Sabtu, 16 Januari 2021

Soal dan Kunci Matematika SMP Relasi dan Fungsi

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download




Berikut Daftar Link Soal dan Kunci Matematika SMP




 Level 1

1. Secara umum, relasi diartikan sebagai ....

a. hubungan beberapa himpunan

b. hubungan antara anggota satu himpunan dengan anggota himpunan lain

c. fungsi

d. pemetaan

Jawaban : B

2. Berikut adalah cara menyatakan relasi dua himpunan, kecuali ....

a. diagram panah

b. diagram Venn

c. himpunan pasangan terurut

d. diagram Cartesius

Jawaban : B

3. Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram panah di bawah adalah ....

 

a. faktor dari

b. kurang dari

c. lebih dari

d. setengah dari

Jawaban : B

4. Relasi dari A ke B yang ditunjukkan dengan diagram Cartesius adalah ….

 

a. kelipatan dari

b. faktor dari

c. kurang dari

d. sama dengan

Jawaban : B

5. Diketahui : 

P = {(1,1), (1,2), (2,2), (3,3)}

R = {(1,1), (2,3), (3,4), (3,5)}

Q = {(1,1), (2,3), (3,3), (4,1)}

S = {(1,1), (2,3), (3,3), (3,4)}

Himpunan pasangan berurutan di atas, yang merupakan fungsi adalah ….

a. P

b. R

c. Q

d. S

Jawaban : B

6. Diketahui dua himpunan bilangan 

A = {–4, –2, 0, 2, 4} dan 

B = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3,}. 

Himpunan pasangan terurut yang menyatakan relasi "dua kali dari" adalah ....

a. {(–4, –3), (–2, –2), (0, 0), (2,2), (4, 3)}

b. {(–4, –2), (–2, 2), (0, 0), (2, 2), (4, 2)}

c. {(–4, –2), (–2, –1), (0, 0), (2, 1), (4, 2)}

d. {(–4, –2), (–2, –1), (2, 1), (4, 2)}

Jawaban : C

7. Jika A = {1, 2, 3, 4} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}, diagram Cartesius yang menggambarkan relasi "faktor dari" adalah ....

 

Jawaban : D

8. Diagram panah berikut yang merupakan fungsi dari P ke Q adalah ....

 

Jawaban : A

9. Perhatikan diagram-diagram panah berikut.

 

Yang bukan merupakan fungsi adalah ....

a. (i) dan (ii) 

b. (i) dan (iii) 

c. (ii) dan (iii)

d. (iii) dan (iv)

Jawaban : C

10. Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut ini.

1. {(0, 2), (1, 3), (2, 4), (3, 5)}

2. {(0, 2), (0, 3), (0, 4), (0, 5)}

3. {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}

4. {(1, 2), (2, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}

Yang merupakan fungsi adalah ....

a. 1 dan 3 c. 1 dan 4

b. 2 dan 4 d. 2 dan 3

Jawaban : A

Bahas Level 1

Perhatikan himpunan pasangan terurut berikut ini.

1. {(0, 2), (1, 3), (2, 4), (3, 5)}

2. {(0, 2), (0, 3), (0, 4), (0, 5)}

3. {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}

4. {(1, 2), (2, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}

11. Aturan dari relasi yang digambarkan dengan diagram panah di bawah ini adalah ….

 

a.   kurang dari

b.   lebih dari

c.   faktor dari

d.   kuadrat dari

Jawaban : C

12. Diagram panah di bawah ini yang merupakan fungsi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….

a. c.

b. d.

Jawaban : B

13. Domain dari diagram panah di bawah adalah ….

 

a.   {1, 2, 3, 4}

b.   {1, 2, 6}

c.   {1, 6}

d.   { 3 }

Jawaban : A

14. Himpunan daerah hasil (range) dari diagram panah di bawah ini adalah ….

 

a. {1, 4, 9, 10 }

b. {1, 2, 3, 4}

c. {1, 2, 3, 4, 5}

d. { 5 }

Jawaban : C

15. Pada sebuah fungsi, daerah yang semua anggotanya selalu berpasangan adalah ....

a. domain

b. kodomain

c. domain dan kodomain

d. domain dan range

Jawaban : C

16. Di antara pernyataan berikut, yang tidak benar adalah ....

 

a. domain = {x, y, z}

b. kodomain = {p, q, r, s}

c. r  di B tidak mempunyai pasangan di A

d. diagram tersebut menunjukkan korespondensi satu-satu

Jawaban : B

17. Berikut ini yang merupakan korespondensi satu-satu adalah ....

a. {(a, 1), (b, 1), (c, 1)}

b. {(1, a), (2, c), (3, d)}

c. {(1, b), (2, c), (3, b)}

d. {(a, b), (c, d), (b, d)}

Jawaban : B

18. Domain fungsi yang ditunjukkan diagram panah di atas adalah ....

 

a. {a, b, c, d}

b. {1, 2, 3, 4, 5}

c. {1, 2, 3, 4}

d. {a, b, c, d, 1, 2, 3, 4}

Jawaban : A

19. Grafik fungsi ditunjukkan oleh gambar ....

 

Jawaban : A

20. Diketahui himpunan pasangan berurutan dari suatu pemetaan adalah {(0, 3), (1, 4), (2, 5), (3, 6)}. Daerah hasil pemetaan tersebut adalah ....

a. {0, 1, 2, 3}

b. {3, 4, 5, 6}

c. {0, 1, 2, 3, 4, 5}

d. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}

Jawaban : B

Bahas Level 2

Himpunan daerah hasil (range) dari diagram panah di bawah ini adalah ….

 

Level 2

21. Kodomain dari pemetaan yang ditunjukkan diagram Cartesius berikut adalah ....

 

a. {1, 2, 3,4}

b. {0, 1, 2, 3, 4}

c. {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

d. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

Jawaban : D

22. Jika A = {2, 3, 4, 5} dan B = {3, 4, 5, 6}, relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah “satu kurangnya dari”. Maka relasi tersebut jika dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan adalah ….

a. {(2,1), (3,2), (4,3), (5, 6)}

b  {(2,3), (3,4), (4,6), (3,5)}

c. {(1,2), (2,3), (3,4), (4,5), (5,6)}

d. {(2,3), (3,4), (4,5), (5,6)}

Jawaban : D

23. Pada pemetaan {(1, 6), (2, 5), (3, 7), (4, 0), (5, 1)} domainnya adalah ....

a. {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}

b. {1, 2, 3, 4, 5}

c. {1, 2, 3}

d. {0}

Jawaban : B

24. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A = {a, i} ke himpunan A sendiri adalah ....

a. 2 

b. 3 

c. 4

d. 8

Jawaban : C

25. Diketahui P = {a, b, c, d} dan Q = {1, 2, 3}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….

a. 81

b. 12

c. 64

d. 7

Jawaban : B

26. Diketahui X = {1, 2} dab Y = {a, b, c}. Banyaknya fungsi yang mungkin dari Y ke X adalah ….

a. 5

b. 8

c. 6

d. 9

Jawaban : C

27. Fungsi f : x  3x – 5 dengan  x {-3, -2, -1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi f adalah ….

a. {4, 1, -2, -5}

b. {-9, -6, -3, 0, 3, 6}

c. {-14, -11, -8, -5, -2, 1}

d. {-24, -21, -8, -5}

Jawaban : C

28. Pada fungsi f : x →x – 7, peta dari 2 adalah ....

a. – 9 

b. – 5 

c. 5

d. 9

Jawaban : B

29. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) =  x + 1. Nilai f(12) = ....

a. 2 

b. 3 

c. 4

d. 5

Jawaban : D

30. Ditentukan f(x) = 5 – 2x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....

a. {0, 1, 3, 5}

b. {1, 3, 7, 9}

c. {1, 3, 5, 7, 9}

d. {3, 5, 7, 9, 11}

Jawaban : C

Bahas Level 3

Diketahui P = {a, b, c, d} dan Q = {1, 2, 3}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah ….

Ditentukan f(x) = 5 – 3x dengan daerah asal {–2, –1, 0, 1, 2}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....

Level 4

31. Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 7, nilai a yang memenuhi adalah ....

a. 3

b. 5

c. 9

d. 19

Jawaban : A

32. Diketahui f : x → –2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....

a. – 3

b. – 2

c. 2

d. 3

Jawaban : A

33. Jika  f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 19. Maka nilai a adalah ….

a. 6

b. 55

c. 7

d. 57

Jawaban : C

34. Jika f(x) = x2 + 4 maka 29 adalah bayangan dari ....

a. 2 

b. 3 

c. 5

d. 6

Jawaban : C

35. Jika f(x) = x2 + 4 maka 13 adalah bayangan dari ....

a. 2 

b. 3 

c. 5

d. 6

Jawaban : B

36. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax+b. Diketahui f (1) = 3 dan f (–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ....

a. 4 dan –1

b. 4 dan 7

c. –2 dan 1

d. –2 dan 5

Jawaban : D

37. Pada fungsi linear f(x) = ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = –2, rumus fungsi f(x) = ....

a. x – 4

b. 2x – 2

c. x + 3

d. 2x + 5

Jawaban : B

38. Suatu fungsi dirumuskan f(x) = ax + b. 

Jika f(-2) = 14 dan f(3) = -1, maka nilai a dan b adalah ….

a. -3 dan 8

b. 2 dan 5

c. 3 dan 8

d. 5 dan -2

Jawaban : A

39. Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(-2) = -8 dan f(5) = 13, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….

a. -3 dan 2

b. 2 dan -3

c. -2 dan 3

d. 3 dan -2

Jawaban : D

40. Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(2) = 9 dan f(3) = 11, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….

a. -3 dan 2

b. 2 dan 5

c. -2 dan -5

d. 3 dan -2

Jawaban : B

Bahas Level 4

Diketahui f : x → 2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....

Suatu fungsi linear didefinisikan dengan f(x) = ax + b dengan x R. Jika pada fungsi tersebut diketahui f(2) = 10 dan f(3) = 13, maka nilai a dan b berturut-turut adalah ….

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

 

 

 

 

 

 Bimbel Aqila Magelang

Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp 085640451319
Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi Klik Disini
Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang
 

Bimbel SD 8 Sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K 

 

Bimbel SMP 8 sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K 

 

Bimbel SMA 8 Sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K
 
SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K


SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji
  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit
 
Pendaftaran - Rp 50K
WhatsApp 085640451319

 

 
 
 

Aplikasi Absen Bimbel

Aplikasi Android Absensi sederhana untuk Les di Bimbel maupun Privat di rumah dilengkapi Notifikasi dalam bentuk WhatsApp ke Ortu.
Absen dilakukan oleh Tutor dengan memilih Siswa, lalu bisa ditambahkan keterangan baik Nilai Proses, Materi atau repot apa yang terjadi selama les.
 
Fungsi
  • Rekap Bulanan Absen per Tutor bisa digunakan sebagai acuan penggajian
  • Rekap Absen per Siswa bisa digunakan sebagai acuan pembayaran
  • Rekap Absen Harian
  • Notifikasi dalam bentuk WhatsApp ke Ortu dan Siswa lengkap dengan Keterangan seperti Nilai Proses atau Materi yang di input oleh tutor saat Absen.
  • Eksport data Absen per Siswa atau Tutor dalam bentuk Text lebih mudah tanpa harus buka di excel.
Digunakan untuk
  • Bimbel yang membutuhkan Rekapitulasi Absen untuk melengkapi kegiatan Les.
  • Bimbel yang belum memiliki Komputer dan Wifi karena semua kegiatan cukup dilakukan dengan HP.
Kelemahan
  • Hanya tersedia di HP Android
  • Belum bisa Import data secara langsung, Untuk itu Kami bisa bantu Import apabila lebih dari 30 siswa. Gratis untuk sekali Import yaa.., Selanjutnya ada Biaya 50 ribu per sekali Import. Syarat! sudah dalam bentuk excel file kirimkan melalui WhatsApp.
 
Contoh Aplikasi Download dan Install 
 
Mencoba Login jadi Admin
  • Nomor HP Bimbel 012345678910
  • Nomor HP 012345678910
  • Password 12345
 
Login Jadi Tutor
Untuk mencoba menjadi Tutor silahkan input data Tutor dengan Data diri Anda Sendiri dan silahkan login dengan HP lain.
Untuk mencoba jadi siswa silahkan input data siswa dengan Nomor HP lain (Siswa Tidak perlu Install).
 
Video Penjelasan Klik Disini
 

Ada 2 Paket Pembelian yang bisa dipilih

 
Paket Ekonomis, 
 
  • Rp 100 ribu 
  • Sudah termasuk Kuota 3000 Notifikasi WA
  • Selanjutnya Rp 20 per Notifikasi WA
  • memakai Aplikasi yang sudah ada.
 
Aplikasi Server WhatsApp Mandiri,
 
  • Harga 3 jt
  • Sudah termasuk Kuota 20.000 Notifikasi WA
  • Sudah termasuk HP untuk Server (Harga HP sekitar 1,3 jt an)
  • Selanjutnya Rp 10 per Notifikasi WA untuk biaya database.
  • Dengan adanya server WhatsApp sendiri, Chat WA Masuk bisa terpantau di Komputer.
  • lama pembuatan 15 s.d. 30 hari.
  • Syarat menyediakan HP Android os.7.+ yang akan hidup 24 jam online di lokasi Anda sendiri yang bertugas menerima data dan mengirim dalam bentuk WhatsApp.
  • Video Penjelasan Server WA Klik Disini
 
Asumsi Biaya Notifikasi
  • Untuk Bimbel 50 siswa biaya Notif WA Bulanan sekitar Rp 12 ribuan. 
 
WhatsApp 081391005464
 
 
 
  

Aplikasi Bimbel

 
Fungsi Utama
  • Database Siswa dan Tutor.
  • Pencatatan Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Nilai.
  • Admin buka dalam bentuk Website, Untuk Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android.
  • Pencarian Cepat Status Siswa (Menunggak Bayar dan Hadir Terakhir Kapan).
  • Absen Siswa dilakukan di HP Tutor (Login), dan akan dikirimkan Notif ke Ortu bahwa siswa telah hadir, begitu pula dengan Pembayaran dan Nilai.
  • Broadcast Info seperti Jadwal, Tidak masuk Les dll.
 
Ada 2 Paket yg bisa dipilih 
  • Aplikasi Go Bimbel - Harga Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android dengan Nama Bimbel Sendiri - Harga 1,3 juta - lama pembuatan 15 harian
 
Contoh Aplikasi Bimbel untuk Simulasi
Admin, Ketik contohadmin.aqilacourse.net dengan Google Chrome di Laptop
Nomor HP  1   Password 1
 
Siswa dan Tutor. buka di Aplikasi Androidnya Download dan Install
 
Biaya Berjalan
  • Biaya Tahunan Rp 100 ribu
  • Biaya Info Rp 20/kirim (Optional)
Video Penjelasan Penggunaan Klik Disini
 
Setelah Pembayaran
Anda akan mendapat Akun ke gobimbel.net dan  Aplikasi Android Go Bimbel
 
WhatsApp 081391005464
 
 
 
 

Aplikasi Admin Rental Mobil

 
Fungsi :
  • Booking Mobil oleh Admin / Agen
  • Data Mobil Keluar Hari ini
  • Pencarian Mobil yg Ready
  • Rekap Setoran Harian, Rekap Bulanan
  • Bisa dibuka di Banyak HP dgn Data yg Sama
 
Download Aplikasi Administrasi Rental Mobil - Klik Disini
  
Coba Login jadi Admin
  • HP Pemilik 012345678910
  • Nomor HP 012345678910
  • Password 12345
 
Harga
  • Memakai Aplikasi yg sudah ada Rp 400 rb akan mendapatkan Akun untuk Login Jumlah Mobil dan Agen tidak terbatas.
  • Aplikasi Sendiri dengan Nama Rental Sendiri Rp 2,5 juta (Lama pembuatan sekitar 15 hari)
  • Aplikasi Master bisa menjual lagi Akun di dalam Aplikasi Rp 7 juta (lama pembuatan sekitar 30 hari)
 
Info Lengkap - Klik Disini
WhatsApp 081391005464
 
 
 
 

Modul Bimbel Kurikulum Merdeka Download Gratis dalam bentuk PDF

Modul Bimbel Kurikulum Merdeka Download Gratis dalam bentuk PDF Tidak perlu basa-basi langsung klik aja link-link berikut, file ada di Googl...

Arsip Blog