Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP
- TryOut IPA SMP P1 Soal 2020
- TryOut Inggris SMP P2 Soal 2020
- TryOut Indonesia SMP P1 Soal 2020
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 3
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Geometri Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Bilangan Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 2
- Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Aljabar Bagian 1
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Struktur dan Fungsi M...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Pengukuran Zat dan Si...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Mekanika dan Tata Sur...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Makhluk Hidup dan Lin...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Mag...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Unsur Kebahasaan
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Inggris 2020 Fungsi Sosial dan...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Kata...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menyunting Ejaa...
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Menulis Terbatas
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Sastra
- Pemetaan SKL UN SMP Indonesia 2020 Membaca Non Sastra
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF
--------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------
Menunjukkan Kata Yang Tidak Sesuai Kaidah
-------------------------------------------------------------------------
1. Kalimat berikut yang ditulis dengan ejaan yang salah adalah . . . .
a. Sehari berlayar, dua Laut telah terlampaui
b. Ayah mampu menyeberangi Selat Sunda, dengan perahu tentunya.
c. Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau
d. Pelaut itu telah menyeberangi satu laut dan satu pulau
2. Deretan kata berikut yang ejaannya tidak tepat adalah . . . .
a. jeruk bali, Pulau Jawa, gadis Sunda
b. Jeruk Bali, pulau Kalimantan, Gadis sunda
c. jeruk bali, Pulau Kalimantan, gadis Sunda
d. Jeruk bali, Selat Sunda, gadis Minang
3. Bacalah kutipan berikut!
Senin pagi team peserta lomba debat berlatih di sekolah.
Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. Senin
B. team
C. debat
D. berlatih
4. Bacalah kutipan berikut!
Kepala Desa Tumbuh Mulia menghimbau agar masyarakat tetap mengaktifkan ronda malam.
Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghimbau
B. masyarakat
C. mengaktifkan
D. ronda
5. Sebelum bertanding para atlit diberikan pembekalan oleh pelatih di lapangan.
Penulisan kata yang tidak sesuai kaidah pada kalimat di atas adalah ...
A. bertanding
B. atlit
C. pembekalan
D. pelatih
6. Perhatikan kalimat berikut!
Team favoritnya tereliminasi pada babak semifinal.
Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. team
B. favoritnya
C. tereliminasi
D. semifinal
7. Perhatikan kalimat berikut!
Saat ini harga cabe melejit di pasaran sebab kondisinya yang langka.
Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. cabe
B. melejit
C. pasaran
D. langka
8. Jakarta mempunyai sarana akomodasi yang lengkap, sehingga dapat menampung atlit dan official yang jumlahnya besar.
Dua kata yang tidak baku pada paragraf di atas adalah ...
A. sarana, akomodasi
B. sarana, atlet
C. akomodasi, offisial
D. atlit, official
-------------------------------------------------------------------------
Menunjukkan Kalimat Yang Tidak Sesuai Kaidah
-------------------------------------------------------------------------
1. Bacalah paragraf berikut!
(1) Dalam seminggu ini hujan terus menerus.
(2) Oleh karena itu, tidaklah aneh bila banjir datang.
(3) Di kampung kami banjir memang sering terjadi.
(4) Memang tanah di kampung kami agak rendah.
(5) Bapak-bapak bila banjir berlalu membersihkan rumahnya sibuk masing-masing.
Sturktur kalimat yang salah pada paragraf di atas terdapat pada nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
2. Bacalah paragraf berikut!
(1) Kegiatan ujian nasional sudah semakin dekat. (2) Masing-masing seluruh siswa-siswi di seluruh tanah air memacu diri untuk giat belajar. (3) Namun ada juga siswa yang bandel. (4) Mereka terlihat santai saja seolah-olah tidak ada beban.
Kalimat yang tidak sesuai kaidah pada paragraf di atas terdapat pada nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Bacalah kalimat berikut!
(1) Dalam kehidupan sehari-hari, (2) manusia selain melakukan kegiatan pokok hidupnya, (3) juga memerlukan kegiatan yang bersifat hiburan (4) untuk kepuasan batinnya.
Bagian yang melingkar pada kalimat di atas adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
4. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Saat liburan sekolah, saya dan keluarga pergi ke pantai Mawun, Lombok Tengah. (2) Saya memandang pemandangan yang indah di sana. (3) Pantainya diapit oleh dua buah bukit. (4) Pasirnya putih bagaikan mutiara. (5) Airnya sangat jernih.
Kalimat yang membosankan ditunjukkan dengan nomor ...
A. 1
B. 2
C. 4
D. 5
5. Bacalah kalimat berikut!
(1) Hari ini kami belajar TIK. (2) Guru kami menguraikan tentang peranan internet dalam kehidupan sehar-hari. (3) Kami menyimak penjelasan guru dengan seksama. (4) Tanpa terasa jam pelajaran pun usai.
Kalimat mubazir ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
-------------------------------------------------------------------------
Menggunakan Kata Bentukan
(Mengisi Kata Sesuai Kaidah Bentukan Kata)
-------------------------------------------------------------------------
1. Dua orang anak sedang bermain dakon. Keduanya duduk .... di sebuah pendopo rumah.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
a. menghadap
b. dihadapkan
c. berhadapan
d. menghadapkan
2. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan .... timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan .... biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat .... masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. tumbuhan - berkembang - menciptakan
b. berhubungan - berkembang - menciptakan
c. berhubungan - memamah - menciptakan
d. berhubungan - berkembang - mewujudkan
3. Dengan perahu karet, setiap kelompok didampingi dua orang pendamping ahli .... dayung.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. menggayuh
b. mengayuh
c. mengkayuh
d. megayuh
4. Ketika bertemu, mereka langsung . . . .
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. bersalam-salaman
b. bersalaman
c. menyalami
d. menyalam-nyalami
-------------------------------------------------------------------------
Mengisi Konjungsi Dalam Kalimat
-------------------------------------------------------------------------
1. Pendidikan kesehatan di sekolah bertujuan agar murid mengetahui fakta-fakta ilmiah tentang kesehatan, memiliki sikap yang menyetujui keadaan sehat dan melaksanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat,... kesehatan sendiri maupun komunitas bertambah baik.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah .. ..
a. dan
b. ketika
c. sehingga
d. oleh karena itu
2. Anita sibuk membersikan rumah ... Yandi duduk santai.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. saat
b. tetapi
c. dan
d. walaupun
3. Jagalah kesehatan...tidak terserang penyakit.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
a. tetapi
b. namun
c. kalau
d. agar
4. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. ... terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a. dan
b. tetapi
c. atau
d. jika
5. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. ... itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks deskripsi tersebut adalah ....
a. ketika
b. dalam
c. pada
d. atau
-------------------------------------------------------------------------
Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, Dan Ketidakpaduan Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Teroris itu akhirnya gugur terkena bom rakitan yang ia bawa sendiri.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata ...
A. meninggal
B. mati
C. tewas
D. mangkat
2. Kita tidak menyoalkan beratnya sanksi bagi pelanggar aturan lalu lintas karena hal itu benar bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata-kata ...
A. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
B. mempersoali, peraturan, dibenarkannya
C. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
D. dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya
3. Sebagaimana telah ditetapkan dalam GBHN, bahwa pembangunan pendidikan dititikberatkan pada peningkatan setiap jenjang dan jenis pendidikan.
Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan menghilangkan kata … .
A. pada
B. telah
C. dalam
D. bahwa
4. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada saat bertanding pasti menggunakan metoda bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. atlet, propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet, profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
5. Untuk menjadikan pendidikan yang baik, tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik. Dengan adanya praktik, seorang anak didik akan mempunyai keterampilan yang pernah diajarkan di sekolah. Selain itu, seorang anak didik tidak mudah melupakan apa yang pernah dikerjakan dan diajarkan di sekolah. Anak didik akan terlibat langsung dengan objek yang telah mereka pelajari.
Informasi yang disampaikan dalam paragraf tersebut akan efektif apabila kalimat pertamanya diubah menjadi … .
A. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik.
B. Mewujudkan pendidikan yang baik tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik.
C. Mewujudkan pendidikan yang baik tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan praktik
D. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan praktik.
6. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Sampai akhir bulan juni, badan meteorologi dan geofisika mencatat curah hujan di bawah normal telah terjadi di sebagian besar pulau Jawa. Oleh sebab itu, disarankan masyarakat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air di sebagian wilayah pulau Jawa tersebut.
Perbaikan yang tepat untuk penulisan yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah .....
A. Bulan juni, badan Metearologi dan Geofisika, pulau Jawa
B. Bulan Juni, Badan meteorologi dan geofisika, Pulau jawa
C. bulan Juni, Badan meteorologi dan geofisika, pulau Jawa
D. bulan Juni, Badan Meteorologi dan Geofisika, Pulau Jawa
7. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal, risiko
B. peraktik, eksternel, risiko
C. peraktik, eksternal, resiko
D. praktik, eksternel, resiko
8. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan...
A. (1), (3), (2), (5), dan (4)
B. (2), (1), (5), (4), dan (3)
C. (3), (1), (5), (2), dan (4)
D. (4), (5), (1), (2), dan (3)
-------------------------------------------------------------------------
Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf
-------------------------------------------------------------------------
1. Teroris itu akhirnya gugur terkena bom rakitan yang ia bawa sendiri.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata ...
A. meninggal
B. mati
C. tewas
D. mangkat
2. Kita tidak menyoalkan beratnya sanksi bagi pelanggar aturan lalu lintas karena hal itu benar bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tercetak miring perlu diperbaiki dengan kata-kata ...
A. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
B. mempersoali, peraturan, dibenarkannya
C. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
D. dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya
3. Sebagaimana telah ditetapkan dalam GBHN, bahwa pembangunan pendidikan dititikberatkan pada peningkatan setiap jenjang dan jenis pendidikan.
Kalimat di atas dapat diperbaiki dengan menghilangkan kata … .
A. pada
B. telah
C. dalam
D. bahwa
4. Cermatilah kalimat berikut!
Setiap atlit profesionil, pada saat bertanding pasti menggunakan metoda bermain secara konsekwen, berbeda dengan yang amateran.
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. atlet, propesional, methoda, konsekuwen, amatiran
B. atlet, profesionil, metode, konsekuen, amatiran
C. atlet, profesional, metode, konsekuen, amatiran
D. atlit, profesi, methodik, konsekwen, amatir
5. Untuk menjadikan pendidikan yang baik, tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik. Dengan adanya praktik, seorang anak didik akan mempunyai keterampilan yang pernah diajarkan di sekolah. Selain itu, seorang anak didik tidak mudah melupakan apa yang pernah dikerjakan dan diajarkan di sekolah. Anak didik akan terlibat langsung dengan objek yang telah mereka pelajari.
Informasi yang disampaikan dalam paragraf tersebut akan efektif apabila kalimat pertamanya diubah menjadi … .
A. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik.
B. Mewujudkan pendidikan yang baik tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga memerlukan praktik.
C. Mewujudkan pendidikan yang baik tidak hanya membutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan praktik
D. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan teori saja, tetapi juga diperlukan praktik.
6. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Sampai akhir bulan juni, badan meteorologi dan geofisika mencatat curah hujan di bawah normal telah terjadi di sebagian besar pulau Jawa. Oleh sebab itu, disarankan masyarakat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air di sebagian wilayah pulau Jawa tersebut.
Perbaikan yang tepat untuk penulisan yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah .....
A. Bulan juni, badan Metearologi dan Geofisika, pulau Jawa
B. Bulan Juni, Badan meteorologi dan geofisika, Pulau jawa
C. bulan Juni, Badan meteorologi dan geofisika, pulau Jawa
D. bulan Juni, Badan Meteorologi dan Geofisika, Pulau Jawa
7. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal, risiko
B. peraktik, eksternel, risiko
C. peraktik, eksternal, resiko
D. praktik, eksternel, resiko
8. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan...
A. (1), (3), (2), (5), dan (4)
B. (2), (1), (5), (4), dan (3)
C. (3), (1), (5), (2), dan (4)
D. (4), (5), (1), (2), dan (3)
Download di Aplikasi Lebih Mudah
Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi
Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar