Minggu, 20 Desember 2020

SBMPTN - UTBK Skolastik Pemahaman Bacaan

Soal SBMPTN - UTBK

Download Lebih Rapi dan Siap Cetak di Aplikasi Klik Disini untuk Download

Berikut Daftar Lin Soal SBMPTN - UTBK, Silahkan langsung Klik Saja




SBMPTN - UTBK Skolastik Pemahaman Bacaan

KUMPULAN SOAL SBMPTN SKOLASTIK

PEMAHAMAN BACAAN DAN MENULIS

-----------------------------------------------------------------------------------

 

1.      (1) Saat ini, menurut ahli kependudukan, tingkat pertumbuhan secara nasional memang hanya 1,98

         % per tahun. (2) Namun, angka itu harus tetap diwaspadai. (3) Alasannya, usaha menurunkan tingkat pertumbuhan saat ini belum mantap, apalagi terdapat variasi pertumbuhan penduduk di berbagai daerah. (4) Mungkin ada yang jauh di atas rata-rata. (5) Kalimantan Timur, misalnya, mencapai 4,4 % per tahun, pulau Sumatera 2,67%, sementara daerah-daerah yang program KB-nya berhasil seperti pulau Jawa hanya 1,6%.

 

Yang bukan opini dalam paragraf di atas adalah kalimat nomor....

         A. (1)

         B. (2)

         C. (3)

         D. (4)

         E. (5)

 

2.      Pernahkah Anda melihat Badak bercula satu? Culanya terdapat di atas moncong melengkung seperti gading Gajah. Postur tubuhnya lebih pendek daripada Kerbau. Kakinya pendek, begitu pula ekornya...

 

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah...

         A.   Badak bercula satu berada di Taman Ujung Kulon

         B.   Taman Nasional Ujung Kulon masuk wilayah Kabupaten Pandeglang

         C.   Jika beruntung dapat melihat aktivitas binatang tersebut

         D.   Taman Nasional Ujung Kulon untuk pelestarian Badak bercula satu

         E.   Tubuhnya gemuk dan moncongnya agak panjang

 

3.      SMP AL IKHLAS akan membangun lapangan basket. Padahal sudah tidak ada lagi lahan ko-song di SMP AL IKHLAS. Satu-satunya tempat yang dimungkinkan menjadi lapangan basket adalah taman sekolah. Taman itu letaknya di depan deretan kelas. Oleh para siswa, taman itu dijadikan tempat bersantai saat istirahat tiba.Guru-guru dan siswa juga seringkali mela-kukan kegiatan pembelajaran di sana. Kepala sekolah telah memutuskan untuk mengubah taman itu menjadi lapangan basket tanpa pertimbangan dari guru dan siswa.

         Kritikan yang tepat terhadap sikap kepala sekolah adalah …

         A.   Kepala sekolah perlu mengadakan pembi-caraan dengan siswa dan guru mengenai rencana pengubahan taman sekolah menjadi lapangan basket.

         B.   Lapangan basket juga sangat diperlukan ada baiknya taman sekolah diubah menjadi lapangan basket namun harus ditentukan waktu yang tepat.

         C.   Kepala sekolah perlu mempertimbangkan keputusan yang diambilnya.

         D.   Kepala sekolah perlu melakukan pembi-caraan dengan guru dan siswa mengenai taman sekolah.

         E.   Kegiatan pembelajaran sering dilakukan oleh guru dan siswa

 

Jawaban A

 

4.      Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba tidak dilakukan dengan tuntas. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja tanpa diketahui proses hukum berikutnya. Satu peristiwa yang mengoyak hati masyarakat adalah vonis 20 tahun penjara terhadap terdakwa pemilik hampir 1 ton narkoba yang ditemukan di Teluk Naga. Semestinya vonis yang dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba tersebut adalah hukuman mati atau seumur hidup.

         Informasi yang bertentangan pada kutipan berita tersebut adalah …

         A.   Seharusnya vonis hukuman mati atau seumur hidup, kenyataannya lebih ringan dari itu.

         B.   Vonis pemilik hampir 1 ton narkoba adalah hukuman mati atau seumur hidup.

         C.   Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja tanpa proses hukum yang jelas.

         D.   Peredaran gelap narkoba tidak ditangani secara serius sehingga mengoyak hati masyarakat.

         E.   Vonis dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba

 

Awak angkutan bus kota rupanya tidak mau ketinggalan dengan menjulangnya harga sembako. Mereka ada yang menaikkan tarif bus kota reguler dari Rp. 300,00 per penumpang.

Bagi masyarakat kecil, uang Rp 200,00 untuk tambahan ongkos bus kota memang akan mempengaruhi biaya hidup mereka. Bila bolak-balik berarti sehari harus menambah Rp 400,00 per hari.

Bila sebulan Rp 10.000,00 tambahnya.

Awak angkutan juga pusing menghadapi naiknya harga beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. Belum lagi tuntutan biaya sekolah anak, padahal penghasilannya tetap.

Persoalannya adalah penumpang bus reguler tentu orang berkantong serba pas. Bisa jadi serba

kurang, sehingga tambahan pengeluaran Rp 10.000,00 per bulan bisa bikin pusing.

Maka apapun alasan awak angkutan, menaikkan tarif di luar aturan sulit dibenarkan. Mereka harus menyadari kondisinya sekarang, sama-sama kerepotan untuk memenuhi hidup sehari-hari, sopir susah, rakyat kecil pun susah.

 

5.      Kalimat utama yang terdapat pada paragraf pertama adalah...

         A. awak angkutan bus kota

         B. tarif bus kota reguler

         C. menjulangnya harga sembako

         D. kenaikan tarif bus reguler

         E. Alasan awak angkutan manaikkan tarif

 

6.      Pertandingan sepakbola antara PSS melawan Persebaya berakhir dengan kemenangan Persebaya. Suasana pertandingan berlangsung sangat meriah. Para suporter telah membanjiri Stadion Maguwoharjo sebelum pertandingan dimulai. Mereka saling menjaga diri untuk tidak membuat keributan sampai pertandingan usai.

         Makna kata suporter dalam paragraf tersebut adalah ….

         A. penonton

         B. pendukung

         C. peminat

         D. pemirsa

 

7.      Bertani jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Petani dapat memanen jagung setelah tanaman berusia tiga setengah bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam jagung.

         Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

         A. teknik bertani jagung

         B. awal mula bertani jangung

         C. tahapan bertani jagung

         D. usia jagung dipanen

 

8.      Air limbah yang berasal dari industri tekstil sangat berbahaya. Air itu mengandung racun. Racun tersebut bisa mengganggu kesehatan manusia.

         Makna kata limbah pada paragraf tersebut adalah ….

         A. sesuatu yang tidak dipakai

         B. sisa proses produksi

         C. sisa bahan industri

         D. bahan sortiran pabrik

        

 

 

9.      Pohon itu kelihatan pendek.

         Antonim kata pendek dalam kalimat tersebut adalah ….

         A. besar

         B. tinggi

         C. panjang

         D. rimbun

 

10.    Belanda ingin mengalahkan Diponegoro namun belum berhasil. Belanda berbohong untuk mengalahkannya. Pimpinan Belanda, pura-pura mengajak Diponegoro berunding di Magelang. Akan tetapi, Diponegoro ditangkap. Beliau diasingkan ke Batavia, kemudian Manado. Akhirnya Diponegoro dipindahkan ke Makasar sampai wafat 8 Juni 1855.

         Bagaimana cara Belanda mengalahkan Diponegoro?

         Cara Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ….

         A. penangkapan

         B. penipuan

         C. pengasingan

         D. penculikan

 

11.    Setiap sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya adalah membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa semakin luas.

         Mengapa literasi perlu digalakkan?

         Literasi perlu digalakkan ….

         A.   agar dapat membaca buku sebelum pelajaran dimulai

         B.   untuk menumbuhkan kebiasaan dalam membaca

         C.   supaya pengetahuan membaca kita semakin banyak

         D.   agar wawasan buku yang kita baca semakin luas

 

12.    Kita dapat membuat kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di tempat teduh. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembusukan.

         Jika timbunan sampah dedaunan tidak diletakkan di tempat teduh yang terjadi adalah ….

         A.   tempat teduh akan mempercepat pembusukan

         B.   kelembaban udara mempercepat dedaunan busuk

         C.   sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk

         D.   sampah dedaunan tidak akan pernah busuk

 

 

13.    Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat!

         Erwin :     “Han, ayahmu berada di rumah?”

         Hani    :     “Tidak. Kau jadi akan belajar cara mencangkok pohon?”

         Erwin :     “Ya. Dimana beliau?”

         Hani    :     “Ayahku masih bekerja.”

         Erwin :     “Kapan beliau pulang?”

         Hani    :     “Biasanya sore.”

         Erwin :     “Baiklah, nanti sore aku kembali ke sini.”

         Topik teks percakapan tersebut adalah ….

         A. belajar mencangkok pohon

         B. mencangkok pohon bersama

         C. rencana belajar mencangkok

         D. cara mencangkok pohon

 

14.    Baca cuplikan teks laporan berikut dengan cermat!

         Siswa kelas VI SD Mulia mengadakan kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta terletak di dalam area Kraton Yogyakarta. Di dalam museum, para siswa sangat tertib dan bersikap sopan. Siswa tidak memegang barang yang tidak boleh disentuh. Mereka mengamati benda koleksi museum dengan tenang.

         Isi laporan tersebut adalah ….

         A.   ketertiban siswa kelas VI SD Mulia di dalam Museum Kraton Yogyakarta

         B.   siswa SD Mulia mengamati bangunan-bangunan di dalam Kraton Yogyakarta

         C.   pada Selasa, 9 Januari 2018, siswa kelas VI SD Mulia mengunjungi kraton

         D.   Museum Kraton Yogyakarta menerapkan berbagai peraturan bagi pengunjung.

 

15.    Perhatikan cuplikan pidato berikut!

         Teman-teman, waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, jika tidak

         ingin kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih. Dengan demikian kita dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah belajar dengan lebih rajin agar mendapat nilai ujian yang memuaskan!

         Isi pidato tersebut adalah ….

         A.   belajar rajin agar memperoleh nilai ujian sekolah yang memuaskan

         B.   siswa tidak boleh terlena terhadap nilai ujian sekolah yang memuaskan

         C.   setelah lulus, siswa sekolah dasar harus melanjutkan ke sekolah lanjutan

         D.   siswa yang bermalas-malasan pasti tidak bisa melanjutkan ke sekolah lanjutan

 

 

 

 

16.    Cara membuat permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana. Kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter. Setiap kayu tersebut dibuat seperti sandal raksasa.

         Jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter.

         Kalimat utama paragraf tersebut adalah ….

         A.   cara membuat permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana

         B.   kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter

         C.   setiap kayu tersebut dibuat alas kaki dengan ukuran yang sangat besar

         D.   jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter

 

17.    kita wajib mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru. Segeralah mengerjakan PR dan hindari menunda pekerjaan. Jangan malas mengerjakan PR. Jangan menghindari PR yang sulit. Kita harus optimistis bisa mengerjakan PR sesulit apapun.

         Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….

         A.   kita tidak boleh menghindari pekerjaan rumah yang diberikan guru

         B.   pekerjaan rumah (PR) merupakan tugas yang diberikan guru di rumah

         C.   optimistis akan membawa kita berhasil dengan mengerjakan PR yang sulit

         D.   menunda mengerjakan PR berarti mempersulit tugas yang harus dikerjakan

 

18.    Teks 1

         Hampir empat tahun Andi merantau di Tangerang. Andi menjadi buruh pabrik elektronik. Selama itu, belum sekalipun Andi pulang ke kampung halaman karena kesibukannya. Keluarga sangat merindukan

         Andi. Mereka berharap tahun depan Andi pulang.

         Teks 2

         Arif seorang direktur di perusahaan. Belum lama ini perusahaan Arif membuka cabang di Tangerang. Ia ditugaskan di cabang baru itu. Perusahaannya berkembang pesat sehingga membuatnya sibuk. Ia tidak pernah pulang kampung.

         Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ….

         A.   mereka bekerja di bidang ekonomi

         B.   jenjang karir mereka di perusahaan

         C.   kesibukan yang mereka alami

         D.   mereka bukan warga asli Tangerang

 

 

 

 

19.    Beberapa tahapan perlu diperhatikan saat kita becocok tanam. Kita perlu menyiapkan media tanam yang baik. Pemilihan bibit akan memengaruhi pertumbuhan tanaman. Pemupukan perlu dilakukan agar tanaman tumbuh subur. Pengairan yang cukup membuat tanaman terpenuhi kebutuhan airnya. Hama harus diberantas agar tidak mengganggu tanaman.

         Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….

         A.   pemupukan yang berlebihan membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat

         B.   hama tidak akan muncul lagi setelah dilakukan pemberantasan

         C.   air merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan tanaman

         D.   pemilihan bibit unggul dilakukan agar tanaman terhindar dari hama

 

20.    Adisucipto menempuh pendidikan di berbagai kota. Beliau menamatkan pendidikan setingkat SD di HIS Muntilan. Kemudian, Adisucipto melanjutkan pendidikan setingkat SMP di MULO St. Louis Ambarawa.

         Setelah lulus, Adisucipto masuk AMS yang merupakan pendidikan setingkat SMA di Semarang. Setamat AMS, Adisucipto melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Adisucipto tidak menamatkan pendidikannya di sekolah ini. Ia pindah ke Sekolah Penerbangan Belanda di Kalijati, Jawa Barat.

         Jenis paragraf tersebut adalah …. (penjelasan tentang jenis paragraf/karangan dapat dibaca disini)

         A. narasi

         B. deskripsi

         C. argumentasi

         D. persuasi

 

         “Begini Intan, saat ini musim penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah disini

termasuk sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama. Nah, selagi air melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami padi. Padi termasuk tanaman yang

membutuhkan banyak air. Jadi musim hujan begini saat paling tepat untuk menanam padi. Namun, tidak

berarti petani disini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada musim kemarau, ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada juga petani yang menanam buahbuahan,

seperti semangka dan melon,” Paman Danu menjelaskan.

“Selain itu, yang ditanam pada musim kemarau apa, Paman?” Tanya Intan lagi.

“Yang ditanam antara lain palawija, misalnya kacang tanah, jagung, atau kedelai.”

“Mengapa petani menanam sayuran dan palawija pada musim kemarau, Paman?” Tanya Intan.

 

Paman Danu pun menjelaskan, “Hal ini karena tanaman sayuran dan palawija termasuk kurang cocok ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tanaman tersebut tidak memerlukan air.” “Semua tanaman membutuhkan air. Namun, tanaman sejenis palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah tempat tanaman itu tumbuh tidak boleh basah atau tergenang air terusmenerus. Jika air sampai menggenang terus-menerus, akar atau batangnya dapat membusuk,”tambah Paman Danu.

 

21.    Bagaimana cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah?

         Cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah dengan ….

         A.   membuat sawah tadah hujan untuk ditanami sayuran

         B.   menanam palawija di sawah tadah hujan

         C.   menanam padi di sawah tadah hujan

         D.   mengalirkan air ke sawah dan ladang

 

22.    Mengapa tanaman palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus?

         Tanaman palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus karena ….

         A.   buah pada tumbuhan palawija akan membusuk jika terlalu banyak air

         B.   daun tanaman palawija akan membusuk jika tanahnya tergenang air

         C.   tanaman palawija membutuhkan banyak air di waktu tertentu untuk tumbuh

         D.   akar atau batang tanaman palawija akan membusuk jika terlalu banyak air

 

Ibu Kelinci tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Mereka tinggal berdekatan dengan keluarga ayam. Suatu hari, Ibu Kelinci ingin pergi ke suatu lembah. Ia berpesan agar anaknya tidak membuka pintu rumah, kecuali untuknya. Agar anaknya tidak salah mengenali, Ibu Kelinci mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan di depan pintu, maka Ibu Kelinci yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui, ternyata

Musang ikut mendengarkan lagu tersebut.

Ibu Kelinci akhirnya pergi. Musang segera datang ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya tadi. Mendengar lagu itu, anak kelinci menjadi ragu. Bukankah ibunya baru saja pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak seperti suara ibunya. Haruskah ia membuka pintu?

Namun anak kelinci tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu. Ia melihat sepasang kaki milik musang. Anak kelinci berteriak sehingga Pak Ayam dan keluarganya bedatangan.

Musang ketakutan dan segera pergi menuju goa.

 

23.    Tokoh utama cerita tersebut adalah ….

         A. Ibu kelinci

         B. Anak kelinci

         C. Musang

         D. Pak ayam

 

24.    Latar tempat cerita tersebut adalah ….

         A. dalam hutan

         B. dalam goa

         C. depan rumah

         D. suatu lembah

 

25.    Watak anak kelinci pada cerita tersebut adalah ….

         A. peduli

         B. cerdik

         C. ragu

         D. takut

 

Induk Ayam dan Burung Elang hidup berdampingan dengan rukun. Keduanya saling menolong dalam keseharian. Suatu hari Induk Ayam mendatangi Elang. Malam itu, Induk Ayam mendapat undangan pesta. Ia

bermaksud meminjam cincin yang indah milik elang. Sambil menyerahkan cincin, Elang berpesan, “Hati-hati,

benda ini sangat berharga bagiku. Kalau hilang, nyawa anak-anakmu sebagai jaminannya.”

Induk Ayam sangat menikmati pesta yang meriah itu. Ia menjadi pusat perhatian kaum ayam. Semua mengagumi cincin yang dipakainya. Ia menari mengikuti alunan musik bersama teman-temannya.

Semaraknya suasna membuat Induk Ayam lupa pada anak serta cincin di cakarnya. Karena lelah, ia terlelap

tidur. Keesokan hari, ia teringat pada cincin Burung Elang. Induk Ayam menengok kakinya. “Hah, celaka

aku!” Dengan panik, dikoreknya setiap gundukan tanah. Ia mencari-cari cincin itu. Karena lelah, akhirnya ia

melapor kepada Burung Elang. Burung Elang sangat murka. Ia mengancam akan mengambil anak-anak

ayam. Sampai kini, induk ayam masih terus mengais tanah. Ia berusaha melindungi anak-anaknya dari

buruan elang.

 

26.    Kesimpulan cerita tersebut adalah ....

         A.   burung elang berhasil memburu anak-anak ayam

         B.   kedua sahabat itu saling mengingkari perjanjiannya

         C.   induk ayam sudah tidak mencari cincin milik burung elang

         D.   persahabatan keduanya tercederai akibat ulah induk ayam

 

27.    Induk Ayam menengok kakinya,”Hah, celaka aku!”

         Maksud pernyataan dalam penggalan cerita tersebut adalah ....

         A.   induk ayam mengalami kehilangan saat pesta malam itu

         B.   cincin yang dipakai induk ayam hilang dari cakarnya

         C.   induk ayam terkejut karena cincin yang dipakainya musnah

         D.   burung elang mengancam induk ayam yang menghilangkan cincin

 

28.    Hal yang akan terjadi jika induk ayam tidak pergi ke pesta malam itu adalah ....

         A. induk ayam tidak perlu melindungi anaknya

         B. cincin burung elang menjadi milik induk ayam

         C. pesta kaum ayam tidak akan meriah malam itu

         D. induk ayam tidak meminjam cincin burung elang

 

29.    Awal konflik cerita tersebut adalah ....

         A.   induk ayam dan burung elang hidup berdampingan

         B.   induk ayam mendapat undangan pesta pada malam itu

         C.   induk ayam menghilangkan cincin yang indah milik elang

         D.   induk ayam meminjam cincin milik elang dengan perjanjian

 

30.    Amanat yang terkandung pada cerita tersebut adalah ....

         A.   kita harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap barang pinjaman

         B.   berlebihan saat melakukan pesta akan menimbulkan malapetaka

         C.   kita harus mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya

         D.   kita harus berusaha untuk menghadiri undangan yang diterima

 

31.    Tema cerita tersebut adalah ....

         A. budi pekerti

         B. kegemaran

         C. kegiatan

         D. hiburan

 

32.    Nilai moral positif tokoh induk ayam dalam penggalan cerita tersebut adalah ....

         A. jujur atas segala kesalahan yang dilakukannya

         B. menepati perjanjian yang sudah disepakati

         C. berusaha keras menyenangkan sahabatnya

         D. suka menjalin persahabatan dengan burung

 

 

 

 

 

Semua bermula dari hati

Hati bersih sampai sanubari

Manusia jangan melangit tinggi

Banyak orang tak simpati

 

33.    Manusia jangan melangit tinggi.

         Makna melangit pada kalimat tersebut adalah ....

         A. mulia

         B. hebat

         C. angkuh

         D. kaya

 

34.    Banyak orang tak simpati

         Maksud syair tersebut adalah ....

         A.   kita harus memulai menata hati agar dicintai orang

         B.   manusia yang berhati bersih pasti akan bahagia

         C.   banyak orang simpati pada orang yang tinggi

         D.   manusia yang angkuh tidak disukai orang

 

35.    Pada pelajaran IPS, siswa kelas V SD Mulia mendapat tugas membuat .... Tugas ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang R.A. Kartini. Untuk mendapatkan informasi tersebut, siswa dapat memanfaatkan surat kabar dan majalah. Kemudian, hasilnya dijilid menjadi buku.

         Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

         A. brosur

         B. tabloid

         C. kliping

         D. mading

 

36.    Petunjuk penggunaan blender disusun secara acak:

         (1)                Pastikan blender dalam keadaan off, kemudian tancapkan steker!

         (2)                Siapkan blender dan bahan yang akan dilumatkan!

         (3)                Matikan blender, cabut steker dan tuangkan isinya ke wadah!

         (4)                Masukkan bahan yang akan dilumatkan!

         (5)                Tekan tombol on dan tunggu sampai bahan lumat!

 

         Urutan penggunaan blender yang tepat adalah ....

         A.   (4)-(1)-(2)-(5)-(3)

         B.   (4)-(2)-(3)-(1)-(5)

         C.   (2)-(4)-(3)-(5)-(1)

         D.   (2)-(4)-(1)-(5)-(3)

 

37.    Pedagang grosir itu membuatkan kuwitansi pembelian satu kuwintal gula inport.

         Penulisan kata kuitansi, kuwintal, dan inport yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....

         A. kuitansi, kuintal, impor

         B. kwitansi, kuintal, inpor

         C. kuitansi, kwintal, import

         D. kwitansi, kuintal, import

 

38.    Energi alternatif dapat menghemat energi fosil. Energi ... sebagai pengganti solar. Bahan pembuatan energi ini dari tumbuhan kelapa sawit, jarak, dan nyamplung.

         A. biodiesel

         B. biodisel

         C. bio diesel

         D. bio disel

 

39.    Cermati kalimat-kalimat petunjuk berikut!

         (1)                Masukkan bentukan bakso ke air mendidih, angkat jika sudah mengapung!

         (2)                Rebus air dalam panci sampai mendidih!

         (3)                Tuangkan adonan daging ke dalam wadah yang sudah diberi bumbu!

         (4)                Campurkan tepung kanji, kemudian lumatkan sampai kalis!

         (5)                Ambil adonan daging dengan tangan lalu dibentuk bulat!

         Urutan petunjuk membuat bakso daging yang tepat adalah ....

         A. 3-4-5-2-1

         B. 3-4-1-5-2

         C. 3-4-2-1-5

         D. 3-4-2-5-1

 

40.    Dian memang ..., ia suka berderma.

         Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

         A. besar hati

         B. lurus hati

         C. murah hati

         D. teguh hati

 

41.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!

         (1)                Akar serabut

         (2)                Daunnya menjuntai seperti pita

         (3)                Tanaman padi memiliki akar, batang, dan daun yang khas

         (4)                Batangnya berongga

         Susunan kalimat acak agar menjadi paragraf deskripsi adalah ....

         A. 3-4-1-2

         B. 3-1-2-4

         C. 3-2-1-4

         D. 3-1-4-2

 

 

 

 

 

 

42.    Cermati kalimat-kalimat berikut!

         (1)                Di toko itu, ia memilih beberapa buku cerita dan kamus

         (2)                Budi pergi ke Toko Buku Sari Ilmu kemarin sore

         (3)                Budi membayar sesuai dengan harga yang ditentukan

         (4)                Budi meninggalkan toko

         (5)                Ia mengantre di depan kasir untuk membayar

         Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf narasi adalah ....

         A. 2-1-3-5-4

         B. 2-1-4-5-3

         C. 2-1-5-4-3

         D. 2-1-5-3-4

 

43.    Pada Senin, 2 Oktober 2017, SD Mulia melaksanakan upacara. Upacara tersebut untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari itu bertepatan dengan Hari Batik Nasional. ...

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah ....

         A.   Peserta upacara mengenakan pakaian batik

         B.   Amanat upacara berkaitan dengan sejarah batik

         C.   Setelah upacara, semua siswa membeli kain batik

         D.   Setiap Hari Kesaktian Pancasila, siswa mengenakan batik

 

44.    Perhatikan kalimat iklan berikut!

         Ayo, hemat air!

         Setetes air adalah ....

         Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah ....

         A. kesempurnaan

         B. keberhasilan

         C. keindahan

         D. kehidupan

 

45.    Perhatikan cuplikan teks pidato berikut!

         Salah satu program pendidikan etika berlalu lintas adalah senam lalu lintas. Tadi pagi, Bu Sari berpesan supaya kita melakukan senam lalu lintas. Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk berlatih dengan tekun. Latihan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2017. ...

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....

         A.   Marilah, kita berterimakasih kepada Bu Sari yang telah membimbing kita!

         B.   Oleh karena itu, mari kita mengundang Bu Sari agar kegiatan ini lancar!

         C.   Marilah, kita berpartisipasi dalam kegiatan latihan senam tersebut!

         D.   Oleh karena itu, mari kita minta izin kepada kepala sekolah!

46.    Bupati Sleman tanda tangan prasasti peletakan batu pertama gedung baru.

         Penggunaan kata berimbuhan tanda tangan yang tepat adalah ....

         A. Menandatangani

         B. mentanda tangani

         C. menanda tangani

         D. menandatangani

 

47.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!

         (1)                Pukul 05.00, Budi bangun tidur.

         (2)                Kemudian, ia membersihkan kandang ayam di belakang rumah

         (3)                Memang, Budi rajin dan senang membantu orang tua

         (4)                Ia merapikan tempat tidurnya terlebih dahulu

         (5)                Setelah selesai, Budi mandi dan siap ke sekolah

         Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah ....

         A. 1-4-3-2-5

         B. 1-4-2-5-3

         C. 3-1-2-4-5

         D. 3-1-2-5-4

 

48.    Perhatikan teks percakapan berikut!

         Rosi        :     “Ra, kamu pernah dengar belum?”

         Tiara      :     “Apa itu, Ros?”

         Rosi        :     “Kata orang, energi fosil di bumi kita ini sudah hampir habis.”

         Tiara      :     “Lantas, mau apa?”

         Rosi        :     “...”

         Tiara      :     “Ayo!”

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah ....

         A. Mari kita perbarui energi fosil!

         B. Mari kita menambah energi fosil!

         C. Mari kita menghemat energi fosil!

         D. Mari kita cegah penggunaan energi fosil!

 

49.    Ketika pelajaran olahraga. Tono jatuh dan lututnya berdarah saat memraktikkan loncat tinggi. Nita mencari daun obat merah di area apotek hidup.

         Kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut adalah ....

         A. olahraga

         B. memraktikkan

         C. apotek hidup

         D. loncat tinggi

 

50.    “Han, bisa kan kamu berlari cepat!” kata Hanafi.

         Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....

         A. tanda petik (“)

         B. tanda koma (,)

         C. tanda seru(!)

         D. tanda titik(.)

51.    Sudah satu minggu anak-anak berlibur di desa.

         Penulisan ejaan yang benar pada kalimat tersebut adalah ....

         A. Sudah satu minggu, anak-anak berlibur di desa.

         B. Sudah satu Minggu, anak-anak berlibur di desa.

         C. Sudah satu Minggu, anak-anak berlibur di Desa.

         D. Sudah satu minggu, anak-anak berlibur di Desa.

 

52.    Ibu membeli sayuran (...) bayam (...) cabai (...) dan tomat (...)

         Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah

         A. ( : ) ; ( . ) ; ( , ) ; ( . )

         B. ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( , )

         C. ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )

         D. ( ; ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )

 

53.    Ibu berkata Kerjakan dulu semua tugasmu Nak

         Tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....

         A.   Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak.”

         B.   Ibu berkata; “Kerjakan dulu semua tugasmu. Nak!”

         C.   Ibu berkata “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”

         D.   Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”

 

(1)    Semua orang pasti mengenal pendidikan. (2) Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi beradab. (3) Pendidikan bukan hanya merupakan sarana transfer ilmu pengetahuan, tetapi lebih luas lagi, yakni sebagai sarana pembudayaan dan penyaluran nilai (enkulturisasi dan sosialisasi). (4) Anak harus mendapatkan pendidikan yang menyentuh dimensi dasar kemanusiaan. (5) Dimensi kemanusiaan itu mencakup sekurang-kurangnya tiga hal paling mendasar.

(6) Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. (7) Menurut Lickona, tanpa ketiga aspek itu, pendidikan karakter tidak akan efektif. (8) Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. (9) Kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan. (10) Terdapat sembilan pilar karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu karater cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; kemandirian dan tanggung jawab; kejujuran/amanah dan diplomatis; hormat dan santun; dermawan, suka menolong, dan gotong royang/kerja sama; percaya diri dan pekerja keras; kepemimpinan dan keadilan; baik dan rendah hati; serta toleran dan cinta damai.

54.    Manakah gagasan utama paragraf ke-1?

         A. Pendidikan dikenal setiap orang.

         B. Pendidikan adalah internalisasi budaya.

         C. Pendidikan bukan saran transfer ilmu.

         D. Pendidikan merupakan pembudayaan.

         E. Pendidikan harus berdimensi kemanusiaan.

 

55.    Manakah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf ke-2?

         A.   Mengapa pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti?

         B.   Mengapa kecerdasan emosi penting dalam mempersiapkan masa depan?

         C.   Bagaimana pendidikan karakter yang sistematis dan berkelanjutan?

         D.   Bagaimana pendapat Lickona tentang aspek pendidikan karakter?

         E.   Siapa yang mengemukakan sembilan pilar karakter berasal dari nilai luhur universal?

 

56.    Apa perbedaan gagasan antarparagraf dalam teks tersebut?

         A.   Paragraf pertama memaparkan pendidikan karakter secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan pendidikan karakter secara khusus.

         B.   Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan karakter, sedangkan paragraf kedua memaparkan unsur pendidikan karakter.

         C.   Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan tujuan pendidikan secara khusus.

         D.   Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter.

         E.   Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan manfaat pendidikan karakter.

 

57.    Apa kelemahan paragraf ke-1?

         A.   Tidak ada hubungan antara penjelasan kecerdasan emosi (kalimat 9) dengan sembilan pilar karakter (kalimat 10).

         B.   Plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6) tidak dijelaskan secara rinci pada bagian berikutnya.

         C.   Penjelasan tentang pendidikan sebagai saran transfer ilmu (kalimat 3) bertentangan dengan konsep pendidikan (kalimat 2).

         D.   Tidak ada hubungan antara ketiga aspek yang dimaksud Lickona (kalimat 7) dengan nilai plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6).

         E.   Penjelasan tentang kecerdasan emsi (kalimat 8) tidak berkaitan dengan pendidikan karakter (kalimat7)

58.    Bacalah teks berikut!

         Penduduk desa binaan Ridwan Kamil, mulai membajak sawah. Mereka akan menanam padi karena musim hujan sudah hadir.

         Penggunaan kata yang tidak tepat pada paragraf di atas adalah ….

         A. Binaan

         B. Membajak

         C. Musim

         D. Hadir

         E. Hujan

 

59.    Hitam, hitam sekali penghidupan perempuan bangsa kita di masa silam, lebih hitam, lebih kelam, dari malam yang gelap! Perempuan bukan manusia seperti laki-laki yang mempunyai pikiran dan pemandangan sendiri, yang mempunyai hidup sendiri. Perempuan hanya hamba sahaya, perempuan hanya budak yang harus bekerja dan melahirkan anak bagi laki-laki, dengan tiada memiliki hak. Setinggi-tingginya ia menjadi perhiasan, menjadi permainan, yang dimulia-muliakan selagi disukai, tetapi dibuang dan ditukar, apabila telah kabur cahayanya, telah hilang sarinya.

 

         Sebagaimana pepatah menyatakan habis manis sepah dibuang.

         Kalimat yang dicetak miring dalam paragraf tersebut menggunakan majas yang memiliki bentuk sama dengan kalimat ...

         A.   Tidak, saya tidak mau lagi bertemu dengan dia, tidak juga sekarang dan nanti.

         B.   Anak, cucu, ayah, ibu, nenek, kakek sampai bebuyutan hadir dalam pesta upacara adat itu.

         C.   Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta Saudara-saudara saya minta kita harus tetap bersatu padu.

         D.   Sekali merdeka, kita harus tetap mempertahankan dalam berbagai hal.

         E.   Pangkat, jabatan, uang itu bagiku tidak ada artinya selain cinta yang sejati.

 

60.    Velina adalah seorang gadis tercantik di kampung Naga. Kecantikannya yang luarbiasa membuat seorang Pangeran dari Sangkuriang jatuh hati padanya. Namun, teman-teman sebayanya merasa iri dan berkata, “Kau tak usah sok cantik, Pangeran mustahil suka padamu!”

         Peribahasa yang sesuai dengan kata yang dicetak miring adalah ....

         A.   Pecah anak buyung, tempayan ada

         B.   Tak ada gading yang tak retak

         C.   Langkas buah pepaya

         D.   Batu hitam tak bersanding

         E.   Laut mana yang tak berombak, bumi mana yang tak ditimpa hujan

Berita 1

Kematian Theressa membuat masyarakat India geram. Bagaimana tidak ? Gadis kecil yang dikabarkan meninggal ini, ternyata dinyatakan meninggal terkubur di halaman rumahnya sendiri. Ironisnya, kematian Theressa ini disebabkan oleh orang terdekatnya sendiri. Semasa hidupnya, Gadis kecil itu tidak mendapatkan perhatian oleh ibu angkatnya. Bahkan dia diperlakukan seperti pembantu.

 

Berita 2

Polisi akhirnya menetapkan seorang dosen yang diduga menelantarkan keempat anaknya. Menurut penyelidik, anak – anaknya dibiarkan tinggal di tempat yang tidak layak huni. Bahkan, salah satu anaknya tidak diperbolehkan masuk ke rumah, sehingga dia harus tidur di pos ronda. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Ternyata, tersangka juga merupakan seorang pecandu narkoba.

 

61.    Kesamaan isi yang disampaikan pada teks kutipan berita di atas adalah ?

         A.   Kekerasan anak disebabkan oleh orang tua kandung

         B.   Kasus penelantaran anak

         C.   Kasus pembunuhan anak

         D.   Kasus penyalahgunaan narkoba

         E.   Kasus penyadapan

 

62.    Perbedaan urutan penyampaian informasi di atas adalah ?

         A.   Teks 1 Siapa, Apa, mengapa ; Teks 2 Siapa, mengapa, apa

         B.   Teks 1 Apa, Kenapa, Bagaimana ; Teks 2 Siapa, Apa, kenapa

         C.   Teks 1 Kenapa, Apa, bagaimana ; Teks 2 Siapa, Kenapa, Apa

         D.   Teks 1 Bagaimana, Apa, Kenapa ; Teks 2 Apa, Siapa, Kenapa

         E.   Teks 1 Siapa, Apa, kenapa ; Teks 2 Apa, Kenapa, Bagaimana

 

 […]

(1) Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, kondisi inflasi Indonesia belum stabil. (2) Kehidupan […] tidak lepas dari inflasi yang terlihat dari naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok dari tahun ke tahun. (3) Definisi konsep nilai waktu uang adalah jumlah […] yang sama hari ini lebih bermakna daripada esok. (4) Artinya, inflasi dapat mengurangi daya beli uang yang kita miliki sekarang karena menumbuhkan harga terus-menerus. (5) Akibatnya, pendapatan […] menurun sehingga banyak masyarakat semakin susah memenuhi kebutuhan sehari-harinya. (6) Oleh karena itu, investasi diperlukan untuk melindungi nilai aset atau […] sehingga dapat digunakan sebagai persiapan kebutuhan di masa depan.

(Diadaptasi dari: #Yuk Belajar Saham untuk Pemula, Investor Saham Pemula)

 

63.    Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah ….

         a. Daya Beli Uang

         b. Konsep Nilai Waktu Uang

         c. Inflasi Menggerogoti Nilai Uang

         d. Kehidupan Perekonomian Indonesia

         e. Inflasi Meningkatkan Daya Beli Uang

 

64.    Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 2 adalah ….

         a. berekonomi

         b. keekonomian

         c. perekonomian

         d. pengekonomian

         e. mengekonomikan

 

65.    Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 3 adalah ….

         a. kas

         b. prive

         c. utang

         d. modal

         e. piutang

 

66.    Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 5 adalah ….

         a. riil

         b. real

         c. mikro

         d. makro

         e. hari-hari

 

67.    Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 6 adalah ….

         a. dana

         b. entiti

         c. derma

         d. entitas

         e. ekuitas

 

68.    Kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf di atas adalah ….

         a. bermakna

         b. memenuhi

         c. melindungi

         d. mengurangi

         e. menumbuhkan

 

 (1) Tren jumlah penduduk miskin di Indonesia dari waktu ke waktu lebih banyak tinggal di wilayah pedesaan. Tahun 1970 sampai dengan 1978, penduduk miskin lebih banyak tinggal di pedesaan, antara tahun 1980 sampai dengan 1990 lebih banyak tinggal di kawasan perkotaan, dan 1993 hingga 2000 jumlah penduduk miskin kembali lebih banyak di pedesaan. Bahkan, tahun 1998, selisih jumlah penduduk miskin yang tinggal di pedesaan cukup mencolok lebih besar […] mereka yang tinggal di kota.

 

(2) Beberapa karakteristik penduduk miskin dapat dilihat dari jumlah anggota rumah tangga, pendidikan kepala rumah tangga, dan sumber pendapatan. Menurut BPS, tahun 1993 rata-rata jumlah anggota keluarga penduduk miskin sebesar 5,9 orang, […] jumlah keluarga rumah tangga yang hidup di atas garis kemiskinan lebih kecil dari itu. Hal ini menunjukkan bahwa kepala rumah tangga miskin mempunyai beban yang lebih berat daripada yang tidak miskin.

 

(3) Penduduk miskin di pedesaan 72,00 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga yang tidak tamat SD dan 24,30 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga berpendidikan tamat SD. Penduduk miskin di perkotaan 57,00 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga tidak tamat SD dan 31,80 persen dikepalai oleh seorang tamatan SD.

 

(4) Karakteristik lain yang berkaitan dengan pendidikan dan distribusi penduduk adalah sumber pendapatan. Sumber pendapatan utama penduduk miskin dari sektor pertanian sebesar 62,00 persen, sektor perdagangan 10,40 persen, sektor industri sebesar 7,40 persen, sektor jasa 6,50 persen dan selebihnya dari selain sektor yang disebutkan tersebut. Dengan demikian, sektor pertanian merupakan kantong kemiskinan penduduk.

(sumber: Gunawan Sumodiningrat, 2001)

 

69.    Bacaan di atas lebih tepat jika diberi judul ….

         a. Tren jumlah penduduk miskin

         b. Karakteristik penduduk miskin

         c. Distribusi penduduk miskin

         d. Tren dan karakteristik penduduk miskin

         e. Tren dan distribusi penduduk miskin

 

70.    Bacaan di atas merupakan jenis karangan ….

         a. eksposisi

         b. argumentasi

         c. narasi

         d. deskripsi

         e. persuasi

 

71.    Jika bacaan tersebut dilanjutkan paragraf kelima, gagasan utama yang tepat adalah ….

         a. Sektor pertanian

         b. Karakteristik dan ditribusi sektor perdagangan

         c. Karakteristik dan distribusi sektor pertanian

         d. Karakteristik sektor industri dan jasa

         e. Sektor jasa

72.    Kata ‘tren’ pada paragraf pertama dapat diganti kata ….

         a. pada umumnya

         b. dominan

         c. faktor determinan

         d. terkonsentrasi

         e. kecenderungan

 

73.    Penulisan Kata hubung yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada paragraph ke-2 adalah ….

         a. sedangkan

         b. karena

         c. sehingga

         d. walaupun

         e. meskipun

 

74.    Penulisan kata depan yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada paragraph ke-1 adalah ….

         a. di

         b. karena

         c. ke

         d. daripada

         e. oleh

 

Nelayan yang berdampak reklamasi Terminal Petikemas pelabuhan Belawan Medan meminta ganti rugi kepada PT Pelabuhan Indonesia I. Nelayan rugi karena reklamasi menutup alur kapal nelayan sehingga mereka harus menambah 1 mil perjalanan setiap hari dengan tambahan 1 liter solar. Perwakilan nelayan terdampak menyampaikan hal tersebut pada rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, Medan. Reklamasi Pelabuhan Belawan sudah berlangsung tiga tahun. Namun, sampai sekarang, nelayan belum mendapat ganti rugi. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Sumut itu dihadiri Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Friska Irnawati Purba, serta Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Thomas Octavianus Sipa helut. PT Pelabuhan Indonesia I diundang, tetapi tidak hadir.

 

Selama tiga tahun mereka belum mendapat ganti rugi. Baru pada 10 April, ada 3.228 nelayan dinyatakan sudah diverifikasi dan akan menerima tali kasih Rp 3.097.000 pernelayan. Delapan orang menerima dana secara simbolis. Sebanyak 300 nelayan tidak masuk dalam daftar nelayan yang terdampak reklamasi yang diverifikasi. Para nelayan hanya minta ganti rugi untuk tambahan bahan bakar selama empat tahun, sekitar 6 juta per nelayan. Petugas Pertanian dan Perikanan Kota Medan kesulitan melakukan verifikasi karena ada penolakan nelayan di lapangan. Akibatnya, sejumlah nelayan yang tidak masuk dalam daftar nelayan yang terdampak. Data hasil verifikasi terhadap 3.228 nelayan sudah final dan tidak ada tambahan lagi.

 

75.    Kalimat inti kalimat pertama paragraf kedua teks tersebut adalah ….

         a. Nelayan terdampak.

         b. Nelayan menyampaikan hal tersebut.

         c. Perwakilan nelayan mendengarkan pendapat.

         d. Perwakilan nelayan menyampaikan hal tersebut.

         e. Nelayan dengar pendapat.

 

76.    Topik bacaan tersebut adalah ….

         a. Keadaan nelayan reklamasi.

         b. Realisasi ganti rugi nelayan reklamasi.

         c. Dampak reklamasi.

         d. Solusi bagi nelayan reklamasi.

         e. Hak nelayan reklamasi.

 

77.    Pernyataan berikut yang paling benar dari teks tersebut adalah ….

         a.   Realisasi ganti rugi yang diberikan sudah sesuai dengan tuntutan nelayan sekalipun belum terealisasi dengan baik.

         b.   Seluruh nelayan yang telah masuk verifikasi akan segera mendapat ganti rugi reklamasi.

         c.   Reklamasi Pelabuhan Belawan dinilai tidak efektif dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

         d.   Nelayan meminta ganti rugi bahan bakar dan biaya melaut selama empat tahun akibat dampak reklamasi.

         e.   Sejumlah nelayan tidak masuk daftar nelayan terdampak karena adanya penolakan di lapangan.

 

78.    Simpulan paragraf kedua teks tersebut adalah ….

         a.   Nelayan menyambut positif hasil rapat tersebut.

         b.   Dengan adanya rapat tersebut, nelayan optimis masalah mereka akan segera teratasi.

         c.   Jadi, rapat tersebut adalah salah satu solusi yang dinanti-nantikan nelayan.

         d.   Oleh karena itu, harus ada realisasi nyata dari rapat yang telah dilangsungkan tersebut.

         e.   Hasil rapat tersebut dinilai menguntungkan nelayan dan merupakan solusi yang terbaik dari semua pihak.

 

79.    Kesalahan EYD dalam kalimat tersebut ditemukan dalam kalimat ….

         a.   Kalimat kedua paragraf ketiga.

         b.   Kalimat ketiga paragraf kedua.

         c.   Kalimat kelima paragraf keempat.

         d.   Kalimat kesatu paragraf kedua.

         e.   Kalimat keempat paragraf kedua.

80.    Salah satu kalimat dalam paragraf tersebut tidak memenuhi unsur sebuah kalimat.

         Kalimat yang dimaksud adalah ….

         a. Kalimat kedua paragraf ketiga.

         b. Kalimat ketiga paragraf kedua.

         c. Kalimat kelima paragraf kesatu.

         d. Kalimat kesatu paragraf kedua.

         e. Kalimat kedelapan paragraf ketiga.

 

81.    Nelayan terdampak reklamasi menyampaikan keluhannya. Reklamasi membuat nelayan rugi. Hasil penggabungan dua kalimat tersebut yang tepat adalah ….

         a.   Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya kalau reklamasi membuat nelayan rugi.

         b.   Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya jika reklamasi membuat nelayan rugi.

         c.   Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya bahwa reklamasi membuat nelayan rugi.

         d.   Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya tentang reklamasi membuat nelayan rugi.

         e.   Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya agar reklamasi tidak membuat nelayan rugi.

 

82.    Kata reklamasi dalam kalimat tersebut bermakna ….

         a. Pemanfaatan daerah yang tidak berguna.

         b. Pertanggungjawaban terhadap sesuatu.

         c. Penyelesaian suatu hal

         d. Pelaksanaan suatu kegiatan.

         e. Perwujudan sesuatu menjadi nyata.

 


Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi AqilaDroid Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

 

 

 

 

 

 Bimbel Aqila Magelang

Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp 085640451319
Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi Klik Disini
Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang
 

Bimbel SD 8 Sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K 

 

Bimbel SMP 8 sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K 

 

Bimbel SMA 8 Sesi


  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K
 
SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K


SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji
  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit
 
Pendaftaran - Rp 50K
WhatsApp 085640451319

 

 
 
 

Aplikasi Absen Bimbel

Aplikasi Android Absensi sederhana untuk Les di Bimbel maupun Privat di rumah dilengkapi Notifikasi dalam bentuk WhatsApp ke Ortu.
Absen dilakukan oleh Tutor dengan memilih Siswa, lalu bisa ditambahkan keterangan baik Nilai Proses, Materi atau repot apa yang terjadi selama les.
 
Fungsi
  • Rekap Bulanan Absen per Tutor bisa digunakan sebagai acuan penggajian
  • Rekap Absen per Siswa bisa digunakan sebagai acuan pembayaran
  • Rekap Absen Harian
  • Notifikasi dalam bentuk WhatsApp ke Ortu dan Siswa lengkap dengan Keterangan seperti Nilai Proses atau Materi yang di input oleh tutor saat Absen.
  • Eksport data Absen per Siswa atau Tutor dalam bentuk Text lebih mudah tanpa harus buka di excel.
Digunakan untuk
  • Bimbel yang membutuhkan Rekapitulasi Absen untuk melengkapi kegiatan Les.
  • Bimbel yang belum memiliki Komputer dan Wifi karena semua kegiatan cukup dilakukan dengan HP.
Kelemahan
  • Hanya tersedia di HP Android
  • Belum bisa Import data secara langsung, Untuk itu Kami bisa bantu Import apabila lebih dari 30 siswa. Gratis untuk sekali Import yaa.., Selanjutnya ada Biaya 50 ribu per sekali Import. Syarat! sudah dalam bentuk excel file kirimkan melalui WhatsApp.
 
Contoh Aplikasi Download dan Install 
 
Mencoba Login jadi Admin
  • Nomor HP Bimbel 012345678910
  • Nomor HP 012345678910
  • Password 12345
 
Login Jadi Tutor
Untuk mencoba menjadi Tutor silahkan input data Tutor dengan Data diri Anda Sendiri dan silahkan login dengan HP lain.
Untuk mencoba jadi siswa silahkan input data siswa dengan Nomor HP lain (Siswa Tidak perlu Install).
 
Video Penjelasan Klik Disini
 

Ada 2 Paket Pembelian yang bisa dipilih

 
Paket Ekonomis, 
 
  • Rp 100 ribu 
  • Sudah termasuk Kuota 3000 Notifikasi WA
  • Selanjutnya Rp 20 per Notifikasi WA
  • memakai Aplikasi yang sudah ada.
 
Aplikasi Server WhatsApp Mandiri,
 
  • Harga 3 jt
  • Sudah termasuk Kuota 20.000 Notifikasi WA
  • Sudah termasuk HP untuk Server (Harga HP sekitar 1,3 jt an)
  • Selanjutnya Rp 10 per Notifikasi WA untuk biaya database.
  • Dengan adanya server WhatsApp sendiri, Chat WA Masuk bisa terpantau di Komputer.
  • lama pembuatan 15 s.d. 30 hari.
  • Syarat menyediakan HP Android os.7.+ yang akan hidup 24 jam online di lokasi Anda sendiri yang bertugas menerima data dan mengirim dalam bentuk WhatsApp.
  • Video Penjelasan Server WA Klik Disini
 
Asumsi Biaya Notifikasi
  • Untuk Bimbel 50 siswa biaya Notif WA Bulanan sekitar Rp 12 ribuan. 
 
WhatsApp 081391005464
 
 
 
  

Aplikasi Bimbel

 
Fungsi Utama
  • Database Siswa dan Tutor.
  • Pencatatan Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Nilai.
  • Admin buka dalam bentuk Website, Untuk Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android.
  • Pencarian Cepat Status Siswa (Menunggak Bayar dan Hadir Terakhir Kapan).
  • Absen Siswa dilakukan di HP Tutor (Login), dan akan dikirimkan Notif ke Ortu bahwa siswa telah hadir, begitu pula dengan Pembayaran dan Nilai.
  • Broadcast Info seperti Jadwal, Tidak masuk Les dll.
 
Ada 2 Paket yg bisa dipilih 
  • Aplikasi Go Bimbel - Harga Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android dengan Nama Bimbel Sendiri - Harga 1,3 juta - lama pembuatan 15 harian
 
Contoh Aplikasi Bimbel untuk Simulasi
Admin, Ketik contohadmin.aqilacourse.net dengan Google Chrome di Laptop
Nomor HP  1   Password 1
 
Siswa dan Tutor. buka di Aplikasi Androidnya Download dan Install
 
Biaya Berjalan
  • Biaya Tahunan Rp 100 ribu
  • Biaya Info Rp 20/kirim (Optional)
Video Penjelasan Penggunaan Klik Disini
 
Setelah Pembayaran
Anda akan mendapat Akun ke gobimbel.net dan  Aplikasi Android Go Bimbel
 
WhatsApp 081391005464
 
 
 
 

Aplikasi Admin Rental Mobil

 
Fungsi :
  • Booking Mobil oleh Admin / Agen
  • Data Mobil Keluar Hari ini
  • Pencarian Mobil yg Ready
  • Rekap Setoran Harian, Rekap Bulanan
  • Bisa dibuka di Banyak HP dgn Data yg Sama
 
Download Aplikasi Administrasi Rental Mobil - Klik Disini
  
Coba Login jadi Admin
  • HP Pemilik 012345678910
  • Nomor HP 012345678910
  • Password 12345
 
Harga
  • Memakai Aplikasi yg sudah ada Rp 400 rb akan mendapatkan Akun untuk Login Jumlah Mobil dan Agen tidak terbatas.
  • Aplikasi Sendiri dengan Nama Rental Sendiri Rp 2,5 juta (Lama pembuatan sekitar 15 hari)
  • Aplikasi Master bisa menjual lagi Akun di dalam Aplikasi Rp 7 juta (lama pembuatan sekitar 30 hari)
 
Info Lengkap - Klik Disini
WhatsApp 081391005464
 
 
 
 

Modul Bimbel Kurikulum Merdeka Download Gratis dalam bentuk PDF

Modul Bimbel Kurikulum Merdeka Download Gratis dalam bentuk PDF Tidak perlu basa-basi langsung klik aja link-link berikut, file ada di Googl...

Arsip Blog