Soal SBMPTN - UTBK
Download Lebih Rapi dan Siap Cetak di Aplikasi Klik Disini untuk Download
Berikut Daftar Lin Soal SBMPTN - UTBK, Silahkan langsung Klik Saja
- Biologi 1
- Biologi 2
- Biologi 3
- Biologi 4
- Biologi 5
- Fisika 1
- Fisika 2
- Kimia 1
- Kimia 2
- Matematika Dasar 1
- Matematika Dasar 2
- Matematika Dasar 3
- Matematika IPA 1
- Matematika IPA 2
- Matematika IPA 3
- Ekonomi
- Geografi
- Sejarah
- Sosiologi
- Skolastik Bahasa Inggris
- Skolastik Kesimpulan
- Skolastik Matematika
- Skolastik Pemahaman Bacaan
- Skolastik Persamaan Kata
SBMPTN - UTBK Matematika Dasar Bagian 3
KUMPULAN SOAL
SBMPTN MATEMATIKA DASAR
-----------------------------------------------------------------------------------
SISTEM
PERSAMAAN LINEAR
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Diketahui sistem persamaan linear
Nilai X + y adalah
...
A. -3
B. -2
C. -1
D. 3
E. 5
2. Suatu garis yang melalui titik (0,0)
membagi persegi panjang dengan titik-titik sudut (1,0), (5,0), (1,12) dan
(5,12) menjadi dua bagian yang sama luas. Gradien garis tersebut adalah ...
A.
B. 1
C. 2
D.
E. 3
3. Jika (x,y)
= (1,1) dan (x,y) = (a, -2)
merupakan penyelesaian
3x + y = b dan cx – dy = 1, maka a + b + c – d = ...
A. 7
B. 6
C. 6
D. -6
E. -7
4. SBMPTN 2017 Kode 226
Seseorang memelihara ikan di suatu kolam. Rata-rata bobot
ikan per ekor pada saat panen dari kolam tersebut adalah (6−0,02x) kg. Dengan x
menyatakan banyak ikan yang dipelihara. Maksimum total bobot semua ikan pada
saat panen yang mungkin adalah .....
A. 400 D.
450
B. 420 E.
465
C. 435
5.
SBMPTN 2016 Kode 317
Jika (𝑥,𝑦) = (1,3) dan (𝑥,𝑦) = (𝑎,1) merupakan
penyelesaian 𝑥−2𝑦 = 𝑏 dan 𝑐𝑥 + 𝑑𝑦 = 10,
maka 𝑎 + 𝑏 + 𝑐 + 𝑑 = ….
A. −9 D. 3
B. −6 E. 9
C. 0
6. SBMPTN 2016 Kode 317
Suatu garis yang melalui titik (0,0) membagi persegi
panjang dengan titik-titik sudut (1,0), (5,0), (1,12) dan (5,12) menjadi dua
bagian yang sama luas. Gradien garis tersebut adalah ….
A. D.
B. 1 E.
3
C. 2
7. Diketahui x, y, dan z adalah solusi dari sistem
persamaan dan .
Nilai x + y + z = ....
A. 4 D.
10
B. 6 E.
26
C. 8
8. SBMPTN 2016 Kode 319
Jika semua solusi sistem persamaan linear dua variabel 𝑎𝑥
+ 𝑦
= 3 dan 𝑥
+ 2𝑦
= 5 selalu
bernilai positif, maka ….
A. < a <
B. < a <
C. a >
D. < a <
E. a >
9. Empat orang siswa akan mengikuti suatu
perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp900.000,00. Karena
masing-masing memiliki kondisi keuangan yang berbeda, besar kontribusi
masing-masing siswa tidak sama. Siswa A memberikan kontribusi setengah dari
jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi sepertiga
dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi
seperempat dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D
adalah Rp ...
A. 150.000,00
B. 180.000,00
C. 195.000,00
D. 225.000,00
E. 300.000,00
LOGARITMA
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Diketahui 2log p = dan 3log q = . Jika x = p2
dan y = q3, maka xlog y = ...
A. (2log 3)
B. (2log 3)
C. (3log 2)
D. (2log 3)
E. (3log 2)
2. Jika alog b, alog
( b + 2), dan alog (2b + 4) adalah tiga suku berurutan suatu barisan
aritmatika dan jumlah tiga suku tersebut adalah 6, maka 2a – b = ...
A. 4
B. 2
C. 0
D. -2
E. - 4
3. Diketahui f(x)= 53x+1 dan g(t)
= log5 t. Jika (f −1 o g−1)(p) = 2 maka
nilai p = ....
A. 10 D.
15
B. 12 E.
16
C. 14
4. SBMPTN 2018 TKPA 527
Jika x1 dan x2 memenuhi (3log(x+1))2
= 4,
maka nilai x1.x2 adalah ….
A. 8 D.
−
B. E.
−
C. −
5. Jika plog a = 2 dan qlog
8p = 2, maka 2plog = ...
A. 3 2log
2p
B. 2log
2p
C.
D.
E.
6. Jika x1 dan x2
adalah penyelesaian persamaan
(2log x)2 + 2log x = 6
maka x1x2 = ...
A. 2
B.
C.
D. -3
E. -6
7. Jika 6(340)(2log a)
+ 341(2log a) = 343, maka nilai a adalah ....
A.
B.
C. 4
D. 8
E. 16
8. Jika dan xy log w = , maka nilai adalah ...
A. 8
B. 6
C. 4
D. 2
E. 1
PELUANG
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Sebuah bilangan ganjil 5 angka diketahui
memuat tepat 2 angka genap dan tidak memiliki angka berulang, serta tidak
membuat angka 0. Banyak bilangan berbeda dengan ciri tersebut adalah ...
A. 4.260
B. 4.290
C. 4.320
D. 5.400
E. 7.200
2. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui A = {9,7,6,5,4,3,2,1}. Lima anggota A diambil
secara acak. Peluang terambilnya lima anggota tersebut berjumlah genap adalah
….
A.
B.
C.
D.
E.
3. SBMPTN 2017 Kode 226
Banyak susunan berfoto berjajar untuk 3 pasang pemain
bulutangkis ganda dengan tidak setiap pemain dan pasangannya berdekatan adalah
….
A. 720
B. 705
C. 672
D. 48
E. 15
4. SBMPTN 2016 Kode 317
Tujuh finalis lomba nyanyi tingkat SMA di suatu kota berasal dari
6 SMA yang berbeda terdiri atas empat pria dan tiga wanita. Diketahui satu pria
dan satu wanita berasal dari SMA “A”. Jika urutan tampil diatur bergantian
antara pria dan wanita, serta finalis dari SMA “A” tidak tampil berurutan, maka
susunan urutan tampil yang mungkin ada sebanyak ….
A. 144 D. 36
B. 108 E. 35
C. 72
5. SMA X memiliki 6 kelas dengan banyak
siswa pada setiap kelas adalah 16 pria dan 16 wanita. Jika untuk kepengurusan
OSIS dipilih satu orang dari setiap kelas, maka peluang 2 orang wanita yang
menjadi pengurus OSIS adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
6. Empat buku berjudul Matematika, satu buku
berjudul Ekonomi, dan satu buku berjudul Bahasa akan disusun di lemari buku
dalam satu baris. Misalkan A adalah kejadian susunan buku sehingga tidak ada
tiga atau lebih buku dengan judul yang sama tersusun secara berurutan. Jika
buku dengan judul yang sama tidak dibedakan, maka peluang kejadian A adalah ...
A.
B.
C.
D.
E.
7. Kode kupon hadiah untuk belanja pada
suatu toko swalayan berbentuk bilangan yang disusun dari angka 2, 4, 4, 6, 8.
Jika kupon-kupon tersebut disusun berdasarkan kodenya mulai dari yang terkecil
sampai dengan yang terbesar, maka kupon dengan kode 64248 berada pada urutan
ke- ….
A. 52
B. 40
C. 39
D. 24
E. 20
MATRIK
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Jika A
= merupakan matrik yang mempunyai invers dan det(B) = 4, maka hasil kali semua nilai
a yang mungkin sehingga det (A) = 16 det(
(AB)-1) adalah ...
A. 6
B. 10
C. 20
D. 30
E. 60
2. Diketahui matriks
A = dan B =
Jika a 0 dan AB tidak mempunyai invers, maka b = ...
A. 0
B.
C.
D. 1
E. 3
3. SBMPTN 2018 TKPA 527
Jika A = , B = , dan AB = . Maka nilai ab adalah ….
A. 9 D.
14
B. 10 E.
16
C. 12
4. SBMPTN 2017 Kode 226
Misalkan AT
adalah transpose matriks A. Jika
A = sehingga ATA
= , maka nilai x2 − x adalah ….
A. 0 D.
12
B. 2 E.
20
C. 6
5. SBMPTN 2016 Kode 317
Diketahui matriks 𝐴 = , 𝐵 = , dan 𝐶 adalah matriks
berukuran 2 × 2 yang mempunyai
invers. Jika 𝐴𝐶 dan 𝐵𝐶 tidak memiliki invers , maka 3𝑎2 + 4𝑏3 = ….
A. 16 D. 28
B. 20 E. 36
C. 24
6. SBMPTN 2017 Kode 226
Titik (1,0) dipetakan dengan translasi dan kemudian dicerminkan terhadap garis x = 3
di titik (6,2). Peta titik (2,1) di bawah transformasi yang sama adalah ….
A. (5,3) D.
(7,2)
B. (6,2) E.
(7,3)
C. (6,3)
7. SBMPTN 2016 Kode 319
Jika
dan
maka ...
A.
A.
A.
A.
A.
8. Jika M adalah matriks sehingga
maka determinan matriks M adalah ....
A. −1
B. −1
C. −0
D. −2
E. −2
9. Jika P = dan = 2P -1, dengan P-1
menyatakan insvers matrik P, maka x + y = ...
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
10. Jika A adalah matrik 2 x 2 yang memenuhi A =
dan A = , maka hasil kali A adalah ...
A.
B.
C.
D.
E.
11. Jika A = , B =
dan AB = , maka nilai 2c – a
adalah ...
A. 0
B. 2
C. 4
D. 5
E. 6
GEOMETRI
-----------------------------------------------------------------------------------
1. SBMPTN 2017
Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan P dan Q berturut-turut
adalah titik tengah HG dan BC. Jika panjang rusuk kubus tersebut adalah 4 cm,
maka jarak P ke Q adalah …. cm
A. 2
B. 2
C. 6
D. 6
E. 6
2. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui persegi panjang ABCD dengan AB = cm dan AD = cm. Jika E merupakan titik potong diagonal
persegi panjang tersebut, maka besar adalah ….
A. 30° D.
75°
B. 45° E.
90°
C. 60°
3. SBMPTN 2017 Kode 226
Diketahui kubus ABCD.EFGH
dengan P dan Q berturut-turut adalah titik tengah HG dan BC. Jika panjang
rusuk kubus adalah 4 cm, maka jarak P
ke Q adalah … cm
A. 2 D.
6
B. 2 E.
6
C. 6
4. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui O(0,0), A(2,0), B(2,y), C(0,y) dan D(0,). Nilai adalah ….
A. C.
B. D.
C.
5. SBMPTN 2017 Kode 226
Pada segitiga siku-siku samakaki ABC, sisi AB dan BC masing-masing terbagi menjadi tiga bagian
yang sama, berturut-turut oleh titik K,
L, dan M, N. Jika luas ΔABC adalah x cm2. Maka luas ΔKMN
adalah .... cm2
A.
B.
C.
D.
E.
6.
SBMPTN 2016 Kode 317
Diketahui semua titik sudut segienam beraturan 𝐴𝐵𝐶𝐷𝐸𝐹𝐺𝐻 terletak pada lingkaran yang berjari-jari 2 cm seperti pada
gambar. Luas daerah yang tidak diarsir pada segienam tersebut adalah …. cm2
A. 3 D. 3
B. 2 E. 6
C. 4
7. SBMPTN 2016 Kode 317
Jika grafik fungsi 𝑦 = 𝑥2 − (9 + 𝑎)𝑥 + 9𝑎 diperoleh dari grafik
fungsi 𝑦 = 𝑥2 − 2𝑥 − 3
melalui pencerminan terhadap garis 𝑥 = 4, maka 𝑎 = ….
A. 7 D. −5
B. 5 E. −7
C. 3
8. SBMPTN
2016 Kode 319
Pada
trapesium samakaki 𝐴𝐵𝐶𝐷, 𝐴𝐵 sejajar dengan 𝐶𝐷, 𝐴𝐵=2 cm, dan 𝐶𝐷 = 10 cm, serta titik 𝑀 terletak di 𝐶D dengan 𝐵𝑀 = 𝐵𝐶 seperti pada gambar. Jika luas segiempat 𝐴𝐵𝑀𝐷 adalah 6 cm2, maka keliling
trapesium 𝐴𝐵𝐶𝐷 adalah … cm.
A.
19 D.
28
B.
22 E.
31
C.
25
9. Balok ABCD.EFGH
mempunyai panjang rusuk AB = 4 cm, BC = 3 cm, dan AE = 3 cm. Bidang AFH memotong
balok menjadi 2 bagian dengan perbandingan volumenya adalah ....
A. 1 : 3
B. 2 : 3
C. 3 : 5
D. 1 : 5
E. 1 : 6
10. Diketahui persegi panjang ABCD. Jika panjang BE = panjang EF = panjang
FC = 5 cm dan panjang DG = pnjang GH = panjang HC = 3 cm,
maka luas daerah yang diarsir adalah .... cm2.
A. 22,5
B. 45
C. 60
D. 67,5
E. 90
11. Bangun berikut adalah suatu persegi
Jika luas persegi A, B, dan C berturut-turut adalah 16,
36, dan 9, maka luas daerah yang diarsir adalah ....
A. 61
B. 60
C. 82
D. 87
E. 88
LIMIT
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Jika
maka nilai 3a – b = ....
A. 11 D.
14
B. 12 E.
15
C. 13
2. SBMPTN 2017 Kode 226
Jika kurva f(x) = ax2 + bx + C memotong sumbu y
di titik (0,1) dan , maka = ….
A. −1
B. −
C. 0
D. 1
E.
3. SBMPTN 2016 Kode 317
Jika 𝑎 dan 𝑏 bilangan bulat, serta
,
maka 𝑏 − 𝑎= ….
A. −5 D. 2
B. −3 E. 5
C. −1
4. SBMPTN 2016 Kode 319
Diketahui 𝑓 adalah fugsi kuadrat
dengan 𝑓(0) = 0 dan 𝑓(2) = 10. Jika , maka 𝑓(1) = ….
A. 1 D.
4
B. 2 E.
5
C. 3
INTEGRAL
-----------------------------------------------------------------------------------
1. SBMPTN 2018 TKPA 527
A.
B.
C.
D.
E.
2. SBMPTN 2017 Kode 226
A. 3x – 2x + C
B. 2x – 3x + C
C. 3x – 2x + C
D. 2x – 3x + C
E. 3x + 2x + C
TRIGONOMETRI
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Diketahui segitiga ABC siku-siku di C. Jika
cosA cosB = maka nilai sin (A - B) = ....
A. 0 D.
B. E.
- 1
C. 1
2. Jika 0 ≤ x ≤ 2π dan 0 ≤ y ≤ 2 memenuhi
persamaan
sin(x + y) = sin y cos x, maka cos y sin x = ....
A. −1
B.
C. 0
D.
E. 1
E. −1
3. Jika cos x = 2 sin x, maka nilai sin x
cos x adalah ...
A.
B.
C.
D.
E.
4. Nilai cos2 (15°) + cos2(35°)
+ cos2(55°) + cos2(75°) adalah ....
A. 2
B.
C. 1
D.
E. 0
LOGIKA
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Pernyataan yang mempunyai nilai kebenaran
sama dengan pernyataan: ”Jika bilangan ganjil sama dengan bilangan genap, maka
1 + 2 bilangan ganjil” adalah ....
A. ”Bilangan
ganjil sama dengan bilangan genap dan 1 + 2 bilangan genap”
B. ”Jika 1 + 2
bilangan ganjil, maka bilangan ganjil sama dengan bilangan genap”
C. ”Jika bilangan
ganjil sama dengan bilangan genap, maka 1 + 2 bilangan genap”
D. ”Bilangan
ganjil sama dengan bilangan genap dan 1 + 2 bilangan ganjil”
E. ”Jika bilangan ganjil tidak sama dengan bilangan genap maka 1 + 2 bilangan genap”
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi AqilaDroid Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar