Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
TRYOUT
BAHASA INDONESIA SMP
PAKET 1 TAHUN 2020
--------------------------------------------------------------------
1. Cermatilah teks berikut!
Toleransi gender semakin kuat di era modern ini. Tidak ada lagi pembeda yang signifikan terhadap perempuan dan laki-laki dalam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang dulunya hanya digeluti oleh para laki-laki kini sudah banyak diambil alih oleh para perempuan. Hal ini tentu menimbulkan sisi positif dan negatif. Dari segi positif perempuan tidak hanya menjadi pengurus rumah, memasak, atau mengurus keluarga saja. Perempuan kini bisa mengembangkan kemampuan pada berbagai bidang yang diinginkan.
Makna kata signifikan dalam teks tersebut adalah ….
A. setara
B. berarti
C. sesuai
D. besar
2. Cermatilah teks berikut!
Toleransi gender semakin kuat di era modern ini. Tidak ada lagi pembeda yang signifikan terhadap perempuan dan laki-laki dalam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang dulunya hanya digeluti oleh para laki-laki kini sudah banyak diambil alih oleh para perempuan. Hal ini tentu menimbulkan sisi positif dan negatif. Dari segi positif perempuan tidak hanya menjadi pengurus rumah, memasak, atau mengurus keluarga saja. Perempuan kini bisa mengembangkan kemampuan pada berbagai bidang yang diinginkan.
Pernyataan sesuai dengan dengan isi teks tersebut adalah …
A. Toleransi antargender sangat menguntungkan pihak perempuan.
B. Laki-laki merasa dirugikan karena kesempatan kerja banyak diambil perempuan.
C. Perempuan dapat mengembangkan kompetensi yang dimilki dengan adanya toleransi gender.
D. Perempuan dan laki-laki bisa saling bersaing ketat dengan adanya toleransi gender.
3. Cermatilah teks berikut!
Toleransi gender semakin kuat di era modern ini. Tidak ada lagi pembeda yang signifikan terhadap perempuan dan laki-laki dalam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang dulunya hanya digeluti oleh para laki-laki kini sudah banyak diambil alih oleh para perempuan. Hal ini tentu menimbulkan sisi positif dan negatif. Dari segi positif perempuan tidak hanya menjadi pengurus rumah, memasak, atau mengurus keluarga saja. Perempuan kini bisa mengembangkan kemampuan pada berbagai bidang yang diinginkan.
Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks tersebut adalah …
A. Apa dampak positif toleransi gender bagi perempuan?
B. Siapakah yang harus melakukan toleransi antargender?
C. Bagaimana cara perempuan mengembangkan kompetensi?
D. Apa alasan perempuan membutuhkan pekerjaan sendiri?
4. Cermatilah teks berikut!
(1) Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. (2) Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siwi agar menjaga kebersihan. (3) Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. (4) Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.
Isu dalam kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
5. Cermatilah teks berikut!
Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan , siput-siputan kecil , cacing atau serangga. Bahkan kunang-kunang memangsa jenisnya sendiri. Kunang-kunang betina sengaja berkerlap-kerlip seakan mengundang jenis pejantan, setelah pejantan mendekat , si betina memangsanya. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan , pertumbuhan akan maksimal.
Ide pokok paragraf di atas adalah….
A. kunang-kunang memangsa jenisnya
B. makanan untuk pertumbuhan
C. makanan kunang-kunang
D. makanan memberi kebugaran
6. Cermatilah teks berikut!
Kecelakaan tunggal menimpa sebuah mobil pickup di jalan layang Cipondoh, Tanggerang. Mobil tersebut membawa 23 santri Pondok Pesantren Miftahul Huda, 3 orang meninggal dunia dan 20 orang luka-luka. Kecelakaan itu terjadi diduga karena rem blong saat melintas di jalan layang dan kondisi jalan menikung serta menurun.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Kecelakaan itu terjadi diduga karena rem blong saat melintas di jalan Layang dan kondisi jalan menikung serta menurun.
B. Kecelakaan tunggal menimpa sebuah mobil pickup di jalan Layang Cipondoh, Tanggerang.
C. Mobil tersebut membawa 23 santri Pondok Pesantren Miftahul Huda, 3 orang meninggal dunia dan 20 orang luka-luka.
D. Kecelakaan mobil pickup terjadi di jalan layang Cipondoh, Tanggerang, diduga karena rem blong saat melintas di jalan layang.
7. Cermatilah teks berikut !
(1) Para pedagang konter pulsa memprotes pembatasan 1 NIK untuk registrasi 3 kartu SIM karena menilai ketentuan itu mengancam usaha mereka gulung tikar. (2) Sebab, mayoritas konter pulsa saat ini bergantung pada penjualan kartu perdana berisi paket data atau internet. (3) Sedangkan kementrian Kominfo memberlakukan sanksi pemblokiran bertahap terhadap layanan kartu SIM yang tidak teregistrasi, sejak akhir Februari 2018. (4) Tahap akhir pemblokiran dijadwalkan usai akhir April 2018. Saat itu, kartu seluler yang tak teregistrasi akan terblokir total, termasuk layanan data internetnya akan terhenti.
Pendapat yang mendukung permasalahan pada teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Cermatilah teks berikut!
SMA memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan SMK. Salah satu kelebihan SMA adalah jurusan di SMA bersifat lebih umum dibandingkan SMK. Hal tersebut membuat murid SMA lebih bebas memilih jurusan saat kuliah sesuai keinginan murid. Namun karena jurusan di SMA bersifat umum, murid SMA tidak menguasai suatu bidang ilmu secara spesifik dan tidak dituntut untuk melakukan praktik kerja pada bidang pelajaran yang dipelajari . Hal tersebut membuat murid SMA belum memiliki keahlian khusus untuk bekerja.
Sama seperti SMA , SMK pun memiliki kelebihan dan kekurangan Kelebihan SMK yang sangat menonjol jika dibandingkan dengan SMA adalah murid SMK dididik untuk siap menghadapi dunia kerja. Mata pelajaran yang dipelajari di SMK lebih spesifik bila dibanding dengan mata pelajaran SMA yang umum. Hal tersebut membuat murid SMK menguasai suatu bidang secara mendalam , baik dalam teori maupun praktik . Namun , pembelajaran yang focus pada suatu bidang membuat siswa SMK tidak leluasa memilih jurusan saat ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas. Karena bidang pelajaran yang dipelajari saat SMK bersifat khusus , pilihan “aman “ untuk diambil siswa SMK cenderung terbatas.
Ringkasan kutipan teks tersebut adalah…
A. SMA dan SMK sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.
B. Salah satu kelebihan SMA adalah jurusan di SMA bersifat lebih umum dibanding SMK.
C. Kekurangan SMA adalah murid SMA tidak menguasai suatu bidang ilmu secara spesifik .
D. Kelebihan SMK yang menonjol dibanding SMA adalah murid SMK dididik untuk siap menghadapi dunia kerja.
9. Cermatilah dua kutipan teks berikut !
Teks 1
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh alam dan manusia. Oleh sebab itu kurangi sampah dengan cara reduce, reuse,recycle.
http://www.materikelas.com
Teks 2
Indonesia terkenal dengan banyak hutannya. Hutan yang terhampar di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Irian Jaya menjadikan Indonesia sebagai penghasil oksigen dunia. Sumber air melimpah. Tapi bagaimana bisa di negara yang terkenal subur makmur loh jinawi seperti Indonesia mengalami kekeringan. Banyaknya kekeringan yang terjadi menandakan bahwa Indonesia mengalami kelangkaan cadangan air atau bahkan krisis air bersih.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah….
Teks 1 Teks 2
A menggunakan bahasa resmi menggunakan bahasa tidak resmi
B terdapat bahasa daerah menggunakan bahasa resmi
C terdapat bahasa asing terdapat bahasa daerah
D menggunakan bahasa sastra menggunakan bahasa asing
10. Cermatilah dua kutipan teks berikut !
Teks 1
Kami menuju ke Darajat Pass yang berada di wilayah Garut , Jawa Barat pada pukul 06.00 WIB. Sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Jalan yang berkelok-kelok dan turun naik membuat jantung berdebar. Tepat pada pukul 12.00 WIB, kami tiba di kawasan wisata Darajat Pass. Setibanya di sana, kami istirahat sambil menyantap makan siang. Kira-kira pukul 13.00 WIB, kami diberi kebebasan oleh panitia untuk berenang dan menikmati sarana permainan yang tersedia
Teks 2
Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah , Jakarta Barat. Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Museum ini terdiri atas beberapa ruangan yaitu bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur. Bagian barat terdapat bangunan samping yang digunakan sebagai kantor dan ruang pengadilan. Di ruang bawah tanah paling menyeramkan karena digunakan sebagai penjara. Selain itu ada beberapa ruangan yang dilengkapi dengan penjelasan berupa video yang ditanyangkan di dinding museum menggunakan proyektor.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….
Teks 1 Teks 2
A dikembangkan dengan urutan waktu dikembangkan dengan urutan ruang
B dikembangkan dengan urutan ruang dikembangkan dengan urutan topik
C dikembangkan dengan urutan waktu dikembangkan dengan urutan tempat
D dikembangkan dengan urutan topik dikembangkan dengan urutan ruang
11. Cermatilah teks berikut!
(1) Novel Bumi Manusia berlatar akhir abad 18, menampilkan suasana dengan sangat apik dan detail di kawasan kebun teh, Blora, Surabaya. (2) Ketika membacanya seolah-olah pembaca berada pada abad masa itu. (3) Bercerita tentang seorang keturunan Jawa, Minke, yang sering diperolok-olok oleh kaum totok Belanda karena kulitnya, karena pribumi. Pram memberikan karakter Minke sebagai manusia pribumi yang terpelajar, melawan penindasan terhadap dirinya, terhadap orang lain dan terhadap bangsanya. (4) Namun sayang, beberapa bahasa yang dipakai terlalu puitis sehingga bahasa sulit untuk dimengerti sehingga mungkin kurang digemari oleh kaum milenia.
Kalimat yang menyatakan keunggulan dari kutipan teks ulasan di atas ditandai dengan kalimat nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Cermatilah teks berikut!
Dulu, anak-anak mengenyam pendidikan di bangku sekolah dipandang lebih tinggi daripada yang tidak. Waktu berlalu, tiba masa di mana anak yang sekolah sudah biasa karena memang hampir semua orang mampu bersekolah. Ironi terjadi saat ini.Kini banyak orang sukses yang masa lalunya tidak pernah belajar di bangku pendidikan. Ditambah lagi, zaman sekarang, siswa sudah banyak yang membantah guru dan prestasi mereka menurun.
Lalu, dengan masalah yang terjadi saat ini, masih pentingkah siswa mengenyam pendidikan di bangku sekolah? Bukankah kini sudah ada homeschooling atau sekolah di rumah? Yang lebih mengejutkan lagi sudah muncul beberapa ‘sekolah’ yang berbasis daring. Artinya, siswa hanya perlu menyiapkan gawai yang dilengkapi dengan jaringan internet, setelah itu mereka bisa belajar di manapun tempatnya.
http://made-blog.com
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah…
A. Seharusnya anak tidak dipaksakan anak untuk sekolah karena kesuksesan tidak hanya tergantung pada tingginya sekolah yang ditempuh tetapi berdasarkan keberuntungan
B. Perkembangan zaman berdampak terhadap kurang pentingnya sekolah formal karena sudah tersedia sekolah yang berbasis daring sehingga anak bisa belajar sendiri
C. Pendidikan formal masih diperlukan dan dalam pelaksanaannya harus dilengkapi dengan pembentukan karakter dan selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi
D. Banyaknya orang sukses yang tidak mengenyam bangku sekolah menandakan teknologi sudah menggantikan sekolah formal.
13. Cermatilah teks berikut!
(1) Hari yang dinanti Kenino pun tiba. Ya hari ini di sekolah akan ada pembagian rapot kenaikan kelas. (2) Seperti biasa harus orang tua yang harus mengambilnya, seperti biasa selalu mamanya yang datang ke sekolah. (3) Sebenarnya bisa saja dia tenang-tenang, masalahnya bulan ini dia membolos dua hari tanpa setahu orang tuanya. (4) Hal ini membuat hatinya galau yang memikirkan apa kata mamanya jika ibu Hilda, wali kelanya memberitahu mamanya. (5) Sambil menunggu kedatangan mamanya, dihampirinya Nina yang duduk sendirian.
Makna kata yang dicetak tebal pada kalimat nomor 4 teks tersebut adalah ....
A. malu
B. kacau
C. bingung
D. takut
14. Cermatilah teks berikut!
(1) Hari yang dinanti Kenino pun tiba. Ya hari ini di sekolah akan ada pembagian rapot kenaikan kelas. (2) Seperti biasa harus orang tua yang harus mengambilnya, seperti biasa selalu mamanya yang datang ke sekolah. (3) Sebenarnya bisa saja dia tenang-tenang, masalahnya bulan ini dia membolos dua hari tanpa setahu orang tuanya. (4) Hal ini membuat hatinya galau yang memikirkan apa kata mamanya jika ibu Hilda, wali kelanya memberitahu mamanya. (5) Sambil menunggu kedatangan mamanya, dihampirinya Nina yang duduk sendirian.
Tokoh utama dalam kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A. Mama
B. Nina
C. Ibu Hilda
D. Kenino
15. Cermatilah teks berikut!
Mirna, namanya begitu terkenal di Kampung Karang Batu. Sebenarnya orangnya tidak begitu cantik-cantik amat, bahkan banyak yang bilang nyaris jelek. Dia menjadi terkenal setelah menjuarai lomba nyanyi tingkat kabupaten dalam rangka HUT RI kemarin. Suaranya memang mirip Krisdayanti. Jadi tidak heran jika dia menjadi juara.
Kutipan tersebut merupakan alur bagian ... .
A. muncul masalah
B. permasalahan
C. perkenalan
D. peleraian
16. Cermatilah teks berikut!
Ibu Hesti memasuki kelas 8. A. Kebetulan Bu Hesti wali kelas mereka. Suasana kelas dalam sekejap sunyi senyap. Tak ada suara sama sekali, bahkan helaan nafas pun hampir tidak terdengar. Semua mata menuju satu titik, yaitu pada Ibu Hesti. Aryo sebagai ketua hanya bisa menatap Bu Hesti dengan muka sedih. Dia sudah menganggap Bu Hesti sebagai ibu semenjak ibunya dipanggil Tuhan enam bulan yang lalu. Kata-kata pamitan dari Bu Hesti menambah suasana kesedihan. Semua kepala tertunduk menahan isakan tangis. Beberapa anak menyembunyikan air mata mereka. Tak lama kemudian terdengan isakan satu demi satu. Perlahan tapi semakin bertambah jumlahnya. Akhirnya mereka tak kuasa untuk menyembunyikan air mata. Tangisan mulai terdengar apalagi anak perempuan.
Makna simbol menyembunyikan airmata pada teks tersebut ... .
A. menahan tangis
B. menutupi rasa malu
C. menahan rasa penyesalan
D. menyembunyikan kesedihan
17. Cermatilah teks berikut!
"Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu sesudah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, saya memang harus minta maaf. Aku sadar, perilaku dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya murka dan sakit hati. Dan kali ini saya sudah bersiap untuk mendapatkan perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari ekspresi Rinda.
Rinda membisu sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda ibarat tengah menahan tawa.
Nilai moral kutipan cerita tersebut yakni....
A. Jangan takut meminta maaf walupun akan beresiko tidak enak
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Hadapilah kemarahan dengan senyuman
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan.
18. Cermatilah teks berikut!
(1) Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya oleh istrinya, ia tidak mau menjawab. Istrinya makin ketakutan. (2) Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah. (3) Lepas siang hari Pak Salim berkata, "Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. (4) Tuhan tidak adil mengapa orang lain senang dan bahagia, saya tidak."
"Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri," jawab istrinya
Latar waktu yang terdapat pada cuplikan cerita tersebut terlihat pada kalimat nomor ...,
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19. Cermatilah teks berikut!
Sebenarnya Dodo tahu bahwa besok akan ada ulangan. Tapi Dodo tidak peduli dengan ulangan. la lebih memilih bermain layang-layang. la tidak memikirkan ulangan. la baru mengakhiri bermain layang-layang ketika di ufuk barat terlihat kemerah-merahan. la pun pulang ke rumah kakeknya. Setelah salat maghrib ia merasa lelah, ia pun tidur.
Paginya ia bangun seperti biasanya, salat subuh, mandi, lalu sarapan. Sesampainya di sekolah, ia istirahat sejenak. Jam pertama ulangan Matematika. Dodo ingin menyontek, tetapi tidak ada kesempatan. Pak Bowo mengawasi dengan ketat. Keringat pun membasahi tubuhnya, ia pasrah. la tidak bisa mengerjakan soal ulangan. Seandainya ia belajar, mungkin ia tidak akan bingung.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah....
A. Tokoh Dodo kelelahan dan tertidur pulas setelah selesai bermain layang-layang
B. Tokoh Dodo menyontek pekerjaan temannya saat mengerjakan ulangan Matematika
C. Tokoh Pak Bowo mengawasi dengan ketat saat ulangan Matematika berlangsung
D. Tokoh Dodo ingin menyontek saat ulangan tapi Pak bowo mengawasi dengan ketat.
20. Cermatilah kedua teks berikut!
Teks 1
Romli tidak mengada-ada. Hai Tamim adalah kakek buyut Romli yang begitu monumental, membuat kampung itu terkenal menjadi kampung Tamim. Kakek buyut Romli itu membawa bibit rambutan ke kampung ini. Almarhum juga yang bersusah-payah mengajari orang sekampung untuk menanami tanah berbukit-bukit itu dengan rambutan dan nangka. Ternyata, rambutan itu amat manis dan kemudian dikenal sebagai rambutan Tamim.
Teks 2
Arai menaikkan tubuhku ke atas punggungnya. Ia memikulku. Langkahnya limbung, terseok-seok berkilo-kilo meter. la istirahat sebentar, lalu memikulku lagi. Napasnya meregang satu per satu, hidungnya mendengus-dengus seperti hewan disembelih. Tumitnya mengucurkan darah karena terjepit jalinan kasar sepatu karet ban mobil. la melangkah terus, terhuyung-huyung. Tak sedikit pun ia mau menyerah. Sampai di rumah, dia terkapar tak berdaya. Arai tersenyum. Aku menatap matanya
Perbedaan pola pengembangan dari kedua teks tersebut adalah....
Teks 1 Teks 2
A Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama
B Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama Sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
C Sudut pandang orang ketiga serba tahu Sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D Sudut pandang orang ketiga serba tahu Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan
21. Cermatilah kedua kutipan teks fabel berikut!
Teks 1
Seekor anak buaya berenang di pinggir danau. Dia sedang mencari cara untuk mendapatkan hati monyet yang diminta ibunya. Saat sedang berenang, anak buaya melihat seekor monyet sedang mencari buah-buahan. Ia mendekati monyet dan berkata kalau di seberang danau ada sebuh kebun buah. Anak buaya akan senang hati mengantarkan monyet ke sana.
Monyet sedikit heran dengan kebaikan hati anak buaya. Tetapi ia sudah sangat lapar sehingga menyetujui ajakan anak buaya dan naik ke atas punggungnya.
Teks 2
Di sebuah padang rumput yang luas. Gajah dan Zebra sedang asyik bersantai. Tiba-tiba datanglah seekor hewan yang melompat-lompat.
“Eh, ada teman baru. Siapa namamu?” tanya Zebra.
“Aku Kanguru,” jawab hewan itu.
“Oh, asyik. Kita punya teman baru,” kata Gajah pada Zebra.
Mereka bertiga pun lalu bermain bersama.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah….
Teks 1 Teks 2
A. menggunakan kata konotatif menggunakan kata denotatif
B. menggunakan ragam bahasa resmi menggunakanragam bahasa non formal
C. menggunakan bahasa daerah menggunakan bahasa Indonesia
D. menggunakan kalimat langsung menggunakan kalimat tidak langsung
22. Cermatilah kutipan teks cerpen berikut!
(1) Dia tersenyum sendiri sekarang baru pukul 21.00 WIB. (2) Ia turun dari ranjang menuju rak kecil berukuran 2x3 meter, mengambil sebuah ensiklopedi yang di dalamnya dipenuhi gambar-gambar dan uraian-uraian singkat. (3) Meskipun usianya belum genap tujuh tahun , ia sudah lancar membaca. (4) Ia membuka halaman demi halaman dan berhenti pada sebuah lembaran bertajuk Laron yang dicetak dengan huruf tebal.
Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
23. Cermatilah kutipan teks cerpen berikut!
Rini berupaya mencari tahu di mana Imah tinggal. Imah ternyata tinggal tidak jauh dari kali, di sebuah rumah berdinding bambu. Kalau diukur, jaraknya dari rumah Rini tidak lebih dari 500 meter. Jadi, masih di kota yang sama. Imah tinggal bersama neneknya yang bekerja sebagai penyapu pasar. Bapak dan ibunya pergi entah ke mana ketika Imah masih balita. Dari penghasilan neneknya Imah melanjutkan sekolah.
Imah tidak masuk karena belum membayar uang sekolah. Penghasilan sang nenek bulan lalu dipotong karena sempat sakit seminggu.
Kepada neneknya, Imah sudah berkali-kali mengatakan dia ingin berhenti sekolah. Namun, sang nenek bersikeras agar Imah menyelesaikan pendidikannya.
Rini memang berasal dari keluarga yang cukup mampu, tapi tidak berlabihan. Ia senang menabung. Dari uang tabungan itulah ia berniat membantu Imah. Hanya, Rini tidak mau membantu dengan langsung memberikan uang. Ia yakin Imah akan menolak pemberian itu. Rini memikirkan bagaimana cara membantu Imah.
Rini kemudian menitipkan uangnya kepada pengelola pasar tempat nenek Imah bekerja. Rini mengusulkan supaya uang itu dianggap sebagai penghargaan atas kesetiaan nenek Imah menjadi penyapu pasar.
Syukurlah tampaknya usaha Rini berhasil. Imah bersekolah lagi. Dengan cara itu Rini sudah membantu Imah demi kelancaran sekolahnya. Rini tidak sanggup membayangkan kalau anak berprestasi , seperti Imah berhenti bersekolah, lalu meneruskan pekerjaan neneknya sebagai penyapu pasar.
Bukti watak tokoh nenek orang yang bertanggung jawab dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat ….
A. Sang nenek bersikeras agar Imah menyelesaikan pendidikannya.
B. Dari penghasilan neneknya Imah melanjutkan sekolah.
C. Imah tinggal bersama neneknya yang bekerja sebagai penyapu pasar.
D. penghargaan atas kesetiaan nenek Imah menjadi penyapu pasar
24. Cermatilah teks cerpen berikut!
Melihat situasi yang semakin gaduh, Dimas, sang ketua kelas, maju berdiri di depan kelas dan mencoba menenangkan teman-temannya.
“Saya mohon,”kata Dimas. “Teman-teman bisa lebih tenang. Kita memang boleh saja senang dengan jam kosong. Tapi saya harap jangan berlebihan seperti di pasar malam. Ayolah, tenang sedikit. Pak guru pernah bilang, berusaha tidak gaduh di kelas pada jam kosong merupakan wujud toleransi juga.”
Ari mengangguk-angguk mendengar kata-kata Dimas. Beberapa anak lain yang semula gaduh juga ikut mendengarkan dan mengakui kebenaran kata-kata itu. Kegaduhan menjadi berkurang, walaupun kelas tidak benar-benar tenang.
Komantar yang tepat terhadap penokohan pada teks tersebut adalah…
A. Sikap Dimas yang meminta temannya untuk tidak gaduh kurang tepat..
B. Sikap Dimas yang meminta untuk tidak gaduh adalah sikap bijaksana pantas diteladani.
C. Sikap teman-teman Dimas yang membuat keributan tidak perlu dilakukan.
D. Sikap Dimas sangat bijaksana tapi kurang tegas.
25. Cermatilah teks berikut!
Bank Indonesia melalui peraturan Bank Indonesia Nomor 10/33/PBI/2008 telah mencabut dan menarik beberapa pecahan uang kertas rupiah […] lama. Masyarakat bisa menukar uang lama hingga Desember 2018.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah….
A. amunisi
B. fraksi
C. komisi
D. emisi
26. Cermati kalimat rumpang tersebut!
Literasi digital merupakan kemampuan [...] teknologi informasi dan komunikasi untuk mengomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah ....
A. memanfaatkan
B. mempelajari
C. memahami
D. menerima
27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara membuat Banana Spring Roll.
1. Banana spring roll ala kafe-kafe siap di santap.
2. bungkus dengan kulit lumpia.
3. Iris pisang matang sesuai selera.
4. Goreng dan sajikan dengan topping gula halus dan susu kental manis
5. Campurkan irisan pisang dengan nutella atau keju
Kalimat-kalimat tersebut dapat di susun menjadi teks yang padu dengan urutan nomor ....
A. 3 – 5 – 1 -2 - 4
B. 2 – 4 – 1 – 2 – 5
C. 3 – 5 – 2 – 4 - 1
D. 2 – 3 – 5 – 1 – 4
28. Cermati kalimat berikut!
Cara Daftar Internet Banking
(1) Masukkan kartu ATM Bank Anda
(2) [...]
(3) Pilih menu internet banking
(4) Masukkan password untuk akun internet banking
(5) Anda mendapat User ID internet banking
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Pilih menu transfer
B. Klik pembayaran
C. Ketik PIN Anda
D. Ganti PIN Anda
29. Cermati kalimat berikut!
Literasi digital akan berguna untuk memeriksa akuntabilitas dan kebenaran dari sebuah informasi.[...] lebih dari itu, literasi digital adalah kompetensi esensial yang wajib dimiliki[...] dikuasai oleh pengakses internet.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. Sebab, dan
B. tetapi, serta
C. namun, dan
D. namun, serta
30. Cermati kalimat berikut ini!
Satu-satunya kegagalan adalah kalau kita diam di tempat dan satu-satunya kesuksesan kalau kita terus melangkah ke depan
Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Kegagalan hanya satu dari usaha yang akan kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan di hari depan nanti.
B. Kegagalan hanya akan didapat bila orang tidak mau diam, sedangkan kesuksesan adalah melangkah maju.
C. Kalau kita hanya diam di tempat, maka akan mengalami kegagalan dan jika terus melangkah maju, kita akan meraih kesuksesan.
D. Keberanian melangkah maju ke depan juga akan menentukan kegagalan kamu meraih yang hendak kamu impikan selama ini.
31. Cermati data pengamatan berikut ini!
Definisi : Global warming merupakan proses peningkatan suhu rata-rata di bumi.
Penyebab : efek rumah kaca
Akibat : suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat Perubahan iklim dan cuaca di bebagai penjuru dunia Hujan asam
Penulisan teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah …
A. Global warming merupakan proses peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi. Salah satu penyebabnya adalah efek rumah kaca. Gedung bertingkat dengan konsep bangunan kaca tidak mampu menyerap panas matahari. Selain itu juga cahaya matahari justru dipantulkan ke atmosfir dan panas tersebut terperangkap di atmosfir. Proses itu terjadi dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat, perubahan iklim dan cuaca di berbagai penjuru dunia, dan juga hujan asam.
B. Pemanasan global terjadi akibat adanya efek gas rumah kaca yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan. Salah satu asal pemanasasn global itu sendiri dari aktivitas industri. Pemanasan global itu sendiri sering disebut global warming yaitu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi. Akibatnya suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat, perubahan iklim dan cuaca di berbagai penjuru dunia, dan juga hujan asam.
A. Global warming merupakan proses peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi. Salah satu penyebabnya adalah efek rumah kaca yang memantulkan cahaya matahari ke atmosfir. Akibat efek rumah kaca maka suhu rata-rata di permukaan bumi terus meningkat. perubahan iklim dan cuaca di berbagai penjuru dunia pun terjadi.
B. Efek gas rumah kaca yang memantulkan cahaya matahari ke atmosfir mengandung gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan. Hal itu mengakibatkan pemanasan global. Efek gas rumah kaca berasal dari aktivitas industri yang dilakukan oleh manusia yang mengakibatkan global warming yang menjadikan proses suhu bumi meningkat.
32. Cermati teks berikut!
Naila, reporter majalah sekolah, mewancarai Luki, siswa terpandai di sekolahnya. Berikut hasil wawancaranya.
Naila : Luki, tahun ini kamu menduduki peringkat satu lagi. Bagaimana perasaanmu?
Luki : Alhamdulillah. Tentunya saya senang dan bangga.
Naila : Apakah kamu punya cara khusus dalam belajar sehingga kamu jadi juara?
Luki : Saya belajar seperti biasa secara rutin. Saya hanya belajar selama dua jam setiap hari, kecuali Sabtu dan Minggu.
Naila : Sabtu dan Minggu kegiatan kamu apa?
Luki : Saya main sama teman-teman rumah atau nonton kalau ada film bagus. Samalah seperti anak-anak lain
Perubahan teks tersebut menjadi narasi yang tepat adalah …
A. Luki merasa senang dan bangga karena meraih prestasi di sekolahnya. Ia mendudukin peringkat pertama. Sungguh prestasi yang tidak diduga oleh Luki. Meskipun ia tidak mempunyai pola khusus dalam belajar tetapi ia bisa fokus setiap mengikuti pelajaran di sekolah. Sebagai seorang remaja, Luki tidak selalu belajar. Ia juga bermain bersama teman-temannya terutama pada sabtu atau Minggu.
B. Luki berhasil meraih peringkat satu lagi tahun ini. Ia senang dan bangga dengan prestasi yang diraih. Luki bisa berhasil karena ia belajar secara rutin selama dua jam setiap hari. Namun,pada Sabtu dan Minggu ia gunakan untuk bermain bersama teman-teman rumahnya. Kadang-kadang Luki juga nonton kalau ada film bagus yang sesuai dengan seleranya.
C. Kali ini Luki meraih juara satu di sekolahnya. Ia merasa senang dan bangga. Luki tidak punya cara khusus dalam hal belajar. Seperti teman-temannya yang lain, ia belajar dan kadang-kadang main bahkan nonton pada Sabtu atau Minggu.
D. Luki berhasil meraih peringkat satu tahun ini. Ia senang dan bangga dengan prestasi yang diraih. Luki bisa berhasil karena ia belajar secara rutin selama dua jam setiap hari. Ia tidak bermain seperti teman-temannya. Kadang-kadang Luki juga nonton kalau ada film bagus yang sesuai dengan seleranya.
33. Cermati kalimat berikut ini?
Tidak hanya mengkampanyekan pesan, komunitas ini juga berusaha menyukseskan acara dengan berbagai aktivitas.
Perbaikan penggunaan ejaan yang tepat adalah ...
A. mengkampanyekan menjadi mengampanyekan
B. menyukseskan menjadi menysukseskan
C. menyukseskan menjadi mensukseskan
D. aktivitas menjadi aktifitas
34. Cermati teks berikut!
Danau Kembar dari Arfak
Di balik kecantikan Danau Kembar memiliki kisah yang sangat unik sekali. Danau yang terletak di atas Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat itu biasa disebut sebagai danau laki-laki dan perempuan. Keduanyapun memiliki nama yakni Anggi Giji dan Anggi Gida. Nama Anggi berasal dari bahasa Sougb, yang berarti Ameninggwi atau danau.
Perbaikan kalimat tidak efektif pada teks tersebut adalah ...
A. Keduanya memiliki nama masing-masing yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.
B. Di balik kecantikan Danau Kembar memiliki kisah yang sangat unik.
C. Di balik kecantikan Danau Kembar memiliki kisah menarik.
D. Kecantikan Danau Kembar memiliki kisah yang unik.
35. Cermati paragraf berikut !
Tidak ada individu yang mampu … semua kegiatannya sendiri.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah ….
A. membutuhkan
B. mengalihkan
C. memerlukan
D. melakukan
36. Cermati Teks Berikut!
Cara Membersihkan Kulit dengan Scrub
Campur semua bahan hingga merata dan simpan dalam toples yang tertutup rapat. [… ]ambil 1/5 bagian scrub. Kemudian masukkan ke dalam sebuah mangkuk, campur bahan dengan minyak almond sampai menjadi semacam pasta. Oleskan scrub tadi di seluruh tubuh sambil dipijat dengan lembut. Berikan perhatian khusus pada area kulit kering dan keras seperti sikut, lutut, dan tumit. Bersihkan sisa-sisa scrub[ …] mandi atau berendam dengan air panas.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah …
A. sementara itu, sehingga
B. setelah itu, sebelum
C. selain itu, jika
D. maka, namun
37. Cermati teks berikut!
Pantai Padang Bai berjarak sekitar 53 km dari Denpasar ke arah Timur atau sekitar 30 km dari kota Amlapura.
Perbaikan penggunaan ejaan yang tepat adalah …
tertulis perbaikan
A sekitar 53 km sekitar 53 Km
B ke arah Timur ke arah timur
C Pantai Padang Bai Pantai padang Bai
D Pantai Padang Bai Pantai Padang bai
38. Cermati kalimat berikut!
1. Satu Minggu yang lalu kami berkunjung ke Kebun Binatang.
2. Tempat wisata itu bernama Taman Satu Jurug yang berada di kota Solo.
3. Kami berkeliling untuk melihat berbagai jenis hewan, seperti burung, orang utan, gajah, dan lain-lain.
4. Tidak hanya melihat hewan, kami juga menyaksikan pertunjukan sirkus hewan
Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
39. Bacalah teks berikut!
Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat. Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. [....]Dari Mesir, budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani. Sejalan dengan perjalanan Columbus, anggur mulai menyebar ke Mexico, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Asia termasuk Indonesia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut agar menjadi padu adalah ...
A. Anggur dimanfaatkan sebagai buah segar maupun untuk diolah menjadi produk minuman atau dikeringkan menjadi kismis.
B. Sedangkan teknologi pengolahan anggur pertama kali dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM.
C. Tanaman anggur dapat tumbuh di daerah dataran rendah dengan musim kemarau yang panjang.
D. Jenis anggur yang dapat dikonsumsi adalah vitis vinifera dan vitis labrusca.
40. Cermati kalimat berikut!
Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli, di kelola dengan sistem zonasi.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah...
A. Penulisan kata di kelola seharusnya dikelola karena di sebagai imbuhan.
B. Penulisan Nasional seharusnya nasional karena tidak diikuti nama khusus
C. Penulisan sistem seharusnya sistim sesuai dengan penulisan kata baku
D. Penulisan ekosistem seharusnya ekosistim sesuai dengan penulisan kata baku
41. Cermati kalimat berikut!
Dewasa ini, banyak remaja-remaja di Indonesia kegandrungan musik K-pop.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ...
A. Kata ulang remaja-remaja menyatakan banyak sehingga tidak perlu kata “banyak”.
B. Kata K-pop sudah pasti musik sehingga tidak perlu kata “musik”.
C. Frase dewasa ini tidak diperlukan pada kalimat tersebut.
D. Piihan kata kegandrungan merupakan kata tidak baku
42. Bacalah teks berikut!
(1) Sapardi Djoko Damono merupakan seorang penyair terkemuka Indonesia. (2) Penyair kelahiran Solo ini sudah menulis puisi sejak SMP. (3) Buku puisi pertamanya berjudul Duka-Mu Abadi. (4) Puisi-puisi Sapardi begitu disukai dan dikenal masyarakat karena kata-kata yang digunakannya begitu sederhana. (5) Tidak rumit merupakan pengertian dari sederhana.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ...
A. Kalimat ke-5 menyatakan pengertian “sederhana” untuk mempertegas kalimat sebelumnya.
B. Kalimat ke-3 tidak padu karena membahas judul buku puisi Sapardi Djoko Dmono.
C. Kalimat ke-5 tidak mengacu pada topik utama yaitu profil Sapardi Djoko Damono.
D. Kalimat ke-3 seharusnya dihilangkan karena tidak mendukung topik utama.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Di dalam buah mangga terkandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ....
A. Kalimat tersebut tidak mempunyai subjek.
B. Kalimat tersebut menggunakan istilah yang tidak tepat.
C. Kalimat tersebut menggunakan kata yang salah ejaannya.
D. Predikat kalimat tersebut kata kerja transitif tetapi tidak diikuti objek.
44. Perhatikan kalimat berikut!
Setelah RA Kartini meninggal Abendanon membukukan surat-surat Kartini.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Setelah R.A Kartini meninggal, Abendanon membukukan surat-surat Kartini.
B. Setelah R.A. Kartini meninggal, Abendanon membukukan surat-surat Kartini.
C. Setelah RA. Kartini meninggal, Abendanon membukukan surat-surat Kartini.
D. Setelah R.A. Kartini meninggal Abendanon membukukan surat-surat Kartini.
45. Perhatikan kalimat berikut!
Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di pesisir Utara Pulau Jawa.
Kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada kata ....
A. Cirebon
B. Utara
C. Pulau
D. Jawa
46. Perhatikan kalimat berikut!
1. Rumah makan jejamuran menyajikan makanan serbajamur seperti : rendang jamur, sate jamur, dan gulai jamur,
2. Rumah makan jejamuran menyajikan makanan serbajamur seperti ; rendang jamur, sate jamur, dan gulai jamur,
3. Pengunjung Rumah makan ini dapat menikmati rendang jamur, sate jamur, pepes jamur, dan gulai jamur,
4. Rumah makan jejamuran dilengkapi dengan toko yang menjual bermacam-macam olahan jamur untuk camilan.
Penggunaan tanda baca yang salah ditunjukkan kalimat nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
47. Cermatilah penulisan kalimat berikut!
Ketika berwisata ke medan, indah membeli bikaambon.
Perbaikan penggunaan ejaan pada kata bercetak miring adalah….
A. Medan dan Indah
B. Indah dan bika Ambon
C. Indah dan Bika ambon
D. Medan dan Bika Ambon
48. Cermati kalimat berikut!
Ulu,tidakkah kamu tahu bahwa Sang Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda? Kata burung dengan bijak.
Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ...
A. “Ulu,tidakkah kamu tahu bahwa Sang Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?” Kata burung dengan bijak.
B. “Ulu,tidakkah kamu tahu bahwa Sang Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda”? kata burung dengan bijak.
C. “Ulu,tidakkah kamu tahu bahwa Sang Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?” kata burung dengan bijak.
D. “Ulu,tidakkah kamu tahu bahwa Sang Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda”? kata burung dengan bijak.
49. Bacalah klimat berikut!
Pada Minggu ketiga bulan ini, kami akan menanam Jambu Bangkok di pinggir sungai Ciliwung
Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat adalah…
Tertulis Perbaikan
A. Minggu, bulan, Jambu Bangkok Minggu, Bulan, jambu Bangkok
B. Bulan, Jambu Bangkok, sungai Bulan, jambu Bangkok, sungai
C. Minggu, Jambu Bangkok, sungai minggu, jambu bangkok, Sungai
D Bulan, Jambu Bangkok, Ciliwung Bulan, Jambu bangkok, ciliwung
50. Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Setelah selesai dia menuangkan kopi ke dua gelas dan menyajikannya kepada pengunjung kedai kopi.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. Setelah selesai dia menuangkan kopi, ke dua gelas dan menyajikannya kepada pengunjung kedai kopi.
B. Setelah selesai dia menuangkan kopi ke dua gelas dan menyajikannya, kepada pengunjung kedai kopi.
C. Setelah selesai, dia menuangkan kopi ke dua gelas, dan menyajikannya kepada pengunjung kedai kopi.
D. Setelah selesai, dia menuangkan kopi ke dua gelas dan menyajikannya kepada pengunjung kedai kopi.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar