Soal SBMPTN - UTBK
Download Lebih Rapi dan Siap Cetak di Aplikasi Klik Disini untuk Download
Berikut Daftar Lin Soal SBMPTN - UTBK, Silahkan langsung Klik Saja
- Biologi 1
- Biologi 2
- Biologi 3
- Biologi 4
- Biologi 5
- Fisika 1
- Fisika 2
- Kimia 1
- Kimia 2
- Matematika Dasar 1
- Matematika Dasar 2
- Matematika Dasar 3
- Matematika IPA 1
- Matematika IPA 2
- Matematika IPA 3
- Ekonomi
- Geografi
- Sejarah
- Sosiologi
- Skolastik Bahasa Inggris
- Skolastik Kesimpulan
- Skolastik Matematika
- Skolastik Pemahaman Bacaan
- Skolastik Persamaan Kata
SBMPTN - UTBK Skolastik Pemahaman Bacaan
KUMPULAN SOAL
SBMPTN SKOLASTIK
PEMAHAMAN BACAAN
DAN MENULIS
-----------------------------------------------------------------------------------
1. (1)
Saat ini, menurut ahli kependudukan, tingkat pertumbuhan secara nasional memang
hanya 1,98
%
per tahun. (2) Namun, angka itu harus tetap diwaspadai. (3) Alasannya, usaha
menurunkan tingkat pertumbuhan saat ini belum mantap,
apalagi terdapat variasi pertumbuhan penduduk di berbagai daerah. (4) Mungkin ada yang jauh di atas rata-rata. (5)
Kalimantan Timur, misalnya, mencapai 4,4 % per tahun, pulau Sumatera 2,67%, sementara daerah-daerah yang program
KB-nya berhasil seperti pulau Jawa
hanya 1,6%.
Yang bukan opini dalam paragraf di
atas adalah kalimat nomor....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
2. Pernahkah
Anda melihat Badak bercula satu? Culanya terdapat di atas moncong melengkung
seperti gading Gajah. Postur tubuhnya lebih pendek daripada Kerbau. Kakinya
pendek, begitu pula ekornya...
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah...
A. Badak bercula satu berada di Taman Ujung Kulon
B. Taman Nasional Ujung Kulon masuk wilayah
Kabupaten Pandeglang
C. Jika beruntung dapat melihat aktivitas binatang
tersebut
D. Taman Nasional Ujung Kulon untuk pelestarian
Badak bercula satu
E. Tubuhnya gemuk dan moncongnya agak panjang
3. SMP AL
IKHLAS akan membangun lapangan basket. Padahal sudah tidak ada lagi lahan
ko-song di SMP AL IKHLAS. Satu-satunya tempat yang dimungkinkan menjadi
lapangan basket adalah taman sekolah. Taman itu letaknya di depan deretan
kelas. Oleh para siswa, taman itu dijadikan tempat bersantai saat istirahat
tiba.Guru-guru dan siswa juga seringkali mela-kukan kegiatan pembelajaran di
sana. Kepala sekolah telah memutuskan untuk mengubah taman itu menjadi lapangan
basket tanpa pertimbangan dari guru dan siswa.
Kritikan
yang tepat terhadap sikap kepala sekolah adalah …
A. Kepala sekolah perlu mengadakan pembi-caraan
dengan siswa dan guru mengenai rencana pengubahan taman sekolah menjadi
lapangan basket.
B. Lapangan basket juga sangat diperlukan ada
baiknya taman sekolah diubah menjadi lapangan basket namun harus ditentukan
waktu yang tepat.
C. Kepala sekolah perlu mempertimbangkan
keputusan yang diambilnya.
D. Kepala sekolah perlu melakukan pembi-caraan
dengan guru dan siswa mengenai taman sekolah.
E. Kegiatan pembelajaran sering dilakukan oleh
guru dan siswa
Jawaban A
4. Penanganan
masalah penyalahgunaan narkoba tidak dilakukan dengan tuntas. Banyak peristiwa narkoba
yang hilang begitu saja tanpa diketahui proses hukum berikutnya. Satu peristiwa
yang mengoyak hati masyarakat adalah vonis 20 tahun penjara terhadap terdakwa
pemilik hampir 1 ton narkoba yang ditemukan di Teluk Naga. Semestinya vonis
yang dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba tersebut adalah hukuman mati atau
seumur hidup.
Informasi
yang bertentangan pada kutipan berita tersebut adalah …
A. Seharusnya vonis hukuman mati atau seumur
hidup, kenyataannya lebih ringan dari itu.
B. Vonis pemilik hampir 1 ton narkoba adalah
hukuman mati atau seumur hidup.
C. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu
saja tanpa proses hukum yang jelas.
D. Peredaran gelap narkoba tidak ditangani secara
serius sehingga mengoyak hati masyarakat.
E. Vonis dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba
Awak angkutan
bus kota rupanya tidak mau ketinggalan dengan menjulangnya harga sembako. Mereka
ada yang menaikkan tarif bus kota reguler dari Rp. 300,00 per penumpang.
Bagi
masyarakat kecil, uang Rp 200,00 untuk tambahan ongkos bus kota memang akan mempengaruhi
biaya hidup mereka. Bila bolak-balik berarti sehari harus menambah Rp 400,00
per hari.
Bila sebulan
Rp 10.000,00 tambahnya.
Awak angkutan
juga pusing menghadapi naiknya harga beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya.
Belum lagi tuntutan biaya sekolah anak, padahal penghasilannya tetap.
Persoalannya
adalah penumpang bus reguler tentu orang berkantong serba pas. Bisa jadi serba
kurang,
sehingga tambahan pengeluaran Rp 10.000,00 per bulan bisa bikin pusing.
Maka apapun
alasan awak angkutan, menaikkan tarif di luar aturan sulit dibenarkan. Mereka
harus menyadari kondisinya sekarang, sama-sama kerepotan untuk memenuhi hidup
sehari-hari, sopir susah, rakyat kecil pun susah.
5. Kalimat
utama yang terdapat pada paragraf pertama adalah...
A. awak
angkutan bus kota
B. tarif
bus kota reguler
C.
menjulangnya harga sembako
D. kenaikan
tarif bus reguler
E. Alasan
awak angkutan manaikkan tarif
6. Pertandingan
sepakbola antara PSS melawan Persebaya berakhir dengan kemenangan Persebaya. Suasana
pertandingan berlangsung sangat meriah. Para suporter telah membanjiri Stadion Maguwoharjo
sebelum pertandingan dimulai. Mereka saling menjaga diri untuk tidak membuat keributan
sampai pertandingan usai.
Makna kata
suporter dalam paragraf tersebut adalah ….
A. penonton
B.
pendukung
C. peminat
D. pemirsa
7. Bertani
jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga sampai empat hari bakal
tanaman akan muncul di permukaan tanah. Petani dapat memanen jagung setelah
tanaman berusia tiga setengah bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam
jagung.
Ide pokok
paragraf tersebut adalah ….
A. teknik
bertani jagung
B. awal
mula bertani jangung
C. tahapan
bertani jagung
D. usia
jagung dipanen
8. Air limbah
yang berasal dari industri tekstil sangat berbahaya. Air itu mengandung racun.
Racun tersebut bisa mengganggu kesehatan manusia.
Makna kata
limbah pada paragraf tersebut adalah ….
A. sesuatu
yang tidak dipakai
B. sisa
proses produksi
C. sisa
bahan industri
D. bahan
sortiran pabrik
9. Pohon itu
kelihatan pendek.
Antonim
kata pendek dalam kalimat tersebut adalah ….
A. besar
B. tinggi
C. panjang
D. rimbun
10. Belanda ingin
mengalahkan Diponegoro namun belum berhasil. Belanda berbohong untuk mengalahkannya.
Pimpinan Belanda, pura-pura mengajak Diponegoro berunding di Magelang. Akan tetapi,
Diponegoro ditangkap. Beliau diasingkan ke Batavia, kemudian Manado. Akhirnya
Diponegoro dipindahkan ke Makasar sampai wafat 8 Juni 1855.
Bagaimana
cara Belanda mengalahkan Diponegoro?
Cara
Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ….
A.
penangkapan
B. penipuan
C.
pengasingan
D.
penculikan
11. Setiap
sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu
diantaranya adalah membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai. Hal
ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Dengan membaca, pengetahuan
dan wawasan siswa semakin luas.
Mengapa
literasi perlu digalakkan?
Literasi perlu
digalakkan ….
A. agar dapat membaca buku sebelum pelajaran
dimulai
B. untuk menumbuhkan kebiasaan dalam membaca
C. supaya pengetahuan membaca kita semakin banyak
D. agar wawasan buku yang kita baca semakin luas
12. Kita dapat
membuat kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah dedaunan
di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di tempat teduh. Hal ini dilakukan
untuk mempercepat proses pembusukan.
Jika
timbunan sampah dedaunan tidak diletakkan di tempat teduh yang terjadi adalah
….
A. tempat teduh akan mempercepat pembusukan
B. kelembaban udara mempercepat dedaunan busuk
C. sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk
13. Bacalah teks
percakapan berikut dengan cermat!
Erwin
: “Han,
ayahmu berada di rumah?”
Hani
: “Tidak.
Kau jadi akan belajar cara mencangkok pohon?”
Erwin
: “Ya.
Dimana beliau?”
Hani
: “Ayahku
masih bekerja.”
Erwin
: “Kapan
beliau pulang?”
Hani
: “Biasanya
sore.”
Erwin
: “Baiklah,
nanti sore aku kembali ke sini.”
Topik teks
percakapan tersebut adalah ….
A. belajar
mencangkok pohon
B.
mencangkok pohon bersama
C. rencana
belajar mencangkok
D. cara
mencangkok pohon
14. Baca cuplikan
teks laporan berikut dengan cermat!
Siswa kelas
VI SD Mulia mengadakan kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta. Kunjungan
tersebut dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta
terletak di dalam area Kraton Yogyakarta. Di dalam museum, para siswa sangat
tertib dan bersikap sopan. Siswa tidak memegang barang yang tidak boleh
disentuh. Mereka mengamati benda koleksi museum dengan tenang.
Isi laporan
tersebut adalah ….
A. ketertiban siswa kelas VI SD Mulia di dalam
Museum Kraton Yogyakarta
B. siswa SD Mulia mengamati bangunan-bangunan di
dalam Kraton Yogyakarta
C. pada Selasa, 9 Januari 2018, siswa kelas VI SD
Mulia mengunjungi kraton
D. Museum Kraton Yogyakarta menerapkan berbagai
peraturan bagi pengunjung.
15. Perhatikan
cuplikan pidato berikut!
Teman-teman,
waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, jika
tidak
ingin
kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih. Dengan demikian kita
dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah belajar dengan
lebih rajin agar mendapat nilai ujian yang memuaskan!
Isi pidato
tersebut adalah ….
A. belajar rajin agar memperoleh nilai ujian
sekolah yang memuaskan
B. siswa tidak boleh terlena terhadap nilai ujian
sekolah yang memuaskan
C. setelah lulus, siswa sekolah dasar harus
melanjutkan ke sekolah lanjutan
D. siswa yang bermalas-malasan pasti tidak bisa
melanjutkan ke sekolah lanjutan
16. Cara membuat
permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana. Kita perlu menyediakan
dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter. Setiap kayu tersebut dibuat
seperti sandal raksasa.
Jepitan
kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter.
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah ….
A. cara membuat permainan tradisional bakiak
raksasa sangat sederhana
B. kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang
panjangnya kira-kira 1,5 meter
C. setiap kayu tersebut dibuat alas kaki dengan
ukuran yang sangat besar
D. jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak
antar jepitan setengah meter
17. kita wajib mengerjakan
pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru. Segeralah mengerjakan PR dan hindari
menunda pekerjaan. Jangan malas mengerjakan PR. Jangan menghindari PR yang
sulit. Kita harus optimistis bisa mengerjakan PR sesulit apapun.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
A. kita tidak boleh menghindari pekerjaan rumah
yang diberikan guru
B. pekerjaan rumah (PR) merupakan tugas yang
diberikan guru di rumah
C. optimistis akan membawa kita berhasil dengan
mengerjakan PR yang sulit
D. menunda mengerjakan PR berarti mempersulit
tugas yang harus dikerjakan
18. Teks 1
Hampir
empat tahun Andi merantau di Tangerang. Andi menjadi buruh pabrik elektronik.
Selama itu, belum sekalipun Andi pulang ke kampung halaman karena kesibukannya.
Keluarga sangat merindukan
Andi.
Mereka berharap tahun depan Andi pulang.
Teks 2
Arif
seorang direktur di perusahaan. Belum lama ini perusahaan Arif membuka cabang
di Tangerang. Ia ditugaskan di cabang baru itu. Perusahaannya berkembang pesat
sehingga membuatnya sibuk. Ia tidak pernah pulang kampung.
Perbedaan
isi kedua teks tersebut adalah ….
A. mereka bekerja di bidang ekonomi
B. jenjang karir mereka di perusahaan
C. kesibukan yang mereka alami
D. mereka bukan warga asli Tangerang
19. Beberapa
tahapan perlu diperhatikan saat kita becocok tanam. Kita perlu menyiapkan media
tanam yang baik. Pemilihan bibit akan memengaruhi pertumbuhan tanaman.
Pemupukan perlu dilakukan agar tanaman tumbuh subur. Pengairan yang cukup
membuat tanaman terpenuhi kebutuhan airnya. Hama harus diberantas agar tidak
mengganggu tanaman.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
A. pemupukan yang berlebihan membuat pertumbuhan
tanaman lebih cepat
B. hama tidak akan muncul lagi setelah dilakukan pemberantasan
C. air merupakan salah satu unsur yang sangat
dibutuhkan tanaman
D. pemilihan bibit unggul dilakukan agar tanaman
terhindar dari hama
20. Adisucipto
menempuh pendidikan di berbagai kota. Beliau menamatkan pendidikan setingkat SD
di HIS Muntilan. Kemudian, Adisucipto melanjutkan pendidikan setingkat SMP di
MULO St. Louis Ambarawa.
Setelah
lulus, Adisucipto masuk AMS yang merupakan pendidikan setingkat SMA di
Semarang. Setamat AMS, Adisucipto melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi
Kedokteran di Jakarta. Adisucipto tidak menamatkan pendidikannya di sekolah
ini. Ia pindah ke Sekolah Penerbangan Belanda di Kalijati, Jawa Barat.
Jenis
paragraf tersebut adalah …. (penjelasan tentang jenis paragraf/karangan dapat
dibaca disini)
A. narasi
B.
deskripsi
C.
argumentasi
D. persuasi
“Begini Intan, saat ini musim
penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah disini
termasuk
sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama.
Nah, selagi air melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami
padi. Padi termasuk tanaman yang
membutuhkan
banyak air. Jadi musim hujan begini saat paling tepat untuk menanam padi.
Namun, tidak
berarti
petani disini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada musim kemarau,
ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada
juga petani yang menanam buahbuahan,
seperti
semangka dan melon,” Paman Danu menjelaskan.
“Selain itu,
yang ditanam pada musim kemarau apa, Paman?” Tanya Intan lagi.
“Yang ditanam
antara lain palawija, misalnya kacang tanah, jagung, atau kedelai.”
“Mengapa
petani menanam sayuran dan palawija pada musim kemarau, Paman?” Tanya Intan.
Paman Danu
pun menjelaskan, “Hal ini karena tanaman sayuran dan palawija termasuk kurang
cocok ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tanaman tersebut
tidak memerlukan air.” “Semua tanaman membutuhkan air. Namun, tanaman sejenis
palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah
tempat tanaman itu tumbuh tidak boleh basah atau tergenang air terusmenerus. Jika
air sampai menggenang terus-menerus, akar atau batangnya dapat membusuk,”tambah
Paman Danu.
21. Bagaimana
cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah?
Cara petani
memanfaatkan air hujan yang melimpah dengan ….
A. membuat sawah tadah hujan untuk ditanami
sayuran
B. menanam palawija di sawah tadah hujan
C. menanam padi di sawah tadah hujan
D. mengalirkan air ke sawah dan ladang
22. Mengapa
tanaman palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus?
Tanaman
palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus karena ….
A. buah pada tumbuhan palawija akan membusuk jika
terlalu banyak air
B. daun tanaman palawija akan membusuk jika
tanahnya tergenang air
C. tanaman palawija membutuhkan banyak air di
waktu tertentu untuk tumbuh
D. akar atau batang tanaman palawija akan
membusuk jika terlalu banyak air
Ibu Kelinci
tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Mereka tinggal berdekatan dengan
keluarga ayam. Suatu hari, Ibu Kelinci ingin pergi ke suatu lembah. Ia berpesan
agar anaknya tidak membuka pintu rumah, kecuali untuknya. Agar anaknya tidak
salah mengenali, Ibu Kelinci mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan
di depan pintu, maka Ibu Kelinci yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui,
ternyata
Musang ikut mendengarkan lagu tersebut.
Ibu Kelinci
akhirnya pergi. Musang segera datang ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya
tadi. Mendengar lagu itu, anak kelinci menjadi ragu. Bukankah ibunya baru saja
pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak seperti
suara ibunya. Haruskah ia membuka pintu?
Namun anak
kelinci tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu. Ia
melihat sepasang kaki milik musang. Anak kelinci berteriak sehingga Pak Ayam
dan keluarganya bedatangan.
Musang ketakutan dan segera pergi menuju goa.
23. Tokoh utama
cerita tersebut adalah ….
A. Ibu
kelinci
B. Anak
kelinci
C. Musang
D. Pak ayam
24. Latar tempat
cerita tersebut adalah ….
A. dalam
hutan
B. dalam
goa
C. depan
rumah
D. suatu
lembah
25. Watak anak
kelinci pada cerita tersebut adalah ….
A. peduli
B. cerdik
C. ragu
D. takut
Induk Ayam
dan Burung Elang hidup berdampingan dengan rukun. Keduanya saling menolong
dalam keseharian. Suatu hari Induk Ayam mendatangi Elang. Malam itu, Induk Ayam
mendapat undangan pesta. Ia
bermaksud
meminjam cincin yang indah milik elang. Sambil menyerahkan cincin, Elang
berpesan, “Hati-hati,
benda ini
sangat berharga bagiku. Kalau hilang, nyawa anak-anakmu sebagai jaminannya.”
Induk Ayam
sangat menikmati pesta yang meriah itu. Ia menjadi pusat perhatian kaum ayam.
Semua mengagumi cincin yang dipakainya. Ia menari mengikuti alunan musik
bersama teman-temannya.
Semaraknya
suasna membuat Induk Ayam lupa pada anak serta cincin di cakarnya. Karena
lelah, ia terlelap
tidur.
Keesokan hari, ia teringat pada cincin Burung Elang. Induk Ayam menengok
kakinya. “Hah, celaka
aku!” Dengan
panik, dikoreknya setiap gundukan tanah. Ia mencari-cari cincin itu. Karena
lelah, akhirnya ia
melapor
kepada Burung Elang. Burung Elang sangat murka. Ia mengancam akan mengambil
anak-anak
ayam. Sampai
kini, induk ayam masih terus mengais tanah. Ia berusaha melindungi anak-anaknya
dari
buruan elang.
26. Kesimpulan
cerita tersebut adalah ....
A. burung elang berhasil memburu anak-anak ayam
B. kedua sahabat itu saling mengingkari
perjanjiannya
C. induk ayam sudah tidak mencari cincin milik
burung elang
D. persahabatan keduanya tercederai akibat ulah
induk ayam
27. Induk Ayam
menengok kakinya,”Hah, celaka aku!”
Maksud
pernyataan dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A. induk ayam mengalami kehilangan saat pesta
malam itu
B. cincin yang dipakai induk ayam hilang dari
cakarnya
C. induk ayam terkejut karena cincin yang
dipakainya musnah
D. burung elang mengancam induk ayam yang
menghilangkan cincin
28. Hal yang akan
terjadi jika induk ayam tidak pergi ke pesta malam itu adalah ....
A. induk
ayam tidak perlu melindungi anaknya
B. cincin
burung elang menjadi milik induk ayam
C. pesta
kaum ayam tidak akan meriah malam itu
D. induk
ayam tidak meminjam cincin burung elang
29. Awal konflik
cerita tersebut adalah ....
A. induk ayam dan burung elang hidup berdampingan
B. induk ayam mendapat undangan pesta pada malam
itu
C. induk ayam menghilangkan cincin yang indah
milik elang
D. induk ayam meminjam cincin milik elang dengan
perjanjian
30. Amanat yang
terkandung pada cerita tersebut adalah ....
A. kita harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap
barang pinjaman
B. berlebihan saat melakukan pesta akan
menimbulkan malapetaka
C. kita harus mengutamakan persahabatan di atas
segala-galanya
D. kita harus berusaha untuk menghadiri undangan
yang diterima
31. Tema cerita
tersebut adalah ....
A. budi
pekerti
B.
kegemaran
C. kegiatan
D. hiburan
32. Nilai moral
positif tokoh induk ayam dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A. jujur
atas segala kesalahan yang dilakukannya
B. menepati
perjanjian yang sudah disepakati
C. berusaha
keras menyenangkan sahabatnya
D. suka
menjalin persahabatan dengan burung
Semua bermula dari hati
Hati bersih sampai sanubari
Manusia jangan melangit tinggi
Banyak orang tak simpati
33. Manusia
jangan melangit tinggi.
Makna
melangit pada kalimat tersebut adalah ....
A. mulia
B. hebat
C. angkuh
D. kaya
34. Banyak orang
tak simpati
Maksud
syair tersebut adalah ....
A. kita harus memulai menata hati agar dicintai
orang
B. manusia yang berhati bersih pasti akan
bahagia
C. banyak orang simpati pada orang yang tinggi
D. manusia yang angkuh tidak disukai orang
35. Pada
pelajaran IPS, siswa kelas V SD Mulia mendapat tugas membuat .... Tugas ini
bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang R.A. Kartini. Untuk mendapatkan
informasi tersebut, siswa dapat memanfaatkan surat kabar dan majalah. Kemudian,
hasilnya dijilid menjadi buku.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. brosur
B. tabloid
C. kliping
D. mading
36. Petunjuk
penggunaan blender disusun secara acak:
(1) Pastikan blender dalam keadaan
off, kemudian tancapkan steker!
(2) Siapkan blender dan bahan yang
akan dilumatkan!
(3) Matikan blender, cabut steker dan
tuangkan isinya ke wadah!
(4) Masukkan bahan yang akan
dilumatkan!
(5) Tekan tombol on dan tunggu sampai
bahan lumat!
Urutan
penggunaan blender yang tepat adalah ....
A. (4)-(1)-(2)-(5)-(3)
B. (4)-(2)-(3)-(1)-(5)
C. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
D. (2)-(4)-(1)-(5)-(3)
37. Pedagang
grosir itu membuatkan kuwitansi pembelian satu kuwintal gula inport.
Penulisan
kata kuitansi, kuwintal, dan inport yang tepat untuk kalimat tersebut adalah
....
A.
kuitansi, kuintal, impor
B.
kwitansi, kuintal, inpor
C.
kuitansi, kwintal, import
D.
kwitansi, kuintal, import
38. Energi
alternatif dapat menghemat energi fosil. Energi ... sebagai pengganti solar.
Bahan pembuatan energi ini dari tumbuhan kelapa sawit, jarak, dan nyamplung.
A.
biodiesel
B. biodisel
C. bio
diesel
D. bio
disel
39. Cermati
kalimat-kalimat petunjuk berikut!
(1) Masukkan bentukan bakso ke air
mendidih, angkat jika sudah mengapung!
(2) Rebus air dalam panci sampai
mendidih!
(3) Tuangkan adonan daging ke dalam
wadah yang sudah diberi bumbu!
(4) Campurkan tepung kanji, kemudian
lumatkan sampai kalis!
(5) Ambil adonan daging dengan tangan
lalu dibentuk bulat!
Urutan
petunjuk membuat bakso daging yang tepat adalah ....
A.
3-4-5-2-1
B.
3-4-1-5-2
C.
3-4-2-1-5
D.
3-4-2-5-1
40. Dian memang
..., ia suka berderma.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. besar
hati
B. lurus
hati
C. murah
hati
D. teguh
hati
41. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
(1) Akar serabut
(2) Daunnya menjuntai seperti pita
(3) Tanaman padi memiliki akar,
batang, dan daun yang khas
(4) Batangnya berongga
Susunan
kalimat acak agar menjadi paragraf deskripsi adalah ....
A. 3-4-1-2
B. 3-1-2-4
C. 3-2-1-4
D. 3-1-4-2
42. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Di toko itu, ia memilih beberapa
buku cerita dan kamus
(2) Budi pergi ke Toko Buku Sari Ilmu
kemarin sore
(3) Budi membayar sesuai dengan harga
yang ditentukan
(4) Budi meninggalkan toko
(5) Ia mengantre di depan kasir untuk
membayar
Urutan
kalimat yang tepat agar menjadi paragraf narasi adalah ....
A.
2-1-3-5-4
B.
2-1-4-5-3
C.
2-1-5-4-3
D.
2-1-5-3-4
43. Pada Senin, 2
Oktober 2017, SD Mulia melaksanakan upacara. Upacara tersebut untuk
memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari itu bertepatan dengan Hari Batik
Nasional. ...
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah ....
A. Peserta upacara mengenakan pakaian batik
B. Amanat upacara berkaitan dengan sejarah batik
C. Setelah upacara, semua siswa membeli kain
batik
D. Setiap Hari Kesaktian Pancasila, siswa
mengenakan batik
44. Perhatikan
kalimat iklan berikut!
Ayo, hemat
air!
Setetes air
adalah ....
Kata yang
tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah ....
A.
kesempurnaan
B.
keberhasilan
C.
keindahan
D.
kehidupan
45. Perhatikan
cuplikan teks pidato berikut!
Salah satu
program pendidikan etika berlalu lintas adalah senam lalu lintas. Tadi pagi, Bu
Sari berpesan supaya kita melakukan senam lalu lintas. Untuk itu, saya mengajak
teman-teman untuk berlatih dengan tekun. Latihan akan dilaksanakan pada hari
Sabtu, 11 Oktober 2017. ...
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....
A. Marilah, kita berterimakasih kepada Bu Sari
yang telah membimbing kita!
B. Oleh karena itu, mari kita mengundang Bu Sari
agar kegiatan ini lancar!
C. Marilah, kita berpartisipasi dalam kegiatan
latihan senam tersebut!
D. Oleh karena itu, mari kita minta izin kepada
kepala sekolah!
46. Bupati Sleman
tanda tangan prasasti peletakan batu pertama gedung baru.
Penggunaan
kata berimbuhan tanda tangan yang tepat adalah ....
A.
Menandatangani
B. mentanda
tangani
C. menanda
tangani
D.
menandatangani
47. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
(1) Pukul 05.00, Budi bangun tidur.
(2) Kemudian, ia membersihkan kandang
ayam di belakang rumah
(3) Memang, Budi rajin dan senang
membantu orang tua
(4) Ia merapikan tempat tidurnya
terlebih dahulu
(5) Setelah selesai, Budi mandi dan
siap ke sekolah
Urutan
kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah ....
A.
1-4-3-2-5
B.
1-4-2-5-3
C.
3-1-2-4-5
D.
3-1-2-5-4
48. Perhatikan
teks percakapan berikut!
Rosi
: “Ra,
kamu pernah dengar belum?”
Tiara
: “Apa
itu, Ros?”
Rosi
: “Kata
orang, energi fosil di bumi kita ini sudah hampir habis.”
Tiara
: “Lantas,
mau apa?”
Rosi
: “...”
Tiara
: “Ayo!”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah ....
A. Mari
kita perbarui energi fosil!
B. Mari
kita menambah energi fosil!
C. Mari
kita menghemat energi fosil!
D. Mari
kita cegah penggunaan energi fosil!
49. Ketika
pelajaran olahraga. Tono jatuh dan lututnya berdarah saat memraktikkan loncat
tinggi. Nita mencari daun obat merah di area apotek hidup.
Kesalahan
penggunaan ejaan pada paragraf tersebut adalah ....
A. olahraga
B.
memraktikkan
C. apotek
hidup
D. loncat
tinggi
50. “Han, bisa
kan kamu berlari cepat!” kata Hanafi.
Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda
petik (“)
B. tanda
koma (,)
C. tanda
seru(!)
D. tanda
titik(.)
51. Sudah satu
minggu anak-anak berlibur di desa.
Penulisan
ejaan yang benar pada kalimat tersebut adalah ....
A. Sudah
satu minggu, anak-anak berlibur di desa.
B. Sudah
satu Minggu, anak-anak berlibur di desa.
C. Sudah
satu Minggu, anak-anak berlibur di Desa.
D. Sudah
satu minggu, anak-anak berlibur di Desa.
52. Ibu membeli
sayuran (...) bayam (...) cabai (...) dan tomat (...)
Penulisan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah
A. ( : ) ;
( . ) ; ( , ) ; ( . )
B. ( : ) ;
( , ) ; ( , ) ; ( , )
C. ( : ) ;
( , ) ; ( , ) ; ( . )
D. ( ; ) ;
( , ) ; ( , ) ; ( . )
53. Ibu berkata Kerjakan
dulu semua tugasmu Nak
Tanda baca
yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....
A. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu,
Nak.”
B. Ibu berkata; “Kerjakan dulu semua tugasmu.
Nak!”
C. Ibu berkata “Kerjakan dulu semua tugasmu,
Nak!”
D. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu,
Nak!”
(1) Semua orang pasti mengenal pendidikan. (2)
Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan
masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi beradab. (3) Pendidikan
bukan hanya merupakan sarana transfer ilmu pengetahuan, tetapi lebih luas lagi,
yakni sebagai sarana pembudayaan dan penyaluran nilai (enkulturisasi dan
sosialisasi). (4) Anak harus mendapatkan pendidikan yang menyentuh dimensi
dasar kemanusiaan. (5) Dimensi kemanusiaan itu mencakup sekurang-kurangnya tiga
hal paling mendasar.
(6)
Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan
aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. (7) Menurut Lickona, tanpa ketiga
aspek itu, pendidikan karakter tidak akan efektif. (8) Dengan pendidikan
karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan
menjadi cerdas emosinya. (9) Kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam
mempersiapkan anak menyongsong masa depan. (10) Terdapat sembilan pilar
karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu karater cinta
Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; kemandirian dan tanggung jawab; kejujuran/amanah
dan diplomatis; hormat dan santun; dermawan, suka menolong, dan gotong
royang/kerja sama; percaya diri dan pekerja keras; kepemimpinan dan keadilan;
baik dan rendah hati; serta toleran dan cinta damai.
54. Manakah
gagasan utama paragraf ke-1?
A.
Pendidikan dikenal setiap orang.
B.
Pendidikan adalah internalisasi budaya.
C.
Pendidikan bukan saran transfer ilmu.
D.
Pendidikan merupakan pembudayaan.
E.
Pendidikan harus berdimensi kemanusiaan.
55. Manakah
pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf ke-2?
A. Mengapa pendidikan karakter merupakan
pendidikan budi pekerti?
B. Mengapa kecerdasan emosi penting dalam
mempersiapkan masa depan?
C. Bagaimana pendidikan karakter yang sistematis
dan berkelanjutan?
D. Bagaimana pendapat Lickona tentang aspek
pendidikan karakter?
E. Siapa yang mengemukakan sembilan pilar
karakter berasal dari nilai luhur universal?
56. Apa perbedaan
gagasan antarparagraf dalam teks tersebut?
A. Paragraf pertama memaparkan pendidikan
karakter secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan pendidikan karakter
secara khusus.
B. Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan
karakter, sedangkan paragraf kedua memaparkan unsur pendidikan karakter.
C. Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara
umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan tujuan pendidikan secara khusus.
D. Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan
secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter.
E. Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara
umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan manfaat pendidikan karakter.
57. Apa kelemahan
paragraf ke-1?
A. Tidak ada hubungan antara penjelasan
kecerdasan emosi (kalimat 9) dengan sembilan pilar karakter (kalimat 10).
B. Plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6)
tidak dijelaskan secara rinci pada bagian berikutnya.
C. Penjelasan tentang pendidikan sebagai saran
transfer ilmu (kalimat 3) bertentangan dengan konsep pendidikan (kalimat 2).
D. Tidak ada hubungan antara ketiga aspek yang
dimaksud Lickona (kalimat 7) dengan nilai plus pada pendidikan budi pekerti
(kalimat 6).
E. Penjelasan tentang kecerdasan emsi (kalimat 8)
tidak berkaitan dengan pendidikan karakter (kalimat7)
58. Bacalah teks
berikut!
Penduduk desa
binaan Ridwan Kamil, mulai membajak sawah. Mereka akan menanam padi karena
musim hujan sudah hadir.
Penggunaan
kata yang tidak tepat pada paragraf di atas adalah ….
A. Binaan
B. Membajak
C. Musim
D. Hadir
E. Hujan
59. Hitam, hitam
sekali penghidupan perempuan bangsa kita di masa silam, lebih hitam, lebih
kelam, dari malam yang gelap! Perempuan bukan manusia seperti laki-laki yang
mempunyai pikiran dan pemandangan sendiri, yang mempunyai hidup sendiri.
Perempuan hanya hamba sahaya, perempuan hanya budak yang harus bekerja dan
melahirkan anak bagi laki-laki, dengan tiada memiliki hak. Setinggi-tingginya
ia menjadi perhiasan, menjadi permainan, yang dimulia-muliakan selagi disukai,
tetapi dibuang dan ditukar, apabila telah kabur cahayanya, telah hilang
sarinya.
Sebagaimana
pepatah menyatakan habis manis sepah dibuang.
Kalimat
yang dicetak miring dalam paragraf tersebut menggunakan majas yang memiliki
bentuk sama dengan kalimat ...
A. Tidak, saya tidak mau lagi bertemu dengan dia,
tidak juga sekarang dan nanti.
B. Anak, cucu, ayah, ibu, nenek, kakek sampai
bebuyutan hadir dalam pesta upacara adat itu.
C. Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta Saudara-saudara
saya minta kita harus tetap bersatu padu.
D. Sekali merdeka, kita harus tetap mempertahankan
dalam berbagai hal.
E. Pangkat, jabatan, uang itu bagiku tidak ada
artinya selain cinta yang sejati.
60. Velina adalah
seorang gadis tercantik di kampung Naga. Kecantikannya yang luarbiasa membuat
seorang Pangeran dari Sangkuriang jatuh hati padanya. Namun, teman-teman
sebayanya merasa iri dan berkata, “Kau tak usah sok cantik, Pangeran mustahil
suka padamu!”
Peribahasa
yang sesuai dengan kata yang dicetak miring adalah ....
A. Pecah anak buyung, tempayan ada
B. Tak ada gading yang tak retak
C. Langkas buah pepaya
D. Batu hitam tak bersanding
E. Laut mana yang tak berombak, bumi mana yang
tak ditimpa hujan
Berita 1
Kematian
Theressa membuat masyarakat India geram. Bagaimana tidak ? Gadis kecil yang
dikabarkan meninggal ini, ternyata dinyatakan meninggal terkubur di halaman
rumahnya sendiri. Ironisnya, kematian Theressa ini disebabkan oleh orang
terdekatnya sendiri. Semasa hidupnya, Gadis kecil itu tidak mendapatkan
perhatian oleh ibu angkatnya. Bahkan dia diperlakukan seperti pembantu.
Berita 2
Polisi
akhirnya menetapkan seorang dosen yang diduga menelantarkan keempat anaknya.
Menurut penyelidik, anak – anaknya dibiarkan tinggal di tempat yang tidak layak
huni. Bahkan, salah satu anaknya tidak diperbolehkan masuk ke rumah, sehingga
dia harus tidur di pos ronda. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
Ternyata, tersangka juga merupakan seorang pecandu narkoba.
61. Kesamaan isi
yang disampaikan pada teks kutipan berita di atas adalah ?
A. Kekerasan anak disebabkan oleh orang tua
kandung
B. Kasus penelantaran anak
C. Kasus pembunuhan anak
D. Kasus penyalahgunaan narkoba
E. Kasus penyadapan
62. Perbedaan
urutan penyampaian informasi di atas adalah ?
A. Teks 1 Siapa, Apa, mengapa ; Teks 2 Siapa,
mengapa, apa
B. Teks 1 Apa, Kenapa, Bagaimana ; Teks 2 Siapa,
Apa, kenapa
C. Teks 1 Kenapa, Apa, bagaimana ; Teks 2 Siapa,
Kenapa, Apa
D. Teks 1 Bagaimana, Apa, Kenapa ; Teks 2 Apa,
Siapa, Kenapa
E. Teks 1 Siapa, Apa, kenapa ; Teks 2 Apa,
Kenapa, Bagaimana
[…]
(1) Selama
kurun waktu 10 tahun terakhir, kondisi inflasi Indonesia belum stabil. (2) Kehidupan
[…] tidak lepas dari inflasi yang terlihat dari naiknya harga barang-barang
kebutuhan pokok dari tahun ke tahun. (3) Definisi konsep nilai waktu uang
adalah jumlah […] yang sama hari ini lebih bermakna daripada esok. (4) Artinya,
inflasi dapat mengurangi daya beli uang yang kita miliki sekarang karena
menumbuhkan harga terus-menerus. (5) Akibatnya, pendapatan […] menurun sehingga
banyak masyarakat semakin susah memenuhi kebutuhan sehari-harinya. (6) Oleh
karena itu, investasi diperlukan untuk melindungi nilai aset atau […] sehingga
dapat digunakan sebagai persiapan kebutuhan di masa depan.
(Diadaptasi dari: #Yuk Belajar Saham untuk Pemula, Investor Saham Pemula)
63. Judul yang
paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah ….
a. Daya
Beli Uang
b. Konsep
Nilai Waktu Uang
c. Inflasi
Menggerogoti Nilai Uang
d.
Kehidupan Perekonomian Indonesia
e. Inflasi
Meningkatkan Daya Beli Uang
64. Kata yang
paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 2 adalah ….
a.
berekonomi
b.
keekonomian
c.
perekonomian
d.
pengekonomian
e.
mengekonomikan
65. Kata yang
paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 3 adalah ….
a. kas
b. prive
c. utang
d. modal
e. piutang
66. Kata yang
paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 5 adalah ….
a. riil
b. real
c. mikro
d. makro
e.
hari-hari
67. Kata yang
paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 6 adalah ….
a. dana
b. entiti
c. derma
d. entitas
e. ekuitas
68. Kata
berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf di atas adalah ….
a. bermakna
b. memenuhi
c.
melindungi
d.
mengurangi
e.
menumbuhkan
(1) Tren jumlah penduduk miskin di Indonesia
dari waktu ke waktu lebih banyak tinggal di wilayah pedesaan. Tahun 1970 sampai
dengan 1978, penduduk miskin lebih banyak tinggal di pedesaan, antara tahun
1980 sampai dengan 1990 lebih banyak tinggal di kawasan perkotaan, dan 1993
hingga 2000 jumlah penduduk miskin kembali lebih banyak di pedesaan. Bahkan,
tahun 1998, selisih jumlah penduduk miskin yang tinggal di pedesaan cukup
mencolok lebih besar […] mereka yang tinggal di kota.
(2) Beberapa
karakteristik penduduk miskin dapat dilihat dari jumlah anggota rumah tangga,
pendidikan kepala rumah tangga, dan sumber pendapatan. Menurut BPS, tahun 1993
rata-rata jumlah anggota keluarga penduduk miskin sebesar 5,9 orang, […] jumlah
keluarga rumah tangga yang hidup di atas garis kemiskinan lebih kecil dari itu.
Hal ini menunjukkan bahwa kepala rumah tangga miskin mempunyai beban yang lebih
berat daripada yang tidak miskin.
(3) Penduduk
miskin di pedesaan 72,00 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga yang tidak
tamat SD dan 24,30 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga berpendidikan tamat
SD. Penduduk miskin di perkotaan 57,00 persen dipimpin oleh kepala rumah tangga
tidak tamat SD dan 31,80 persen dikepalai oleh seorang tamatan SD.
(4)
Karakteristik lain yang berkaitan dengan pendidikan dan distribusi penduduk
adalah sumber pendapatan. Sumber pendapatan utama penduduk miskin dari sektor
pertanian sebesar 62,00 persen, sektor perdagangan 10,40 persen, sektor
industri sebesar 7,40 persen, sektor jasa 6,50 persen dan selebihnya dari
selain sektor yang disebutkan tersebut. Dengan demikian, sektor pertanian
merupakan kantong kemiskinan penduduk.
(sumber: Gunawan Sumodiningrat, 2001)
69. Bacaan di
atas lebih tepat jika diberi judul ….
a. Tren
jumlah penduduk miskin
b.
Karakteristik penduduk miskin
c.
Distribusi penduduk miskin
d. Tren dan
karakteristik penduduk miskin
e. Tren dan
distribusi penduduk miskin
70. Bacaan di
atas merupakan jenis karangan ….
a.
eksposisi
b.
argumentasi
c. narasi
d. deskripsi
e. persuasi
71. Jika bacaan
tersebut dilanjutkan paragraf kelima, gagasan utama yang tepat adalah ….
a. Sektor
pertanian
b.
Karakteristik dan ditribusi sektor perdagangan
c.
Karakteristik dan distribusi sektor pertanian
d.
Karakteristik sektor industri dan jasa
e. Sektor
jasa
72. Kata ‘tren’
pada paragraf pertama dapat diganti kata ….
a. pada
umumnya
b. dominan
c. faktor
determinan
d.
terkonsentrasi
e.
kecenderungan
73. Penulisan
Kata hubung yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada paragraph ke-2
adalah ….
a.
sedangkan
b. karena
c. sehingga
d. walaupun
e. meskipun
74. Penulisan
kata depan yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada paragraph ke-1
adalah ….
a. di
b. karena
c. ke
d. daripada
e. oleh
Nelayan yang
berdampak reklamasi Terminal Petikemas pelabuhan Belawan Medan meminta ganti
rugi kepada PT Pelabuhan Indonesia I. Nelayan rugi karena reklamasi menutup
alur kapal nelayan sehingga mereka harus menambah 1 mil perjalanan setiap hari
dengan tambahan 1 liter solar. Perwakilan nelayan terdampak menyampaikan hal
tersebut pada rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera
Utara, Medan. Reklamasi Pelabuhan Belawan sudah berlangsung tiga tahun. Namun,
sampai sekarang, nelayan belum mendapat ganti rugi. Rapat yang dipimpin Ketua
Komisi B DPRD Sumut itu dihadiri Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas
Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Friska Irnawati Purba, serta Kepala Bidang
Perencanaan dan Pembangunan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Thomas
Octavianus Sipa helut. PT Pelabuhan Indonesia I diundang, tetapi tidak hadir.
Selama tiga
tahun mereka belum mendapat ganti rugi. Baru pada 10 April, ada 3.228 nelayan
dinyatakan sudah diverifikasi dan akan menerima tali kasih Rp 3.097.000
pernelayan. Delapan orang menerima dana secara simbolis. Sebanyak 300 nelayan
tidak masuk dalam daftar nelayan yang terdampak reklamasi yang diverifikasi.
Para nelayan hanya minta ganti rugi untuk tambahan bahan bakar selama empat
tahun, sekitar 6 juta per nelayan. Petugas Pertanian dan Perikanan Kota Medan
kesulitan melakukan verifikasi karena ada penolakan nelayan di lapangan.
Akibatnya, sejumlah nelayan yang tidak masuk dalam daftar nelayan yang
terdampak. Data hasil verifikasi terhadap 3.228 nelayan sudah final dan tidak
ada tambahan lagi.
75. Kalimat inti
kalimat pertama paragraf kedua teks tersebut adalah ….
a. Nelayan
terdampak.
b. Nelayan
menyampaikan hal tersebut.
c.
Perwakilan nelayan mendengarkan pendapat.
d.
Perwakilan nelayan menyampaikan hal tersebut.
e. Nelayan
dengar pendapat.
76. Topik bacaan
tersebut adalah ….
a. Keadaan
nelayan reklamasi.
b.
Realisasi ganti rugi nelayan reklamasi.
c. Dampak
reklamasi.
d. Solusi
bagi nelayan reklamasi.
e. Hak
nelayan reklamasi.
77. Pernyataan
berikut yang paling benar dari teks tersebut adalah ….
a. Realisasi ganti rugi yang diberikan sudah
sesuai dengan tuntutan nelayan sekalipun belum terealisasi dengan baik.
b. Seluruh nelayan yang telah masuk verifikasi
akan segera mendapat ganti rugi reklamasi.
c. Reklamasi Pelabuhan Belawan dinilai tidak
efektif dan menimbulkan keresahan di masyarakat.
d. Nelayan meminta ganti rugi bahan bakar dan
biaya melaut selama empat tahun akibat dampak reklamasi.
e. Sejumlah nelayan tidak masuk daftar nelayan
terdampak karena adanya penolakan di lapangan.
78. Simpulan
paragraf kedua teks tersebut adalah ….
a. Nelayan menyambut positif hasil rapat
tersebut.
b. Dengan adanya rapat tersebut, nelayan optimis
masalah mereka akan segera teratasi.
c. Jadi, rapat tersebut adalah salah satu solusi
yang dinanti-nantikan nelayan.
d. Oleh karena itu, harus ada realisasi nyata
dari rapat yang telah dilangsungkan tersebut.
e. Hasil rapat tersebut dinilai menguntungkan
nelayan dan merupakan solusi yang terbaik dari semua pihak.
79. Kesalahan EYD
dalam kalimat tersebut ditemukan dalam kalimat ….
a. Kalimat kedua paragraf ketiga.
b. Kalimat ketiga paragraf kedua.
c. Kalimat kelima paragraf keempat.
d. Kalimat kesatu paragraf kedua.
e. Kalimat keempat paragraf kedua.
80. Salah satu
kalimat dalam paragraf tersebut tidak memenuhi unsur sebuah kalimat.
Kalimat
yang dimaksud adalah ….
a. Kalimat
kedua paragraf ketiga.
b. Kalimat
ketiga paragraf kedua.
c. Kalimat
kelima paragraf kesatu.
d. Kalimat
kesatu paragraf kedua.
e. Kalimat
kedelapan paragraf ketiga.
81. Nelayan
terdampak reklamasi menyampaikan keluhannya. Reklamasi membuat nelayan rugi.
Hasil penggabungan dua kalimat tersebut yang tepat adalah ….
a. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya
kalau reklamasi membuat nelayan rugi.
b. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya jika
reklamasi membuat nelayan rugi.
c. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya
bahwa reklamasi membuat nelayan rugi.
d. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya
tentang reklamasi membuat nelayan rugi.
e. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya agar
reklamasi tidak membuat nelayan rugi.
82. Kata
reklamasi dalam kalimat tersebut bermakna ….
a.
Pemanfaatan daerah yang tidak berguna.
b.
Pertanggungjawaban terhadap sesuatu.
c.
Penyelesaian suatu hal
d.
Pelaksanaan suatu kegiatan.
e.
Perwujudan sesuatu menjadi nyata.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi AqilaDroid Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar