Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
STATISTIKA DAN PELUANG
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
Menyajikan Dan Mendeskripsikan Data Dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis Atau Lingkaran
--------------------------------------------------------------
Latihan Soal
-----------------------------------------------------------------
1. Mean dan median grafik di bawah ….
a. 4,5 dan 7,0
b. 7,5 dan 7,5
c. 4,5 dan 8,0
d. 7,5 dan 8,5
2. Dari grafik di atas dapat dinyatakan bahwa selisih nilai rata-rata kelas 9A dengan kelas 9B adalah….
a. 0,66 c. 0,14
b. 0,22 d. 0
3. Diagram di samping menyatakan kegemaran dari 1200 siswa. Banyaknya siswa yang gemar bermain basket adalah….
a. 60 orang
b. 80 orang
c. 100 orang
d. 120 orang
4. Data pertumbuhan penduduk dari tahun 1995 sampai 1999 seperti tampak pada gambar berikut:
Banyak semua penduduk pada data tersebut adalah ….
a. 34 orang
b. 52 orang
c. 40 orang
d. 60 orang
5. Diagram lingkaran di bawah ini menggambarkan kegiatan waktu luang dari 180 orang. Banyak orang yang melakukan kegiatan sosial adalah ….
a. 30 orang
b. 35 orang
c. 40 orang
d. 60 orang
6. Data penjualan beras di toko sembako selama lima hari adalah sebagai berikut
Rata-rata banyak beras yang terjual setiap hari adalah … .
a. 35 kwintal
b. 40 kwintal
c. 42 kwintal
d. 44 kwintal
7. Perhatikan diagram berikut!
Jika luas daerah seluruhnya 300 hektar, maka luas daerah yang merupakan hutan adalah … .
a. 10 hektar
b. 12 hektar
c. 100 hektar
d. 120 hektar
8. Jumlah pengunjung perpustakaan di SMP Merdeka pada bulan Juli sampai dengan Desember 2015 nampak seperti pada diagram batang di bawah ini.
Jumlah pengunjung pada tiga bulan pertama adalah … siswa
a. 100
b. 125
c. 175
d. 225
9. Selisih tertinggi siswa laki-laki dan perempuan ada di kelas......
a. 7A
b. 7B
c. 7C
d. 7D
10. Penurunan yang tinggi penjualan kendaraan di kota X terjadi pada bulan
a. Januari – Februari
b. Februari – Maret
c. Maret – April
d. Juni – Juli
11. Perhatikan diagram batang berikut
Penjualan ayam tertinggi terjadi pada bulan....
a. Januari c. Maret
b. Februari d. April
12. Suhu badan Diva stabil terjadi pada hari
a. Senin – Selasa
b. Selasa – Rabu
c. Rabu – Kamis
d. Kamis – Jumat
13. Jika semua pemilih ada 250 siswa, banyak siswa yang memilih Hidayat adalah
a. 30 siswa
b. 32 siswa
c. 35 siswa
d. 40 siswa
B. Soal Uraian
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Perhatikan diagram garis berikut ini
a. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Senin sampai Minggu
b. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai Sabtu
2. Dalam satu minggu banyaknya kendaraan yang melintas di jalan tol tercatat dalam tabel berikut.
a. Tentukan persentase banyak kendaraan setiap hari dalam sepekan.
b. Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya kendaraan yang melintas dalam sepekan di jalan tol?
3. Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan penjualan mobil di beberapa kota besar.
a. Jika semua mobil yang terjual sebanyak 41.300, tentukan berapa banyak mobil yang terjual tiaptiap kota?
b. Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya mobil yang terjual dari kota besar tersebut?
4. Diketahui diagram batang tentang tinggi badan seperti di bawah ini.
Diketahui jumlah siswa adalah 126 anak.
a. Tentukan berapa banyak siswa masing- masing.
b. Pada tinggi badan berapa jumlah siswa yang paling banyak dan paling sedikit?
c. Tentukan ukuran tinggi badan yang banyak siswanya sama?
--------------------------------------------------------------
Ukuran Pemusatan Data
--------------------------------------------------------------
Ukuran Pemusatan (Ukuran Tendensi Sentral)
a. Mean (rata-rata atau rataan) dilambangkan dengan
Mean ( ) =
b. Median (Me)
Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data setelah diurutkan.
Jika banyaknya data genap, maka mediannya adalah rata-rata dari dua data yang ditengah.
c. Modus (Mo)
Modus adalah data yang paling sering muncul
Latihan Soal
1. Diketahui data nilai ulangan matematika 15 orang siswa sebagai berikut.
7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4
Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah ... orang.
a. 4
b. 7
c. 8
d. 11
2. Nilai rata-rata sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 62. Jika seorang siswa yang mendapat nilai 23 dari kelom pok itu tidak dimasukkan dalam perhitungan rata-rata tersebut, nilai rata-rata ujian menjadi ....
a. 61,05
b. 61,425
c. 62
d. 63
3. Dalam suatu ujian yang diikuti 42 siswa, diperoleh rataan nilai ujian 30. Oleh karena rataannya terlalu rendah, semua nilai ujian siswa dikalikan 2, kemudian dikurangi 5. Rataan nilai yang baru adalah ....
a. 55
b. 54
c. 53
d. 52
4. Nilai rata-rata ulangan Matematika 10 siswa adalah 55. Jika digabung lagi dengan 5 siswa lain, nilai rata-ratanya menjadi 53. Nilai rata-rata dari 5 siswa tersebut adalah ....
a. 49
b. 50
c. 50,5
d. 51
5. Diketahui data tinggi badan sejumlah anak sebagai berikut :
150cm, 148cm, 153cm, 150cm, 160cm,
150cm, 154cm, 151cm, 153cm, 150cm,
152cm, 154cm, 160cm, 150cm, 148cm.
Modus data tersebut adalah ... .
a. 148 cm
b. 150 cm
c. 153 cm
d. 160 cm
6. Perhatikan data berikut.
Skor 35 36 37 38 39 40
Frek. 7 18 8 9 6 2
Median dari data tersebut adalah ... .
a. 36
b. 36,5
c. 37
d. 37,5
7. Hasil tes Bahasa Inggris diketahui sebagai berikut :
NILAI 5 6 7 8 9 10
FREK 4 13 12 7 3 1
Banyaknya siswa yang nilainya di atas rata – rata adalah ... .
a. 11 orang
b. 17 orang
c. 23 orang
d. 29 orang
8. Nilai rata-rata siswa perempuan di suatu kelas 70, sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki 75. Jika jumlah siswa di kelas itu 40 orang dan nilai rata-rata seluruh siswa 72, maka banyak siswa laki-laki adalah ... .
a. 16 orang
b. 20 orang
c. 24 orang
d. 28 orang
9. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor.
Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?
A. 2007 C. 2010
B. 2009 D. 2011
10. Diberikan data yang sudah terurut sebagai berikut.
14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2
Median dari data tersebut adalah 19. Berapakah nilai x?
A. 19 C. 21
B. 20 D. 22
11. Berikut ini diagram nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A.
Median dari nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A adalah ....
A. 6,5 C. 7,5
B. 7 D. 8
12. Data berat badan (dalam kg) sekelompok balita di Posyandu Kasih Bunda sebagai berikut.
16 19 20 21 19 16 21 16
17 20 16 20 17 16 21 17
18 18 18 16 16 19 19 20
20 21 17 18 18 20 16 19
Modus data di atas adalah ....
A. 16 C. 19
B. 18 D. 20
13. Perhatikan tabel berikut.
Median data di atas adalah ....
A. 6,5 C. 7,5
B. 7,0 D. 8,0
14. Rata-rata lima belas bilangan adalah 49,4. Rata- rata lima bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45. Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....
A. 46 C. 48
B. 47 D. 49
15. Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100, berapakah rata-rata nilai kelas pada tes tulis ini?
A. 82 C. 86
B. 84 D. 88
16. Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada saat diperiksa ulang, ternyata terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192 dan 88. Rataan yang benar adalah ....
A. 50,9 C. 55,9
B. 53,9 D. 59,9
17. Diketahui data nilai ulangan Matematika dari 15 orang siswa sebagai berikut.
7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4
Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah .... siswa.
A. 4 C. 6
B. 5 D. 7
18. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang baru mengikuti ulangan susulan yang nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak siswa semula adalah ....
A. 36 C. 40
B. 38 D. 42
19. Mean dari empat bilangan bulat :
4, a, b, dan 5 sama dengan median data tersebut, yaitu 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil sama dengan ....
A. 2 C. 4
B. 3 D. 5
20. Dari 10 data pengamatan diketahui bahwa median adalah dua lebihnya dari jangkauan. Bila semua data dikalikan dua kemudian dikurangi 3, maka jumlah dari median dan jangkauan menjadi 21. Jangkauan data mula- mula adalah ....
A. 3 C. 5
B. 4 D. 6
21. Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4, 9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....
A. 4 C. 6
B. 5 D. 7
22. Diberikan diagram nilai ulangan Matematika siswa kelas VIII C seperti berikut.
Kuartil atas dari data di atas adalah ....
A. 6,25 C. 8,25
B. 7,5 D. 9,5
23. Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di waktu malam (dalam jam) beberapa siswa kelas VIII.
Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai berikut.
(1) Median = 6
(2) Q1 = 5
(3) Q3 = 7,5
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1) dan (2) C. (2) dan (3)
B. (1) dan (3) D. (1), (2), dan (3)
24. Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4, 7, 8, 9, 6 adalah ....
A. 1 C. 2,5
B. 2 D. 3
25. Diketahui data sebagai berikut.
4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4
Pernyataan berikut yang salah adalah ....
A. Modus = 4 C. Mean = 4,7
B. Median = 5 D. Q3 = 6
26. Diagram berikut menunjukkan nilai ulangan susulan mata pelajaran IPS beberapa siswa kelas VIII.
Dari diagram di atas,
nilai mean + median + modus = ....
A. 4 C. 6
B. 5 D. 8
27. Tabel di bawah menunjukkan usia 20 anak di suatu kelas, 2 tahun yang lalu.
Bila pada tahun ini tiga orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang masih tinggal pada saat ini adalah ... tahun.
A. 7 C. 8
B. 8 D. 9
28. Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat nilai kurang dari 45 dan 10 siswa mendapat nilai lebih dari 76. Bila nilai yang dapat dicapai adalah bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka nilai rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin sama dengan ....
A. 43 C. 65
B. 50 D. 73
Esai
--------------------------------------------------------------------
1. Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP Ceria adalah 16 orang dengan berat badan rata-rata adalah 50 kg. Jelaskan secara singkat langkahlangkah untuk mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.
2. Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak 36 pohon, rata-rata panen dari tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.
3. Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18. Enam bilangan di antaranya adalah 16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x. Berapakah nilai x?
4. Winda telah mengikuti beberapa kali ujian matematika. Jika Winda memperoleh nilai 94 pada ujian yang akan datang, nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 89. Tetapi jika ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 86.
Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian yang telah diikuti oleh Winda sebelumnya?
5. Diketahui data nilai ujian akhir semester siswa kelas VIII A SMP Ceria di bawah ini.
Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas tersebut memiliki nilai rata-rata 7,5, tentukan nilai mediannya.
6. Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah Semester diketahui nilai rata-rata pada mata pelajaran matematika adalah 75, sedangkan nilai rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata nilai matematika yang diperoleh adalah 71,6. Jika nilai rata-rata gabungan kelas VIII A dan kelas VIII D untuk mata pelajaran matematika dan IPA masing-masing adalah 73,2 dan 66, tentukan nilai rata-rata mata pelajaran IPA untuk kelas VIII D.
7. Data berikut menunjukkan hasil Ujian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas VIII.
Jika pihak sekolah memberlakukan aturan bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata- rata akan diluluskan, dan siswa yang memiliki nilai di bawah nilai rata-rata tidak lulus, tentukan persentase banyak siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran IPA tersebut (Bulatkan sampai dua tempat desimal).
8. Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan ada 12. Tentukan rata-rata berat badan laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah 424.
9. Tabel di samping menunjukkan keuntungan setiap bulan dari Restoran Memang Enak selama satu tahun (dalam juta rupiah).
a. Berapakah keuntungan terendah dan tertinggi?
b. Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah dari keuntungan restoran tersebut.
--------------------------------------------------------------
Peluang
--------------------------------------------------------------
Titik sampel adalah kemungkinan-kemungkinan yang muncul.
Ruang sampel adalah semua kejadian yang mungkin muncul pada suatu percobaan.
Peluang adalah kesempatan suatu kejadian muncul pada suatu percobaan
P (A) =
dimana,
P(A) = peluang kejadian A
n(A) = banyaknya titik sampel kejadian A
n(S) = banyaknya anggota ruang sampel
Batas nilai peluang munculnya titik sampel A adalah
0 ≤ P(A) ≤ 1
a. Jika P(A) = 0 disebut kemustahilan
b. Jika P(A) = 1 disebut kepastian
Frekuensi relatif dilambangkan dengan Fr.
Fr =
Frekuensi harapan dilambangkan dengan Fh.
Fh(A) = P(A) × banyaknya percobaan
Contoh :
1. Dalam percobaan melempar 2 buah dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8 adalah ...
Penyelesaian:
Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3), (6,2) atau ( 5 kemungkinan )
2. Tiga mata uang logam dilempar undi bersama-sama. Banyak titik sampel paling sedikit 1 angka adalah … .
Penyelesaian:
Titik sampel =
(A,A,A), (A,A,G), (A,G,A), (A,G,G), (G,A,A), (G,A,G), (G,G,A)
Kejadian paling sedikit 1 Angka = 7
3. Dalam suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah….
Penyelesaian :
Latihan Soal
--------------------------------------------------------------------
1. Dalam sebuah kantong, terdapat 2 kelereng merah, 5 kelereng biru, 4 kelereng hijau, dan 1 kelereng kuning. Peluang terambil kelereng biru adalah ....
a. c.
b. d.
2. Sebuah dadu dilemparkan sebanyak 180 kali. Frekuensi harapan munculnya mata dadu kurang dari 6 adalah ....
a. 60
b. 90
c. 120
d. 150
3. Tiga keping uang logam yang sama dilemparkan secara bersamaan sebanyak 80 kali. Frekuensi harapan ketiganya muncul sisi angka adalah ....
a. 5
b. 10
c. 20
d. 40
4. Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak sebanyak 260 kali. Jika setiap kartu yang diambil kemudian dikembalikan, frekuensi harapan terambil kartu As adalah ....
a. 5 kali
b. 20 kali
c. 40 kali
d. 60 kali
5. Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan ganjil pada percobaan pelemparan sebuah dadu sebanyak 300 kali adalah ....
a. 75 kali
b. 100 kali
c. 150 kali
d. 200 kali
6. Sebuah dadu dilempar satu kali. Peluang muncul mata dadu bilangan prima adalah … .
A.
B.
C.
D.
7. Andi mempunyai 3 baju dan 2 celana. Banyak cara Andi berpakaian adalah … .
A. 5
B. 6
C. 8
D. 9
8. Suatu koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika mata koin Angka muncul 40 kali, tentukan peluang empirik kemunculan mata angka tersebut.
A.
B.
C.
D.
9. Sebuah koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika mata koin Angka muncul 48 kali, maka peluang empirik kemunculan mata koin bukan Angka adalah ....
A.
B.
C.
D.
10. Sebuah koin dilempar sebanyak n kali. Jika peluang empirik muncul mata koin Angka adalah a kali, maka peluang empirik muncul mata koin selain Angka dalah ....
A.
B.
C.
D.
11. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah , maka percobaan penggelindingan dadu tersebut dilakukan sebanyak ... kali.
A. 24 C. 26
B. 25 D. 27
12. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 40 kali, maka banyak peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah ....
A.
B.
C.
D.
13. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu sebanyak sekian kali.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah , maka peluang empirik mata dadu “selain 5” dalam percobaan tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
14. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu sebanyak sekian kali.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah , banyak kemunculan mata dadu “selain 2” dalam percobaan tersebut adalah
....
A.
B.
C.
D.
15. Pada tabel berikut disajikan data hasil pencobaan pengundian dadu bermata enam.
Setelah dilakukan pengundian didapat data seperti tabel di samping. Dari data tersebut, peluang empirik muncul mata dadu 2 adalah ....
A.
B.
C.
D.
16. Pada tabel di samping disajikan data hasil pencobaan pengundian dadu bermata enam.
Setelah dilakukan pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 18 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 2 menjadi sebanyak ....
A. 7 kali C. 12 kali
B. 9 kali D. 24 kali
17. Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 6 kelereng kuning, dan 9 kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebu. Peluang terambil kelereng kuning adalah ....
A.
B.
C.
D.
18. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 2 dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu kembar dalam pengundian tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
19. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 1 dadu dan 1 koin logam. Peluang teoretik muncul mata dadu “1” dan mata koin “Angka” dalam pengundian tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
20. Seorang melakukan pengundian dengan menggilindingkan dua dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 8 dalam pengundian tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
21. Seorang melakukan pengundian dengan menggilindingkan dua dadu.
Peluang teoretik muncul mata dadu ganjil atau bukan prima dari salah satu mata dadu yang muncul dalam pengundian tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
22. Gambar berikut adalah spinner dengan 24
bagian yang sama. Ketika seorang memutar
panah spinner tersebut, panah dapat berhenti di mana saja pada setiap bagian Spinner tersebut.
Spinner tersebut diwarnai bagian berwarna biru, bagian berwarna ungu, bagian berwarna oranye, dan bagian berwarna merah. Jika seseorang memutar panah spinner, kemungkinan terbesar panah akan berhenti
pada bagian berwarna ....
A. Biru C. Oranye
B. Ungu D. Merah
TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item
23. Di Sekolah SMP Insan Mandiri terdapat 1.200 siswa (laki-laki dan perempuan). 100 sampel diambil secara acak dari siswa-siswa tersebut.
Dari 100 siswa yang diambil, 45 siswa adalah laki-laki. Taksiran banyak siswa laki-laki seluruhnya dalam sekolah tersebut adalah ... siswa.
A. 450 C. 540
B. 500 D. 600
TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item
24. Di suatu kelas 8 terdapat 30 siswa. Jika dilakukan suatu pemilihan secara acak, peluang terpilih seorang siswa dengan usia kurang dari 13 tahun adalah . Banyak siswa pada kelas tersebut yang berusia 13 tahun atau lebih adalah ... siswa.
A. 23 C. 25
B. 24 D. 26
25. Berikut ini terdapat 11 koin yang bertuliskan bilangan-bilangan.
Dedi mengambil suatu koin tanpa melihat. Berapakah peluang Dedi mendapatkan koin yeng bertuliskan bilangan kelipatan 3?
A.
B.
C.
D.
TIMSS 1999 8th Grade Mathematics Item
26. Empat pemain sepak bola melakukan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan pada tabel berikut.
Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti adalah ….
A. Arif C. Candra
B. Bambang D. Dedi
Esai
--------------------------------------------------------------------
1. Dari 10 kali pelemparan mata uang logam, diperoleh 4 kali muncul gambar.
a. Tentukan peluang empirik muncul gambar.
b. Tentukan peluang empirik muncul angka.
2. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 135 kali, maka banyak peluang empirik kemunculan mata dadu “6” adalah ....
3. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah , peluang empirik mata dadu “6” dalam percobaan tersebut adalah ....
4. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.
Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah , peluang empirik kemunculan mata dadu “selain 1” dalam percobaan tersebut
adalah ....
5. Dalam percobaan melempar dadu sebanyak 450 kali, secara teoretik akan muncul mata dadu kurang dari 5 sebanyak ... kali.
6. Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, diperoleh 10 kali muncul mata dadu 1, 12 kali muncul mata dadu 2, 11 kali muncul mata dadu 3, dan 8 kali muncul mata dadu 4.
a. Tentukan peluang empirik muncul mata dadu kurang dari 4.
b. Tentukan peluang empirik muncul mata dadu lebih dari 4.
7. Di dalam sebuah kantong terdapat 10 kelereng merah, 11 kelereng hijau, 13 kelereng kuning, dan 9 kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil kelereng selain merah adalah ....
8. Di dalam sebuah kantong terdapat 15 kelereng merah, 14 kelereng hijau, 13 kelereng kuning, dan n kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil kelereng biru adalah . Tentukan peluang teoretik jika yang diambil adalah kelereng hijau.
9. Suatu lomba sepeda hias diikuti peserta sebanyak:
• 10 orang berumur 6 tahun,
• 24 orang berumur 9 tahun, dan
• 16 orang berumur 10 tahun.
Jika lomba tersebut akan memilih satu orang terbaik, berapa peluang yang akan terpilih adalah peserta berumur 9 tahun?
10. Ketika berjalan-jalan di sebuah mall, Rudi mendapatkan keberuntungan sebagai pengunjung mall tergpilih di hari itu. Rudi berkesempatan memilih 1 hadiah dari 3 kotak yang sudah disediakan panitia mall.
Setiap kotak tersebut berisi bola berwarna merah mewakili mobil, kuning mewakili motor, dan hijau mewakili TV dengan komposisi sebagai berikut.
Rudi hanya diberi kesempatan untuk mengambil 1 hadiah dari salah satu kotak. Tentukan kotak mana yang memiliki peluang terbesar mendapatkan mobil. Jelaskan.
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar