Contoh Soal SPM SMK Bahasa Indonesia Bag 1
1. Dari uji praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dapat dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal atau diabetes. Dilaporkan ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada menit normal atau diabetes yang diinduksi streptozotosin).
Gagasan utama yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut adalah ...
A. Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare.
B. Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.
C. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian.
D. Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji.
E. Ekstrak air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal.
UN 2003/2004 PAKET 1
Pembahasan:
Kalimat utama paragraf di atas terletak di bagian awal paragraf. Hal ini ditandai dengan kata-kata dapat disimpulkan .... Jadi, gagasan utamanya adalah pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.
JAWABAN: B
2. Cermati wacana berikut ini!
Di Pontianak, doa bersama sebelum ujian dilakukan oleh siswa muslim. Doa tersebut dipusatkan di tiga masjid. Walikota Pontianak, Sutarmidji, akan memimpin doa di Masjid Mujahiddin. Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, akan memimpin doa di Masjid Al Israq. Adapun Sekretaris Daerah Pontianak ditugaskan untuk memimpin doa di Masjid Jami Keraton
Kompas, 17 April 2009.
Paragraf di atas dikembangkan dengan penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deskriptif
D. deduktif –induktif
E. induktif - deduktif
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf di atas adalah doa bersama sebelum ujian. Gagasan utama tersebut terletak di bagian awal paragraf. Sedangan gagasan pada kalimat berikutnya hanyalah gagasan penjelas. Jadi, paragraf tersebut dikembangkan dengan penalaran deduktif.
JAWABAN: A
3. Cermati paragraf berikut ini!
Manusia memang cenderung untuk tidak memperhatikan peringatan Allah. Ia sering melucu, “Peraturan ‘kan dibuat untuk dilanggar.” Mereka tidak sadar bahwa hukum alam tetap sama, tidak pernah berubah. Anda melanggarnya, Anda sendiri yang menanggung risiko. Anda mengganggu keseimbangan lingkungan, Anda menunai tanah longsor, banjir, dan bencana alam lainnya.
Kata penanda koherensi pada paragraf di atas adalah ....
A. ia, mereka, dan Anda
B. manusia, untuk, dan Anda
C. manusia, peringatan, menganggu
D. mengganggu, peraturan, risiko
E. peringatan, melanggar, dan bencana
Pembahasan:
Kepaduan (koherensi) antarkalimat dalam paragraf ditandai dengan kata atau frasa kunci, kata ganti, dan kata atau frasa transisi. Paragraf di atas padu karena kata ganti ia, mereka, dan Anda.
JAWABAN: A
4. Cermati paragraf berikut ini!
(1) Aksi corat-coret pakaian dan konvoi sepeda motor mewarnai pengumuman kelulusan bagi siswa SMK pada hari Sabtu, 16 Juni 2007. (2) Di SMK Kemerdekaan Jakarta ratusan pelajar meluapkan kegembiraan di depan sekolah sampai meluber ke jalan. (3) Para pelajar saling membubuhkan tanda tangan dengan spidol dan cat semprot di baju seragam. (4) Sejumlah pelajar mengaku aksi corat-coret merupakan tradisi sejak kakak kelas mereka. (5) Menurut mereka kebiasaan itu harus dilestarikan karena memberi kenangan yang indah.
Kalimat yang mengandung opini pada paragraf di atas adalah kalimat ....
A. (1) dan (5)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
UN 2007/2008 PAKET B
Pembahasan:
Fakta adalah sesuatu (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sedangkan opini adalah pendapat atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Kalimat nomor (1), (2), dan (3) adalah fakta atau kenyataan/benar-benar terjadi. Sedangkan kalimat (4) dan (5) hanyalah merupakan pendapat, yakni (4) coret-coret dianggap sebagai tradisi, (5) Menurut mereka ....
JAWABAN: E
5. Cermati teks berikut ini!
Tingginya kadar asam urat dalam darah sering terjadi tanpa ada gejala. Namun, kadar asam urat tinggi tidak boleh dibiarkan. Sebab jika tidak ada upaya pengobatan, ada sejumlah risiko yang harus siap Anda bayar di kemudian hari. Goul, batu di saluran kencing dan timbunan asam urat di ginjal adalah beberapa contoh akibat kita membiarkan tingginya asam urat.
Penanda proses dalam teks di atas terdapat pada kata ....
A. kemudian
B. saluran
C. timbunan
D. pengobatan
E. serangan
Pembahasan:
Penanda proses adalah imbuhan pe-an. Akan tetapi, tidak semua imbuhan pe-an bermakna proses. Sedangkan imbuhan –an merupakan penanda hasil. Begitu pula, tidak semua imbuhan –an bermakna hasil. Satu-satunya kata dalam pilihan jawaban di atas yang berimbuhan pe-an adalah pengobatan. Jadi pengobatan adalah kata yang memiliki penanda proses. Obat + pe-an pengobatan. Pe-an artinya proses mengobati.
JAWABAN: D
6. Cermatilah penggalan teks berikut dengan saksama!
Pada akhir April lalu, pelajar Indonesia yang bergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) mampu meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika Asia VIII di Sanghai, Shina.
Kompas, Rabu 16 Mei 2007
Tanggapan positif terhadap penggalan berita di atas adalah ...
A. Wajarlah jika Tim Olimpiade Fisika Indonesia hanya meraih dua medali emas karena peserta dari negara lain lebih pandai.
B. Bagi saya berita itu tidak menarik karena saya tidak suka dengan pelajaran fisika.
C. Prestasi yang diraih Olimpiade Fisika Indonesia masih belum maksimal karena mereka tidak meraih semua medali emas.
D. Saya tidak bangga atas prestasi yang mereka raih karena jumlah medali emas yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan perak dan perunggu.
E. Sebagai pelajar saya turut bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) karena mampu meraih banyak medali.
UN 2007/2008 PAKET B
Pembahasan:
Tanggapan positif pada umumnya bernada optimis dan santun. Sedangkan tanggapan negatif lebih cenderung ke arah pesimis, apatis, dan meremehkan. Perhatikan kata-kata hanya meraih (A), saya tidak suka (B), masih belum maksimal (C), dan saya tidak bangga (D). Jelas kata-kata itu cenderung pesimis, apatis, dan meremehkan. Berbeda dengan kata-kata saya turut bangga pada pilihan jawaban E. Kata-kata tersebut bernada optimis dan positif.
JAWABAN: E
7. Cermati grafik berikut!
Grafik Nilai UN Bhs. Indonesia
SMK Negeri 100 Surabaya
Pernyataan yang sesuai dengan diagram tersebut adalah ...
A. Dari tahun 2003 hingga tahun 2007 nilai ujian nasional bahasa Indonesia menurun.
B. Dari tahun 2003 hingga tahun 2007 nilai ujian nasional bahasa Indonesia meningkat.
C. Dari tahun 2003 hingga tahun 2007 nilai ujian nasional bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2005/2006.
D. Dari tahun 2003 hingga tahun 2007 nilai ujian nasional bahasa Indonesia cukup.
E. Dari tahun 2003 hingga tahun 2007 nilai ujian nasional bahasa Indonesia stabil.
UN 2007/2008 PAKET B
Pembahasan:
Untuk menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi grafik, kita harus mengamati setiap angka (nilai, tahun, dan sejenisnya) pada grafik tersebut. Setelah itu, kita harus mencocokkan satu per satu setiap jawaban dengan isi grafik. Dari kelima jawaban tersebut, jawaban C merupakan pernyataan yang paling sesuai dengan isi grafik, yakni nilai bahasa Indonesia mencapai puncaknya pada tahun pelajaran 2005/2006.
JAWABAN: C
8. Cermati teks berikut!
Bagaimana sinematografi dalam film ini? Apakah juru kamera piawai dalam teknik pengambilan gambar untuk setiap adegan atau suasana sehingga tampak artistik.
Makna kata yang dicetak miring pada teks di atas secara berurutan adalah ....
A. gambar hidup; pandai; indah
B. penyuntingan gambar; cekatan; indah
C. penyuntingan gambar; cakap dan terampil; indah
D. pemotretan; cakap dan terampil; seni
E. teknik perfilman; cakap dan terampil; bernilai seni
UN 2007/2008 PAKET B
Pembahasan:
Kiita harus sering membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) jika ingin memahami arti kata atau istilah dengan baik. Selain itu, biasakan Anda membaca koran atau mendengarkan berita di TV. Apabila Anda menjumpai atau mendengarkan kata atau istilah yang tidak Anda mengerti, biasakan Anda catat dan cepat cari artinya di kamus. Dari kelima jawaban di atas, arti sinematografi, piawai, dan artistik yang sesuai dengan kamus dan konteks bacaan adalah teknik perfilman; cakap dan terampil; dan bernilai seni.
JAWABAN: E
9. Cermati paragraf berikut ini!
(1) Gempa di Bengkulu kali ini memiliki dimensi dukacita yang agak lain. (2) Gempa terjadi di awal Ramadhan. (3) Satu bulan setelah bencana tersebut warga akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. (4) Amat merisaukan jika dalam tempo hanya sebulan impian tentang kegembiraan sirna dari mereka-mereka yang tertimpa bencana. (5) Di sinilah tantangan pemerintah.
Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
UN 2007/2008 PAKET B
Pembahasan:
Kalimat tidak efektif terjadi karena makna tidak logis, kata tidak sepadan, penggunaan kata tidak baku, salah nalar, pengulangan bentuk jamak, terpengaruh bahasa asing atau bahasa daerah dan sebagainya. Pada kalimat nomor (3) terdapat frasa Hari Raya Idul Firi. Kita ketahui bahwa frasa Idul Fitri sudah mengandung makna hari raya. Jadi frasa hari raya tidak diperlukan lagi. Begitu pula kata mereka-mereka pada kalimat nomor (4). Kata mereka merupakan bentuk jamak, jadi tidak perlu diulang.
JAWABAN: C
10. Cermati penggalan teks berikut ini!
Marsekal Muda TNI Anumerta Abdul Halim Perdanakusuma berasal dari keluarga Pamong Praja. Ia dikirim oleh orang tuanya ke MOSVIA, sekolah menengah untuk Pamong Praja Bumi Putera di Magelang. Setelah tamat ia melajukan pendidikan militer pada Angkatan Laut Belanda di Surabaya.
Teks di atas termasuk karangan berbentuk ....
A. esai
B. kritik
C. resensi
D. biografi
E. autobiografi
Pembahasan:
Teks di atas termasuk karangan berbentuk biografi karena berisi riwayat hidup yang dikarang oleh orang lain. Hal ini ditandai dengan kata ganti “ia” atau menyebut nama orang yang dikarang (Abdul Halim Perdanakusuma).
JAWABAN: D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar