Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------
Gejalan Alam Biotik dan Abiotik
--------------------------------------------------------
1. Makhluk hidup yang mampu menggunakan sinar matahari untuk mengolah makanan adalah ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. manusia
d. jamur
2. Faktor abiotik yang berpengaruh pada tersedianya oksigen pada lautan adalah ....
a. cahaya matahari
b. angin
c. suhu
d. air
3. Manfaat tumbuhan air dalam akuarium bagi komponen biotik lain adalah ....
a. keindahan
b. menjernihkan air
c. suplai oksigen
d. membuat teduh
4. Belajar mencari ilmu tidak hanya di dalam kelas atau di dalam laboratorium, tetapi memperoleh ilmu, sains, dan teknologi juga dapat dilakukan di alam terbuka yang mengandung tumbuhan, hewan dan lingkungannya.
Hal ini berarti pembudidayaan tumbuhan dan hewan memiliki nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
5. Pembudidayaan hutan sehingga dapat diambil hasilnya berupa rotan, kayu, dan objek wisata yang menghasilkan uang merupakan suatu nilai dari pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hutan, nilai yang dimaksud adalah ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
6. Lingkungan abiotik yang tidak dapat dipengaruhi manusia adalah … .
a. tanah
b. gravitasi bumi
c. air
d. kandungan mineral
7. Salah satu akibat kepunahan suatu jenis makhluk hidup adalah … .
a. mengurangi keanekaragaman makhluk hidup
b. berkurangnya variasi makhluk hidup tersebut
c. berkurangnya ketersediaan makanan bagi manusia
d. hilangnya penghasilan manusia
8. Perkembangan baru berikut yang menyebabkan udara bersih adalah … .
a. menjadikan semua kendaraan bermotor dapat berjalan dengan baterai listrik
b. mengadakan lebih banyak penghijauan hutan pada negara-negara di dunia
c. memerintahkan rakyat berhenti merokok
d. menghentikan produksi pesawat terbang supersonik dan concorde
9. Gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan ....
a. ekosistem
b. komunitas
c. populasi
d. biosfer
10. Satu perbedaan antara produsen dan konsumen adalah ....
a. konsumen bisa berfotosintesis, produsen tidak
b. produsen terdiri atas beberapa tingkat, konsumen tidak
c. konsumen biasanya tumbuhan, produsen biasanya serangga dan plankton
d. produsen mampu membuat makanan sendiri, konsumen tidak
11. Faktor abiotik yang tidak terpengaruh oleh sinar matahari adalah ….
a. suhu
b. mineral
c. kelembapan
d. intensitas cahaya
12. Bakteri dan jamur mendapatkan energinya dari makhluk hidup yang sudah mati, Oleh karena itu, di dalam komunitas, bakteri dan jamur berperan sebagai ....
a. produsen
b. konsumen
c. pengurai
d. perombak
13. Energi tidak selamanya tetap dalam tubuh suatu makhluk hidup melainkan mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Aliran energi terjadi jika terdapat proses ....
a. fotosintesis
b. makan dan dimakan
c. penguraian
d. transfer energi
14. Berikut ini beberapa makhluk hidup dalam sebuah ekosistem ....
1. ayam
2. padi
3. elang
4. belalang
Urutan rantai makanan yang dapat terjadi pada makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 2 -3 - 4 - 1
b. 2 - 4 - 3 - 1
c. 2 - 4 - 1 - 3
d. 3 - 2 - 4 - 1
15. Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah ....
a. bakteri
b. fitoplankton
c. plankton
d. zooplankton
16. Berikut yang termasuk komponen abiotik adalah ….
a. batu, tanah, air,udara
b. batu, air, semut, udara
c. air, ulat, udara, tanah
d. semut , ulat, kecoa, ular
17. Berikut ini perpindahan energi yang benar adalah ….
a. matahari – herbivora - karnivora - omnivora
b. matahari – produsen - konsumen I – konsumen II
c. produsen – karnivora – herbivora – matahari
d. produsen – matahari – konsumen produsen
18. Faktor abiotik yang berpengaruh pada tersedianya oksigen pada lautan adalah ....
a. cahaya matahari
b. angin
c. suhu
d. air
19. Ekosistem yang paling mudah mengalami perubahan rantai makanan setiap tahun adalah ....
a. laut
b. sungai
c. sawah
d. hutan
--------------------------------------------------------
Ciri-ciri/Karakteristik Makhluk Hidup
--------------------------------------------------------
1. Laron akan terbang mengerumuni cahaya, sebagai tanda/ciri makhluk hidup untuk ....
a. berkembang biak
b. peka terhadap rangsangan
c. bernapas
d. tumbuh
2. Berikut ini zat yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat nutrisi sendiri, kecuali ....
a. oksigen
b. air
c. karbon dioksida
d. cahaya matahari
3. Yang tidak termasuk dari ciri-ciri makhluk hidup adalah .…
a. mendengar dan beradaptasi
b. melihat dan membutuhkan oksigen
c. berfotosintesis dan mendengar
d. mengeluarkan zat sisa dan bernapas
4. Perhatikan gambar di bawah ini !
Ciri-ciri mahluk hidup yang tampak pada gambar tersebut adalah ....
a. Bernapas
b. Berfotosintesis
c. Menanggapi Rangsang
d. Tumbuh dan berkembang
5. Berikut ini yang bukan termasuk ciri makhluk hidup adalah
A. Peka terhadap rangsangan
B. Berkembang biak
C. Mengeluarkan gas
D. Begerak
6. Agar bisa membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau memerlukan
A. Oksigen dan karbon dioksida
B. Oksigen dan air
C. Karbon dioksida dan air
D. Karbon dioksida dan zat gula
7. Cara berkembang biak pada makhluk hidup ada yang secara kawin dan tak kawin. Secara tak kawin dapat dilakukan dengan cara
A. Membentuk spora dan membelah diri
B. Bertelur dan beranak
C. Membentuk spora dan bertelur
D. Bertelur dan membelah diri
8. Pada proses fotosintesis menghasilkan
A. Protein
B. Karbohidrat
C. Lemak
D. Vitamin
9. Pernyataan yang menunjukkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak adalah ....
a. Seekor ular mengeluarkan bisa
b. Setelah dierami selama 21 hari, telur ayam menetas
c. Apabila disentuh, daun puteri malu akan mengatup
d. Tumbuhan akan mengeluarkan getah apabila dipangkas
10. Rusdi menggolongkan ikan mas, biawak, ular kobra, dan buaya menjadi satu kelompok berdasarkan kesamaan ciri, yaitu ....
a. Cara bernapas b. mempunyai sisik
c. Tempat hidupnya
d. mengandung lendir
11. Berikut ini beberapa tanaman yang ditemukan di kebun sekolah :
1) Mangga
2) Kembang sepatu
3) Padi
4) Jagung
5) Jeruk
Tanaman yang dapat dikelompokkan dalam kelompok yang sama karena berakar tunggang adalah ....
a. 1, 2 dan 5
b. 1, 2 dan 3
c. 2, 3 dan 5
d. 2, 4 dan 5
12. Ciri-ciri makhluk hidup sebagai berikut :
(1) Bergerak aktif
(2) Melakukan fotosintesis
(3) Bernapas membutuhkan oksigen
(4) Menyerap energi matahari secara langsung
Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
13. Gambar berikut menunjukkan seekor induk ayam dengan anak-anaknya. Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan adalah ....
a. Berkembang biak
b. Memerlukan makanan
c. Peka terhadap rangsang
d. Tumbuh dan berkembang
14. Bunglon mempunyai kemampuan mengubah warna kulit sesuai dengan warna lingkungan sekitar untuk mempertahankan diri. Ciri hidup yang ditunjuk oleh hewan tersebut adalah ....
a. tumbuh
b. bergerak
c. beradaptasi
d. berkembang biak
15. Kayu yang dibuat menjadi meja dan kursi tidak dapat digolongkan sebagai makhluk hidup, meskipun berasal dari batang tumbuhan yang pernah hidup. Hal ini karena ....
a. Kayu dapat diubah bentuknya
b. Meja dan kursi kayu dapat berespirasi c. Meja dan kursi kayu dapat bereproduksi
d. Kayu tidak dapat tumbuh dan berkembang
16. Di alam terdapat bakteri yang berukuran mikroskopik dan tidak memiliki alat gerak. Tubuhnya hanya terdiri atas satu sel beserta organel-organelnya. Meskipun demikian bakteri tetap dikelompokkan sebagai makhluk hidup karena memiliki....
a. Dinding sel
b. Asam nukleat
c. Saluran pernapasan
d. Sel kelamin untuk berkembang biak
17. Kecoak memiliki sepasang antena yang mampu mendeteksi panas di sekitarnya. Ketika ada api yang menyala, kecoak bergerak menjauhinya. Hal ini menunjukkan ciri makhluk hidup, yaitu ....
a. bernapas
b. berkembang biak c. memiliki asam nukleat
d. peka terhadap rangsang
18. Kelinci yang hidup di padang pasir memiliki rambut berwarna coklat yang menyerupai warna pasir. Hal ini menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup, yaitu ....
a. Iritabilitas
b. beradaptasi
c. berkembang biak
d. memerlukan makanan.
19. Tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri. Namun, tumbuhan juga membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ciri hidup ....
a. tumbuh
b. bergerak
c. bernapas
d. peka terhadap rangsang
20. Tumbuhan mampu mengubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan gula merupakan ciri makhluk hidup ....
a. bergerak
b. bernapas c. membutuhkan makanan
d. tumbuh dan berkembang
21. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga melakukan gerakan. Tumbuhan bergerak karena ….
a. makanan yang dimakannya
b. rangsangan dari luar tubuhnya c. rangsangan dari dalam tubuhnya
d. rangsangan dari dalam dan luar tubuhnya
22. Makhluk hidup selalu bernapas. Bernapas adalah ….
a. menghirup dan menghembuskan oksigen
b. menghirup dan menghembuskan karbon dioksida
c. menghirup karbondioksida dari udara dan menghembuskan oksigen
d. menghirup oksigen dari udara dan menghembuskan karbon dioksida
23. Di dalam tubuh makhluk hidup berlangsung proses oksidasi yang menghasilkan …
a. gula
b. tenaga
c. lemak dan protein
d. oksigen dan karbon dioksida
24. Bunga matahari menghadap kearah yang berubah-ubah. Perubahan itu dipengaruhi oleh ….
a. arah angin
b. tekanan udara
c. cahaya matahari
d. kelembapan udara
25. Makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber ….
a. energi
b. oksigen
c. uap air
d. karbondioksida
Essay
--------------------------------------------------------------------
1. Sekarang ini sudah mulai banyak robot super pintar. Kalau dahulu robot hanya mengikuti perintah manusia, kini dengan kemajuan komputer robot sudah bisa mengolah sendiri informasi yang diperolehnya. Apabila suatu saat nanti sudah ada robot yang bisa membuat robot lagi, apakah robot tersebut makhluk hidup?
2. Bagaimana cara membuktikan bahwa ragi adalah makhluk hidup?
3. Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedanya dengan benda mati!
4. Bagaimana cara makhluk hidup menjaga kelangsungan hidup jenisnya?
5. Apakah perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan?
6. Apakah yang terjadi pada makhluk hidup jika terjadi perubahan pada lingkungannya?
7. Tuliskan 2 fenomena alam yang menjadi petunjuk bahwa tumbuhan dapat bergerak!
--------------------------------------------------------
Prosedur Pengklasifikasian Makhluk
--------------------------------------------------------
1. Hewan di bawah ini yang termasuk kelas Mamalia adalah ....
a. buaya dan kupu-kupu
b. ular dan udang
c. katak dan hiu
d. kelelawar dan paus
2. Kelompok tumbuhan yang dikelompokkan berdasarkan pada manfaatnya adalah tumbuhan ....
a. monokotil
b. hiasan
c. biji terbuka
d. berklorofil
3. Makhluk hidup sangatlah beragam jenisnya. Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, para ahli membuat ….
a. buku-buku penunjang
b. klasifikasi
c. cagar alam dan suaka margasatwa
d. sistem pengontrolan
4. Lumut memiliki ciri utama yang membedakannya dengan tumbuhan lain, yaitu .…
a. warnanya selalu hijau
b. berkembang biak tidak banyak
c. tidak memiliki sistem pencernaan
d. belum ada pembuluh angkut
5. Hewan bertulang belakang yang berkembang biak tidak dengan bertelur adalah .…
a. Mammalia
b. Reptilia
c. Pisces
d. Amphibi
6. Ciri khas tumbuhan paku di antaranya .…
a. tidak dapat tumbuh tinggi
b. daun muda menggulung
c. fase gametofit lebih dominan
d. bercabang-cabang
7. Amphibia adalah salah satu contoh hewan bertulang belakang yang hidup di dua alam. Berikut adalah yang bukan ciri Amphibi adalah ....
a. kulit halus
b. alat pernapasan insang saat masih berbentuk kecebong
c. kulit bersisik
d. kaki belakang berselaput
8. lumut kerak merupakan tumbuhan …
a. hasil hidup bersama askomisetes dan ganggang
b. berasal dari simbiosis antara jamur dan lumut
c. gabungan antara jamur dan paku
d. hasil hidup bersama 2 macam jamur
9. Kelompok tumbuhan biji terbuka adalah …
a. kacang tanah, jagung, jambu mete
b. pakis haji, mlinjo, pinus
c. kacang tanah, mlinjo, pinus
d. pakis haji, jambu mete, jagung
10. Tumbuhan biji terbuka yang umumnya dijadikan tanaman hias adalah …
a. pakis haji
b. mlinjo
d. tusam
d. damar
11. Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan untuk ….
a. penggosok pakainan
b. spons mandi
c. pengosok kulit
d. vas bunga
12. Burung termasuk hewan berdarah panas, artinya ….
a. suhu tubuh mengikuti suhu lingkungan
b. suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan
c. meskipun suhu lingkungan berubah, suhu tubuhnya tetap
d. mempunyai kemampuan adaptasi terhadap lingkungan
13. Di antara hewan berikut yang rangkanya berupa rangka dalam adalah ….
a. belalang dan kupu-kupu
b. katak dan kadal
c. lebah dan laba-laba
d. kumbang dan kala
14. Pada waktu terbang burung lebih efektif bernafas dengan menggunakan ….
a. paru-paru buku
b. pundi-pundi hawa
c. insang dan paru-paru
d. paru buku dan pundi hawa
15. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. semakin sedikit perbedaan ciri, semakin jauh kekerabatannya
b. semakin sedikit persamaan ciri, semakin dekat kekerabatannya
c. semakin banyak persamaan ciri, semakin jauh kekerabatannya
d. semakin banyak persamaan ciri, semakin dekat kekerabatannya
16. Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut.
1. kaki jalan berjumlah lima pasang
2. antena dua pasang
3. eksoskeleton tersusun dari zat kitin
4. bernapas dengan insang
5. tubuh terdiri dari sefalothorax dan abdomen
Hewan tersebut termasuk kelas ….
a. Insecta
b. Myriapoda
c. Crustacea
d. Arachnoidea
17. Contoh hewan yang menyusui tetapi berkembang biak dengan bertelur adalah ….
a. platipus
b. ikan paus
c. kangguru
d. ikan pesut
18. Gajah termasuk hewan yang dilindungi. Perlindungan terhadap spesies gajah karena ….
a. kemampuan reproduksinya rendah
b. termasuk hewan yang sulit beradaptasi
c. banyak diburu manusia
d. sulit berkembang biak
19. Jika kamu menemukan hewan yang memiliki ciri-ciri di bawah ini:
(1) hewan multiseluler
(2) memiliki tubuh simetris bilateral
(3) tubuh berpori-pori
(4) bentuk tubuh cukup besar
Kamu mengambil kesimpulan, hewan tersebut termasuk filum ....
a. Porifera
b. Annelida
c. Platyhelminthes
d. Nemathelminthes
Essay
---------------------------------------------------------------------------
1. Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama,
tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan.
2. Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air
dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut?
3. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan ciri- ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan.
4. Perhatikan gambar berikut.
Cari persamaan dan perbedaan dari hewan- hewan tersebut. Kemudian kelompokkan
hewan-hewan tersebut.
5. Ida menemukan tumbuhan yang memiliki ciri- ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh
tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida.
6. Mengapa sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskan jawaban kamu terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup.
7. a. Sebutkan persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam
dan burung elang.
b. Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam
dan elang.
8. Jika kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar.
Dari peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya.
9. Pada suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak dapat bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan, termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya.
--------------------------------------------------------
Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
--------------------------------------------------------
1. Energi tidak selamanya tetap dalam tubuh suatu makhluk hidup melainkan mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Aliran energi terjadi jika terdapat proses ....
a. fotosintesis
b. makan dan dimakan
c. penguraian
d. transfer energi
2. Perkembangan baru berikut yang menyebabkan udara bersih adalah … .
a. menjadikan semua kendaraan bermotor dapat berjalan dengan baterai listrik
b. mengadakan lebih banyak penghijauan hutan pada negara-negara di dunia
c. memerintahkan rakyat berhenti merokok
d. menghentikan produksi pesawat terbang supersonik dan concorde
3. Berkaitan dengan pencemaran udara, program reboisasi bertujuan untuk ….
a. memperindah kota
b. lingkungan menjadi indah
c. supaya lingkungan teduh
d. mengurangi karbondioksida
4. Dampak kepadatan penduduk terhadap kerusakan lingkungan adalah ....
a. lingkungan akan semakin terjaga
b. terjadinya kerusakan yang cenderung meningkat
c. lingkungan akan stabil
d. kualitas lingkungan akan menjadi meningkat
6. Limbah rumah tangga sukar terurai oleh lingkungan adalah ....
a. plastik, kaca, karet
b. karet, dedaunan, kaca
c. kaca, plastik, besi
d. kaleng, besi, sampah organik
7. Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen adalah kelompok makhluk hidup yang mampu melaksanakan proses fotosintesis, yakni tumbuhan yang memiliki klorofil. Proses tersebut menghasilkan bahan-bahan organic yang dibutuhkan makhluk hidup lainnya. Berdasarkan bacaan diatas maka tumbuhan tersebut tergolong dalam organisme....
a. Autotrof
b. Heterotrof
c. Saprofor
d. Detritivor
8. Jatuhnya daun pada tanah dapat mengakibatkan ....
a. kesuburan tanah bertambah
b. kesuburan tanah menurun
c. kematian tumbuhan lain
d. kandungan mineral berkurang
9. Daun putri malu mengatup ketika disentuh. Peristiwa ini menunjukkan makhluk hidup .....
A. Membutuhkan makanan
B. Peka terhadap rangsangan
C. Mengeluarkan zat sisa
D. Bergerak aktif
10. Pada waktu sore hari daun lamtoro tampak mengatup. Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ciri....
A. Tumbuh
C. Bergerak
B. Bernapas
D. Berkembang
11. Pada suatu ekosistem kebun terdapat:
1). Sekelompok cacing tanah,
2). 4 tanaman bayam,
3). Seekor kucing,
4). 12 ekor ulat
5). 8 ekor ulat kecil,
6). 16 ekor katak,
7). 7 ekor belalang,
8). 22 ekor kupu-kupu, dan
9). Seekor kambing.
Satuan ekosistem yang merupakan populasi adalah ...
A. 1,2,3,4,5,6,7
B. 1,2,4,5,6,7,8
C. 1,2,4,5,6,8,9
D. 1,2,5,6,7,8,9
12. Interaksi antar makhluk hidup yang menunjukkan terjadinya simbiosis komensalisme yaitu.....
A. Cacing pita yang hidup dalam usus manusia
B. Benalu yang hidup pada pohon-pohon besar
C. Anggrek yang menempel pada pohon
D. Burung jalak yang hinggap pada punggung kerbau
13. Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang, 6 ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu adalah . . .
a. 1 ekor burung
b. 15 ekor belalang
c. 6 ekor katak
d. Sinar matahari
e. 2 ekor ular
14. Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah ….
a. Bakteri
b. Fitoplankton
c. Plankton
d. Zooplankton
e. semua jawaban salah
15. Di bawah ini yang bukan merupakan tumbuhan sebagai produsen adalah ….
a. rumput
b. jamur
c. bayam
d. kangkung
e. manga
16. Di bawah ini yang merupakan hubungan mutualisme adalah..
a. kupu-kupu dengan bunga
b. pohon anggrek dengan pohon inangnya
c. benalu dengan pohon inangnya
d. bunga bangkai dengan pohon
e. semua jawaban benar
17. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat :
1) ikan karnivora
2) bakteri pengurai
3) Fitoplankton
4) ikan herbivora
5) zat-zat organik
dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya . . .
a. 2, 5, 3, 4, dan 1
b. 5, 3, 4, 1, dan 2
c. 3, 4, 1, 5, dan 2
d. 5, 3, 4, 2, dan 1
e. 3, 4, 5, 1, dan 2
18. minyak bumi dan batu bara yang terdapat di perut bumi kita merupakan sumber daya alam yang terbentuk melalui siklus ….
a. air
b. oksigen
c. karbon
d. nitrogen
e. fosfor
19. Menurut niche-nya organisme yang berperan dalam mengembalikan unsur hara ke lingkungan abiotik adalah ….
a. produsen dan detritivor
b. detritivor dan dekomposer
c. produsen dan konsumen
d. dekomposer dan produsen
e. konsumen dan decomposer
20. Penghilangan komponen konsumen I pada suatu ekosistem kolam akan menyebabkan . . .
a. jumlah dekomposer makin banyak
b. konsumen I darat menggantikan konsumen I kolam
c. status konsumen III merangkap sebagai herbivor
d. konsumen ll berubah fungsi menjadi konsumen I
e. jumlah populasi produsen akan meledak
21. Faktor yang membedakan ekosistem air tawar lentik dan lotik adalah ….
a. kandungan oksigen pada habitat lotik Iebih tinggi
b. pertukaran air tanah pada lotik Iebih kecil
c. air tawar lotik terdapat pada sungai,selokan, dan kolam
d. air tawar lotik tidak ada arus air
e. air tawar lentik terdapat pada danau,kolam, dan sungai
22. Di suatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif maka setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi ….
a. penurunan populasi kambing dan harimau
b. penurunan popuasi harimau dan peningkatan populasi kambing
c. peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau
d. peningkatan populasi rumput dan harimau
e. penurunan populasi rumput dan harimau
23. Berikut adalah beberapa organisme di alam.
1) Padi
2) Pepaya
3) Ayam
4) Elang
5) Ular
6) Tikus
7) Kucing
8) Serigala
9) Musang
10) Jagung
Rantai makanan yang dapat terjadi adalah ….
a. 1, 3, 6, dan 7
b. 2, 3, 6, dan 8
c. 10, 6, 5, dan 4
d. 1, 6, 5, dan 9
e. 10, 6, 7, dan 4
24. Ditemukan dalam kolam, sekelompok organisme yang terdiri atas ikan mas, Hydrilla, dan mikroorganisme dengan air yang terlihat keruh. Tingkatan organisme kehidupan tersebut termasuk ….
a. Ekosistem
b. populasi
c. individu
d. biosfer
e. komunitas
25. Jika karbon dioksida dalam suatu ekosistem jumlahnya makin berkurang, organisme yang pertama-tama akan mengalami dampak negatif adalah . . .
a. pengurai
b. Karnivor
c. Produsen
d. Karnivora puncak
e. Konsumen
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar