Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
MENULIS TERBATAS
--------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------
Melengkapi Istilah/Kata Dalam Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Perhatikan kalimat berikut!
Karena ... perusahan itu terus menerus menurun, banyak karyawan yang dirumahkan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. aktivitas
B. produksi
C. intensitas
D. produktivitas
2. Perhatikan kalimat berikut!
Persoalan ... tidak sepenuhnya bisa dikendalikan dengan pestisida.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A. Benih
B. Hama
C. Irigasi
D. Panen
3. Perhatikan kalimat berikut!
Daerah itu terkenal sebagai lingkungan yang ... sehingga penduduknya hidup tenteram.
Kata berimbuhan asing yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A. Alamiah
B. Agamis
C. Ilmiah
D. Agamawi
4. Dampak negatif menurunnya BBM dalam jangka pendek dapati dikurangai dengan menerapkan ... fiskal.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. aturan
B. kebijakan
C. ketentuan
D. pedoman
5. Perhatikan kutipan petunjuk berikut !
Jika anda berada dalam bangunan bertingkat setelah terjadi kebakaran dan masih sadar :
(1) Jangan panik berlebihan.
(2) [ ….]
(3) Jauhi bangunan agar terhindar dari bahaya reruntuhan.
(4) Mintalah pertolongan apabila Anda terluka untuk mendapatkan pertolongan pertama.
Dengan petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat . . . .
a. Carilah jalan untuk keluar secepatnya dan amankan dari bahaya kebakaran.
b. Cari pintu keluar, gunakan tangga untuk mempercepat waktu ke luar ruang.
c. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa agar cepat.
d. Cari pertolongan dengan segera agar tidak terjebak di dalam gedung, api semakin besar.
6. pemilihan jenis keramik lantai ... karpet yang akan digunakan di ruangan ini harus dicermati dengan baik. hal ini mengingat akan banyak orang yang lalu lalang di sana. Sebaiknya, pilih keramik lantai.... karpet yang tahan lama dan mudah dibersihkan ... memudahkan perawatan ... tidak perlu sering mengganti dengan yang baru.
Secara berurutan, kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a. dan, atau, agar, atau
b. atau, agar, dan, atau
c. atau, atau, agar, dan
d. dan, dan, agar, atau
7. Perhatikan puisi rumpang berikut
Dalam Sakit
telah berbulan terbaring di ranjang
rabuku meradang
selalu diri […](1) kesendatan hidup
untung jantung tetap berdegup
dalam […](2) di senja gerimis
kaunasihati aku berhenti menulis
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah…
a. (1) ditempa, (2) melirik
b. (1) ditepis, (2) sekejap
c. (1) dibuai, (2) sejenak
d. (1) didera, (2) menengok
-------------------------------------------------------------------------
Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya.
(2) Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat peraturan tentang pelestarian lingkungan, masih banyak manusia yang belum menyadari bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita.
(3) Hal ini sangat penting karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi.
(4) Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita.
(5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.
(6) Siapa pun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(6)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)
C. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)-(6)
D. (1)-(6)-(5)-(2)-(3)-(4)
2. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Meskipun sejak dulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
(2) Mungkin sudah banyak beredar buku-buku tentang manfaat lidah buaya.
(3) Namun, minat baca masyarakat kita yang rendah sedikit menghambat laju informasi tersebut.
(4) Hal itu terjadi karena informasi tentang manfaat tanaman ini belum tersosialisasikan dengan maksimal.
(5) Padahal, para peneliti menemukan manfaat lebih dari tanaman serba guna ini.
(6) Berikut ini lima manfaat kesehatan dari lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks eksposisi yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (6)-(1)-(4)-(2)-(3)-(5)
3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Film "Naga Bonar" merupakan film garapan sutradara M.T. Risyaf pada tahun 1987 dibintangi oleh Deddy Mizwar, Nurul Arifin, dan Afrizal Anoda.
(2) Sekuelnya juga sudah dibuat bertajuk "Naga Bonar (Jadi) 2" (2007) yang ternyata sukses ditonton oleh banyak orang.
(3) Ini berarti masyarakat kita butuh keragaman tema film.
(4) Film ini merupakan film komedi situasi yang mengambil latar peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika sedang melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda pasca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)
C. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
D. (5)-(2)-(3)-(4)-(1)
4. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk kepada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang menculik Soekarno ke RengasDengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
(2) Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
(3) Pada masa itu Soekarno-Hatta pernah dibuang kembali ke Parapat dan Bangka.
(4) Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda.
(5) Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai Presiden dipulihkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut menjadi teks biografi yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (1)-(4)-(3)-(2)-(5)
5. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Tali kur dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
(2) Buatlah simpul datar.
(3) Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
(4) Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu, gunakan tambahan aksesori lain.
(5) Ikat rambut siap digunakan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat ikat rambut yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
6. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Untuk melanjutkan keperguruan tinggi, lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA.
(2) Oleh karena itu, rata-rata siswa SMK kesulitan masuk ke perguruan tinggi.
(3) Adapun lulusan SMA bisa lebih bebas melanjutkan ke perguruan tinggi karena materi-materi yang diajarkan di SMA mencakup semuanya.
(4) Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan di SMK.
(5) Kalau pun bisa akan kesulitan karena di SMK hanya diajarkan materi-materi yang mendalam di jurusannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks tanggapan kritis yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)
C. (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
D. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
7. Cermatilah kalimat-kalimat berikut ini dengan saksama
(1) Siang harinya sesuai rencana kami, aku pun menunggu teman-temanku di samping pintu gerbang sekolah.
(2) Sebelum ke rumah Imah, kami sempat mampir ke warung untuk membeli roti. Bahkan Afga sempat membeli es karena kehausan.
(3) "Ke mana ya mereka?" gumamku.
(4) Tiba-tiba mereka mengejutkanku dan berteriak, "Dor! kaget, ya?"
(5) "Apaan sih, kalian? mengagetkanku saja. Kalau aku jantungan gimana?" seruku.
(6) "Maaf, maaf, Di. Soalnya tadi kami mampir dulu ke ruang guru untuk mengumpulkan tugas dari Pak Marno," pinta Ana dan Afga.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks cerpen yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(4)-(5)-(6)-(2)
C. (1)-(3)-(4)-(6)-(5)-(2)
D. (6)-(1)-(2)-(3)-(4)-(5)
8. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Lalu terlintas di benak kuda itu untuk menakuti hewan-hewan hutan.
(2) Lalu dia menunggu hewan hutan yang akan melewatinya.
(3) Tidak lama kemudian beberapa domba gunung berjalan ke arah dirinya.
(4) Kuda itu bergegas mencari tempat untuk bersembunyi.
(5) Tempat itu harus terlihat gelap dan sering dilalui oleh beberapa hewan hutan.
(6) Akhirnya dia menemukann semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi dan kuda itu pun masuk ke semak-semak dengan menggunakan kulit harimaunya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks fabel yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(6)-(3)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (1)-(4)-(5)-(6)-(2)-(3)
9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok kami memutuskan untuk mengamati green house sekolah.
(2) Tanaman-tanaman tersebut, antara lain sirih merah, serai, kemangi, jambu biji, dan sirsak.
(3) Pagi tadi, kami ditugaskan oleh guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Di green house, kami mengidentifikasi sejumlah tanaman yang bisa dijadikan obat.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(6)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(6)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)
D. (3)-(1)-(6)-(2)-(5)-(4)
10. Cermati petunjuk pembuatan cincau lidah buaya berikut!
(1) Siapkan irisan daging daun lidah buaya yang telah dicuci bersih secukupnya.
(2) Masukkan irisan daging daun lidah buaya dalam santan.
(3) Siapkan air santan kelapa diberi gula aren secukupnya dalam panci.
(4) Tuanglah hasil rebusan dalam mangkuk atau gelas.
(5) Rebuslah daging lidah buaya dan santan tersebut sampai mendidih.
(6) Cincau daging daun lidah buaya siap disajikan.
Urutan petunjuk pembuatan cincau lidah buaya agar menjadi teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
C. (1)-(1)-(2)-(5)-(4)-(6)
D. (1)-(3)-(2)-(6)-(4)-(5)
11. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Wayang jemblung biasanya dipentaskan dalam acara hajat keluarga, seperti pesta perkawinan, khitan, atau acara tradisi, seperti sedekah bumi, dan lain-lain.
(2) Wayang jemblung dulu banyak dijumpai di wilayah Kedu, Jawa Tengah.
(3) Wayang Jemblung, baik ceritanya maupun anak wayangnya mirip dengan wayang kulit, tetapi semua iringan gamelan tidak dari peralatan karawitan yang ditabuh.
(4) Bebunyian irigan gamelan semua berasal dari mulut sang dalang.
Urutan yang tepat dari teks laporan observasi tersebut adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(2)-(4)
C. (2)-(1)-(3)-(4)
D. (2)-(3)-(1)-(4)
12. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kami sangat menikmati perjalanan kami karena disepanjang perjalanan dapat melihat pemandangan yang indah.
(2) Akhirnya tanpa terasa kami sampai di tempat tujuan, yaitu Dago Pakar.
(3) Tepat pukul 07.30 kami berkumpul di sekolah.
(4) Tempat wisata Dago Pakar merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan yang terletak di Kota Bandung.
(5) Kami pergi ke tempat tujuan dengan menggunakan bus sekolah.
Urutan laporan yang tepat adalah ....
A. (3)-(5)-(1)-(2)-(4)
B. (3)-(5)-(2)-(4)-(1)
C. (3)-(4)-(5)-(1)-(2)
D. (4)-(3)-(5)-(1)-(2)
13. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui
(2) Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.
(3) Tentukan panjang badan teleskop
(4) Letakkan lensa okuler di perlupnya
(5) Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat teleskop sederhana yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(5)-(4)
14. Cermati petunjuk pembuatan energi alami dari kentang berikut!
(1) Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/senti (jangan disatukan).
(2) Cermatilah nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik.
(3) Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
(4) Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif.
(5) Jika lampu tidak menyala juga, silahkan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.
Urutan petunjuk pembuatan agar teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
C. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
D. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
15. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Taruh pakaian yang akan dicuci k e dalam mesin cuci.
(2) Isi air secukupnya untuk menenggelamkan seluruh pakaian.
(3) Setelah 10 menit, putar tombol ke arah drain.
(4) Beri deterjen lalu putar tombol on ke arah waktu 10 menit.
(5) Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 sampai 3 kali agar pakaian bersih.
(6) Masukkan pakaian ke tabung pengeringan sebelah kanan putar ke angka 5
(7) Ambil dan jemur pakain yang telah dikeringkan.
Urutan kalimat cara mencuci pakaian yang benar adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)
C. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)-(6)-(7)
D. (1)-(2)-(4)-(3)-(6)-(5)-(7)
16. Bacalah kalimat-kalimat acak tersebut!
(1) Pertunjukkan pembuka festival tersebut akan berakhir pada pukul 17.00 WIB
(2) Acara pembukaan Dieng Culture Festival 2016 dilaksanakan pada pukul 14.00 di panggung utama, sebelah timur kompleks candi Arjuna.
(3) Setelah pembukaan berlangsung, dipanggung utama ada pentas musik Kyai Kanjeng beserta Cak Nun dari Yogyakarta.
(4) Pengunjung yang berminat menikmati sunset, bisa naik skuter/scooter ke bukit yang dapat dapat ditempuh hanya adalam waktu 15 menit dari Desa Dieng Kulon.
(5) Setelah melihat sunset, pengunjung segera bersiap untuk menikmati pertunjukkan Jazzatasawan yang akan digelar di panggung utama, timur kompleks candi Arjuna.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan padu adalah ....
A. (2)-(1)-(3)-(4)-(5)
B. (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
C. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)
D. (2)-(3)-(1)-(5)-(4)
17. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Sarapan sangat penting untuk mengisi energi Anda sebelum beraktivitas.
(2) Mereka memunyai banyak alasan, seperti tidak bisa makan berat pada pagi hari atau terburu-buru.
(3) Namun, sebagian besar orang tidak terbiasa melakukan sarapan.
(4) Anda menjadi kurang energi, lemas, dehidrasi, dan konsentrasi menurun
(5) Padahal, efek tidak sarapan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
Urutan tepat agar kalimat-kalimat acak tersebut menjadi paragraf padu adalah ....
A. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
B. (1)-(4)-(2)-(5)-(3)
C. (1)-(1)-(2)-(4)-(3)
D. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
18. Bacalah kalimat-kalimat petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Minuman Teh Jahe
(1) Irislah jahe kecil-kecil sesuai selera
(2) Kupas kulit jahe, lalu memarkan jahe.
(3) Cuci jahe hingga bersih, lalu bakar jahe hingga keluar aromanya.
(4) Rebuslah air hingga mendidih, lalu masukkan jahe
(5) Siapkan gelas berisi teh dan gula, lalu seduh dengan rebusan jahe.
(6) Tunggu rebusan jahe hingga 3 sampai 5 menit.
(7) Aduk hingga gula larut, teh jahe siap disajikan.
Urutan tepat petunjuk membuat minuman teh jahe adalah ....
A. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)-(7)
B. (3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(5)-(7)
C. (3)-(2)-(1)-(5)-(4)-(6)-(7)
D. (3)-(4)-(2)-(1)-(5)-(6)-(7)
-------------------------------------------------------------------------
Melengkapi Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. ..
a. dan
b. ketika
c. sehingga
d. oleh karena itu
2. Anita sibuk membersikan rumah ... Yandi duduk santai.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. saat
b. tetapi
c. dan
d. walaupun
3. Jagalah kesehatan...tidak terserang penyakit.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. tetapi
b. namun
c. kalau
d. agar
4. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. ... terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. atau
d. jika
5. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. ... itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks deskripsi tersebut adalah ....
a. ketika
b. dalam
c. pada
d. atau
6. Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. ... Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor.
D. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.
7. Perhatikan kutipan teks eksposisi berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun. [...] Beberapa bantuan yang akan didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek denyut jantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks eksposisi di atas adalah....
A. Melihat kondisi yang kian menghawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Keadaan semakin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
C. Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian kepada korban meninggal akibat bencana asap.
D. Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswa di daerah terdampak kabut asap.
8. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
Kamar Farhan lumayan luas dan tertata dengan rapi. Di dekat jendela kamar terdapat sebuah tempat tidur kayu jati. Kasur di tempat tidur itu ditutupi seprei dengan motif bintang laut berwarna biru muda. Meja belajar dengan rak buku tersusun rapi di sebelah kanan tempat tidur. [....] Lemari itu memiliki kaca dan berwarna cokelat tua.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah....
A. Meja rias dan alat-alat kecantikan terletak di sudut kamar.
B. Sebuah lemari pakaian diletakkan di sebelah kiri meja belajar.
C. Di lantai kamar terbentang permadani bermotif kartun anak-anak.
D. Di atas meja belajar terdapat beberapa telepon selular.
9. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks ulasan tersebut adalah....
A. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
B. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
C. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
D. Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga.
10. Bacalah kutipan teks prosedur berikut!
Petunjuk Menggunakan Mesin Bor
1. Pasanglah mata bor.
2. Masukkan steker ke dalam stop-kontak.
3. Arahkan mesin bor dengan tepat ke arah tempat yang akan dilubangi dan dikunci.
4. Hidupkan mesin.
5. Atur kecepatan mesin.
6. Matikan mesin dan tunggu sampai putaran berhenti.
7. [. . . .]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks prosedur di atas adalah....
A. Bukalah mata bor, lalu cabut steker dan stopkontak.
B. Masukkan bor ke dalam kardus.
C. Bersihkan bor yang telah digunakan.
D. Cabut steker dari stopkontak dan bukalah mata bor.
11. … yang proporsional terhadap virus flu burung sangat penting untuk … kerugian yang lebih besar.
Kata yang tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah … .
A. pembasmian – mengatasi
B. penanganan – mencegah
C. penanggulangan – menghentikan
D. pemberantasan – mengecilkan
12. Masyarakat pariwisata Kaliurang menyusun ... untuk meyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung Merapi aman dikunjungi.
Kelompok kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. kegiatan wisata
B. rencana kunjungan
C. kertas kerja
D. program pemulihan
13. ... berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para ahli menyarankan ... orang tua tidak langsung merespon teriakan anak, ... memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikasi yang tepat.
Kata penghubung yang tepat melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. setelah, untuk, sebab
B. jika, agar, tetapi
C. sebelum, andai, sebab
D. sesudah, jika, tetapi
14. Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama!
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. ... Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir.
B. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam.
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor.
D. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.
15. Cermati paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [. . .]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang terdapat di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [. . .] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.
Kata ulang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
b. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
c. warna-warni, muda-muda, tolong ditolong
d. warna-warna, muda-muda, tolong-tolong
16. Cermati kutipan berikut !
Abu vulkanik letusan Gunung Barujari di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai masuk ke kota Mataram. Meskipun intensitasnya belum signifikan, kondisi tersebut cukup [ .......... ] bagi kesehatan masyarakat. Pemerintah meminta kepada masyarakat agar waspada saat melakukan [ .......... ] di luar rumah.
Kata tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Mengkhuwatirkan, aktifitas
b. Mengkhawatirkan, aktivitas
c. Mengkuatirkan, aktipitas
d. Mengkhawatirkan, aktifitas
17. Perhatikan paragraf rumpang berikut !
Melayani tamu yang datang di perusahaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Setiap perusahaan menyusun standar pelayanan yang harus dipatuhi oleh petugas pelayanan saat melayani mereka. Ada perusahaan yang menempatkan petugas khusus untuk membukakan pintu bagi setiap tamu yang datang. Ada juga perusahaan yang menyediakan sejumlah media untuk dibaca tamu saat berada di ruang tamu. [ .......... ] Dengan melakukan tindakan simpatik itu, perusahaan berusaha membangun kesan pertama di benak pelanggan dan kolega.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Ekspresi wajah merupakan kesan pertama berkaitan erat dengan perilaku petugas pelayanan saat melayani tamu.
b. Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut kesan pertama dengan tamu dan kolega akan bernilai positif.
c. Beberapa tindakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sikap simpatik dan hormat kepada pelanggan dan tamu.
d. Petugas pelayanan menjadi wakil perusahaan saat berinteraksi dengan tamu sehingga harus bisa memberi kesan positif.
-------------------------------------------------------------------------
Memvariasikan Kata dan Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Bacalah kalimat berikut!
Wisatawan mancanegara banyak berkunjung ke Indonesia. Mereka menikmati keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, mereka sangat tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia.
Variasi kata wisatawan dalam paragraf tersebut adalah kata ....
A. pendatang
B. pelancong
C. penduduk
D. penjelajah
2. Perhatikan paragraf berikut!
Meliza ingin menjadi juara kelas. Setiap hari dia belajar dengan tekun. Akan tetapi, Meliza pun menyerah. Dia merasa tidak dapat menjadi juara kelas.
Variasi kata tepat untuk menggantikan kata menyerah adalah ....
A. angkat kaki
B. angkat topi
C. angkat tangan
D. angkat bicara
3. Perhatikan kalimat berikut!
Linda membeli celana
Variasi pola kalimat yang sama dengan kalimat tersebut adalah ....
A. Rinda memasak ikan tuna
B. Ayah sakit kepala tadi pagi
C. Ibu pergi ke Makassar
D. Rahman mencuci motor
4. Perhatikan kalimat berikut!
Ketika membaca puisi atau mendeklamasikan puisi, kita harus melafalkan kata dengan tepat dan jelas.
Variasi kata tercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. mengucapkan
B. membunyikan
C. menyebutkan
D. melisankan
5. Perhatikan kalimat berikut!
Fenomena warna-warni air di Telaga Warna, Dieng, dapat terjadi karena air di telaga memiliki kandungan belerang cukup tinggi.
Variasi kata tercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. kejadian
B. peristiwa
C. gejala
D. perihal
6. Cermati kalimat berikut!
Asrianty meradang karena ucapan Osdar
Variasi kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. sedih
B. geram
C. kecewa
D. bingung
7. Perhatikan kalimat berikut!
Masyarakat Belitung berupaya meningkatkan taraf ekonomi melalui agrowisata yang mengajak wisatawan melihat secara langsung proses penanaman hingga panen lada.
Variasi kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. pelancong
B. peladang
C. penggemar
D. pengamat
8. Perhatikan kalimat berikut!
Kampung Kauman dahulu adalah tempat tinggal para keluarga dan abdi dalem keraton.
Variasi kata bercetak miring dalam kalimat tersebut adalah ....
A. kerabat
B. handai
C. sejawat
D. kawan
-------------------------------------------------------------------------
Menulis dengan Ilustrasi Tertentu
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermati gambaran berikut!
Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu belum sanggup dipadamkan lantaran cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Banyak pinus terbakar menjalar ke daerah lain.
Teks laporan sesuai gambaran tersebut adalah.....
a. Kebakaran hutan dan tahan di Gunung Lawu belum sanggup dipadamkan sampai ketika ini. Cuaca kering, angin kencang, dan medan berat mengakibatkan api belum sanggup dipadamkan. Tanaman yang terbakar yaitu pinus sehingga gampang sekali menjalar ke daerah lain.
b. Warga dan Pemerintah terlihat sangat murung melinat kebakaran di Gunung Lawu. Kebakaran semakin meluas diakibatkan cuaca kering, angin kencang, dan medan berat. Kebakaran ini telah menelan banyak korban lantaran korban kekurangan oksigen yang disebabkan asap pekat.
c. Hendaknya kita waspada kalau kebakaran hutan dan lahan gunung melanda. Kebakaran hutan merupakan peristiwa yang sanggup merusak kelestarian tumbuhan dan binatang. Oleh lantaran itu, diharapkan penanganan sempurna untuk memadamkan api di Gunung Lawu.
d. Kebakaran di Gunung Lawu sudah merambat ke permukiman warga. Kebakaran itu disebabkan oleh pohon pinus yang gampang terbakar. Petugas pemadam kebakaran mencicipi kesulitan lantaran medan berat.
2. Cermati ilustrasi berikut!
Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) terjadi di Kaimana, Papua Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kaimana. Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer.
Teks laporan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Akhir-akhir ini gempa bumi sering melanda wilayah tanah air. Di Kaimana, Papua Barat telah terjadi gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR). Gempa bumi tersebut tidak merusak bangunan.
B. Gempa bumi terjadi di Kaimana, Papua Barat berkekuatan 5,2 skala Richter. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kiamana, Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tersebut tidak menimbulkan tsunami.
C. Peristiwa gempa bumi sedang melanda negeri kita. Gempa bumi itu telah melanda Kaimana, Papua Barat. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan gedung karena pusat gempa ada di 120 kilometer tenggara Kaimana.
D. Peristiwa gempa bumi tidak dapat diketahui secara pasti. Gempa bumi terjadi secara tiba-tiba, seperti yang dialami warga di Kaimana, Papua Barat. Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter tersebut tidak menimbulkan tsunami.
3. Cermatilah teks berikut!
Pohon kelapa merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena semua bagiannya dimanfaatkan oleh manusia. Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar.
Buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Banyak pohon kelapa terdapat di tepi pantai. Berdasarkan penelitian, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh kita. Selain itu, buah kelapa dapat dijadikan makanan atau minuman.
Teks Eksposisi yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Pohon kelapa menghasilkan buah bernama kelapa. Buah kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat berbagai makanan dan minuman yang menyegarkan. Buah kelapa yang sering dikomsumsi biasanya masih muda sehingga sering disebut kelapa muda. Kelapa muda dapat dinikmati dengan gula jawa, gula pasir, maupun sirop. Kelapa muda juga cocok dinikmati dalam keadaan dingin.
B. Sebaiknya buah kelapa harus dihasilkan oleh pohon kelapa harus sering dikonsumsi. Pohon kelapa biasanya mudah ditemukan di tepi pantai, tetapi banyak pedagang menjual buah kelapa di tepi jalan.
Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan dalam tubuh.
C. Pohon kelapa termasuk jenis tumbuhan palem berbatang tinggi.
Pohon kelapa menghasilkan buah bernama kelapa. Pohon kelapa dapat dimanfaatkan semua bagiannya dari buah, batang, pelepah, hingga akar. Buah kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit TBC. luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa juga dimanfaatkan untuk mengobati keracunan karena dapat menetralkan racun di dalam tubuh.
D. Menurut saya, pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari daun hingga akar. Daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan. Buah kelapa yang tertutup sabut dan tempurung keras di dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Buah kelapa diyakini dapat menyembuhkan penyakit TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Batang kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar.
4. Bacalah kalimat-kalimat fakta berikut!
1) Kapal terbakar di Tanjung Uncang, Batam
2) Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 7 September 2017, pukul 15.20 WIB
3) Lima orang tewas dan satu orang terluka
4) Keenam korban adalah kariawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu.
Laporan yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, telah terjadi peristiwa kebaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Diperkirakan seluruh penumpang kapal meninggal akibat peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran kapal belum diketahui dengan pasti.
Tim SAR masih melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran.
B. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam. Kebakaran tersebut terjadi akibat percikan api. Jumlah korban kebakaran masih belum dapat diidentifikasi. Akan tetapi, sudah diketahui bahwa korban kebakaran adalah karyawan PT Sinar Cendana/ Samchan Engineering yang sedang bekerja
C. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, telah terjadi peristiwa kebakaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Korban kebakaran terdiri atas lima orang tewas dan satu terluka. Keenam korban adalah karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu
D. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam.Peristiwa tersebut memakan korban karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan. Peristiwa kebakaran diduga akibat percikan api pengelasan yang dilakukan oleh karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering.
-------------------------------------------------------------------------
Mengubah Teks ke Bentuk Lain
-------------------------------------------------------------------------
1. Cermatilah teks berikut!
Wartawan : “Wah hebat! Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.”
Pelajar : “Terima kasih.”
Wartawan : “Berapa lama Adik mempersiapkannya?
Pelajar : “Yah, kira-kira 1 tahun.”
Teks wawancara tersebut jika diubah menjadi bentuk narasi yang benar adalah ...
a. Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
b. Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan adik untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
c. Seorang adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan adik untuk mengadakan lomba tersebut selama 1 tahun.
d. Seorang adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkannya untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.
2. Cermatilah teks berikut!
Penanya : “Bagaimana perkembangan anggur Australia saat ini, Pak?”
Narasumber : “Menggembirakan! Sembilan belas tahun yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa Timur. Rasanya manis, segar dengan aroma harum.”
Teks wawancara di atas dapat kita ubah menjadi narasi sebagai berikut:
a. Perkembangan anggur Australia saat ini sungguh menggembirakan. Sekitar sembilan belas tahun yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa Timur. Anggur tersebut aromanya manis dan segar dengan rasanya yang harum.
b. Perkembangan anggur Australia saat ini sungguh menggembirakan. Sekitar sembilan belas tahun yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa Timur. Anggur tersebut rasanya manis dan segar dengan aroma yang harum.
c. Perkembangan anggur Australia saat ini sungguh menggelikan. Sekitar sembilan belas tahun yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa Timur. Anggur tersebut rasanya manis dan segar dengan aroma yang harum.
d. Perkembangan anggur Australia saat ini sungguh mengharukan. Sekitar sembilan belas tahun yang lalu anggur Australia telah diuji coba di kebun Banjarsari, Probolinggo, Jawa Timur. Anggur tersebut manis dan segar serta harum.
3. Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah terintegrasi dalam proses pelestarian hewan langka tersebut.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian hewan langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat tempat penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu melepaskannya ke alam.
Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada paragraf ...
a. Saya tidak setuju dengan pembuatan tempat penangkaran hewan langka. Untuk melestarikan hewan langka tersebut tidak perlu dibuatkan tempat penangkaran. Pembuatan tempat tersebut akan memakan biaya cukup besar. Jadi, kita harus membiarkan binatang langka hidup di habitat aslinya.
b. Binatang langka harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan langka menjadi semakin punah dengan adanya transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
c. Saya setuju bahwa pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya, pelestarian hewan langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian binatang langka agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung jawab.
d. Binatang langka adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.
4. Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang.
Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Oleh karena itu, diperlukan tersebut.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian hewan langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat tempat penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu melepaskannya ke alam.
Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada paragraf ....
A. Saya setuju bahwa pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya pelestarian hewan langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian binatang langkah agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung jawab.
B. Binatang langka harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan langka menjadi semakin punah dengan adanya transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
C. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.
D. Binatang langka adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.
5. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat. Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa makanan organik dijual dengan harga lebih mahal. Oleh sebab itu, belum banyak warga masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan
B. Saya setuju masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat saji, makanan instan juga lebih murah.
C. Saya setuju dengan makanan instan karena mudah di dapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan instan
D. Saya setuju karena makanan instan lebih praktis dan cepat. Makanan instan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dalam waktu dekat
6. Bacalah teks berikut!
Selain akibat sebagian besar rumahnya yang masih terbuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman kebakaran di kawasan-kawasan kumuh juga terjadi akibat kurang mengertinya warga akan bahaya api. Sementara itu di pasar-pasar tradisional, sumber bahaya berasal dari bangunan yang umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Di samping itu, pengawasan dari pihak pemerintah dan pemeliharaan instalasi listrik masih sangat kurang.
Tanggapan yang logis terhadap masalah yang terdapat dalam kutipan berita di atas adalah ....
A. Saya sangat setuju kalau orang atau warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun
B. Rumah yang terbuat dari kayu dan tripleks sudah sepantasnya digusur saja daripada membahayakan
C. Semua warga yang rumahnya dari kayu dan tripleks supaya mengganti bahan dari semen
D. Warga yang bertempat tinggal di daerah kumuh supaya diusir keluar kota dan tidak boleh kembali
7. Bacalah teks berikut!
Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan Madiun Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta, sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Mungkin karena kereta api hanya diisi sekitar 60 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan penyebab kecelakaan. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, antara lain faktor sarana prasarana: rel, kereta api, dan faktor teknis lainnya.
Kritikan terhadap isi bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. PT Kereta Api perlu meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana
B. Masyarakat hendaknya berhati-hati apabila menggunakan jasa kereta api
C. Kita harus membantu masyarakat yang terkena musibah akibat kelalaian petugas kereta api
D. PT Kereta Api harus memberikan santunan kepada penumpang yang terkena musibah
8. Bacalah ilustrasi berikut!
Peristiwa meletusnya Gunung Merapi hari Kamis tanggal 7 November 2010, membuat Ahmad depresi. Kedua orang tua dan empat saudaranya meninggal pada waktu yang bersamaan. Harapannya untuk meraih cita-cita seakan-akan hancur.
Penulisan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Kamis, 7 November 2010 orang tuaku meninggal dunia. Begitu pula saudara-saudaraku ditimpa batuan merapi
B. Kamis, 7 November 2010 hatiku luluh lantah, sedih, dan perih karena letusan merapi telah menghapus harapanku untuk dapat meraih cita-cita
C. Kamis, 7 November 2010 aku sedih dan menangis terseduhseduh. Orang tuaku serta saudaraku menjadi korban keganasan Merapi
D. Kamis, 7 November 2010 aku begitu sedih melihat mayat orang tuaku dan saudara-saudaraku terbujur kaku akibat amukan Merapi. Aku terpukul, bingung, diam membisu. Harapanku meraih cita-cita pupus sudah.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar