Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
--------------------------------------------------------------
Relasi atau Fungsi
--------------------------------------------------------------
Domain, Kodomain, dan Range
Misalkan kita memiliki fungsi sebagagai berikut :
{a, b, c, d } disebut domain / daerah asal / daerah kawan
{p, q, r, dan s} disebut kodomain / derah lawan
{p, q, s} disebut range atau daerah hasil.
Fungsi kuadrat
------------------------------------
Bentuk umum
F(x) = ax2 + bx + c a 0
Jika digambar pada diagram cartesius dengan domain x R maka grafiknya berbentuk parabola.
Persamaan sumbu simetri : x =
Jika a > 0 F(x) memiliki nilai minimum
(Parabola membuka ke atas)
Jika a < 0 F(x) memiliki nilai maksimum
(Parabola membuka ke bawah)
Nilai maksimum (minimum)
y =
Koordinat titik puncak :
Titik potong dengan sumbu y x = 0 sehingga y = c (0, c)
Titik potong dengan sumbu x y = 0
Sehiungga ax2 + bx + c = 0
Persamaan terakhir ini bisa diselesaikan dengan cara :
1. Memfaktorkan
2. Melengkapkan kuadrat sempurna
3. Rumus ABC.
Latihan Soal
------------------------------------
1. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = x + 1. Nilai f(12) = ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
2. Fungsi f didefinisikan oleh f(x) = 2x2 – x + 1 dengan domain {–1, 0, 1}. Daerah hasil fungsi tersebut adalah ....
a. {4, 1, 2}
b. {–7, –1, 9}
c. {–7, –1, 1}
d. {–1, 1, 5}
3. Jika f(x) = 3x – 2 dan f(a) = 7, nilai a yang memenuhi adalah ....
a. 3
b. 5
c. 9
d. 19
4. Diketahui f : x → –2x + 9. Jika p → 15, nilai p sama dengan ....
a. – 3
b. – 2
c. 2
d. 3
5. Suatu fungsi f dinyatakan oleh f(x) = ax+b. Diketahui f (1) = 3 dan f (–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ....
a. 4 dan –1
b. 4 dan 7
c. –2 dan 1
d. –2 dan 5
6. Jika f(x) = x2 + 4 maka 29 adalah bayangan dari ....
a. 2
b. 3
c. 5
d. 6
7. Pada fungsi linear f(x) = ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = –2, rumus fungsi f(x) = ....
a. x – 4
b. 2x – 2
c. x + 3
d. 2x + 5
8. Diketahui f(x) = 2x – 5 , bayangan dari f(–3) adalah ... .
a. –11
b. –1
c. 1
d. 11
9. Diketahui f(x) = 3x – 5 , nilai dari f( 2a + 1) adalah ... .
a. 6a – 2
b. 6a + 2
c. 10a – 2
d. 10a + 2
10. Diketahui f(x) = 2 – 5x , bayangan dari f(–2) adalah ... .
a. –12
b. –8
c. 8
d. 12
11. Antara himpunan A = {a, b} dan himpunan
B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara C. 8 cara
B. 6 cara D. 9 cara
12. Bila P = {a, b, c} dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q adalah ....
A. 3 cara C. 9 cara
B. 6 cara D. 27 cara
13. Fungsi f : x → x + 1 dengan daerah asal
{2, 4, 6, 8} memiliki daerah hasil ....
A. {2, 4, 6, 8} C. {1, 3, 5, 7}
B. {3, 5, 7, 9} D. {2, 3, 4, 5}
14. Jika diketahui f(x) = 2x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x adalah ....
A. –3 C. –5
B. –4 D. –6
15. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ....
A. 3 → 4 C. jika f(a) = 5, maka a = 3
B. f(–5) = –11 D. bayangan 1 adalah 1
16. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan
G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ....
A. G(x) = –4x + 12 C. G(x) = –2x + 6
B. G(x) = –4x – 12 D. G(x) = –4x – 6
17. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2x – 1 adalah
{x |-2x < x < 3; x B}.
Daerah hasilnya adalah .....
A. {–3, –1, 1, 3} C. {–2, –1, 0, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4} D. { –1, 0, 1, 2}
18. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut adalah ....
A. 225 dan 425 C. 525 dan 256
B. 525 dan 225 D. 625 dan 256
19. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 adalah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari
f(-2) + f(2) adalah ....
A. –6 C. 4
B. –4 D. 6
20. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan- pasangan berurutan (p,-3), (-3, q), (r,2), (2,- 2), dan (-2,6) adalah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r adalah ....
A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p = , q = 8, dan r = 2
C. p = , q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3
21. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan
f(1)= 5. Nilai m dan n berturut-turut adalah…
A. –2 dan –3 C. –2 dan 3
B. 2 dan –3 D. 2 dan 3
22. Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13),
maka nilai dari f(31) adalah ....
A. 46 C. 66
B. 64 D. 84
23. Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi
(a) untuk setiap bilangan real x dan y,
maka f(x + y) = x + f(y) dan
(b) f(0) = 2
Nilai dari f(2.016) adalah ....
A. 2.015 C. 2.017
B. 2.016 D. 2.018
24. Perhatikan diagram berikut ini.
Pernyataan yang dapat kamu simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.
(i ) Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B.
(ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
(iii) Setiap siswa bisa mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A bisa mempunyai lebih satu dengan anggota B.
(iv) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas adalah ….
A. (i) dan (ii) C. (i) dan (iv)
B. (ii) dan (iii) D. (ii) dan (iv)
25. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah ....
A. 24 C. 540
B. 120 D. 720
Soal Uraian
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Sebuah rumah mempunyai bak penampung air. Melalui sebuah pipa, air dialirkan dari bak penampungan ke dalam bak mandi. Volume air
dalam bak mandi setelah 5 menit adalah 25 liter dan setelah 12 menit adalah 46 liter. Volume air dalam bak mandi setelah dialiri air selama t menit dinyatakan sebagai V(t) = V0 + at liter, dengan V0 adalah volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan dan a adalah debit air yang dialirkan setiap menit.
a. Tentukan volume air dalam bak mandi sebelum air dialirkan.
b. Berapa volume air dalam bak mandi setelah 27 menit?
2. Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(2) = -2 dan
f(3) = 13, tentukan nilai f(4).
3. Diketahui fungsi f dirumuskan dengan
f(x) = – 3x + 6.
a. Tentukan bayangan dari – 3 dan 2.
b. Jika f(a) = –9, tentukan nilai a.
4. Jika A = {x | –2 < x < 6, x B} dan
B = {x | x bilangan prima < 11}.
Tentukan:
a. banyaknya pemetaan dari A ke B,
b. banyaknya pemetaan dari B ke A.
--------------------------------------------------------------
Persamaan Garis Lurus
--------------------------------------------------------------
Rumus
Latihan Soal
-------------------------------------------------------------------
1. Persamaan garis yang melalui titik (-3,6) dan sejajar dengan garis 4y - 3x = 5 adalah ....
A. 4y = 3x + 33
B. 4y = 3x – 33
C. 4y = -3x – 33
D. 4y = 3x + 33
2. Persamaan garis yang melalui titik (4, –3) dan tegak lurus dengan garis 4y – 6x +10 = 0 adalah ....
A. 2y +3x = 6
B. –2y +3x = 6
C. 2y + 3x = –6
D. 2y – 3x = 6
3. Garis yang melalui titik (5, –3) dan sejajar dengan garis yang mempunyai gradien adalah ....
A. 3y + x = 14
B. 3y + x = –14
C. 3y – x = 14
D. 3y – x = –14
4. Garis yang melalui titik (5, –3) dan tegak lurus pada garis yang mempunyai gradien – adalah ....
A. 3y + 2x = 1
B. 3y – 2x = 1
C. –3y + 2x = 1
D. 3y – 2x = –1
5. Persamaan garis lurus yang melalui titik (–2, –4) dan titik (–4, 3) adalah ....
A. 3y +2x = 1
B. 3y – 2x = 1
C. –3y + 2x = 1
D. 3y – 2x = –1
6. Persamaan garis yang melalui titik (4, 6) dan sejajar dengan garis yang melalui titik (3, 4) dan titik (5, 1) adalah ....
A. 2y + 3x = –24
B. 2y – 3x = 24
C. 2y + 3x = 24
D. 2y – 3x = –24
7. Persamaan garis yang melalui titik (6, –4) dan sejajar dengan garis yang melalui titik (–7, –4) dan titik (5, –5) adalah ....
A. 2y +3x = –24
B. 2y – 3x = 24
C. 2y + 3x = 24
D. 2y – 3x = –24
8. Persamaan garis yang melalui titik (0, 6) dan tegak lurus dengan garis yang melalui titik (–4, 5) dan titik (–3, 3) adalah ....
A. 2y + x –12 = 0
B. 2y – x –12 = 0
C. 2y – x + 12 = 0
D. 2y + x + 12 = 0
9. Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y = x – 6 dan melalui titik (2, –1) adalah ....
a. y = 3x + 5
b. y = 3x – 5
c. y = –3x + 5
d. y = –3x –5
10. Persamaan garis yang melalui titik P (3, 2) dan Q (5, – 4) adalah ... .
a. 3x – y –11 = 0
b. 3x + y – 11 = 0
c. 3x – y + 22 = 0
d. 3x + y + 11 = 0
11. Garis tegak lurus dengan garis . Jika garis melalui titik (-16,1), persamaan garis adalah … .
A.
B.
C.
D.
12. Persamaan garis yang melalui titik ( 4, – 1) dan tegak lurus garis 4x – 3y + 12 = 0 adalah … .
a. 3x + 4y + 16 = 0
b. 3x – 4y – 16 = 0
c. 4x – 3y + 8 = 0
d. –4y – 3x + 8 = 0
13. Garis melalui titik (5,-3). Jika garis sejajar garis , persamaan garis adalah … .
a.
b.
c.
d.
Soal Uraian
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Tentukan kemiringan tiap-tiap garis berikut.
2. Titik P, Q, dan R berturut-turut berkoordinat
di (0, 2), (5, 0) dan (3, 4).
3. Grafik di bawah menunjukkan persentase pembelajaran dengan akses internet.
a. Berapakah laju perubahan persentase kelas dengan akses internet antara tahun 1998 dan 2000?
b. Jika persentase kelas dengan akses internet
meningkat seperti peningkatan antara tahun
1999 dan 2000, pada tahun berapakah banyak kelas yang menggunakan akses internet sebesar 90%?
c. Apakah grafik tersebut akan terus meningkat tanpa batas? Jelaskan.
4. Terdapat dua garis, k dan l seperti gambar di bawah ini.
Tentukan persamaan tiap-tiap garis.
a. l
b. k
c. garis yang sejajar dengan l dan melalui (4, 4)
5. Tiga garis lurus l1, l2 dan l3 masing-masing mempunyai kemiringan 3, 4, dan 5. Ketiga garis tersebut memotong sumbu-Y di titik yang sama. Jumlah absis titik potong masing-masing garis dengan sumbu-X adalah . Tentukan persamaan garis l1.
6. Titik A(5,-4), B(2,-8) dan C(k, 12) berada di garis lurus yang sama.
a. Tentukan nilai k.
b. Titik P berada di sumbu-X sedemikian sehingga AP = BP,
(i) tentukan koordinat titik P.
(ii) tentukan persamaan garis yang melalui P dan titik (0, 3).
--------------------------------------------------------------
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
--------------------------------------------------------------
Persamaan linear dua variabel dapat dinyatakan dalam bentuk
ax + by = c
dengan a, b, c R, a, b 0, dan x, y suatu variabel.
Apabila terdapat dua persamaan linear dua variabel yang berbentuk ax + by = c dan dx + ey = f atau biasa ditulis
ax + by = c
dx + ey = f
maka dikatakan dua persamaan tersebut membentuk sistem persamaan linear dua variabel. Penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel tersebut adalah pasangan bilangan (x, y) yang memenuhi kedua persamaan tersebut.
Menyelesaikan masalah.
Contoh:
Dengan metode gabungan, tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
2x – 5y = 2 dan
x + 5y = 6, jika x, y R.
Penyelesaian:
Dengan metode eliminasi, diperoleh:
2x – 5y = 2 1 2x – 5y = 2
x + 5y = 6 2 2x + 10y = 12 (-)
– 15y = – 10
y =
Selanjutnya substitusikan nilai y ke persamaan x + 5y = 6. Sehingga diperoleh
x + 5y = 6
x + 5 = 6
x + = 6
x = 6 –
x = 2
Jadi jimpunan penyelesaian dari persamaan
2x – 5y = 2 dan x + 5y = 6 adalah .
Latihan Soal
1. Nilai x yang memenuhi persamaan
3(2x + ) = 4(3x – ) adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
2. Nilai p yang memenuhi
5(2p + ) = 3(4p – ) adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
3. Nilai x yang memenuhi persamaan
(x − 10) = (x − 5) adalah...
A. –6
B. –4
C. 4
D. 6
4. Penyelesaian dari pertidaksamaan
(x + 5) ≥ (x – 1) adalah . . .
A. x ≥ 17
B. x ≤ 17
C. x ≥19
D. x ≤19
5. Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..
A. Rp 275.000,00
B. Rp 285.000,00
C. Rp 305.000,00
D. Rp 320.000,00
6. Harga 3 kg apel dan 5 kg jeruk adalah Rp 85.000,00. Harga 5 kg apel dan 7 kg jeruk adalah Rp 123.000,00. Harga 1 kg apel dan 1 kg jeruk adalah....
A. Rp 33.000,00
B. Rp 24.000,00
C. Rp 19.000,00
D. Rp 18.000,00
7. Fitra membeli 3 buku dan 2 pensil seharga Rp11.500,00. Prilly membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp16.000,00. Jika Ika membeli 2 buku dan 1 pensil, jumlah uang yang harus dibayar adalah.....
A. Rp4.500,00
B. Rp6.500,00
C. Rp7.000,00
D. Rp7.500,00
8. Panjang sisi-sisi sebuah segitiga diketahui 2x cm, (2x + 2) cm, dan (3x + 1) cm. Jika kelilingnya 24 cm, panjang sisi yang terpanjang adalah ....
a. 6 cm
b. 10 cm
c. 8 cm
d. 12 cm
9. Harga sebuah buku sama dengan dua kali harga pensil. Jika 6 buku dan 15 pensil harganya Rp21.600,00, harga satu buku adalah ....
a. Rp1.600,00
b. Rp800,00
c. Rp1.500,00
d. Rp750,00
10. Jika x dan y adalah penyelesaian dari sistem persamaan 7x + 2y = 19 dan 4x − 3y = 15, nilai dari 3x − 2y adalah....
A. −9
B. −3
C. 7
D. 11
11. Jika x dan y memenuhi system persamaan
3x – y = 16 dan x + y = 12,
maka x + 2y adalah.....
A. 14
B. 17
C. 19
D. 22
12. Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..
A. Rp 275.000,00
B. Rp 285.000,00
C. Rp 305.000,00
D. Rp 320.000,00
13. Penyelesaian system persamaan dari 2x + 3y = 26 dan 3x + 4y = 37 adalah x dan y. Nilai x – y adalah ….
a. -69
b. 28
c. 11
d. 63
14. Himpunan penyelesaian system persamaan 2x + 3y = 19 dan x – y = -8 adalah {(x,y)}. Nilai x – 7y = ….
a. 52
b. -48
c. 48
d. 63
15. Penyelesaian system persamaan x – y =1 dan adalah x dan y. Nilai x + y = ….
a. 19
b. 12
c. 17
d. 7
16. Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah…..
A. Rp 275.000,00
B. Rp 285.000,00
C. Rp 305.000,00
D. Rp 320.000,00
17. Harga 3 kg apel dan 5 kg jeruk adalah Rp 85.000,00. Harga 5 kg apel dan 7 kg jeruk adalah Rp 123.000,00. Harga 1 kg apel dan 1 kg jeruk adalah....
A. Rp 33.000,00
B. Rp 24.000,00
C. Rp 19.000,00
D. Rp 18.000,00
18. Fitra membeli 3 buku dan 2 pensil seharga Rp11.500,00. Prilly membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp16.000,00. Jika Ika membeli 2 buku dan 1 pensil, jumlah uang yang harus dibayar adalah.....
A. Rp4.500,00
B. Rp6.500,00
C. Rp7.000,00
D. Rp7.500,00
19. Panjang sisi-sisi sebuah segitiga diketahui 2x cm, (2x + 2) cm, dan (3x + 1) cm. Jika kelilingnya 24 cm, panjang sisi yang terpanjang adalah ....
a. 6 cm
b. 10 cm
c. 8 cm
d. 12 cm
20. Harga 3 celana dan 2 baju adalah Rp280.000,00. Sedangkan harga 1 celana dan 3 baju di tempat dan model yang sama adalah Rp210.000,00.
Harga sebuah celana adalah … .
A.Rp65.000,00 C. Rp50.000,00
B. Rp60.000,00 D. Rp45.000,00
21. Selisih umur seorang ayah dengan anaknya 40 tahun. Jika umur ayah tiga kali lipat dari umur anaknya, maka umur anak tersebut adalah ….
A. 10 tahun C. 20 tahun
B. 15 tahun D. 25 tahun
22. Jumlah dua buah bilangan cacah adalah 65 dan selisihnya adalah 15.
Bilangan terkecil dari dua bilangan tersebut adalah ….
A. 25 C. 35
B. 30 D. 40
23. Harga 5 buah kue A dan 2 buah kue B Rp4.000,00. Sedangkan harga 2 buah kue A dan harga 3 buah kue B Rp2.700,00. Jadi, harga sebuah kue A dan dua buah kue B adalah ….
A. Rp1.200,00 C. Rp1.800,00
B. Rp1.600,00 D. Rp2.400,00
24. Jika penyelesaian sistem persamaan 2x – 3y = 7 dan 3x + 2y = 4 adalah x = a dan y = b, maka nilai
a – b = ....
A. -3 C. 1
B. –1 D. 3
25. Panjang suatu persegi panjang adalah 1 cm lebih dari lebarnya. Jika keliling persegi panjang adalah 30 cm, maka luas persegi panjang tersebut adalah ....
A. 48 cm2 C. 56 cm2
B. 64 cm2 D. 72 cm2
Soal Uraian
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Keliling sebuah persegi panjang 76 dm. Jika selisih antara panjang dan lebar persegi panjang tersebut 10 dm, tentukanlah:
a. model matematika dari cerita tersebut,
b. panjang dan lebar persegi panjang tersebut,
c. luas persegi panjang tersebut.
2. Harga 5 buku dan 3 penggaris adalah Rp21.000,00. Jika Maher membeli 4 buku dan 2 penggaris, maka ia harus membayar Rp16.000,00.
Berapakah harga yang harus dibayar oleh Suci jika ia membeli 10 buku dan 3 penggaris yang sama?
3. Jumlah uang Diana dan uang Demi Rp220.000,00. Jika uang Diana ditambah dengan tiga kali lipat uang Demi sama dengan Rp420.000,00,
tentukanlah:
a. model matematika dari soal cerita tersebut,
b. besarnya uang masing-masing,
c. selisih uang Diana dan uang Demi.
4. Jumlah umur Gino dan umur Handoko adalah 60 tahun dan selisih umur mereka adalah 4 tahun (Gino lebih tua). Tentukanlah:
a. model matematika dari soal cerita tersebut,
b. umur Gino dan umur Handoko,
c. perbandingan umur Gino dan umur Handoko.
9. Perhatikan gambar berikut.
Tentukan nilai x dan y
10. Gambar di samping menunjukkan suatu persegi
yang dibagi menjadi 6 bagian yang sama.
Setiap bagian berupa persegi panjang mempunyai
keliling 70 cm. Tentukan luas persegi yang dimaksud.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar