Soal SBMPTN - UTBK
Download Lebih Rapi dan Siap Cetak di Aplikasi Klik Disini untuk Download
Berikut Daftar Lin Soal SBMPTN - UTBK, Silahkan langsung Klik Saja
- Biologi 1
- Biologi 2
- Biologi 3
- Biologi 4
- Biologi 5
- Fisika 1
- Fisika 2
- Kimia 1
- Kimia 2
- Matematika Dasar 1
- Matematika Dasar 2
- Matematika Dasar 3
- Matematika IPA 1
- Matematika IPA 2
- Matematika IPA 3
- Ekonomi
- Geografi
- Sejarah
- Sosiologi
- Skolastik Bahasa Inggris
- Skolastik Kesimpulan
- Skolastik Matematika
- Skolastik Pemahaman Bacaan
- Skolastik Persamaan Kata
SBMPTN - UTBK Matematika Dasar Bagian 1
KUMPULAN SOAL
SBMPTN MATEMATIKA DASAR
-----------------------------------------------------------------------------------
PERSAMAAN
DAN FUNGSI KUADRAT
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Jika akar-akar x2 - ax – b = 0 saling berkebalikan dan salah satu
akar tersebut merupakan bilangan bulat positif, maka nilai terkecil yang
mungkin untuk a – b adalah ...
A. -3 C.
1 E. 3
B. -1 D.
2
2. Jika a dan b adalah akar-akar real persamaan
maka nilai ab = ....
A. -3 D.
1
B. -2 E.
2
C. -1
3. Grafik y = ax2 + bx + c tidak
menyinggung dan tidak memotong sumbu x tetapi menyinggung garis y = x, untuk
....
A. b <
B. b >
C. b > 1
4. SBMPTN 2018 TKPA 527
Jika puncak grafik fungsi y = px2 – qx − 1
sama dengan puncak grafik fungsi y = x2 – 2x + 4, maka nilai p + q
adalah ….
A. −12 D.
4
B. −4 E.
12
C. 0
5. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui p >
0, serta p dan p2 − 2 merupakan akar
x2 – 10x + c = 0. Jika c merupakan salah satu
akar
x2 + ax + 42 = 0, maka nilai a adalah ….
A. −23 D.
21
B. −21 E.
23
C. −12
Jawaban A
6. Persamaan garis singgung dari kurva y =
ax2 - 2x di titik dengan absis 1 yang tegak lurus pada garis x + 2y
= 4 adalah ....
A. y = -2x + 2
B. y = 2x - 1
C. y = -2x - 1
D. y = 2x + 2
E. y = 2x - 2
7. Agar persamaan x2 + 2x + p = 0
dan x2 + x - 2 = 0 mempunyai sebuah akar yang sama maka nilai p
adalah ....
A. 0 atau -3 D.
3 atau -3
B. 1 atau 2 E.
C. -1 atau -2
8. SBMPTN 2016 Kode 317
Misalkan dua persamaan kuadrat mempunyai satu akar yang
sama, yaitu 2 dan akar-akar lainnya berkebalikan. Jika salah satu persamaan itu
adalah x2 – ax + 6 = 0, maka persamaan kuadrat lainnya adalah ….
A. x2 + x – 6 = 0
B. 3x2 - 7x + 2 = 0
C. 3x2 + 4x – 6 = 0
D. x2 - x –
E. 2x2 - 3x – 4 = 0
9. SBMPTN 2016 Kode 317
Jika
A.
B.
C.
D.
E.
10. Jika grafik y = x2 – 9 memotong
sumbu-x di titik A dan B, serta memotong sumbu-y di titik C maka luas segitiga
ABC adalah ...
A. 36
B. 33
C. 30
D. 27
E. 24
11. Diketahui 7 -
A. -5
B. -4
C. 0
D. 4
E. 5
12. SBMPTN 2018 TKPA 527
Jika A merupakan himpunan semua nilai c sehingga sistem
persamaan linear x – y = 1 dan cx + y = 1 memiliki penyelesaian di kuadran I,
maka A = ….
A. { c | c = −1}
B. { c | c < −1}
C. { c |−1 < c
< 1}
D. { c | c = 1}
E. { c | c > 1}
13. Diketahui titik P (-1,2), Q (3,4), dan
R(1,-1).
Persamaan garis yang melalui titik tengah PQ dan sejajar
QR adalah ....
A. 2y -5x + 8 = 0
B. 5y - 2x -13 = 0
C. 2y -5x -1= 0
D. 2y - 2x -1= 0
E. 5y + 2x -11= 0
14. SBMPTN 2017 Kode 319
Diketahui 1 −
A. −2 D.
1
B. −1 E.
2
C. 0
15. Fungsi f(x) = x2
+ ax mempunyai grafik berikut.
Grafik fungsi g(x)
= x2 − ax + 5 adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
16. Jika penyelesaian sistem persamaan
tidak hanya (x, y) = (0, 0) saja, maka nilai
a2 – 4a + 3 = ....
A. 0
B. 1
C. 4
D. 9
E. 16
17. Andri pergi ke tempat kerja pukul 7.00
setiap pagi. Jika menggunakan mobil dengan kecepatan 40 km/jam, maka dia tiba
di tempat kerja terlambat 10 menit. Jika menggunakan mobil dengan kecepatan 60
km/jam, maka dia tiba di tempat kerja 20 menit sebelum jam kerja dimulai. Jadi
jarak antara rumah Andri dan tempat kerja adalah ....
A. 120 km
B. 90 km
C. 80 km
D. 70 km
E. 60 km
18. Jika 2a + 1 < 0 dan grafik y = x2
– 4ax + a bersinggungan dengan grafik y = 2x2 + 2x, maka a2
+ 1 = ...
A.
B.
C. 2
D. 5
E. 17
19. Agar sistem persamaan linear
mempunyai penyelesaian x = 1, y = -1 dan z = 2, maka
nilai a + b + c adalah ...
A.
-1
B.
1
C.
2
D.
3
E. 4
20. Persamaan kuadrat 2x2 – px + 1
= 0 dengan p > 0, mempunyai akar-akar α dan β. Jika x2 – 5x + q =
0 mempunyai akar-akar
A. -2
B.
C.
D. 1
E. 2
21. Jika 2 adalah satu-satunya akar persamaan
kuadrat
A. 32
B. 2
C. 0
D. -2
E. -32
22. Grafik fungsi y = ax2 + bx + c ditunjukkan di bawah ini.
Pernyataan yang benar adalah ....
A. ab > 0
dan a + b + c > 0
B. ab < 0
dan a + b + c > 0
C. ab > 0
dan a + b + c ≤ 0
D. ab < 0
dan a + b + c < 0
E. ab < 0
dan a + b + c ≥ 0
23. Sistem persamaan linear
mempunyai penyelesaian jika 3b – 2a adalah ....
A. −8
B. −4
C. 0
D. 4
E. 8
24. Empat siswa A, B, C, dan D masing-masing
menabungkan sisa uang jajannya. Setelah setahun menabung, tabungan A
Rp300.000,00 lebih sedikit daripada tabungan B dan tabungan C Rp200.000,00
lebih banyak daripada tabungan D. Jika tabungan D adalah Rp500.000,00 dan gabungan
tabungan C dan D adalah dua kali tabungan A, maka besar tabungan B adalah ....
A. Rp600.000,00
B. Rp700.000,00
C. Rp800.000,00
D. Rp850.000,00
E. Rp900.000,00
25. Jika selisih akar-akar x2 + 2cx + (19 + c) = 0
adalah 2, maka nilai 30 + c – c2
adalah ….
A. – 20
B. – 10
C. 0
D. 10
E. 20
26. Jika grafik fungsi kuadrat f(x) = ac2
+ bx + c mempunyai titik puncak (8,4) dan memotong sumbu-x negatif, maka ….
A). a > 0, b > 0, dan c > 0
B). a < 0, b < 0, dan c > 0
C). a < 0, b > 0, dan c < 0
D). a > 0, b > 0, dan c < 0
E). a < 0, b > 0, dan c > 0
27. Ibu mendapat potongan harga sebesar 25%
dari total pembelian barang di suatu toko. Toko tersebut membebankan pajak
sebesar 10% dari harga total pembelian setelah dipotong. Jika x adalah harga
total pembelian, maka ibu harus membayar sebesar ….
A. (0,1 x 0,25)x
B. (0,9 x 0,25)x
C. (0,9 x 0,75)x
D. (1,1 x 0,25)x
E. (1,1 x 0,75)x
28. Parabola y = x2 – 2x + m + 3 mempunyai
titik puncak (p,q). Jika 3p dan
A. -1
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
BARISAN DAN
DERET
-----------------------------------------------------------------------------------
1. Jika k adalah bilangan real positif,
serta k + 3, k + 1, dan k adalah berturut-turut suku ketiga, keempat dan kelima
suatu barisan geometri, maka jumlah dua suku pertama barisan tersebut adalah
...
A. 12
B. 16
C. 20
D.24
E. 28
2. Jumlah suku ke-3 dan ke-7 suatu barisan
aritmatika dnegan suku-sukunya bilangan asli adalah 28. Jika beda barisan
tersebut 3, maka suku ke-7 adalah ...
A. 19
B. 20
C. 21
D.22
E. 23
3. Lima bilangan asli membentuk suatu
barisan geometri dengan rasio positif. Jika jumlah 3 suku terbesar dan jumlah 3
suku terkecil barisan geometri tersebut berturut-turut adalah 171 dan 76, maka
jumlah 5 bilangan tersebut adalah ...
A. 125
B. 130
C. 180
D.211
E. 347
4. Dari 50 data yang diurutkan mulai data terkecil
diketahui rata-rata 10, median 8, simpangan kuartil 5 dan jangkauan 25. Jika 25
data pertama masing-masing ditambah 4 dan 25 data berikutnya masing-masing dikurangi
2, maka data baru mempunyai ....
A. rata-rata 12
B. median 9
C. simpangan kuartil 8
D. jangkauan 31
E. tidak dapat ditentukan
5. Suatu barisan aritmetika diketahui jumlah
n suku pertama adalah Sn = (pn + 5)(2n – q) + 5q. Jika suku pertama
adalah 15 dan bedanya adalah 4,
maka nilai p + q = ....
A. 2 D.
-1
B. 3 E.
-2
C. 0
6. SBMPTN 2018 TKPA 527
Diketahui suatu barisan geometri yang terdiri atas empat
suku dengan rasio 12 dan suku barisan aritmetika yang terdiri atas tiga suku
dengan beda 𝑏. Jumlah semua suku barisan geometri tersebut dan jumlah
semua suku barisan aritmetika tersebut masing-masing bernilai 1. Jika suku
pertama barisan geometri tersebut sama dengan suku ketiga barisan aritmetika.
Maka nilai 𝑏 adalah ….
A.
B.
C.
D.
E.
7. SBMPTN 2017 Kode 226
Suku ke-11 suatu barisan aritmetika sama dengan empat
kali suku ke-16. Jika beda barisan tersebut adalah −3, maka empat kali suku
ke-14 sama dengan suku ke- ….
A. 1 D.
7
B. 3 E.
9
C. 5
8. SBMPTN 2017 Kode 226
Perbandingan suku ke-6 terhadap suku pertama barisan
geometri adalah
A. 30 D.
60
B. 40 E.
70
C. 50
9. SBMPTN 2016 Kode 317
Misalkan 𝑈𝑘 dan 𝑆𝑘 berturut-turut menyatakan suku ke-𝑘 dan jumlah 𝑘 suku pertama suatu barisan aritmetika. Jika 𝑈2 − 𝑈4 + 𝑈6 − 𝑈8 + 𝑈10 − 𝑈12 + 𝑈14 − 𝑈16 + 𝑈18 = 20, maka 𝑆19 = ….
A. 630 D. 105
B. 380 E. 21
C. 210
10. Jika
−6, a, b, c, d, e, f, g, 18 merupakan
barisan aritmatika, maka a + d + g =
....
A.
12
B.
18
C.
24
D.
30
E.
36
11. Jika k
adalah bilangan real positif, serta k +
3, k +1 dan k adalah
berturut-turut suku ketiga, keempat, dan kelima suatu barisan geometri, maka
jumlah dua suku pertama barisan tersebut adalah ....
A. 12
B. 16
C. 20
D. 24
E. 28
12. Diketahui matrik A =
Jika |A| menyatakan determinan A maka deret geometri
|A| + |A|2 +|A|3 + ...
konvergen ke ...
A.
B.
C.
D.
E.
13. Suku tengah suatu barisan aritmetika adalah
23. Jika suku terakhirnya 43 dan suku ketiganya 13, maka banyak suku barisan
itu adalah ....
A. 5
B. 7
C. 9
D. 11
E. 13
14. Jika jumlah 10 suku pertama suatu deret
aritmetika adalah −110 dan jumlah 2 suku berturut-turut berikutnya sama dengan
2, maka jumlah 2 suku pertama deret itu adalah ....
A. −40
B. −38
C. −36
D. −20
E. −18
15. Tiga bilangan bulat positif membentuk barisan
aritmetika dengan beda 16. Jika bilangan yang terkecil ditambah 10 dan bilangan
yang terbesar dikurangi 7, maka diperoleh barisan geometri.
Jumlah ketiga bilangan tersebut adalah ....
A. 42
B. 45
C. 52
D. 54
E. 57
16. Diketahui a, b, dan c berturut-turut
adalah suku ke-2, ke-3, dan ke-4 suatu barisan geometri dengan b > 0.
Jika
A. 1
B. 2
C.
D. 3
E.
17. Diketahui deret geometri tak hingga u1 + u2 + u3
+ ....
Jika rasio deret tersebut adalah r dengan -1 < r < 1,
u1 + u2
+ u3 + .... = 6 dan
u3 + u4
+ u5 + .... = 2,
maka nilai r adalah ….
A.
B.
C.
D.
E.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi AqilaDroid Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar