Soal SBMPTN - UTBK
Download Lebih Rapi dan Siap Cetak di Aplikasi Klik Disini untuk Download
Berikut Daftar Lin Soal SBMPTN - UTBK, Silahkan langsung Klik Saja
- Biologi 1
- Biologi 2
- Biologi 3
- Biologi 4
- Biologi 5
- Fisika 1
- Fisika 2
- Kimia 1
- Kimia 2
- Matematika Dasar 1
- Matematika Dasar 2
- Matematika Dasar 3
- Matematika IPA 1
- Matematika IPA 2
- Matematika IPA 3
- Ekonomi
- Geografi
- Sejarah
- Sosiologi
- Skolastik Bahasa Inggris
- Skolastik Kesimpulan
- Skolastik Matematika
- Skolastik Pemahaman Bacaan
- Skolastik Persamaan Kata
SBMPTN - UTBK Matematika Dasar Bagian 2
KUMPULAN SOAL
SBMPTN MATEMATIKA DASAR
-----------------------------------------------------------------------------------
PERTIDAKSAMAAN
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Himpunan penyelesaian pertidaksamaan < x – 2 adalah ...
A. { X R, X < -1 atau X > 0 }
B. { X R, X < 0 atau X > 2 }
C. { X R, X < -1 atau X > 2 }
D. { X R, X < -1 atau 0< X < 3 }
E. { X R, -1 < X < 0 atau X > 3 }
2. Semua bilangan real x yang memenuhi
adalah ...
A. atau x > 3
B. atau -2 < x < 3
C. < x
< -2 < x <
3
D.
< x
< 3
E. x < -3 atau
2 < x < 3
3. Semua bilangan real x yang memenuhi
adalah ...
A. x < 1
B. x > 1
C. x < 2
D. x < 1 atau < x < 2
E. 1 < x < atau x > 2
4. Semua bilangan real x yang memenuhi |x –
2| > x2 – 4 adalah ...
A. x < -2 atau
x > 3
B. x < -2 atau
x > 2
C. x < -2 atau
x > 0
D. x < -2 atau
x > 3
E. -3 < x <
2
5. Jika himpulnan penyelesaian |2x – a|
< 5 adalah
{x| -1 < x < 4 }, maka nilai a adalah ...
A. -4
B. -3
C. -1
D. 3
E. 4
6. Luas daerah penyelesaian sistem
pertidaksamaan
y + 4x ≤ 12, y + 2x ≥ 8, x ≥ 0 adalah ... satuan luas.
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
E. 10
7. SBMPTN 2018 TKPA 527
Himpunan penyelesaian x − ≥ 0
adalah ….
A. {x|x ≤ −3 atau
x ≥ 2}
B. { x|x ≤−3 atau
2 ≤ x ≤ 6}
C. { x |0 ≤ x ≤ 6}
D. { x |2 ≤ x ≤ 6}
E. { x | x ≤ 6}
8. SBMPTN 2017 Kode 226
Jika himpunan penyelesaian |2x − a| < 5 adalah
{x|−1 < x < 4}, maka nilai a adalah ….
A. −4 D.
3
B. −3 E.
4
C. −1
9. SBMPTN 2017 Kode 226
Luas daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan
x + y ≤ 3, 3x +2y ≥ 6, y ≥ 0 adalah … satuan luas.
A.
B.
C. 1
D.
E. 2
10. SBMPTN 2016 Kode 317
Semua bilangan real 𝑥 yang memenuhi adalah ….
A. < 𝑥 < 0
atau < 𝑥 < 2
B. 𝑥 < atau 0 < 𝑥 <
C. 𝑥 < atau 𝑥 > 2
D. 𝑥 < atau 𝑥 >
E. 0 < 𝑥 < 2
11. SBMPTN 2016 Kode 317
Semua bilangan real 𝑥 yang memenuhi
|𝑥−2| > 𝑥2 − 4 adalah ….
A. 𝑥 < −2
atau 𝑥 > 3
B. 𝑥 < −2
atau 𝑥 > 2
C. 𝑥 < −2
atau 𝑥 > 0
D. −3 < 𝑥 < 2
12. SBMPTN
2016 Kode 319
Semua
bilangan 𝑥 real yang memenuhi ≤ 2 adalah ….
A.
𝑥
≤ −3 atau 0 < 𝑥 < 3
B.
−3 ≤ 𝑥
<0 atau 𝑥 > 3
C.
𝑥
< 0 atau 𝑥 > 3
D.
−3 < 𝑥
< 3
E.
𝑥
< −3 atau 𝑥 > 3
13. SBMPTN
2016 Kode 319
Semua
bilangan real 𝑥 yang memenuhi |𝑥 + 2| + 𝑥2 < 4 adalah ….
A.
𝑥
< −2 atau 𝑥 > 2
B.
𝑥
< 0 atau 𝑥 > 1
C.
𝑥
< −2 atau 𝑥 > 1
D.
−1 < 𝑥
< 2
E.
−2 < 𝑥
< 1
14. Persamaan
x2 – ax – (a + 1) = 0
mempunyai akar-akar
x1 > 1 dan x2 < 1 untuk ....
A.
a > 0
B.
a < 0
C.
a ≠ 2
D.
a > −2
E.
−2 < a < 0
15. Nilai
x yang memenuhi pertidaksamaan >
adalah
....
A.
x < 1
B.
x > −1
C.
−1 ≤
x < 1
D.
x < −1 atau −1 < x < 1
E.
x < −1 atau x > 1
16. Jika
fungsi f(x, y) = 5000 − x − y dengan syarat x ≥ 0, y ≥ 0, x – 2y + 2 ≥ 0, dan
2x + y − 6 ≥ 0, maka ....
A.
Fungsi f mempunyai nilai minimum dan nilai maksimum
B.
Fungsi f tidak mempunyai nilai minimum maupun nilai maksimum
C.
Fungsi f mempunyai nilai minimum dan tidak mempunyai nilai maksimum
D.
Fungsi f mempunyai nilai maksimum dan tidak mempunyai nilai minimum
E.
Nilai minimum dan nilai maksimum fungsi
f tidak dapat ditentukan
17. Jika
p < −3 dan q > 5, maka nilai q – p
....
A.
Lebih besar daripada 9
B.
Lebih besar daripada 7
C.
Lebih kecil daripada 8
D.
Lebih kecil daripada 2
E.
Lebih kecil daripada −2
18. Himpunan
penyelesaian pertidaksamaan
< x
– 2 adalah ...
A.
{x R | x
< -1 atau x > 0}
B.
{x R | x
< 0 atau x > 2}
C.
{x R | x
< -1 atau x > 2}
D.
{x R | x
< -1 atau 0 < x < 3}
E.
{x R | -1
< x < 0 atau x > 3}
19. Seorang
penjahit akan membuat 2 model pakaian. Dia mempunyai persediaan kain batik 40
meter dan kain polos 15 meter. Model A memerlukan 1 meter kain batik dan 1,5
meter kain polos, sedang model B memerlukan 2 meter kain batik dan 0,5 meter
kain polos. Maksimum banyak pakaian yang mungkin dapat dibuat adalah ....
A.
10
B.
20
C.
22
D.
25
E.
30
20. Jika
titik (x, y) memenuhi x2 ≤ y ≤ x + 6, maka nilai maksimum x + y adalah
....
A.
05
B.
06
C.
07
D.
09
E.
12
21. Semua
nilai x yang memenuhi ≤ 0
adalah
...
A.
< x
< 1
B.
≤ x
< 1
C.
x ≤ atau x
> 1
D.
x < atau x
> 1
E.
x < atau x
≥ 1
22. Fungsi
f(x, y) = cx + 4y dengan kendala 3x +
y ≤ 9,
x
+ 2y ≤ 8, x ≥ 0, dan y ≥ 0 mencapai maksimum di (2, 3), jika ....
A.
c ≤ −12 atau c ≥ −2
B.
c ≤ 2 atau c ≥ 12
C.
2 ≤ c ≤ 12
D.
−2 ≤ c ≤ 12
E.
2 ≤ c ≤ 14
23. Jika
, maka semua nilai x yang memenuhi pertidaksamaan ≤ 0 adalah
….
A.
x < -3 atau x > 0
B.
x < -3 atau x ≥ 0
C.
x ≤ -3 atau x ≥ 0
D.
-3 < x < 0
E.
-3 ≤ x < 0
24. Ipin
ingin membeli sepeda dengan harga dua kali sepeda yang ingin dibeli Unyil.
Unyil telah memiliki Rp150.000,00 dan akan menabung Rp3.000,00 per minggu. Ipin
telah memiliki Rp100.000,00 dan akan menabung Rp10.000,00 per minggu. Harga
sepeda yang akan dibeli Unyil adalah ….
A.
Rp200.000,00
B.
Rp300.000,00
C.
Rp400.000,00
D.
Rp500.000,00
E.
Rp600.000,00
STATISTIK
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Diketahui rata-rata dari 9 nilai pengamatan sama dengan dua kali
mediannya, Jika jumlah nilai
pengamatan yang lebih kecil daripada median adalah 106 dan jumlah nilai pengamatan yang lebih
besar daripada median adlah 200, maka rata-rata dari 9 nilai pengamatan tersebut
adalah….
A. 24
B. 30
C. 36
D. 60
E. 90
2. SBMPTN 2018 TKPA 527
Sebelas siswa mengikuti tes. Guru mengumumkan bahwa
jangkauan data nilai siswa tersebut adalah 15. Jika diumumkan tiga siswa
memperoleh nilai 100, satu siswa memperoleh nilai 96, tiga siswa memeperoleh
nilai 90, serta dua siswa memperoleh nilai 86, maka nilai dua siswa yang belum
diumumkan tersebut yang paling mungkin adalah …
A. 99 dan 85 D.
89 dan 87
B. 99 dan 88 E.
85 dan 84
C. 95 dan 91
3. SBMPTN 2017 Kode 226
Diketahui median dan rata-rata berat badan 5 balita
adalah sama. Setelah ditambahkan satu data berat badan balita, rata-ratanya
meningkat 1 kg, sedangkan mediannya tetap. Jika 6 data berat badan tersebut
diurutkan dari yang paling ringan ke yang paling berat, maka selisih berat
badan balita terakhir yang di tambahkan dan balita di urutan ke 4 adalah ... kg
A. 4 D. 6
B. E.
C. 5
4. SBMPTN 2016 Kode 317
Nilai ujian matematika 30 siswa pada suatu kelas berupa bilangan
cacah tidak lebih daripada 10. Rata-rata nilai mereka adalah 8 dan hanya
terdapat 5 siswa yang memperoleh nilai 7. Jika 𝑝 menyatakan banyak siswa yang memperoleh nilai kurang
dari 7, maka nilai 𝑝 terbesar yang mungkin adalah ….
A. 5 D. 11
B. 7 E. 14
C. 9
5. SBMPTN
2016 Kode 319
Dalam
suatu kelas terdapat 23 siswa. Rata-rata nilai ujian Matematika mereka adalah
7. Terdapat hanya 2 orang memperoleh nilai sama yang merupakan nilai tertinggi
dan hanya 1 orang yang memperoleh nilai terendah. Rata-rata nilai mereka
berkurang 0,1 jika semua nilai tertinggi dan terendah dikeluarkan. Jika semua
nilai tersebut berupa bilangan cacah satu angka, maka jangkauan data nilai yang
mungkin adalah ….
A.
6 D. 3
B.
5 E. 2
C.
4
6. Distribusi frekuensi usia pekerja pada
perusahaan A dan B diberikan pada tabel berikut.
Berdasarkan data pada tabel tersebut, kesimpulan yang
tidak benar adalah ....
A. Rata-rata,
median, dan modus usia pekerja perusahaan A masing-masing lebih rendah daripada
rata-rata, median, dan modus usia pekerja perusahaan B
B. Rata-rata usia
pekerja perusahaan A lebih kecil daripada median usia pekerja perusahaan B
C. Modus usia pekerja
perusahaan A lebih kecil daripada median usia pekerja perusahaan B
D. Median usia
pekerja perusahaan A lebih kecil daripada rata-rata usia pekerja perusahaan B
E. Rata-rata,
median, dan modus usia pekerja kedua perusahaan terletak pada kelas interval
yang sama
7. Diagram
di bawah ini menyajikan data (dalam bilangan bulat) nilai sementara dan nilai
ujian ulang mahasiswa peserta kuliah Matematika. Ujian ulang diikuti hanya oleh
peserta kuliah tersebut dengan nilai sementara lebih kecil daripada 6. Jika
yang dinyatakan lulus kuliah adalah mahasiswa yang memperoleh nilai sementara
tidak lebih kecil daripada 6 atau nilai ujian ulangnya adalah 6, maka rata-rata
nilai mahasiswa yang lulus mata kuliah tersebut adalah ....
A.
6,33
B.
6,50
C.
6,75
D.
7,00
E.
7,25
8. Nilai semua tes matematika dinyatakan
dengan bilangan bulat dari 0 sampai dengan 10. Median terkecil yang mungkin
bagi siswa yang memiliki rata-rata nilai 6 dari enam kali tes adalah ...
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7
9. Tiga puluh data mempunyai nilai rata-rata
p. Jika rata-rata 20% data
diantaranya adalah p + 0,1, 40%
lainnya adalah p – 0,1, 10% lainnya lagi adalah p – 0,5 dan rata-rata 30% data sisanya adalah p + q, maka q =....
A.
B.
C.
D.
E.
10. Diagram berikut menunjukkan persentase
kelulusan siswa tiga sekolah selama empat tahun.
Pernyataan berikut yang benar berdasarkan diagram di atas
adalah ....
A. Rata-rata
persentase kelulusan sekolah C terbaik
B. Persentase
kelulusan sekolah C selalu berada di posisi kedua
C. Persentase
kelulusan sekolah C selalu lebih baik daripada sekolah A
D. Persentase
kelulusan sekolah B selalu lebih baik daripada sekolah C
E. Persentase
kelulusan sekolah C selalu lebih baik dari tahun sebelumnya
11. Median, rata-rata, dan modus dari data
yang terdiri atas empat bilangan asli adalah 7. Jika selisih antara data
terbesar dan data terkecil adalah 6, maka hasil kali empat data tersebut adalah
….
A. 1864
B. 1932
C. 1960
D. 1976
E. 1983
AKAR PANGKAT
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Jika a dan b adalah bilangan real
positif, maka
A. -2
B. -1
C. 0
D. 1
E. 2
2. Jika A2x
= 2, maka
A.
B.
C.
D.
E.
3. Jika 4m+1 + 4m =
15 maka 8m = ...
A.
B.
C.
D. 3
E. 6
FUNGSI
KOMPOSISI dan INVERS
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Diketahui suatu fungsi f bersifat f(-x) = - f(x) untuk setiap bilangan real x. Jika f(3) = -5 dan f(-5) = 1, maka f(f(-3)) =
...
A. -5
B. -2
C. -1
D. 1
E. 2
2. Jika f-1(4x
+ 5) = 8x + 12, maka f(x) = ...
A.
B.
C.
D.
E.
3. Diberikan fungsi
f(x) = ax – 1
dan g(x) = x + 1. Jika
maka f(2) – g(1) = ...
A. 2
B. 1
C. 0
D. -1
E. -2
4. Jika fungsi f dan g mempunyai invers dan
memenuhi
f(x + 5) = g(2x –
1), maka 2f-1(x) = ...
A. g-1(x) + 11
B. g-1(x) + 9
C. g-1(x) + 6
D. g-1 + 6
E. g-1(2x) + 6
5. Jika f(x) = dan g(x) = , maka daerah asal
fungsi adalah ...
A. - ~ < x < ~
B. x ≠ 0
C. x ≠ 1
D. x ≥ 1
E. x > 1
6. Jika f(x)
= x2 + 2 dan g(x) = -3x +
8, maka nilai maksimum fungsi (gf) adalah ...
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
7. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui f dan
g merupakan fungsi yang mempunyai
invers. Jika f(g(x)) = x + 1 dan g(x + 2) = x − 4,
maka f−1(2)
+ g−1(2) = ….
A. −5 D.
3
B. −3 E.
5
C. 1
8. SBMPTN 2017 Kode 226
Jika f(x) = x2 − 1 dan g(x) = , maka daerah asal
fungsi f.g adalah ….
A. { x|−∞ < x
< ∞}
B. { x|x ≠ −1}
C. { x| x ≠ 2}
D. { x| x < −1}
E. { x| x ≥ 2}
9. SBMPTN 2016 Kode 317
Jika tabel berikut menyatakan hasil fungsi 𝑓 dan 𝑔.
Maka (𝑓∘𝑔)(1) + (𝑔∘𝑓∘𝑔)(2)= ….
A. −1 D. 3
B. 1 E. 5
C. 2
10. SBMPTN 2016 Kode 317
Jika fungsi 𝑓 dan 𝑔 mempunyai invers dan memenuhi 𝑓(2𝑥) = 𝑔(𝑥+3), maka 𝑓−1(𝑥) =
….
A. 𝑔−1( − ) D. 2𝑔−1(𝑥) − 6
B. 𝑔−1(2𝑥 − 6)
E. 2𝑔−1(𝑥) + 6
C. 2𝑔−1(𝑥) − 3
11. SBMPTN 2018 TKPA 527
Jika dan , maka himpunan
penyelesaian adalah …
A. {x| x < 1
atau x > 3}
B. { x|x < 1
atau 2 < x < 3}
C. { x|x < 1
atau 1 < x < 2}
D. { x |1 < x
< 2 atau x > 3}
E. { x |2 < x
< 3 atau x > 3}
12. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui f(x) = ax2
– 4x + 1 dan g(x) = 3x2
+ ax + 2. Jika h(x) = f(x) + g(x)
dan k(x) = f(x)g(x) dengan h′(0) = −3, maka nilai k′(0) adalah ….
A. −7 D.
0
B. −4 E.
2
C. −3
13. SBMPTN 2016 Kode 319
Jika 𝑓(𝑥) = 𝑥
+ 2𝑎
− 𝑏 dan 𝑔(𝑥) = 2𝑏𝑥
+ 2, serta
4𝑓(0) = 3𝑔(1), maka 4𝑎
− 5𝑏
= ….
A. 3 D.
−1
B. 1 E.
−3
C. 0
14. SBMPTN 2016 Kode 319
Jika fungsi 𝑓 mempunyai invers dan
grafiknya merupa garis lurus dengan gradien positif, serta memenuhi
𝑓(𝑥) − 𝑓−1(𝑥) = 𝑥
+ 3, maka 𝑓(𝑥) + 𝑓−1(𝑥) = ….
A. 𝑥
+ 3 D. 𝑥
+ 1
B. 𝑥
+ 1 E. 𝑥
+ 3
C. 2𝑥 + 2
15. Jika g(x-2)
= 2x - 3 dan (f g), maka f(−3) = ....
A. −3
B. −0
C. −3
D. 12
E. 15
16. Jika dan adalah bilangan real positif, maka
A. -2
B. -1
C. 0
D. 1
E. 2
17. Diketahui suatu fungsi f bersifat f(-x) = - f(x)
untuk setiap bilangan real x. Jika f(3) =
-5 dan f(-5) = 1,
maka f(f(-3)) =
....
A. -5
B. -2
C. -1
D. 1
E. 2
18. Jika , maka nilai f (-5) adalah ...
A.
B. -2
C. 0
D. 2
E. 4
19. Diketahui f(0) = 1 dan f-1(0)
= 2. Jika g(x) = , maka g’(0) = ...
A. -12
B. -6
C. 6
D. 8
E. 12
20. Jika f(x
-1) = x + 2 dan g(x) = , maka nilai (g-1)(1) adalah ....
A. −6
B. −2
C.
D.
E. 4
21. Jika , maka nilai a yang
memenuhi f(a – 1) adalah ...
A. 1
B.
C. -1
D.
E. -2
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi AqilaDroid Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar