Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Berikut Daftar Link Soal dan Kunci Matematika SMP
- Bilangan Bulat
- Aljabar
- SPLSV
- Aritmatika Sosial
- Himpunan
- Sudut
- Garis dan Sudut
- Perbandingan
- Transformasi
- Faktorisasi Aljabar
- Relasi dan Fungsi
- SPLDV
- Phytagoras
- Lingkaran
- Kubus dan Balok
- Kesebangunan
- Bangun Ruang Sisi Lengkung
- Statistik
- Peluang
- Barisan dan Deret
- Pangkat tak Sebenarnya
Level 1
1. Secara umum, relasi diartikan sebagai ....
a. hubungan beberapa himpunan
b. hubungan antara anggota satu himpunan dengan anggota himpunan lain
c. fungsi
d. pemetaan
Jawaban : B
2. Berikut adalah cara menyatakan relasi dua himpunan, kecuali ....
a. diagram panah
b. diagram Venn
c. himpunan pasangan terurut
d. diagram Cartesius
Jawaban : B
3. Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram panah di bawah adalah ....
a. faktor dari
b. kurang dari
c. lebih dari
d. setengah dari
Jawaban : B
4. Relasi dari A ke B yang ditunjukkan dengan diagram Cartesius adalah ….
a. kelipatan dari
b. faktor dari
c. kurang dari
d. sama dengan
Jawaban : B
5. Diketahui :
P = {(1,1), (1,2), (2,2), (3,3)}
R = {(1,1), (2,3), (3,4), (3,5)}
Q = {(1,1), (2,3), (3,3), (4,1)}
S = {(1,1), (2,3), (3,3), (3,4)}
Himpunan pasangan berurutan di atas, yang merupakan fungsi adalah ….
a. P
b. R
c. Q
d. S
Jawaban : B
6. Diketahui dua himpunan bilangan
A = {–4, –2, 0, 2, 4} dan
B = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3,}.
Himpunan pasangan terurut yang menyatakan relasi "dua kali dari" adalah ....
a. {(–4, –3), (–2, –2), (0, 0), (2,2), (4, 3)}
b. {(–4, –2), (–2, 2), (0, 0), (2, 2), (4, 2)}
c. {(–4, –2), (–2, –1), (0, 0), (2, 1), (4, 2)}
d. {(–4, –2), (–2, –1), (2, 1), (4, 2)}
Jawaban : C
7. Jika A = {1, 2, 3, 4} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}, diagram Cartesius yang menggambarkan relasi "faktor dari" adalah ....
Jawaban : D
8. Diagram panah berikut yang merupakan fungsi dari P ke Q adalah ....
Jawaban : A
9. Perhatikan diagram-diagram panah berikut.
Yang bukan merupakan fungsi adalah ....
a. (i) dan (ii)
b. (i) dan (iii)
c. (ii) dan (iii)
d. (iii) dan (iv)
Jawaban : C
10. Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut ini.
1. {(0, 2), (1, 3), (2, 4), (3, 5)}
2. {(0, 2), (0, 3), (0, 4), (0, 5)}
3. {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}
4. {(1, 2), (2, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}
Yang merupakan fungsi adalah ....
a. 1 dan 3 c. 1 dan 4
b. 2 dan 4 d. 2 dan 3
Jawaban : A
Bahas Level 1
Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut ini.
1. {(0, 2), (1, 3), (2, 4), (3, 5)}
2. {(0, 2), (0, 3), (0, 4), (0, 5)}
3. {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}
4. {(1, 2), (2, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}
11. Aturan dari relasi yang digambarkan dengan diagram panah di bawah ini adalah ….
a. kurang dari
b. lebih dari
c. faktor dari
d. kuadrat dari
Jawaban : C
12. Diagram panah di bawah ini yang merupakan fungsi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….
a. c.
b. d.
Jawaban : B
13. Domain dari diagram panah di bawah adalah ….
a. {1, 2, 3, 4}
b. {1, 2, 6}
c. {1, 6}
d. { 3 }
Jawaban : A
14. Himpunan daerah hasil (range) dari diagram panah di bawah ini adalah ….
a. {1, 4, 9, 10 }
b. {1, 2, 3, 4}
c. {1, 2, 3, 4, 5}
d. { 5 }
Jawaban : C
15. Pada sebuah fungsi, daerah yang semua anggotanya selalu berpasangan adalah ....
a. domain
b. kodomain
c. domain dan kodomain
d. domain dan range
Jawaban : C
16. Di antara pernyataan berikut, yang tidak benar adalah ....
a. domain = {x, y, z}
b. kodomain = {p, q, r, s}
c. r di B tidak mempunyai pasangan di A
d. diagram tersebut menunjukkan korespondensi satu-satu
Jawaban : B
17. Berikut ini yang merupakan korespondensi satu-satu adalah ....
a. {(a, 1), (b, 1), (c, 1)}
b. {(1, a), (2, c), (3, d)}
c. {(1, b), (2, c), (3, b)}
d. {(a, b), (c, d), (b, d)}
Jawaban : B
18. Domain fungsi yang ditunjukkan diagram panah di atas adalah ....
a. {a, b, c, d}
b. {1, 2, 3, 4, 5}
c. {1, 2, 3, 4}
d. {a, b, c, d, 1, 2, 3, 4}
Jawaban : A
19. Grafik fungsi ditunjukkan oleh gambar ....
Jawaban : A
20. Diketahui himpunan pasangan berurutan dari suatu pemetaan adalah {(0, 3), (1, 4), (2, 5), (3, 6)}. Daerah hasil pemetaan tersebut adalah ....
a. {0, 1, 2, 3}
b. {3, 4, 5, 6}
c. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
d. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
Jawaban : B
Bahas Level 2
Himpunan daerah hasil (range) dari diagram panah di bawah ini adalah ….
Level 2
21. Kodomain dari pemetaan yang ditunjukkan diagram Cartesius berikut adalah ....
a. {1, 2, 3,4}
b. {0, 1, 2, 3, 4}
c. {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
d. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
Jawaban : D
22. Jika A = {2, 3, 4, 5} dan B = {3, 4, 5, 6}, relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah “satu kurangnya dari”. Maka relasi tersebut jika dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan adalah ….
a. {(2,1), (3,2), (4,3), (5, 6)}
b {(2,3), (3,4), (4,6), (3,5)}
c. {(1,2), (2,3), (3,4), (4,5), (5,6)}
d. {(2,3), (3,4), (4,5), (5,6)}
Jawaban : D
23. Pada pemetaan {(1, 6), (2, 5), (3, 7), (4, 0), (5, 1)} domainnya adalah ....
a. {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
b. {1, 2, 3, 4, 5}
c. {1, 2, 3}
d. {0}
Jawaban : B
24. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A = {a, i} ke himpunan A sendiri adalah ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 8
Jawaban : C
25. Diketahui P = {a, b, c, d} dan Q = {1, 2, 3}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….
a. 81
b. 12
c. 64
d. 7
Jawaban : B
26. Diketahui X = {1, 2} dab Y = {a, b, c}. Banyaknya fungsi yang mungkin dari Y ke X adalah ….
a. 5
b. 8
c. 6
d. 9
Jawaban : C
27. Fungsi f : x 3x – 5 dengan x {-3, -2, -1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi f adalah ….
a. {4, 1, -2, -5}
b. {-9, -6, -3, 0, 3, 6}
c. {-14, -11, -8, -5, -2, 1}
d. {-24, -21, -8, -5}
Jawaban : C
28. Pada fungsi f : x →x – 7, peta dari 2 adalah ....
a. – 9
b. – 5
c. 5
d. 9
Jawaban : B
29. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = x + 1. Nilai f(12) = ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban : D
30. Ditentukan f(x) = 5 – 2x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....
a. {0, 1, 3, 5}
b. {1, 3, 7, 9}
c. {1, 3, 5, 7, 9}
d. {3, 5, 7, 9, 11}
Jawaban : C
Bahas Level 3
Diketahui P = {a, b, c, d} dan Q = {1, 2, 3}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….
Ditentukan f(x) = 5 – 3x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....
Level 4
31. Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 7, nilai a yang memenuhi adalah ....
a. 3
b. 5
c. 9
d. 19
Jawaban : A
32. Diketahui f : x → –2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....
a. – 3
b. – 2
c. 2
d. 3
Jawaban : A
33. Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 19. Maka nilai a adalah ….
a. 6
b. 55
c. 7
d. 57
Jawaban : C
34. Jika f(x) = x2 + 4 maka 29 adalah bayangan dari ....
a. 2
b. 3
c. 5
d. 6
Jawaban : C
35. Jika f(x) = x2 + 4 maka 13 adalah bayangan dari ....
a. 2
b. 3
c. 5
d. 6
Jawaban : B
36. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax+b. Diketahui f (1) = 3 dan f (–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ....
a. 4 dan –1
b. 4 dan 7
c. –2 dan 1
d. –2 dan 5
Jawaban : D
37. Pada fungsi linear f(x) = ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = –2, rumus fungsi f(x) = ....
a. x – 4
b. 2x – 2
c. x + 3
d. 2x + 5
Jawaban : B
38. Suatu fungsi dirumuskan f(x) = ax + b.
Jika f(-2) = 14 dan f(3) = -1, maka nilai a dan b adalah ….
a. -3 dan 8
b. 2 dan 5
c. 3 dan 8
d. 5 dan -2
Jawaban : A
39. Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(-2) = -8 dan f(5) = 13, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….
a. -3 dan 2
b. 2 dan -3
c. -2 dan 3
d. 3 dan -2
Jawaban : D
40. Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(2) = 9 dan f(3) = 11, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….
a. -3 dan 2
b. 2 dan 5
c. -2 dan -5
d. 3 dan -2
Jawaban : B
Bahas Level 4
Diketahui f : x → 2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....
Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(2) = 10 dan f(3) = 13, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar