karena adanya ....

a. jaringan epidermis 

b. jaringan sklerenkim

c. jaringan kolenkim 

d. jaringan meristem

e. jaringan parenkim

Jawaban :D

58. Gerak akar menuju sumber air ini disebut gerak ....

a. hidrotropisme positif 

b. geotropisme negatif

c. hidrotropisme negatif 

d. tigmotropisme

e. geotropisme positif

Jawaban :A

59. TMV penyebabnya adalah ....

a. bakteri

b. jamur

c. virus

d. cacing

Jawaban :C

60. Berikut ini yang tidak termasuk dalam hama adalah ....

a. tikus 

b. hama wereng

c. ulat sutra 

d. babi hutan

e. gajah liar

Jawaban :C

61. Jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan adalah ….

a. jaringan epidermis 

b. jaringan sklerenkim

c. jaringan kolenkim 

d. jaringan meristem

e. jaringan parenkim

Jawaban :E

62. Gerakan putri malu menutup daun saat disentuh disebut sebagai gerak ....

a. geotropisme 

b. tigmonasti

c. hidrotropisme 

d. fotonasti

e. fototropisme

Jawaban :B

63. Tumbuhan dikotil dapat memperbesar batang karena terdapatnya ....

a. korteks 

b. lentisel

c. stele 

d. intipati

e. kambium

Jawaban :E

64. Gerak fototropisme ditunjukkan oleh gerak ….

a. bunga pukul empat menutup daun di sore hari

b. akar mendekati sumber air

c. bunga matahari menghadap sumber cahaya

d. akar tumbuhan menuju pusat bumi

e. akar bakau merambat ke atas

Jawaban :C

65. Tumbuhan dapat melakukan respirasi pada batang melalui ....

a. stomata 

b. xilem

c. lentisel 

d. floem

e. kambium

Jawaban :C

66. Pada umumnya akar menuju ke pusat bumi karena pengaruh gaya gravitasi, tetapi bakau tidak demikian. Gerakan akar pada bakau disebut ....

a. geotropisme positif 

b. tigmotropisme negatif

c. geotropisme negatif 

d. fototropisme

e. tigmotropisme positif

Jawaban :C

67. Pada daun tembakau berwarna bintikbintik atau bercak-bercak, menandakan terkena penyakit ....

a. helminthosporium

b. mozaik

c. VSD

d. penyakit blas

Jawaban :C

68. Penyakit tanaman yang tidak bisa disembuhkan dengan penyemprotan obat-obatan adalah ....

a. penyakit darah pada pisang

b. serbuk putih pada daun

c. serangan TMV pada tembakau

d. serangan kutu loncat

e. serangan bakteri pada daun strawberi

Jawaban :B

69. Gerak tropisme dapat juga dialami oleh tumbuhan ketika berinteraksi dengan benda padat disebut ....

a. geotropisme

b. tigmotropisme

c. hidrotropisme

d. fototropisme

e. kemotropisme

Jawaban :B

70. Tumbuhan melaksanakan fotosintesis membutuhkan cahaya matahari. Di bawah ini yang merupakan fungsi cahaya matahari adalah ....

a. membuat gula

b. menggabungkan air dan karbon dioksida

c. memecahkan molekul air menjadi ion-ionnya

d. membentuk karbohidrat

Jawaban :C

71. Fotosintesis membutuhkan gas karbon dioksida (CO2) yang diambil dari udara lewat ....

a. epidermis daun

b. akar

c. lentisel

d. stomata

Jawaban :D

72. Faktor-faktor yang berperan dalam fotosintesis adalah ....

a. air, gula, dan CO2

b. air, CO2, dan oksigen

c. air, CO2, klorofil, dan cahaya

d. air, gula, klorofil, dan cahaya

Jawaban :C

73. Pada daun, jaringan yang paling banyak mengandung klorofil adalah ....

a. jaringan epidermis atas

b. jaringan palisade

c. jaringan spons

d. jaringan epidermis bawah

Jawaban :C

74. Untuk membentuk klorofil, dibutuhkan garam mineral di bawah ini, kecuali .... 

a. Mg

b. N

c. Fe

d. Hg

Jawaban :D

75. Proses yang terjadi pada reaksi terang adalah ....

a. klorofil memecah molekul air

b. penggabungan H2O dan CO2

c. CO2 bergabung dengan ion hidrogen

d. pengikatan CO2 oleh daun

Jawaban :B

76. Pengendalian hama secara biologis dibawah ini ialah ....

a. memberantas tikus dengan hewan ular

b. memberantas tikus degnan pengasapan pada lubang-lubang tikus

c. memberantas serangga dengan insektisida

d. memberantas hama dengan cara rotasi tanaman

Jawaban :A

77. Hubungan kenaikan kadar oksigen di udara dengan fotosintesis adalah ....

a. mempercepat fotosintesis

b. menghasilkan gula lebih banyak

c. menghambat fotosintesis

d. mempercepat pengikatan CO2

Jawaban :C

78. Reaksi fotosintesis di bawah ini yang benar adalah ....

a. gula + air → CO2 + oksigen

b. CO2 + H2O → gula + energi

c. 6 CO2 + 6 H2O → C6H12O6 + 6O2

d. 6 CO2 + H2O → 6 C6H12 + 6O2

Jawaban :C

79. Akar tumbuhan selalu tumbuh ke bawah, akibat rangsangan ....

a. cahaya

b. gravitasi

c. kelembapan udara

d. bentukan tanah

Jawaban :B

80. Sulur pada markisa tumbuh membelit, gerakan ini termasuk gerak ....

a. tigmotropisme 

b. nasti

c. geotropisme 

d. taksis

Jawaban :A

81. Sebuah kecambah diletakkan pada kamar yang bebas cahaya matahari. Jika seberkas sinar dimasukkan ke dalam kamar tersebut, reaksi dari kecambah adalah ....

a. tumbuh menuju sumber energi

b. tumbuh menjauhi sinar

c. tumbuh ke arah sinar

d. akar tumbuh ke arah sinar

Jawaban :C

82. Gerak bagian tumbuhan menuju tempat terdapatnya air disebut ....

a. hidronasti

b. hidrotaksis

c. hidrotropisme

d. higrotropisme

Jawaban :C

83. Gerak tumbuhan yang arahnya dipengaruhi datangnya rangsang sinar matahari disebut gerak ....

a. nasti

b. geotropisme

c. fototropisme

d. kemotropisme

Jawaban :C

84. Gerak dari sperma menuju ke sel telur disebut ....

a. geotropisme

b. kemotropisme

c. kemotaksis

d. fototaksis

Jawaban :C

85. Gerak mekarnya bunga merupakan gerak ....

a. nasti kompleks

b. fototropisme

c. fotonasti

d. niktinasti

Jawaban :A

86. Gerak tropisme positif beda dengan tropisme negatif hal ini atas dasar ....

a. frekuensi gerak per satuan waktu

b. macam organ tubuh yang bergerak

c. arah geraknya terhadap rangsang

d. kecepatan geraknya

Jawaban :C

87. Membuka dan menutupnya stomata disebut gerak ....

a. taksis

b. nasti kompleks

c. tropisme

d. kemotropisme

Jawaban :B

88. Gerak tumbuhan yang disebut tropisme, arah geraknya ....

a. tidak ditentukan rangsang

b. ditentukan rangsang

c. ke atas

d. kemotaksis

Jawaban :B

89. Buah polong seperti lamtoro, jika kering akan pecah dan bijinya akan terlempar, hal ini disebut gerak ....

a. higroskopis

b. hidrotaksis

c. fotonasti

d. kemotaksis

Jawaban :A

90. Daun putri malu jika disentuh daunnya akan menutup, gerakan ini disebut ....

a. niktinasti 

b. fototropis

c. hidronasti 

d. kemotropis

Jawaban :E

91. Gerak Euglena yang selalu mendekati cahaya disebut ....

a. fototaksis 

b. fototropis

c. kemotaksis 

d. kemotropis

Jawaban :A

92. Bunga tulip dapat membuka karena pengaruh ....

a. suhu

b. sinar matahari

c. air

d. sentuhan

Jawaban :A

93. Gerak endonom disebut gerak ....

a. otonomi 

b. nasti

c. esionom 

d. taksis

Jawaban :C

94. Bahan kimia yang berguna untuk memberantas tanaman pengganggu disebut ....

a. insektisida

b. pestisida

c. herbisida

d. fungisida

Jawaban :C

95. Penyemprotan hama tanaman dengan pestisida dapat memberikan pengaruh negatif bagi lingkungan sebab ....

a. menghilangkan hewan pengganggu

b. merusak tanaman

c. tidak semua hama terbunuh

d. merusak keseimbangan alam

Jawaban :D

96. Pengendalian hama secara biologis adalah pemberantasan hama dan penyakit dengan ....

a. menangkap dan membunuhnya

b. menggunakan hewan lain yang makanannya sama

c. menyemprot dengan pestisida

d. menggunakan binatang musuhnya

Jawaban :D

97. Untuk memberantas gulma yang berupa alga digunakan ....

a. herbisida

b. algisida

c. pestisida

d. insektisida

Jawaban :B

98. Memberantas wereng dapat dilaksanakan dengan menanam padi yang sejenis secara serentak. Hal tersebut bertujuan untuk ....

a. mematikan wereng yang ganas

b. memutuskan daur hidup wereng

c. meningkatkan ketahanan padi

d. memperlancar penyemprotan

Jawaban :B

99. Yang disebut gulma ialah ....

a. hewan pemakan tumbuhan

b. tumbuhan pengganggu

c. tumbuhan yang bermanfaat

d. tanaman air

Jawaban :C

100. Pada daun tembakau sering menderita penyakit berbintik-bintik atau bercakbercak yang disebut ....

a. penyakit kuning

b. mozaik

c. karat merah

d. penyakit bule

Jawaban :C

101. Mengambil ulat-ulat yang ada pada daun, merupakan cara memberantas hama dengan cara ....

a. biologi

b. mekanis

c. kimia

d. pola tertentu

Jawaban :B

102. Penyakit bule pada jagung disebabkan oleh ....

a. virus

b. jamur

c. serangga

d. bakteri

Jawaban :B

103. Memberantas hama tikus dengan hewan ular disebut pemberantasan secara ....

a. biologis

b. kimia

c. mekanik

d. pola tertentu

Jawaban :A

104. Di bawah ini termasuk hama, kecuali ....

a. ulat

b. wereng

c. jamur

d. tikus

Jawaban :C

105. Memberantas hama dengan DDT, harus hati-hati bahkan dilarang sebab ....

a. DDT merupakan racun yang tidak dapat diuraikan

b. DDT dapat mematikan tumbuhtumbuhan

c. DDT berbahaya bagi kelangsungan hidup hama

d. hama yang disemprot dapat menjadi kebal

Jawaban :A

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog