Minggu, 03 Januari 2021

Materi, Soal dan Kunci IPA SMP Sistem Pencernaan Manusia

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download



Daftar Link Materi Soal dan Kunci IPA SMP - Fisika Biologi Kimia


 - - | Sistem Pencernaan Manusia | - -

 

SISTEM PENCERNAAN

 

A. Sistem Pencernaan pada Manusia

Proses Mekanis

Pencernaan secara mekanis dilakukan melalui gerakan-gerakan seperti mengunyah, menelan, memompa, menghancurkan, dan meremas makanan. Fungsi pencernaan mekanis adalah mengubah ukuran makanan menjadi lebih kecil sehingga mudah dicerna. Fungsi proses mekanis lainnya seperti memompa dan mendorong makanan adalah untuk memindahkan makanan dari saluran cerna satu ke saluran cerna berikutnya. Gerakan makanan pada organ pencernaan mulai dari kerongkongan, lambung sampai usus adalah gerak peristaltik. Gerak peristaltik berupa gerak mengkerut untuk mendorong atau memompa makanan dan gerakan mengembang untuk menerima makanan dari posisi saluran sebelumnya

Proses Kimiawi

Makanan diproses secara kimiawi di dalam sistem pencernaan menggunakan bahan kimia yang dihasilkan oleh saluran cerna yang disebut enzim. Enzim adalah suatu protein yang mempunyai kerja mempercepat terjadinya reaksi kimia

1. Mulut

Bagian-bagian yang terdapat di dalam organ mulut adalah gigi, lidah, kelenjar ludah, dan lain sebagainya. Di dalam mulut terjadi proses pencernaan mekanis dan kimiawi sebagai berikut.

a. Proses mekanis

Proses pencernaan secara mekanis di dalam mulut dilakukan melalui gerakan-gerakan mengunyah, menghancurkan, dan menelan makanan.

b. Proses kimiawi

Proses pencernaan kimiawi di dalam mulut dilakukan oleh enzim ludah. Ludah dikeluarkan oleh kelenjar ludah yang berfungsi untuk membantu pencernaan makanan Pada ludah terkandung beberapa komponen, antara lain sebagai berikut.

1) Enzim maltase atau ptialin

Enzim ini berfungsi untuk mencerna makanan yang mengandung karbohidrat yang disebut pati (amilum) menjadi gula sederhana yang disebut maltosa.

2) Air

Air berfungsi untuk membasahi makanan supaya mudah dicerna.

3) Enzim lisosom

Enzim ini berfungsi sebagai anti bakteri karena bersifat asam.

4) Lendir

Lendir pada ludah berfungsi untuk menggumpalkan makanan supaya lebih mudah ditelan.

5) Aminoglobulin

Merupakan zat semacam putih telur. Aminoglobulin berfungsi untuk menetralkan makanan yang bersifat asam.

6) Garam-garam

2. Lidah

 

3. Kerongkongan

Makanan yang telah dicerna dengan baik pada rongga mulut, selanjutnya akan ditelan dan masuk ke dalam oesophagus atau kerongkongan

 

4. Lambung

 

Lambung berbentuk menyerupai kantong yang memiliki dinding tebal. Sebelah dalam lambung dilapisi oleh epithelium. Epithelium mengandung kelenjar-kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan pada lambung menghasilkan suatu senyawa asam yang sering disebut sebagai getah lambung. Getah lambung mempunyai kandungan senyawa-senyawa berikut.

a. HCl

HCl atau asam klorida adalah senyawa yang bersifat asam. Kadar HCl dalam getah lambung adalah 0,5 % dari total getah lambung. HCl berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl juga merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan. Pepsin yang dihasilkan dari pemecahan pepsinogen akan mencerna protein menjadi protein yang lebih sederhana (albuminosa dan pepton).

b. Enzim lipase

Enzim lipase berfungsi untuk mencerna lemak.

c. Hormon gastrin

Hormon gastrin berfungsi mengaktifkan kelenjar-kelenjar pada lambung untuk mengeluarkan getah lambung. Pencernaan pada lambung terjadi melalui proses mekanis dan kimiawi sebagai berikut.

a. Proses mekanik

Ketika lambung mencerna makanan secara mekanis, otot lambung akan mengerut dan mengembang dengan gerakan seperti meremas untuk mencampur makanan dengan getah lambung.

b. Proses kimiawi

Proses kimiawi yang terjadi di dalam lambung dilakukan oleh getah lambung.

5. Usus Halus

Usus halus (intestinum) terdiri atas 3 bagian, yaitu usus 12 jari (duodenum), jejenum, dan ileum.

a. Usus 12 jari (duodenum)

Usus 12 jari terletak paling dekat dengan lambung. Disebut dengan istilah 12 jari karena panjangnya kurang lebih 12 kali ruas jari. Sebelum memasuki usus 12 jari, setelah makanan dicerna oleh lambung, makanan akan melalui jalan keluar lambung menuju usus 12 jari yang berbentuk kleb yang disebut pylorik. Pylorik ini berfungsi untuk mengatur jalan masuknya makanan menuju usus 12 jari.

b. Jejenum

Setelah makanan melewati usus 12 jari, makanan akan masuk ke dalam saluran intestinum berikutnya, yaitu jejenum atau disebut juga intestinum bagian tengah.

c. Ileum

Ileum merupakan bagian paling akhir dari intestinum. Dinding dalam usus halus dilapisi oleh bermiliar-miliar tonjolan mikroskopis menyerupai jari. Tonjolan ini disebut villi. Kelenjar pada usus halus menghasilkan getah cerna yang akan mencerna makanan yang masuk ke dalam usus halus dan menyaring bagian yang dapat melewati villi dan mengandung air. Bagian yang diserap usus melalui villi berupa sari makanan yang masuk ke dalam pembuluh darah untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pencernaan makanan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui rektum atau usus besar kemudian keluar ke anus menjadi feses atau tinja. Proses pencernaan pada usus halus hampir sebagian besar dilakukan secara kimiawi. Adapun getah usus halus tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Enterokinase

Enterokinase merupakan enzim yang mengubah tripsinogen menjadi tripsin.

b. Erepsin

Enzim erepsin mengubah pepton menjadi asam amino.

c. Maltase

Maltase pada usus halus berperan mengubah maltosa menjadi glukosa.

d. Lipase

Enzim lipase pada usus halus akan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

e. Sekretin

Sekretin merupakan hormon pada usus halus yang akan merangsang sekresi enzim-enzim pada usus halus.

 

 

6. Usus Besar (Rektum)

Usus besar (rektum) merupakan saluran pembuangan sisa makanan menuju lubang pengeluaran (anus). Usus besar memiliki bagian yang disebut usus buntu. Usus buntu fungsinya belum begitu jelas. Adapun usus besar merupakan tempat menampung sisa makanan yang sudah tidak dapat dicerna lagi. Di dalam usus besar tidak terdapat enzim-enzim. Pada bagian ini proses pencernaan sudah tidak terjadi lagi. Usus besar hanyalah sebagai jalan keluar serta tempat menampung tinja. Selanjutnya tinja dikeluarkan melalui anus.

7. Organ-organ Lain pada Pencernaan

a. Hepar (hati)

Hepar merupakan kelenjar terbesar dan terpenting dalam tubuh. Hepar terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, terdiri atas 2 bagian (lobus) yang besar. Fungsi hepar antara lain sebagai berikut.

1) Menyimpan zat-zat makanan seperti vitamin, lemak, dan glukogen.

2) Mengatur suhu tubuh.

3) Mengatur distribusi makanan.

4) Menyimpan darah.

5) Menghasilkan empedu. Empedu ini berfungsi mengemulsikan zat lemak dan mempengaruhi penyerapan vitamin K oleh usus.

6) Menyaring zat-zat racun, termasuk membantu metabolisme obat. Oleh karena itu, makanan yang mengandung racun, seperti alkohol, akan dapat merusak fungsi hati atau hepar karena semua racun dan obat-obatan pasti melewati hepar.

b. Pankreas

Pankreas terletak di dalam rongga perut bagian belakang, bentuknya memanjang dan menghasilkan getah-getah pankreas. Pankreas juga mempunyai salah satu fungsi utama mengatur kadar gula dalam darah. Di dalam pankreas terdapat kelenjar insulin yang menghasilkan hormone insulin. Fungsi hormon insulin adalah mengubah gula darah yang disebut glukosa menjadi gula lain bernama glikogen. Glikogen ini disebut juga sebagai gula otot. Pengubahan glukosa menjadi glikogen mengakibatkan kadar glukosa darah menjadi stabil. Pada penyakit diabetes atau kencing manis, kadar gula darah menjadi berlebih dan akibatnya tubuh kurang sehat.

Getah yang terdapat di dalam pankreas adalah sebagai berikut.

1) Tripsinogen

2) Enterokinase

Enterokinase akan mengubah tripsinogen menjadi tripsin. Tripsin selanjutnya akan mengubah amilum menjadi maltosa.

3) Lipase

Lipase berperan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

4) NaHCO3

Asam natrium karbonat yang terkandung di dalam getah pankreas memberi sifat asam pada lemak dan berperan membantu enzim lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

 

 

 

B. Gizi dan Kalori

1. Karbohidrat

Karbohidrat atau sering disebut hidrat arang merupakan zat penghasil kalori dengan angka kalori 4. Semua jenis serealia, tepung, dan gula merupakan karbohidrat. Karbohidrat ada 3 jenis, yaitu:

a. Monosakarida

Termasuk ke dalam monosakarida adalah berbagai jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

b. Disakarida

Disakarida disebut juga sebagai gula kompleks. Jenis gula yang termasuk disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Gula sukrosa banyak terkandung pada batang tebu.

c. Polisakarida

Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang berupa tepung-tepungan. Beberapa jenis polisakarida antara lain adalah amilum, selulosa, dan glikogen. Segala jenis padi-padian seperti beras, jagung, dan gandum mengandung karbohidrat berupa amilum. Kentang dan berbagai jenis umbi juga mengandung amilum. Sedangkan kayu, kertas, dan daun mengandung selulosa.

Berikut ini beberapa pernyataan yang menerangkan mengenai pencernaan karbohidrat.

a. Polisakarida seperti amilum dapat dicerna oleh sistem pencernaan menjadi disakarida.

b. Disakarida akan dicerna lebih lanjut menjadi monosakarida.

c. Tenaga dihasilkan oleh proses metabolisme monosakarida di dalam sel.

d. Glukosa berperan sangat penting di dalam proses pembentukan tenaga ini.

e. Karbohidrat sangat penting untuk peningkatan daya tahan tubuh.

f. Karbohidrat juga mengandung serat yang cukup besar sehingga konsumsi karbohidrat sangat baik bagi percernaan.

g. Konsumsi karbohidrat yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya kencing manis dan juga kegemukan.

2. Lemak

Lemak merupakan penghasil kalori terbesar. Angka kalori yang dihasilkan lemak adalah 9. Zat lemak terdiri atas asam lemak dan gliserol.

a. Asam lemak

Asam lemak terdiri atas stearin, palmitin, dan minyak.

b. Gliserol

Pada proses pencernaan, segala jenis lemak yang dikonsumsi oleh tubuh akan dicerna menjadi asam lemak dan gliserol oleh enzim lipase. Lemak terdapat pada kacang-kacangan, keju, susu, margarin, mentega, dan semua makanan yang digoreng.

3. Protein

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein mengandung angka kalori 4. Fungsi protein bagi tubuh antara lain sebagai berikut.

a. Menyusun sel dan jaringan tubuh.

b. Menyusun enzim, hormon, dan pigmen.

c. Penghasil tenaga.

d. Memperbaiki dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak.

e. Berperan utama dalam proses pertumbuhan.

f. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyusun utama protein adalah asam amino. Asam amino penyusun protein ada yang dapat disintesa oleh tubuh dan ada yang tidak dapat disintesa oleh tubuh. Asam amino penyusun protein terdiri atas 26 jenis, dibedakan menjadi berikut.

a. Asam amino esensial

Merupakan asam amino yang tidak dapat disintesa oleh tubuh. Jumlahnya 10 macam. Kesepuluh asam amino tersebut adalah lisin, leusin, valin, arginin, triptofan, isoleusin, histidin, treonin, fenilalanin, dan meteonin. Asam amino esensial hanya dapat diperoleh tubuh melalui makanan. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam amino adalah segala produk daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan, tempe, tahu, dan kedelai. Protein yang dihasilkan oleh hewan disebut protein hewani, sedangkan protein yang dihasilkan oleh produk tumbuhan disebut protein nabati.

b. Asam amino non esensial

Merupakan asam amino yang sudah terdapat di dalam tubuh.

4. Garam Mineral

Garam-garam mineral merupakan bahan makanan anorganik yang berfungsi antara lain untuk menjaga keseimbangan tubuh serta bahan penyusun tubuh. Beberapa mineral berfungsi untuk bermacam-macam kegiatan tubuh, termasuk dalam sistem otot dan pembentukan sel. Macam-macam mineral antara lain Na, K, Ca, Mg, P, Cl, Fe, Cu, Mn, F, dan I. Fe (zat besi) mempunyai peran sangat penting dalam pembentukan sel darah merah (hemoglobin). Na (natrium) dan K (kalium) sangat penting untuk sistem saraf. Kalsium (Ca) sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Ca dan K juga sangat penting dalam proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Selain itu, masih ada banyak lagi fungsi mineral di dalam tubuh.

Kekurangan salah satu dari mineral juga dapat menimbulkan penyakit. Contohnya, kekurangan I (iodium) dapat menimbulkan penyakit gondok dan kekerdilan. Kekurangan Fe dapat menimbulkan kurang darah (anemia). Kekurangan fluor (F) dapat menimbulkan kekeroposan gigi. Kekurangan Ca dapat menimbulkan penyakit keropos tulang dan gigi. Sedangkan kekurangan K dapat menimbulkan tekanan darah rendah.

5. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang tidak dapat disusun oleh tubuh (kecuali vitamin A). Vitamin diperoleh tubuh melalui makanan. Vitamin ada yang larut di dalam air dan ada yang larut di dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Macam-macam vitamin beserta kegunaannya adalah sebagai berikut.

a. Vitamin A

Vitamin A berguna untuk kesehatan kulit, selaput lendir, penglihatan, serta peningkatan daya tahan tubuh. Vitamin A terdapat pada semua sayuran berwarna hijau dan buah yang berwarna kuning atau kemerahan. Juga terdapat pada produk-produk hewani seperti ikan, telur, hati, dan minyak ikan.

b. Vitamin B

Vitamin B ada beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis vitamin B dan kegunaannya.

1) Vitamin B1 disebut thiamin, berguna untuk metabolisme karbohidrat dan penyerapan lemak. Kekurangan vitamin B1 dapat menimbulkan penyakit beri-beri dan neuritis. Vitamin B1 terdapat pada hati, jantung, ginjal, otak, susu, kuning telur, bekatul, dan beras.

2) Vitamin B2 disebut riboflavin, berguna untuk penglihatan serta mempunyai peran utama pada proses oksidasi tubuh. Kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan rabun dan luka-luka di sekitar mulut. Vitamin B2 terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran, mentega, dan kacang-kacangan.

3) Vitamin B6 disebut juga peridoksin, berguna untuk pertumbuhan, melancarkan kerja urat saraf, dan pembuatan sel darah merah. Kekurangan vitamin B6 menimbulkan gejala pellagra, anemia, dan susah buang air besar. Vitamin B6 terdapat pada hati, ikan, daging, dan sayuran.

4) Niasin merupakan salah satu golongan vitamin B. Niasin berguna untuk proses pertumbuhan dan perbanyakan sel, perombakan karbohidrat, serta mencegah penyakit pellagra. Kekurangan niasin dapat menimbulkan penyakit pellagra. Niasin terdapat pada hati, kol, susu, tomat, ragi, kedelai, dan bayam.

5) Asam pentanoat merupakan anggota vitamin B yang berguna untuk kesehatan kulit. Kekurangan asam pentanoat menimbulkan penyakit dermatitis. Asam pentanoat terdapat pada hati, daging, ragi, dan beras.

6) Para amino asam benzoat merupakan anggota vitamin B yang berguna untuk mencegah timbulnya uban pada rambut. Para amino asam benzoat terdapat pada ragi dan hati.

7) Kolin, kekurangan jenis vitamin B ini akan menimbulkan penimbunan lemak di sekitar hati dan menimbulkan gangguan pada sistem pengeluaran (ekskresi) pada kulit dan ginjal. Kolin terdapat pada beras dan hati.

8) Biotin, kekurangan biotin mengakibatkan gejala menyerupai pellagra dan menimbulkan penyakit kulit. Biotin terdapat pada ragi, kentang, hati, ginjal, sayuran, dan buah-buahan.

9) Asam folat atau vitamin B11, berguna untuk pembuatan sel darah merah. Kekurangan vitamin B11 dapat menimbulkan gejala anemia atau kurang darah. Vitamin B11 terdapat pada sayuran, hati, dan ginjal.

10) Vitamin B12 terdapat pada hati atau jeroan lainnya.

Vitamin B secara keseluruhan disebut pula dengan istilah vitamin B kompleks.

c. Vitamin C

Vitamin C mempunyai fungsi meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, menghaluskan dan memperbaiki struktur kulit, anti penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan perdarahan pada gusi dan usus, sariwan, serta mudah terserang infeksi. Vitamin C terdapat pada buah-buahan.

d. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk mengatur kadar kapur dan fosfor pada tulang dan darah, membantu proses oksidasi, serta memengaruhi kerja kelenjar endokrin. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan kelainan pada tulang, antara lain rakhitis. Vitamin D terdapat pada hati, telur, ikan, dan kacangkacangan.

e. Vitamin E

Vitamin E disebut juga tokoferol, berguna mencegah pendarahan pada ibu hamil, meningkatkan kesuburan, mencegah penuaan, serta memperbaiki struktur kulit dan rambut. Kekurangan vitamin E dapat menimbulkan kemandulan, keguguran, otot-otot lemas, kelumpuhan, serta terjadinya kemunduran pada hipofisis dan kelenjar anak gondok. Vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, kecambah, susu, kedelai, kuning telur, hati, dan ginjal.

f. Vitamin K

Vitamin K berguna untuk proses pembekuan darah. Vitamin K terdapat pada hati dan sayuran berwarna hijau.

g. Air

Air merupakan komponen terbesar penyusun tubuh manusia. Pemenuhan kebutuhan air dapat berasal dari minuman, makanan, dan sayuran. Fungsi air dalam tubuh adalah sebagai berikut.

1) Sebagai pelarut zat makanan untuk memudahkan proses pencernaan makanan.

2) Mengaktifkan enzim-enzim yang terlibat dalam metabolisme dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

3) Sebagai alat angkut berbagai senyawa dan enzim.

4) Mengatur suhu tubuh.

C. Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pencernaan

Penyakit dan kelainan yang terkait dengan makanan dan sistem pencernaan cukup beragam. Penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan antara lain sebagai berikut.

1. Maag

Maag merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan, yaitu lambung. Produksi asam lambung berlebih disertai keluarnya gas pada reaksi pencernaan menyebabkan rasa mual, perih, dan kembung. Maag dipicu oleh pola makan yang kurang teratur, faktor keturunan, dan faktor psikologis.

2. Diare

Diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran cerna. Bakteri tersebut menyebabkan perdarahan pada saluran cerna disertai feses yang cair.

3. Muntaber

Muntaber disebabkan oleh kuman patogen, misalnya Vibrio Cholerae. Kuman tersebut menimbulkan muntah serta berak yang berlebih dan tidak teratur. Feses yang cair disebabkan oleh sistem penyerapan usus yang kurang sempurna akibat infeksi sehingga air ikut keluar bersama feses.

4. Kolik Usus

Pada kondisi tertentu usus dapat mengalami kejang, akibatnya perut terasa mulas sekali dan kejang. Sering pula terjadi pada bayi. Penyebabnya beragam, ada yang disebabkan karena menangis tiada henti, faktor keturunan, dan hawa dingin yang menyengat.

5. Konstipasi

Konstipasi (susah buang air besar) dapat terjadi karena makanan kurang mengandung serat sehingga proses pencernaan kurang sempurna atau karena stres.

Adapun penyakit yang terkait dengan pola makan antara lain sebagai berikut.

1. Diabetes

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes mellitus dan diabetes insipidus.

a Diabetes Mellitus Tak Tergantung Insulin (DMTTI)

Diabetes mellitus lebih banyak disebabkan oleh faktor keturunan. Penyebabnya antara lain adalah produksi insulin dari pankreas yang kurang sehingga banyak glukosa yang tidak mampu diubah menjadi glikogen. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat. Glukosa berlebih di dalam darah akan mengganggu pola metabolisme tubuh dan memperlambat aliran darah. Pemicu lain adalah konsumsi gula atau karbohidrat yang berlebih dan dapat pula dipicu oleh faktor obesitas atau kegemukan. Diabetes mellitus ini dapat diatasi dengan pengobatan sekaligus diet karbohidrat yang ketat.

b Diabetes Mellitus Tergantung Insulin (DMTI)

Produksi insulin sangat rendah atau bahkan tidak diproduksi menyebabkan penyakit diabetes insipidus. Dapat pula disebabkan oleh kerusakan pada pulau-pulau langerhans pankreas sehingga kelenjar pankreas tidak bisa menghasilkan insulin. Pengobatannya adalah dengan suntikan insulin.

2. Asam Urat

Asam urat disebabkan faktor keturunan di mana individu yang bersangkutan tidak mempunyai hormon yang mengubah asam urat yang tidak larut dalam plasma darah menjadi produk allantoin yang larut dan dapat dikeluarkan melalui urin. Asam urat merupakan hasil metabolisme makanan yang mengandung purin, contohnya emping, kacang-kacangan, jeroan, ikan, kopi, dan cokelat. Pencegahannya adalah dengan diet rendah purin.

3. Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia berarti kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Hiperkolesterolemia dapat diatasi dengan diet rendah kolesterol. Kolesterol banyak terdapat pada daging, ikan, telur, dan jeroan.

 

 

KODEK 8003

1. Berikut ini yang merupakan saluran pencernaan dari dalam ke luar secara urut adalah . . . .

a. usus halus–lambung–usus besar–kerongkongan

b. kerongkongan–mulut–pankreas– usus 12 jari

c. usus 12 jari–lambung–kerongkongan– mulut

d. anus–usus besar–lambung–usus halus

Jawaban :C

2. Organ pencernaan yang mengalami pencernaan secara kimiawi sekaligus mekanis adalah . . . .

a. mulut

b. usus besar

c. kerongkongan 

d. pankreas

Jawaban :A

3. Setelah melalui lambung, makanan akan masuk ke dalam . . . .

a. kerongkongan 

b. duodenum

c. jejenum

d. hepar

Jawaban :A

4. Saluran pencernaan yang mengeluarkan enzim lipase adalah . . . .

a. usus halus 

b. kerongkongan

c. usus besar

d. anus

Jawaban :A

5. Apabila kamu mengunyah makanan tidak sempurna maka . . . .

a. makanan akan makin cepat dicerna

b. makanan dapat ditelan dengan cepat

c. pencernaan menjadi kurang sempurna

d. makanan akan terasa lezat

Jawaban :C

6. Bahan makanan berikut yang akan menghasilkan gula pada pencernaan selanjutnya adalah . . . .

a. garam dapur 

b. protein

c. vitamin

d. pati

Jawaban :D

7. Bahan makanan berikut yang semuanya mengandung protein adalah . . . .

a. telur, bayam, ketela pohon, kol

b. ikan, hati ayam, kacang panjang, tempe

c. pisang, bayam, kol, agar-agar

d. ketan hitam, mentimun, kacang polong, kedelai

Jawaban :B

8. Di antara penyakit berikut yang berhubungan dengan pola makan adalah . . . .

a. migren

b. amandel

c. masuk angin 

d. obesitas

Jawaban :D

9. Langkah yang paling tepat untuk mengatasi asam urat adalah . . . .

a. tidak makan makanan yang mengandung purin sama sekali

b. tidak mempermasalahkan jenis makanan yang dikonsumsi

c. mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi tetapi bukan berarti tidak memakannya sama sekali

d. mengurangi makanan yang mengandung hidrat arang

Jawaban :D

10. Sikap berikut yang menurutmu paling bijak terkait dengan pola makan adalah . . . .

a. hanya makan sayur saja

b. makan makanan yang berlemak tanpa terkendali

c. sama sekali tidak makan semua makanan yang mengandung kolesterol

d. menjaga pola makan yang seimbang

Jawaban :D

11. Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber energi adalah ....

a. karbohidrat, lemak, dan vitamin

b. karbohidrat, lemak, dan protein

c. karbohidrat, protein, dan vitamin

d. karbohidrat dan mineral

Jawaban :B

12. Urutan saluran pencernaan manusia yang benar adalah ....

a. mulut, lambung, kerongkongan, usus halus, dan usus besar

b. mulut, kerongkongan, usus halus, usus besar, dan lambung

c. mulut, kerongkongan, lambung, usus besar, dan usus halus

d. mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar

Jawaban :D

13. Zat makanan yang tidak perlu dicerna terlebih dahulu oleh tubuh, di antaranya ....

a. vitamin dan mineral

b. karbohidrat dan vitamin

c. mineral dan protein

d. lemak dan protein

Jawaban :A

14. Berikut yang terjadi dalam usus besar saat proses pencernaan makanan adalah ….

a. membunuh kuman-kuman yang masuk dengan makanan

b. penyerapan air dan pembusukkan sisa-sisa makanan

c. pencernaan karbohidrat dan lemak

d. pelarutan vitamin yang larut dalam air

Jawaban :B

15. Indra pengecap manusia dapat mengecap rasa ....

a. manis, pahit, pedas, dan asin

b. manis, pedas, asin, dan asam

c. manis, pahit, asin, dan asam

d. manis, asam, pedas, dan pahit

Jawaban :C

16. Dari pernyataan berikut ini, yang bukan fungsi lemak bagi tubuh adalah ….

a. sumber energi

b. cadangan makanan

c. pembangun enzim

d. pelarut vitamin A, D, E, dan K

Jawaban :C

17. Perhatikan gambar berikut.

 

Proses pergerakan makanan dari kerongkongan hingga ke lambung tersebut melalui suatu peristiwa, yaitu ....

a. proses kimiawi

b. gerakan peristaltik

c. proses mekanik

d. berkontraksinya otot kerongkongan

Jawaban :B

18. Glukosa, asam amino, mineral, dan vitamin diserap melalui ....

a. pembuluh limfa

b. pembuluh getah bening

c. pembuluh saraf

d. pembuluh darah

Jawaban :D

19. Kekurangan vitamin B dapat meng akibatkan ....

a. gangguan saraf

b. kulit kasar

c. gangguan tulang

d. sariawan

Jawaban :B

20. Di masa pertumbuhan anak-anak harus banyak makan makanan, terutama yang mengandung ....

a. protein

b. lemak

c. vitamin

d. mineral

Jawaban :A

21. Perhatikan gambar berikut.

 

Dari keempat makanan tersebut, makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat adalah ....

a. 1

b. 3

c. 2

d. 4

Jawaban :A

22. Enzim ptialin terdapat di ....

a. lambung

b. usus besar

c. air liur

d. lambung

Jawaban :C

23. Pencernaan makanan yang bersifat mekanis dan kimiawi terjadi di ....

a. duodenum

b. kerongkongan

c. mulut

d. usus

Jawaban :C

24. Penyerapan sari-sari makanan terutama terjadi di ....

a. lambung

b. ileum

c. kolon

d. duodenum

Jawaban :B

25. Cairan empedu yang dihasilkan hati berperan dalam pencernaan, yaitu ....

a. menguraikan zat tepung

b. membasmi bibit penyakit

c. mengemulsikan lemak

d. menguraikan lema

Jawaban :C

26. Nasi yang dikunyah lama akan terasa manis,

karena ....

a. ada gigi sehingga terasa manis

b. ludah mengandung amilase

c. air liur mengandung zat gula

d. di dalam mulut terdapat zat gula

Jawaban :C

27. Proses pencernaan secara mekanik yaitu mengubah bentuk makanan ....

a. kasar menjadi halus

b. halus menjadi kasar

c. kasar menjadi halus hingga tak berasa

d. kasar menjadi halus hingga manis

Jawaban :A

28. Ketika menghembuskan napas di dalam air kapur maka air kapur akan menjadi keruh, berarti zat sisa pernapasan adalah berupa ....

a. karbon dioksida

b. air kapur

c. oksigen

d. kotoran

Jawaban :A

29. Zat makanan yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh kita adalah ....

a. karbohidrat

b. karbohidrat dan lemak

c. protein dan lemak

d. protein dan karbohidrat

Jawaban :B

30. Ketika menghembuskan napas di depan cermin muncul ....

a. kotoran yang berarti oksigen

b. kotoran yang berarti karbon dioksida

c. basah berarti zat yang dikeluarkan adalah uap air

d. basah berarti zat yang dikeluarkan adalah oksigen

Jawaban :C

31. Fungsi empedu adalah mengemulsikan ....

a. lemak

b. protein

c. karbohidrat

d. mineral

Jawaban :A

32. Pencernaan makanan adalah ....

a. penghancuran makanan secara

mekanik

b. penyerapan makanan oleh jonjot-jonjot usus

c. penghancuran makanan dengan bantuan enzim

d. pemecahan makanan hingga dapat diserap usus

Jawaban :D

33. Rasa lapar akan timbul bila ....

a. lambung kosong dari bahan makanan

b. turunnya kadar gula dalam darah

c. berkurangnya bahan makanan dalam tubuh

d. persediaan energi di dalam tubuh berkurang

Jawaban :B

34. Enzim pencernaan yang terdapat pada lambung adalah ....

a. ptialin dan enterokinase

b. renin dan pepsin

c. steapsin dan tripsin

d. tripsin dan erepsin

Jawaban :B

35. Enzim tripsin mengubah protein menjadi ....

a. asam lemak oleh peptida

b. asam amino oleh peptida

c. asam amino dan asam lemak

d. protein cair oleh HCL

Jawaban :C

36. Enzim yang mengubah lemak menjadi gliserol adalah ....

a. penin 

b. amilase

c. renin 

d. lipase

Jawaban :D

37. Garam mineral dan vitamin tidak mengalami proses pencernaan sebab ....

a. merupakan zat pembangun

b. merupakan zat pengatur

c. mudah larut dan diserap

d. tidak bereaksi dengan enzim

Jawaban :C

38. Air diserap tubuh terutama di ....

a. usus halus

b. ileum

c. duodenum

d. lambung

Jawaban :B

39. Saluran pencernaan yang mengatur kadar air sisa makanan adalah ....

a. usus besar

b. usus halus

c. usus buntu

d. anus

Jawaban :A

40. Pernyataan yang benar mengenai gangguan pencernaan dan penyebabnya adalah ....

a. sembelit - kurang makanan berserat

b. diare - kelebihan asam lambung

c. gastritis - iritasi pada dinding kolon

d. ulkus - adanya racun yang dikeluarkan bakteri

Jawaban :A

41. Pada peradangan usus buntu, operasi yang dilakukan adalah memotong ....

a. kolon 

b. apendiks

c. sekum 

d. intestinum

Jawaban :B

42. Penyakit maag disebabkan oleh ....

a. kelebihan asam lambung

b. peradangan pada kerongkongan

c. peradangan pada lambung

d. kebocoran pada lambung

e. peradangan pada usus

Jawaban :A

43. Pencernaan mekanik terjadi pada ....

a. mulut 

b. usus halus

c. kerongkongan

d. usus besar

e. lambung

Jawaban :A

44. Gangguan yang terjadi akibat penyerapan air berlebih di usus besar disebut ....

a. diare 

b. peritonitis

c. konstipasi 

d. maag

e. wasir

Jawaban :C

45. Jumlah ruang pada jantung manusia adalah ....

a. 1 

b. 2 

c. 3 

d. 4 

e. 5

Jawaban :D

46. Zat - zat berikut diangkut dan disebarkan melalui peredaran darah, kecuali ....

a. oksigen 

b. sari-sari makanan

c. karbon dioksida 

d. cairan getah bening

e. hormon

Jawaban :E

47. Vitamin yang berperan dalam proses pembekuan darah adalah ....

a. vitamin A 

b. vitamin E

c. vitamin B 

d. vitamin K

e. vitamin C

Jawaban :D

48. Bagian paru-paru berupa kantung yang sangat tipis dan lembab disebut ....

a. pleura 

b. bronkus

c. alveolus 

d. lobus

e. bronkiolus

Jawaban :A

49. Berikut merupakan makanan yang merupakan sumber karbohidrat, kecuali ....

a. beras 

b. permen

c. singkong 

d. daging

e. sagu

Jawaban :B

50. Vitamin A banyak terdapat dalam ....

a. wortel 

b. tempe

c. hati 

d. sayuran hijau

e. tomat

Jawaban :A

51. Getah yang dikeluarkan oleh perut besar yang berguna untuk membunuh mikoorganisme adalah ....

a. enzim ptialin 

b. enzim renin

c. enzim pepsin 

d. enzim klorida

Jawaban :D

52. Bakteri pembusuk yang membantu pembusukan kotoran dan dapat menghasilkan vitamin K ditemukan di dalam ....

a. usus dua belas jari 

b. usus besar

c. usus halus 

d. lambung

Jawaban :B

53. Zat-zat makanan yang menghasilkan energi adalah ....

a. karbohidrat dan vitamin

b. karbohidrat dan mineral

c. karbohidrat dan lemak

d. lemak dan vitamin

Jawaban :C

54. Hasil akhir dari pencernaan protein adalah ....

a. gliserol 

b. pepton

c. asam amino 

d. glukosa

Jawaban :C

55. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung ....

a. vitamin

b. banyak protein

c. karbohidrat, lemak, dan protein

d. unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh

Jawaban :D

56. Pencernaan secara mekanis karbohidrat dilakukan di ....

a. mulut 

b. usus halus

c. perut besar 

d. usus besar

Jawaban :A

57. Di bawah ini yang bukan fungsi sel dalam lambung adalah ....

a. menyederhanakan protein

b. merangsang produksi renin

c. mengaktifkan pepsinogen

d. membunuh mikroorganisme

Jawaban :D

58. Makanan yang tidak melalui pencernaan tetapi langsung diserap usus adalah ....

a. karbohidrat dan lemak

b. vitamin dan protein

c. vitamin dan mineral

d. protein dan lemak

Jawaban :C

59. Gastrisis merupakan kelainan saluran pencernaan pada ....

a. kelenjar ludah 

b. usus halus

c. susu buntu 

d. lambung

Jawaban :D

60. Termasuk alat-alat pencernaan, kecuali ....

a. kerongkongan 

b. jantung

c. lambung 

d. mulut

Jawaban :B

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog