Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Soal UN IPA SMP
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO10
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO9
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO8
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO7
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO6
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO5
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO4
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO3
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO2
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA TO1
- Soal dan Kunci Ujian Nasinal SMP IPA Mendeskripsik...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Mendeskripsi...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Mendeskripsi...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Mendeskripsi...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Mendeskripsi...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Menjelaskan ...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Menentukan b...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Menjelaskan ...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Menentukan s...
- Soal dan Kunci Ujian Nasilan SMP IPA Menjelaskan s...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Menentukan b...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Menentukan b...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Menentukan j...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Menentukan b...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA SMP Menentukan s...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Menentukan besar...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP Biologi Menjelas...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Meng...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Memb...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Biologi Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP Biologi Menjelas...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Biologi Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP Biologi Menjelas...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional IPA Biologi SMP Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Biologi Menj...
- Soal dan Kunci Ujian Nasional SMP IPA Biologi Meng...
- - | SKL 24 - 26 K.9720 | - -
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
72. Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air laut adalah ....
a. hiu
b. tumbuhan laut
c. paus
d. ikan kecil
Jawaban : B
73. Yang berperan sebagai produsen air tawar adalah ....
a. alga
b. serangga
c. jamur
d. ikan kecil
Jawaban : A
74. Manfaat tumbuhan air dalam akuarium bagi komponen biotik lain adalah ....
a. keindahan
b. menjernihkan air
c. suplai oksigen
d. membuat teduh
Jawaban : C
75. Ekosistem yang paling mudah mengalami perubahan rantai makanan setiap tahun adalah ....
a. laut
b. sungai
c. sawah
d. hutan
Jawaban : C
76. Jatuhnya daun pada tanah dapat mengakibatkan ....
a. kesuburan tanah bertambah
b. kesuburan tanah menurun
c. kematian tumbuhan lain
d. kandungan mineral berkurang
Jawaban : A
77. Hutan memiliki keanekaragaman hayatinya yang sangat tinggi, karena di hutan dapat ditemukan berbagai jenis makhluk hidup. Karena itu hutan disebut gudang ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. mikroorganisme
d. plasma nutfah
Jawaban : D
78. Berikut ini hewan endemik yang ada di Indonesia adalah ....
a. maleo di Sulawesi
b. anoa di Papua
c. badak bercula satu di Sulawesi
d. jalak putih di Kalimantan
Jawaban : A
79. Usaha manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah ....
a. penanaman monokultur
b. reboisasi
c. tebang pilih Indonesia
d. rotasi tanaman
Jawaban : A
80. Pada awalnya membudidayakan tumbuhan dan hewan dilakukan manusia karena adanya ....
a. pangan, keindahan, dan kesehatan
b. pangan, sandang, dan papan
c. sandang, nilai ilmiah, dan perumahan
d. sandang, keindahan, dan kesehatan
Jawaban : B
81. Pada perkembangan berikutnya membudidayakan tumbuhan dan hewan itu dapat dimanfaatkan untuk ....
a. nilai ekonomi, ilmiah, dan mental spiritual
b. nilai ekonomi, sandang, papan, dan pangan
c. nilai ilmiah, sandang, papan, dan pangan
d. nilai ilmiah, ekonomi, papan, dan pangan
Jawaban : A
82. Pembudidayaan hutan sehingga dapat diambil hasilnya berupa rotan, kayu, dan objek wisata yang menghasilkan uang merupakan suatu nilai dari pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hutan, nilai yang dimaksud adalah ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
Jawaban : A
83. Dengan membudidayakan tumbuhan dan hewan di alam, maka akan nampak Kebesaran Tuhan Sang Pencipta.
Pernyataan ini merupakan nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
Jawaban : D
84. Tumbuhan dan hewan yang ada di Indonesia memiliki kekhasan yang berbeda dengan bangsa lainnya, maka nilai yang terkandung dari pernyataan ini adalah ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
Jawaban : C
85. Dengan membudidayakan tumbuhan dan hewan akan terbentuk keindahan dan keseimbangan alam, sehingga membudidayakan ini sebagai nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. estetika dan keselarasan
Jawaban : B
86. Alam yang indah dan seimbang ini rusak oleh adanya ....
a. tangan manusia yang mengeksplorasi alam secara berlebihan
b. tangan manusia yang memanfaatkan sumber alam dengan bijaksana
c. saling memakan antara hewan buas dengan hewan lainnya
d. saling perebutan makanan di antara hewan-hewan buas
Jawaban : A
87. Tumbuhan dan hewan mengalami kelangkaan, penyebabnya oleh hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. tingkat reproduksi rendah
b. tingkat reproduksi tinggi
c. kegiatan manusia yang memanfaatkan alam secara berlebihan
d. kegiatan manusia dengan penebangan hutan secara bebas
Jawaban : B
88. Mengingat akan kelangkaan jenis hewan, maka yang dijadikan sebagai Hewan Nasional adalah ....
a. komodo, ikan solera merah, dan elang Jawa
b. komodo, cendrawasih, dan elang Jawa
c. ikan solera merah, ikan paus biru, dan komodo
d. elang Jawa, ikan paus bIru, dan hiu
Jawaban : B
89. Salah satu usaha untuk menyelamatkan kerusakan hutan adalah ....
a. melakukan tebang pilih
b. mengubah hutan menjadi lahan pertanian
c. mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian
d. mengatur jarak tanam
Jawaban : A
90. Hewan yang sudah langka di Indonesia di antaranya ....
a. ikan, belalang, dan burung
b. badak bercula satu, harimau, dan gajah
c. cendrawasih, bangau, dan merpati
d. kuda, anoa, dan tapir
Jawaban : B
91. Hewan dan tumbuhan yang sudah langka perlu kita ....
a. pelihara di rumah masing-masing
b. pelihara dan dilestarikan di dalam kebun binatang
c. pelihara dan dilestarikan ke habitat aslinya
d. pelihara dan dikembangbiakkan di kebun raya
Jawaban : C
92. Lingkungan abiotik yang tidak dapat dipengaruhi manusia adalah … .
a. tanah
b. gravitasi bumi
c. air
d. kandungan mineral
Jawaban : B
93. Roti apabila dibiarkan lama-kelamaan akan membusuk karena adanya … sebagai dekomposer.
a. jamur dan bakteri
b. jamur dan manusia
c. manusia dan protozoa
d. ulat dan cacing
Jawaban : A
94. Proses pemasakan makanan pada tumbuhan disebut … .
a. respirasi
b. ekskresi
c. fotosintesis
d. reproduksi
Jawaban : C
95. Tanaman yang dapat dijadikan makanan pokok bagi manusia adalah … .
a. jagung, mangga, dan pepaya
b. mangga, ketela, dan kentang
c. jagung, kentang, dan padi
d. kentang, semangka, dan pepaya
Jawaban : C
96. Berikut yang bukan merupakan penyebab langkanya hewan adalah … .
a. tingkat reproduksinya rendah
b. nilai ekonomisnya tinggi
c. tingkat perkembangbiakannya tinggi
d. kemampuan adaptasinya rendah
Jawaban : C
97. Salah satu akibat kepunahan suatu jenis makhluk hidup adalah … .
a. mengurangi keanekaragaman makhluk hidup
b. berkurangnya variasi makhluk hidup tersebut
c. berkurangnya ketersediaan makanan bagi manusia
d. hilangnya penghasilan manusia
Jawaban : D
98. Pertumbuhan penduduk terjadi apabila … .
a. angka kelahiran sama dengan angka kematian
b. angka kelahiran Iebih kecil dari angka kemutian
c. angka kelahiran lebih besar dari angka kematian
d. urbanisasi lebih besar daripada transmigrasi
Jawaban : C
99. Masalah yang disebabkan oleh kepadatan penduduk yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia adalah … .
a. perumahan dan kesehatan
b. kesehatan dan pendidikan
c. tenaga kerja dan pendidikan
d. tenaga kerja dan perumahan
Jawaban : C
100. Berikut yang bukan merupakan fungsi hutan adalah … .
a. siklus air
b. sumber ekonomi
c. menyebabkan pencemaran udara
d. tempat hidup margasatwa
Jawaban : C
101. Perkembangan baru berikut yang menyebabkan udara bersih adalah … .
a. menjadikan semua kendaraan bermotor dapat berjalan dengan baterai listrik
b. mengadakan lebih banyak penghijauan hutan pada negara-negara di dunia
c. memerintahkan rakyat berhenti merokok
d. menghentikan produksi pesawat terbang supersonik dan concorde
Jawaban : B
102. Untuk memberantas hama pada tanaman digunakan zat kimia yang disebut … .
a. fungisida
b. insektisida
c. herbisida
d. pestisida
Jawaban : C
103. Apabila kotamu terletak di pinggir sebuah sungai besar, menurut pendapatmu, letak yang paling baik untuk membangun industri sehingga pengaruh polutannya secara langsung pada manusia menjadi sangat kecil adalah … .
a. di dalam kota dekat bagian hilir sungai
b. di luar kota dekat bagian hulu sungai
c. dalam kota dekat bagian hulu sungai
d. di luar kota dekat bagian hilir sungai
Jawaban : D
104. Tindakan manusia yang dapat merusak lingkungan di antaranya ....
a. mengolah limbah industri agar tidak berbahaya
b. menciptakan alat-alat yang mencemari lingkungan
c. memupuk tanaman dengan kompos
d. menggunakan teknik terasering saat bercocok tanam di lahan yang miring
Jawaban : B
105. Suatu kelompok makhluk hidup dapat dinamakan populasi jika ....
a. didukung makhluk hidup tak hidup
b. ada proses memangsa
c. terdiri atas makhluk hidup sejenis
d. terdapat aliran energi
Jawaban : C
106. Satu perbedaan antara produsen dan konsumen adalah ....
a. konsumen bisa berfotosintesis, produsen tidak
b. produsen terdiri atas beberapa tingkat, konsumen tidak
c. konsumen biasanya tumbuhan, produsen biasanya serangga dan plankton
d. produsen mampu membuat makanan sendiri, konsumen tidak
Jawaban : D
107. Keberadaan tumbuhan sejenis yang beraneka ragam dapat digunakan untuk ….
a. menghasilkan bibit unggul
b. memilih jenis yang akan dimusnahkan
c. menciptakan ekosistem baru
d. menjaga rantai makanan
Jawaban : A
108. Ciri-ciri suatu komunitas adalah ....
a. adanya interaksi dengan komponen abiotik
b. terdapat sekumpulan macam-macam populasi
c. di dalamnya ada proses saling memangsa
d. mulai terdapat peran pengurai dan perombak
Jawaban : B
109. Faktor abiotik yang tidak terpengaruh oleh sinar matahari adalah ….
a. suhu
b. mineral
c. kelembapan
d. intensitas cahaya
Jawaban : B
110. Bakteri dan jamur mendapatkan energinya dari makhluk hidup yang sudah mati, Oleh karena itu, di dalam komunitas, bakteri dan jamur berperan sebagai ....
a. produsen
b. konsumen
c. pengurai
d. perombak
Jawaban : C
111. Energi tidak selamanya tetap dalam tubuh suatu makhluk hidup melainkan mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Aliran energi terjadi jika terdapat proses ....
a. fotosintesis
b. makan dan dimakan
c. penguraian
d. transfer energi
Jawaban : B
112. Berikut ini beberapa makhluk hidup dalam sebuah ekosistem ....
1. ayam
2. padi
3. elang
4. belalang
Urutan rantai makanan yang dapat terjadi pada makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 2 -3 - 4 - 1
b. 2 - 4 - 3 - 1
c. 2 - 4 - 1 - 3
d. 3 - 2 - 4 – 1
Jawaban : C
113. Di dalam kehidupan nyata terdapat hubungan tidak langsung antara harimau dan tumbuhan. Tumbuhan menghasilkan zat yang diperlukan harimau, yaitu ....
a. zat nitrogen
b. zat karbon dioksida
c. zat karbohidrat
d. zat hidrogen
Jawaban : C
114. Di bawah ini yang bukan merupakan tumbuhan sebagai produsen adalah ....
a. rumput
b. jamur
c. bayam
d. kangkung
Jawaban : B
115. Prediksi penyebab munculnya penyakit kolera pada populasi penduduk yang padat dan ….
a. tersedia makanan yng terbatas
b. tempat tinggal yang terbatas
c. udara bersih terbatas
d. air bersih yang terbatas
Jawaban : D
116. Tindakan untuk menjaga hutan dan kerusakan lingkungan adalah ….
a. menembak pemburu
b. lomba berburu
c. memberlakukan undang-undang
d. menganti tanaman semusim
Jawaban : C
117. Pembuangan sampah yang sembarangan dapat mengakibatkan banjir. Banjir terjadi karena ….
a. plastik sukar membusuk
b. sampah menyumbat
c. tidak ada bakteri pembusuk
d. tanah longsor
Jawaban : B
118. Makhluk hidup yang mampu menggunakan sinar matahari untuk mengolah makanan adalah ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. manusia
d. jamur
Jawaban : A
119. Dampak kepadatan penduduk terhadap kerusakan lingkungan adalah ....
a. lingkungan akan semakin terjaga
b. terjadinya kerusakan yang cenderung meningkat
c. lingkungan akan stabil
d. kualitas lingkungan akan menjadi meningkat
Jawaban : B
120. Lapisan ozon yang melingkupi bumi semakin tipis akibat tingginya kadar CFC di udara. CFC terdapat pada benda berikut ini, kecuali ....
a. kosmetik berbentuk spray
b. limbah cair pabrik
c. gas pendingin mobil
d. cat mobil berbentuk spray
Jawaban : B
121. Hujan asam dapat terjadi karena adanya pencemaran ....
a. udara oleh limbah rumah tangga
b. udara oleh oksida karbon atau fosfat
c. tanah oleh limbah pabrik
d. udara oleh oksida belerang dan nitrogen
Jawaban : D
122. Efek rumah kaca disebabkan oleh tingginya kadar gas polutan di udara. Gas yang dimaksud adalah ….
a. CO
c. CO2
b. SO2
d. NO2
Jawaban : C
123. Saat kegiatan praktikum di kebun sekolah, kelompok Susi mencatat adanya 21 tanaman rumput, 2 tanaman bunga soka, dan 14 ekor semut. Dari data tersebut kelompok Susi mencatat data komponen ....
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
Jawaban : B
124. Bakteri saprofit merupakan organisme yang dapat mengubah senyawa organik menjadi senyawa anorganik. Kedudukan bakteri tersebut sebagai komponen ....
a. produsen
b. konsumen
c. dekomposer
d. predator
Jawaban : C
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar