Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
--------------------------------------------------------
Pemuaian
--------------------------------------------------------
Pemuaian
Semua benda jika dipanaskan memuai kecuali Air dan lilin (parafin).
Anomali Air
Air saat dipanaskan dari suhu 0 C menjadi 4 C justru volumenya mengecil, dan baru setelah suhunya lebih besar dari 4 C volumenya membesar.
Hal tersebut diatas tidak berlaku sepenuhnya pada air, pada air terjadi perkecualian. Misalnya volume air akan berkurang bila suhunya dinaikkan dari 0 C, peristiwa ini disebut dengan anomali air.
Pada umumnya zat akan memuai menurut aturan sebagai berikut.
1) Pemuaian Panjang (Linier)
Suatu batang panjang mula-mula lo dipanaskan hingga bertambah panjang Δl, bila perubahan suhunya Δt maka,
ΔL = Lo . α. Δt ΔL = Lt - Lo
Δt = tt – t0
α = koefisien muai panjang suatu zat
( per °C )
ΔL = Selisih Panjang (m)
Lo = Panjang mula-mula (m)
Lt = panjang setelah pemanasan (akhir) (m)
Δt = selisih suhu ( OC)
tt = suhu akhir ( OC)
t0 = suhu mula-mula ( OC)
Tabel Beberapa koefisien Muai Panjang Benda
Benda (K1)
Besi 1,2 x 105
Tembaga 1,7 x 105
Kaca 8,5 x 106
Kuningan 1,8 x 105
Contoh Soal:
1. Suatu batang logam yang terbuat dari aluminium panjangnya 2 m pada suhu 30 °C. Bila koefisien muai panjang aluminium 25 x 10–6 /°C. Berapakah pertambahan panjang batang aluminium tersebut bila suhunya dinaikkan menjadi 50 °C.
Jawab :
Δl = lo . α . Δt
= 2 . ( 25 x 10 -6 ) . (50 – 30 )
= 10 -3 m
Δl = 0,1 cm
2. Jika besi sepanjang 20 m dengan koefisien muai panjang 1,2 x 10-5 /K dipanaskan dari suhu 0 0C hingga 100 0C, maka tentukan pertambahan panjangnya !
Jawab :
∆l = lo .. ∆t
∆l = 20 . 1,2.10-5. (100 – 0)
∆l =2,4 . 10-3 m
Catatan :
Perubahan suhu dalam satuan derajat Celcius senilai dengan perubahan suhu pada Kelvin. Namun perlu diingat bahwa suhu derajat Celcius tidak senilai dengan Kelvin.
Latihan Soal
--------------------------------------------------------------------
1. Pernyataan di bawah ini mengenai kegunaan alat Musschenbroek. Alat Musschenbroek dapat membuktikan hal-hal sebagai berikut,
(i) Zat padat memuai bila dipanaskan.
(ii) Pemuaian berbagai zat padat tidak sama.
(iii) Zat padat yang memuai panjangnya bertambah.
Pernyataan yang benar ialah ....
a. (i) dan (ii) c. (ii) dan (iii)
b. (i) dan (iii) d. (i), (ii), dan (iii)
2. Pengertian koefisien muai panjang adalah ....
a. angka yang menunjukkan bertambah panjang tiap 1 cm suatu zat bila suhunya dinaikkan 1°C
b. angka yang menunjukkan berkurang panjangnya tiap 1 cm zat bila suhunya dinaikkan 1°C
c. angka yang menunjukkan berkurang panjangnya tiap 1 cm zat bila suhunya tetap pada 1°C
d. angka yang menunjukkan bertambah panjang tiap 1 cm suatu zat bila suhunya turun 1°C
3. Pada umumnya benda akan memuai jika dipanaskan. Sedangkan air terjadi keanehan yang disebut anomali air. Anomali air terjadi pada suhu ... .
a. di bawah suhu 0 0C
b. antara 0 0C – 10 0C
c. antara 0 0C – 4 0C
d. 4 0C ke atas
4. Apabila bimetal dipanaskan melengkung ke arah ... .
a. logam yang mempunyai massa jenis lebih kecil
b. logam yang mempunyai massa jenis lebih besar
c. logam yang mempunyai koefisien muai lebih kecil
d. logam yang mempunyai koefisien muai lebih besar
5. Alat rumah tangga berikut ini yang menggunakan bimetal adalah ... .
a. kompor listrik
b. kompor gas
c. seterika listrik
d. oven
6. Besi mempunyai koefisien muai panjang
11 x 10–6/0C dan aluminium mempunyai koefisien muai panjang 25 x 10–6/0C. Kedua logam dibuat bimetal apabila dipanaskan akan ... .
a. melengkung ke arah besi
b. melengkung ke arah aluminium
c. pada suhu rendah melengkung ke arah besi dan pada suhu tinggi melengkung ke arah aluminium
d. tidak melengkung
7. Di bawah ini alat-alat yang menggunakan prinsip pemuaian, kecuali ....
a. termometer bimetal
b. termostat
c. alarm kebakaran
d. pemasangan jembatan besi
8. Perhatikan gambar bimetal berikut!
Bimetal di atas dipanaskan, ternyata melengkung ke arah B, maka yang benar adalah ... .
a. A besi, B tembaga
b. A aluminium, B tembaga
c. A besi, B baja
d. A aluminium, B besi
9. Pemasangan kawat listrik yang agak longgar dimaksudkan agar ....
a. dapat memuai
b. tidak putus ketika panas
c. tidak putus ketika dingin
d. aliran listrik lancar
10. Pada gambar di atas, dua jenis logam dibuat menjadi sebuah bimetal. Dari gambar tersebut dapat disimpulkan ....
a. koefisien muai logam a sama dengan koefisien muai logam b
b. koefisien muai logam a lebih besar daripada koefisien muai logam b
c. koefisien muai logam a lebih kecil daripada koefisien muai logam b
d. koefisien muai logam a dapat lebih besar atau lebih kecil daripada koefisien muai logam b
11. Alat-alat di rumahmu yang menggunakan prinsip kerja termostat adalah ....
a. setrika listrik dan TV
b. pemanas nasi dan lampu pijar
c. lemari es dan lampu pijar
d. setrika listrik dan pemanas nasi
12. Perhatikan tabel berikut!
Jika panjang benda mula-mula sama dan benda-benda tersebut dipanaskan pada suhu yang sama secara bersamaan, maka logam yang pertambahan panjangnya terbesar adalah ....
a. kuningan c. baja
b. tembaga d. kaca
13. Koefisien muai volume adalah angka yang menunjukkan ....
a. bertambahnya volume setiap 1 m3 suatu zat bila suhunya turun sebesar 1 K
b. bertambahnya volume setiap 1 m3 suatu zat bila suhunya naik sebesar 1 OC
c. berkurangnya volume setiap 1 m3 suatu zat bila suhunya naik sebesar 1 OC
d. berkurangnya volume setiap 2 m3 suatu zat bila suhunya turun sebesar 1 OC
14. Zat cair akan lebih cepat memuai daripada zat padat. Hal ini terjadi pada peristiwa ....
a. ketika termometer dimasukkan ke dalam air mendidih skalanya bertambah
b. panci yang berisi penuh air akan tumpah ketika air mendidih
c. panci lebih cepat panas daripada air
d. air lebih cepat panas daripada panci
Essay
--------------------------------------------------------------------
1. Jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!
2. Sebatang tembaga pada suhu 28OC panjangnya 80 m. Berapakah pertambahan panjangnya, jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78OC?
3. Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini.
a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas!
b. Berdasarkan masalah dan data tabel
tersebut, apa kesimpulannya?
--------------------------------------------------------
Suhu dan Kalor
--------------------------------------------------------
Kalor dapat Mengubah Suhu Benda
Banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan suhu suatu benda bergantung pada:
• massa benda (m)
• jenis benda / kalor jenis benda (c)
• perubahan suhu (Δt )
Oleh karena itu, hubungan banyaknya kalor, massa zat, kalor jenis zat, dan perubahan suhu zat dapat dinyatakan dalam persamaan.
Keterangan:
Q = Banyaknya kalor yang diserap atau dilepaskan (joule)
m = Massa zat (kg)
c = Kalor jenis zat (joule/kg °C)
Δt = Perubahan suhu (°C)
Tabel beberapa kalor jenis zat
Kalor dapat Mengubah Wujud Zat
Mendidih (tidak mengalami perubahan suhu, namun terjadi perubahan wujud)
Mendidih adalah peristiwa penguapan zat cair yang terjadi di seluruh bagian zat cair tersebut. Peristiwa ini dapat dilihat dengan munculnya gelembung-gelembung yang berisi uap air dan bergerak dari bawah ke atas dalam zat cair. Zat cair yang mendidih jika dipanaskan terus-menerus akan berubah menjadi uap. Banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah 1 kg zat cair menjadi uap seluruhnya pada titik didihnya disebut kalor uap (U). Karena tidak terjadi perubahan suhu, maka besarnya kalor uap dapat dirumuskan:
Keterangan:
Q = kalor yang diserap/dilepaskan (joule)
m = massa zat (kg)
U = kalor uap (joule/kg)
Tabel beberapa kalor uap zat
Jika uap didinginkan akan berubah bentuk menjadi zat cair, yang disebut mengembun. Pada waktu mengembun zat melepaskan kalor, banyaknya kalor yang dilepaskan pada waktu mengembun sama dengan banyaknya kalor yang diperlukan waktu menguap dan suhu di mana zat mulai mengembun sama dengan suhu di mana zat mulai menguap.
Meleleh / Membeku
Dirumuskan
Q = m.L
L = Kalor lebur (J/kg)
Latihan Soal
-------------------------------------------------------------------
1. Kalor adalah suatu bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah dari benda yang bersuhu ….
a. rendah ke tinggi
b. tinggi ke rendah
c. sama suhunya
d. tetap
2. Kalor dapat berpindah dari suhu rendah ke suhu tinggi, jika dibantu dengan alat ….
a. mesin pemanas
b. tara kalor mekanik
c. mesin pendingin
d. mesin uap
3. Tiga gram air bersuhu 20 OC dicampurkan dengan dua gram air bersuhu 60 OC, maka suhu air campuran tersebut adalah ....
a. 12 OC
b. 24 OC
c. 30 OC
d. 36 OC
4. Suatu benda bermassa 2 kg memiliki kalor jenis 400 J/kg°C dan bersuhu 20°C dipanaskan sampai 50°C. Kalor yang diperlukannya sebesar ....
a. 24.000 joule c. 140.000 joule
b. 36.000 joule d. 160.000 joule
5. Pernyataan berikut yang tepat adalah ....
a. kalor yang diperlukan air dan minyak goreng sama banyaknya untuk kenaikan suhu yang berbeda
b. kalor yang diperlukan air lebih banyak dibandingkan dengan minyak goreng pada kenaikan suhu yang sama
c. kalor yang diperlukan air lebih banyak dibandingkan dengan minyak goreng pada kenaikan suhu yang berbeda
d. kalor yang diperlukan minyak goreng lebih banyak daripada air pada kenaikan suhu yang sama
6. Dinding termos dibuat hampa udara digunakan untuk mencegah ... .
a. konduksi kalor c. radiasi kalor
b. konveksi kalor d. emisi kalor
7. Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan perpindahan kalor secara konduksi, kecuali ... .
a. luas penampang c. jenis zat
b. panjang d. banyaknya kalor
8. Dinding termos dilapisi perak. Hal ini bertujuan ….
a. mencegah perpindahan kalor secara konduksi
b. mencegah perpindahan kalor secara konveksi
c. mencegah perpindahan kalor secara radiasi
d. mencegah perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
Essay
-------------------------------------------------------------------
1. Berapa kg besi yang bisa dicairkan dengan kalor sebesar 1.340 kilojoule jika diketahui kalor lebur besi = 268 kJ/kg ?
2. Hitunglah kalor yang dibutuhkan sebutir es batu untuk mencair yang memiliki kalor lebur 336 J/gr, berat es batu = 60 gr
3. Alkohol sebanyak 100 gram mengalami penguapan. Besar energi yang dibutuhkan untuk menguapkan alkohol tersebut adalah ....
(U = 0,85 × 106 J/kg)
4. Jika kapasitas kalor suatu zat 1,2 J/OC, maka banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat tersebut sebesar 25 OC adalah ....
16. Jika kapasitas kalor suatu zat 1,2 J/OC, maka banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat tersebut sebesar 25 OC adalah ....
5. Berapa liter air dengan suhu 90°C yang dibutuhkan untuk menaikkan 20 liter air dengan suhu 20°C menjadi 50°C ?
6. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.
7. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?
8. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.
9. Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya? Jelaskan.
10. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air, sehingga suhunya naik 50OC. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).
11. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas.
Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa
paling panas? Coba jelaskan.
12. Tiga gram air bersuhu 20 OC dicampurkan dengan dua gram air bersuhu 60 OC, maka suhu air campuran tersebut adalah ....
13. Sebuah besi dengan berat 1 kg dan suhunya 80°C dimasukkan dalam air yang beratnya 5 kg dan suhunya 30 °C.Berapa suhu akhir air tersebut, jika kalor jenis air dan besi masing-masing 4200 J/kg°C dan 4000 J/kg°C ?
--------------------------------------------------------
Unsur Senyawa Campuran
--------------------------------------------------------
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.
Dalam keseharian unsur ini contohnya seperti besi, tembaga, belerang, seng dan lain-lain. Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat di uraikan menjadi zat yang lebih sederhana. Jadi besi atau tembaga tidak dapat diurakian lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Di alam ini banyak sekali unsur yang dapat kita lihat dengan sistem tabel periodik unsur.
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal contoh-contoh senyawa antara lain adalah air, gula dan garam. Para ilmuwan mendefinisikan senyawa yaitu zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia. Senyawa ini terbentuk oleh ikatan kimia dari beberapa unsusr, namun sifat senyawa berbeda dengan sifat unsur penyusunnya.
Sebagai contoh berikut ini :
1. Air (H2O) dapat diurakaian menjadi usnsur Hidrogen (H) dan Oksigen (O), dalam suhu kamar air bersifa air sedangkan Hidrogen dan oksigen bersifat gas.
2. Garam (NaCl) dapat diurakan menjadi usur Natrium (Na) dan Klorin (Cl). Natrum ini bersifat mudah meledak dan mudah meledak sedangkan klorin berwujud gas yang berbau seperti kaporit dan beracun, Sedangkan Natrium klorida atau garam tidak bersifat mudah meledak dan tidak beracun.
Senyawa Rumus Kimia
Air H2O
Asam Cuka CH3COOH
Asam Sulfat H2SO4
Karbon Dioksida CO2
Asam klorida HCl
Glukosa C6H12O3
Amonia NH3
Garam Dapur NaCl
Campuran dalam keseharian adalah contohnya ketika kita melarutkan gula dalam air. Maka kita masih dapat merasakan sifat manis dari gula tersebut. Sehingga campuran ini memilki ciri sifat komponen dalam campuran tidak hilang dan pencampuran tidak menghasilkan zat baru. Campuran ini dapat berupa koloid, larutan dan suspensi.
Koloid. Contoh koloid yang mudah adalah santan dan susu, sepintas tampak koloid ini seperti larutan homogen namun jika dilihat dengan mikroskop akan terlihat heterogen. Campuran ini tidak dapat disaring dengan saringan biasa.
Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran
DASAR PEMISAHAN CAMPURAN
1. Filtrasi (Penyaringan)
Filtrasi atau penyaringan merupakan metode pemisahan untuk memisahkan zat padat dari cairannya dengan menggunakan alat berpori (penyaring). Dasar pemisahan metode ini adalah perbedaan ukuran partikel antara pelarut dan zat terlarutnya. Penyaring akan menahan zat padat yang mempunyai ukuran partikel lebih besar dari pori saringan dan meneruskan pelarut.
Proses filtrasi yang dilakukan adalah bahan harus dibuat dalam bentuk larutan atau berwujud cair kemudian disaring. Hasil penyaringan disebut filtrat sedangkan sisa yang tertinggal dipenyaring disebut residu. (ampas).
Metode ini dimanfaatkan untuk membersihkan air dari sampah pada pengolahan air, menjernihkan preparat kimia di laboratorium, menghilangkan pirogen (pengotor) pada air suntik injeksi dan obat-obat injeksi, dan membersihkan sirup dari kotoran yang ada pada gula. Penyaringan di laboratorium dapat menggunakan kertas saring dan penyaring buchner. Penyaring buchner adalah penyaring yang terbuat dari bahan kaca yang kuat dilengkapi dengan alat penghisap.
2. Sublimasi
Sublimasi merupakan metode pemisahan campuran dengan menguapkan zat padat tanpa melalui fasa cair terlebih dahulu sehingga kotoran yang tidak menyublim akan tertinggal. bahan-bahan yang menggunakan metode ini adalah bahan yang mudah menyublim, seperti kamfer dan iod.
3. Kristalisasi
Kristalisasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh zat padat yang terlarut dalam suatu larutan. Dasar metode ini adalah kelarutan bahan dalam suatu pelarut dan perbedaan titik beku. Kristalisasi ada dua cara yaitu kristalisasi penguapan dan kristalisasi pendinginan.
Contoh proses kristalisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah pembuatan garam dapur dari air laut. Mula-mula air laut ditampung dalam suatu tambak, kemudian dengan bantuan sinar matahari dibiarkan menguap. Setelah proses penguapan, dihasilkan garam dalam bentuk kasar dan masih bercampur dengan pengotornya, sehingga untuk mendapatkan garam yang bersih diperlukan proses rekristalisasi (pengkristalan kembali)
Contoh lain adalah pembuatan gula putih dari tebu. Batang tebu dihancurkan dan diperas untuk diambil sarinya, kemudian diuapkan dengan penguap hampa udara sehingga air tebu tersebut menjadi kental, lewat jenuh, dan terjadi pengkristalan gula. Kristal ini kemudian dikeringkan sehingga diperoleh gula putih atau gula pasir.
3. Destilasi
Destilasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh suatu bahan yang berwujud cair yang terkotori oleh zat padat atau bahan lain yang mempunyai titik didih yang berbeda. Dasar pemisahan adalah titik didih yang berbeda. Bahan yang dipisahkan dengan metode ini adalah bentuk larutan atau cair, tahan terhadap pemanasan, dan perbedaan titik didihnya tidak terlalu dekat.
Proses pemisahan yang dilakukan adalah bahan campuran dipanaskan pada suhu diantara titik didih bahan yang diinginkan. Pelarut bahan yang diinginkan akan menguap, uap dilewatkan pada tabung pengembun (kondensor). Uap yang mencair ditampung dalam wadah. Bahan hasil pada proses ini disebut destilat, sedangkan sisanya disebut residu.
Contoh destilasi adalah proses penyulingan minyak bumi, pembuatan minyak kayu putih, dan memurnikan air minum.
4. Ekstraksi
Ekstraksi merupakan metode pemisahan dengan melarutkan bahan campuran dalam pelarut yang sesuai. Dasar metode pemisahan ini adalah kelarutan bahan dalam pelarut tertentu.
5. Adsorbsi
Adsorbsi merupakan metode pemisahan untuk membersihkan suatu bahan dari pengotornya dengan cara penarikan bahan pengadsorbsi secara kuat sehingga menempel pada permukaan bahan pengadsorbsi. Penggunaan metode ini dipakai untuk memurnikan air dari kotoran renik atau mikroorganisme, memutihkan gula yang berwarna coklat karena terdapat kotoran.
6. Kromatografi
Kromatografi adalah cara pemisahan berdasarkan perbedaan kecepatan perambatan pelarut pada suatu lapisan zat tertentu. Dasar pemisahan metode ini adalah kelarutan dalam pelarut tertentu, daya absorbsi oleh bahan penyerap, dan volatilitas (daya penguapan). Contoh proses kromatografi sederhana adalah kromatografi kertas untuk memisahkan tinta.
Latihan Soal
--------------------------------------------------------------------
1. Diketahui beberapa macam unsur:
1. Nitrogen 3. Karbon
2. Oksigen 4. Silikon
Unsur yang tergolong unsur metaloid adalah ....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
2. Diketahui beberapa macam unsur:
1. besi 3. timbal
2. raksa 4. timah
Unsur yang berwujud cair pada suhu kamar adalah ....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
3. Rumus kimia untuk unsur oksigen, besi, dan perak secara berurutan adalah ....
a. Ok, F, dan Ag
b. O, Fe, dan Ag
c. O, Fe, dan A
d. O, F, dan A
4. Al, Hg, S, dan Au sebagai lambang kimia untuk unsur-unsur ....
a. aluminium, raksa, belerang, dan emas
b. timah, hidrogen, belerang, dan perak
c. aluminium, hidrogen, belerang, dan emas
d. timah, aluminium, perak, dan emas
5. Yang termasuk unsur golongan logam adalah ....
a. Au, Ag, He , Al, Cu, dan Hg
b. Au, Ag, Fe, Ar, Cu, dan Hg
c. Au, Ag, Fe, Al, Cu, dan Hg
d. Au, He, H, O, Cu, dan Hg
6. Yang termasuk unsur golongan nonlogam terdapat pada ....
a. Au, Ag, Fe, Al, Cu, dan Hg
b. Au, He, H, O, Cu, dan Hg
c. Ar, He, H, O, dan S
d. Ar, Ag, Fe, Al, dan S
7. Diketahui beberapa macam zat:
1. asam asetat 3. pati
2. asam sulfat 4. gula
Zat yang tergolong senyawa anorganik adalah ....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
8. Diketahui beberapa macam zat:
1. asam asetat 3. asam nitrat
2. asam sulfat 4. asam klorida
Zat yang tergolong senyawa organik adalah ....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
9. Yang sering digunakan petani untuk pupuk tanaman adalah ....
a. CO(NH)2
b. CaCO3
c. Mg(OH)2
d. NaCl
10. Zat yang merupakan gabungan dari beberapa unsur dan sifatnya masih identik dengan sifatsifat unsur penyusunnya adalah ....
a. unsur
b. senyawa
c. molekul
d. campuran
11. Untuk memisahkan sel-sel darah merah dengan sel darah putih dengan metode ....
a. sentrifugasi
b. filtrasi
c. dekantasi
d. Evaporasi
12. Bahan yang didapatkan melalui proses kristalisasi adalah pembuatan ....
a. minyak bumi
b. garam dapur
c. santan kelapa
d. zat warna
13. Massa unsur A dan B dalam senyawa mempunyai perbandingan 3 : 5, jika di reaksikan 6 gram A dengan 12 gram B maka akan menghasilkan senyawa AB terbanyak ....
a. 16 gram
b. 26 gram
c. 18 gram
d. 30 gram
14. Garam dapur dan air accu mempunyai lambang ....
a. H2SO4 dan NaCl
b. NaOH dan NCl
c. NaCl dan H2SO4
d. NaOH danH2O
15. Senyawa kimia yang berfungsi sebagai obat penawar rasa sakit memiliki unsur ....
a. CH3COOH
b. C9H8O4
c. C6H8O6
d. CO(NH2)2
16. Larutan garam dalam air merupakan larutan ....
a. koloid
b. homogen
c. suspensi
d. heterogen
17. Komponen zat yang jumlahnya banyak dari suatu larutan di sebut ....
a. terlarut
b. larutan
c. pelarut
d. campuran
18. Campuran bahan antara partikel zat padat, cair dan gas secara merata di sebut ....
a. koloid
b. suspensi
c. busa
d. sedimentasi
19. Cara yang paling tepat untuk memisahkan garam dari air laut adalah ....
a. distilasi
b. filtrasi
c. kristalisasi
d. kromatografi
20. Campuran yang dapat dipisahkan dengan cara sublimasi adalah ....
a. campuran kamfer dengan pengotornya
b. campuran air dengan pasir
c. campuran air laut
d. campuran air dengan alkohol
21. Teknik kromatografi dapat digunakan untuk memisahkan campuran ....
a. pasir dengan batu
b. zat warna pada klorofil
c. air dengan tinta
d. air teh
22. Sebuah campuran disusun oleh dua zat yang memiliki perbedaan kelarutan dalam air.
Cara yang paling tepat untuk memisahkan campuran tersebut adalah ....
a. filtrasi
b. ekstraksi
c. distilasi
d. kromatografi
23. Prinsip yang digunakan dalam penjernihan air dengan menggunakan pasir, kerikil dan ijuk adalah ....
a. distilasi
b. penguapan
c. penyaringan
d. kromatografi
Essay
--------------------------------------------------------------------
1. Lakukan identifikasi lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu. Jelaskan contoh unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, atau dalam kegiatan industri.
2. Jelaskanlah proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan destilasi.
3. Sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut.
a. Air murni dari air laut
b. Garam dari campuran garam dan pasir
c. Minyak kelapa dari santan
4. Mengapa suatu campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia? Jelaskan.
5. Air adalah senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan campuran antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi.
a. Buatlah daftar tentang persamaan dan perbedaan sifat di antara air dan susu stroberi tersebut.
b. Jelaskan metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar