Jumat, 05 Februari 2021

Pemetaan SKL UN SMP IPA 2020 Gelombang Listrik Magnet Bagian 3

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP



 --------------------------------------------------------

Magnet dan Elektromagnet

--------------------------------------------------------

Sifat Magnet Bahan

Kata Magnet berasal dari kata Magnesia, yaitu suatu daerah yang termasuk wilayah  kerajaan Yunani kuno tempat ditemukannya batuan yang dapat menarik benda-benda dari besi beberapa abad sebelum masehi.

Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi manusia dapat menciptakan magnet yang berasal dari besi, baja, dan campuran beberapa logam lainnya untuk memenuhi kebutuhannya.

Apabila kutub utara dengan kutub selatan didekatkan akan tarik-menarik, (U-S), sedangkan kutub utara apabila didekatkan dengan kutub utara

akan tolak-menolak, (U-U). Kutub selatan apabila didekatkan dengan kutub

selatan akan terjadi tolak-menolak, (S-S). Atau dengan kata lain kutub senama tolak-menolak, tidak senama tarik-menarik.

1. Cara Membuat Magnet

Ada berbagai cara untuk membuat magnet, antara lain:

a. dengan cara menggosokkan magnet tetap,

b. dengan aliran arus listrik,

c. dengan induksi (influensi atau imbas).

2. Cara Menghilangkan Sifat KemagnetanSifat kemagnetan suatu benda akan berkurang atau hilang jika mengalami hal-hal sebagai berikut a. Sering jatuh

b. Sering dipukul-pukul

c. Dibakar atau dipanaskan pada suhu yang tinggi.

d. Sering dialiri arus AC

e. Penyimpanan magnet yang salah (penyimpanan magnet haruslah berpasangan dengan posisi kutub berlawanan dan harus dikunci dengan batang besi biasa). Dengan demikian garis gaya magnetnya akan berputar di dalam magnet saja).

Teori Kemagnetan Bumi

Kutub utara magnet selalu menghadap ke arah utara. Hal ini dapat dijelaskan dengan beranggapan bahwa:

a. Di kutub utara bumi terdapat suatu kutub selatan magnet

b. Di kutub selatan bumi terdapat suatu kutub utara magnet

c. Bumi sebagai sebuah magnet besar dengan kutub selatan terletak di dekat kutub utara dan kutub utara terletak di dekat kutub selatan bumi

Medan Magnet di Sekitar Kawat Berarus Listrik

Medan magnet adalah suatu daerah di sekitar magnet di mana masih ada pengaruh gaya magnet.

1. Garis gaya magnet adalah arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet.

2. Garis gaya magnet memiliki arah meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.

3. Garis gaya magnet selalu tidak berpotongan.

4. Tempat di mana garis gayanya rapat maka menunjukkan bahwa medan magnetnya juga kuat begitu pula sebaliknya

Medan Magnet di Sekitar Kawat Lurus Berarus Listrik

Dari percobaan yang dilakukannya Oersted menyimpulkan bahwa:

a. Di sekitar arus listrik terdapat medan magnet. Ini dapat dideteksi dengan menggunakan serbuk besi yang memerlukan kuat arus yang tinggi, jadi tidak bisa dengan baterai yang kecil.

b. Arah medan magnet (garis-garis gaya magnet) bergantung pada arah arus listrik. Jika arah arus diubah, maka arah medan magnet berubah.

c. Besar medan magnet dipengaruhi oleh kuat arus dan jarak terhadap kawat.

ibu jari menunjukka arah arus, maka arah garis gaya magnet dinyatakan oleh jari-jari yang menggenggam.

Medan Magnet Sebuah Kumparan

Pengaruh hubungan antara kuat arus dan medan magnet disebut elektromagnet atau magnet listrik.

Keuntungan magnet listrik adalah:

a. Sifat kemagnetannya sangat kuat.

b. Kekuatan magnet itu dapat diubah-ubah dengan mengubah kuat arus.

c. Kemagnetannya dapat dihilangkan dengan memutuskan arus listrik

Peralatan yang Menggunakan Prinsip Elektromagnetik

Banyak alat-alat listrik yang bekerjanya atas dasar kemagnetan listrik. Misalnya bel listrik, telepon, telegraf, alat penyambung atau relai, kunci pintu listrik, detektor logam dan loudspeaker. Alat-alat ukur seperti amperemeter, voltmeter dan galvanometer dapat dijelaskan dengan prinsip kemagnetan listrik.

Gaya Lorentz dan Penggunaannya

Gaya Lorentz adalah gaya yang terjadi pada sebuah penghantar berarus listrik di dalam medan magnet.

Dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Ibu jari menunjukkan arah arus listrik, I.

b. Telunjuk menunjukkan arah medan magnet, B.

c. Jari tengah menunjukkan arah gaya Lorentz, F.

Dengan F adalah gaya Lorentz dinyatakan dalam newton, medan magnet dinyatakan dalam satuan (N/Am), (weber/m2) atau tesla (T), dan l adalah panjang kawat penghantar dinyatakan dalam meter (m).

Contoh Penggunaan Konsep Gaya Lorentz (Gaya Magnet) penerapan konsep ini antara lain motor listrik dan alat ukur listrik.

Induksi Elektromagnetik Hubungan antara Pergerakan Garis Medan Magnet dengan Terjadinya Gaya Gerak Listrik Induksi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar GGL induksi yaitu:

1. Kecepatan perubahan medan magnet.

Semakin cepat perubahan medan magnet, maka GGL induksi yang timbul semakin besar.

2. Banyaknya lilitan

Semakin banyak lilitannya, maka GGL induksi yang timbul juga semakin besar.

3. Kekuatan magnet

Semakin kuat gelaja kemagnetannya, maka GGL induksi yang timbul juga semakin besar.

GGL induksi dapat ditimbulkan dengan cara lain yaitu :

1. Memutar magnet di dekat kumparan atau memutar kumparan di dekat magnet. Maka kedua ujung kumparan akan timbul GGL induksi.

2. Memutus-mutus atau mengubah-ubah arah arus searah pada kumparan primer yang di dekatnya terletak kumparan sekunder maka kedua ujung kumparan sekunder dapat timbul GGL induksi.

3. Mengalirkan arus AC pada kumparan primer, maka kumparan sekunder didekatkan dapat timbul GGL induksi. Arus induksi yang timbul adalah arus AC dan gaya gerak listrik induksi adalah GGL AC.

Tranformator

V = tegangan (Volt)

N = Jumlah lilitan 

I = Arus (A)

Initial P = primer dan S = sekunder

Ada dua hal perlu dipahami untuk transformator ini, yaitu:

1. Transformator hanya digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan arus bolak-balik (AC) dan tidak untuk arus searah (DC).

2. Transformator tidak dapat memperbesar daya listrik yaitu tidak dapat memperbesar banyaknya daya yang masuk ke dalam transformator tersebut.

Efisiensi Tranformator

Agar diperoleh efisiensi mendekati 100 % pada penggunaan transformator, biasanya dilakukan cara-cara sebagai berikut:

1. Diberi bahan pendingin.

2. Untuk mengurangi panas, membuat inti besi untuk transformator berbentuk pelat atau lempengan.

3. Mengalirkan udara dingin, misal dengan air conditioning atau kipas angin.

Efisiensi tranformator, η , adalah persentase

harga perbandingan antara besar energi yang dilepas

transformator tiap sekon pada kumparan sekunder

dengan energi yang diterima transformator setiap

sekon pada kumparan primer

Karakteristik Transformator dan Penerapannya

Ada dua transformator, yaitu:

1. Transformator step-up (transformator penaik tegangan)

2. Transformator step-down (transformator penurun tegangan)

Ciri-ciri kedua jenis trafo adalah:

1. Trafo step-up

a. Jumlah lilitan kumparan primer selalu lebih kecil dari jumlah lilitan kumparan sekunder, (Np < Ns)

b. Tegangan primer selalu lebih kecil dari tegangan sekunder, (Vp < Vs)

c. Kuat arus primer selalu lebih besar dari kuat arus sekunder, (Ip> Is)

2. Trafo step-down

a. Jumlah lilitan kumparan primer selalu lebih besar dari jumlah lilitan kumparan sekunder, (Ip> Ns)

b. Tegangan primer selalu lebih besar dari tegangan sekunder (Vp > Vs)

c. Kuat arus primer selalu lebih kecil dari kuat arus sekunder, (Ip< Is)

Latihan Soal

--------------------------------------------------------------------

1. Prinsip kerja mikrofon telepon adalah ....

a. mengubah getaran listrik menjadi

gelombang mekanik

b. mengubah getaran listrik menjadi gelombang suara

c. mengubah gelombang suara menjadi

getaran-getaran listrik

d. mengubah gelombang suara menjadi gelombang mekanik

2. Perhatikan gambar berikut ini.

Jika besi/baja telah menjadi magnet, pernyataan berikut benar, kecuali ....

a. A kutub utara dan B kutub selatan

b. A kutub selatan dan B kutub utara

c. A dan B kutub selatan

d. A dan B kutub utara

3. Perhatikan gambar berikut.

Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

a. A : kutub selatan 

b. B : kutub selatan 

c. C : kutub selatan

d. D : kutub utara

4. Magnet listrik dapat diperoleh dengan cara ....

a. mendekatkan besi/baja pada magnet tetap

b. melilitkan kawat berarus listrik DC pada baja/besi berisolasi

c. menggosokkan besi/baja dengan magnet tetap ke satu arah.

d. melilitkan kawat berarus listrik AC pada besi/baja berisolasi.

5. Perhatikan gambar berikut.

Benda A dapat menarik benda B dan ti dak dapat menarik benda C. Pernyataan berikut benar, kecuali ....

a. benda A sebuah magnet

b. benda B merupakan benda magnetik

c. benda C merupakan benda nonmagnetik

d. benda C merupakan benda feromagnetik

6. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ....

a. magnet batang

b. magnet ladam

c. magnet U

d. magnet jarum

7. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ....

a. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja

b. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

c. bagian b tidak memiliki kutub

d. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja

8. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku adalah ….

a. paku akan meleleh

b. paku mampu mengalirkan listrik

c. paku dapat menjadi magnet

d. paku tidak mengalami reaksi apapun

9. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah ….

a. menuangkan air pada campuran tersebut

b. menggunakan kaca pembesar

c. menggunakan magnet

d. memanaskan campuran tersebut

10. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah ….

a. lobster duri

b. siput

c. gurame

d. lele

11. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara….

a. plastik dan kertas

b. alumunium dan seng

c. besi dan aluminium

d. emas dan perak

12. Perhatikan gambar berikut!

Berikut dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan maka akan saling tolak menolak adalah gambar….

a. 1 dan 3

b. 2 dan 3

c. 1 dan 4

d. 1, 2, 3, dan 4

13. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung ….

a. massa magnet yang mengangkat klip logam

b. ukuran magnet yang mengangkat klip logam

c. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet

d. klip logam yang tetap menempel pada magnet

14. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik adalah….

a. kipas angin

b. jam tangan

c. lampu

d. kompor

15. Perhatikan gambar berikut ini!

Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh….

a. kecepatan gerak magnet

b. kutub magnet yang dimasukkan

c. jumlah lilitan

d. besar medan magnet

16. Arah garis gaya pada gambar di bawah ini yang benar adalah . . . .

17. Perhatikan gambar di bawah ini!

Sudut yang terbentuk oleh penyimpangan jarum kompas disebut . . . .

a. inklinasi

b. deklinasi

c. aklin

d. isoklin

18. Arah medan magnet yang benar ditunjukkan oleh gambar di bawah adalah . . . .

19. Perhatikan gambar berikut.

Benda A dapat menarik benda B dan ti dak dapat menarik benda C. Pernyataan berikut benar, kecuali ....

a. benda A sebuah magnet

b. benda B merupakan benda magnetik

c. benda C merupakan benda nonmagnetik

d. benda C merupakan benda feromagnetik

20. Perhatikan gambar berikut ini.

Jika besi/baja telah menjadi magnet, pernyataan berikut benar, kecuali ....

a. A kutub utara dan B kutub selatan

b. A kutub selatan dan B kutub utara

c. A dan B kutub selatan

d. A dan B kutub utara

21. Sebuah kompas diletakkan di bawah kawat lurus berarus listrik, ternyata jarum kompas akan menyimpang. Hal ini menunjukkan bahwa ....

a. di sekitar magnet jarum pada kompas timbul medan magnet

b. di sekitar kawat lurus berarus listrik terdapat medan magnet

c. garis-garis gaya magnet dari magnet jarum kompas ditolak arus listrik

d. magnet jarum pada kompas menimbulkan arus listrik pada kawat.

22. Perhatikan gambar berikut.

Arah medan magnet dari kawat lurus berarus listrik di atas yang benar adalah ....

a. I dan II

b. II dan III

c. I dan III

d. II dan IV

23. Perhatikan gambar berikut.

Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

a. A : kutub selatan 

b. B : kutub selatan 

c. C : kutub selatan

d. D : kutub utara

24. Gambar berikut menunjukkan arah garis- garis gaya magnet yang dihasilkan oleh solenoida yang benar adalah ....

25. Perhatikan gambar berikut.

Jika F : gaya Lorentz, B : kuat medan magnet, I : kuat arus listrik menurut aturan tangan kanan berimpit dengan sumbu ....

a. Y

b. –Y

c. –Z

d. X

26. Kawat berarus listrik berada dalam medan magnet 60 tesla mengalami gaya Lorentz 12 N. Jika kawat itu berada dalam medan magnet 15 tesla, besar gaya Lorentz yang dialami kawat adalah ....

a. 3 N

b. 36 N

c. 48 N

d. 75 N

27. Berdasarkan gambar elektromagnet, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

a. P : kutub utara dan Q : kutub selatan

b. kemagnetannya mudah dihilangkan

c. kutub-kutub magnet yang dihasilkan sulit diubah

d. kemagnetannya tidak tergantung hambatan lilitan

28. Arah garis-garis gaya magnet yang tidak benar ditunjukkan pada gambar ....

29. Menurut Oersted, arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik yang benar adalah ....

30. Oersted melakukan eksperimen dengan mendekatkan kawat berarus listrik di dekat magnet, ternyata  jarum magnet bergerak. Dapat disimpulkan bahwa :

a. di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet

b. di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan listrik

c. arah medan magnet tidak ditentukan oleh arah arus listrik

d. arah medan magnet searah dengan arah arus listrik

31. Kelompok alat berikut ini yang bekerja berdasarkan elektromagnet adalah ….

      a. Bel listrik, telepon, kompor listrik

b. Telepon, galvanometer, relai

c. Relai, motor listrik, akumulator

d. Setrika listrik, akumuloator, galvanometer

32. Besarnya gaya Lorentz yang dialami penghantar berarus listrik di dalam medan magnet ditentukan oleh      beberapa faktor, kecuali ….

a. Besarnya kuat arus

b. Panjang kawat

c. Luas penampang kawat

d. Kuat medan magnet

33. Sebuah kawat penghantar sepanjang 10 m berarus listrik 2 A yang berada dalam medan magnet 20 Tesla, maka gaya Lorent yang bekerja sebesar ….

a. 4 N

b. 40 N

c. 400 N

d. 4000 N

34. Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi elektromagnet......

1. Jumlah lilitan pada kumparan

2. Arah garis gaya magnet

3. Kecepatan gerak magnet

4. Arah lilitan kawat

Yang benar dari pernyataan di atas adalah......

a. 1 dan 3

b. 1 dan 4

c. 2 dan 4

d. 2 dan 3

35. Perhatikan gambar!

Kumparan A berada di dekat kumparan yang dihubungkan dengan baterai. Arus induksi terjadi di kumparan A jika arus dalam kumparan B.....

a. diputus

    b. dihubungkan  

c. dialirkan terus

  d. diputus dan hubungkan

36. Sebuah transformator mempunyai kumparan primer dan sekunder dengan jumlah lilitan masing-masing 500 dan 5000 lilitan, dihubungkan dengan jaringan bertegangan arus bolak-balik 220 volt. Besar tegangan keluaran adalah......

a.  220 volt

b. 1000 volt

c.  2200 volt

d.  22000 volt

37. Pada sebuah Transformator jika energi yang masuk 6.000 joule dan energi yang dihasilkan 5.000 joule, maka efesiensinya adalah......

a.   12,5 %

b.   56 %

c.   65 %

d.   83,3 %

38. Efesiensinya sebuah trafo 80%. Jika energi yang dihasilkan 4.400 joule, maka energi yang masuk adalah......

a.   3.500 joule

b.   4.500 juole   

c.   5.500 joule

d.   6.500 joule

39. Sebuah transformator dihubungkan dengan tegangan 110 volt yang arusnya 5A. Jika tegangan yang dihasilkan 220 volt dengan arus 2A, efesiensi trafo adalah......

a.   12,5 %

b.   80%

c.   50 %

d.   125 %

40. Apabila Vp = tegangan primer, Vs = tegangan sekunder, Ip = kuat arus primer dan Is = kuat arus sekunder, maka hubungan yang benar adalah . . . .

41. Magnet yang diam di dalam kumparan tidak menghasilkan GGL induksi karena ….

a. dalam kumparan terjadi perubahan fluks magnetic

b. dalam kumparan tidak terjadi perubahan fluks magnetik

c. dalam kumparan tidak terjadi medan magnet

d. di dalam kumparan terjadi kehilangan sifat kemagnetannya

42. Pernyataan berikut yang tidak benar untuk sebuah trafo adalah ….

a. trafo bekerja berdasarkan induksi elektromagnetik

b. perubahan fluks magnetik pada kumparan primer menyebabkan GGL induksi pada kumparan sekunder

c. trafo digunakan untuk merubah tegangan AC menjadi lebih tinggi atau lebih rendah

d. trafo juga dapat digunakan untuk menaikkan dan menurunkan tegangan DC

43. Jika jumlah kumparan primer lebih banyak daripada kumparan sekunder, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ….

a. tegangan input lebih besar daripada tegangan output

b. kuat arus primer lebih kecil daripada kuat arus sekunder

c. jenis trafo yang digunakan step up karena kuat arus primer lebih besar daripada kuat arus sekunder

d. jenis trafo yang digunakan step down karena kuat arus primer lebih kecil dari pada kuat arus sekunder

44. Magnet batang yang dilewatkan melalui kumparan kawat, maka arus induksi dalam kumparan paling besar pada saat ....

a. magnet digerakkan dengan cepat dan berada dalam kumparan dalam waktu singkat

b. magnet digerakkan secara perlahanlahan dan cukup lama berada dalam kumparan

c. kutub selatan magnet memasuki kumparan

d. kutub utara magnet memasuki kumparan

45. Daya pada kumparan primer dari sebuah transformator step up adalah 300 watt. Jika daya pada kumparan sekunder 225 watt, efisiensi transformator tersebut adalah ....

a. 25 %

b. 30 %

c. 75 %

d. 85 %

Essay

--------------------------------------------------------------------

1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol N dan S pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!

2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.

Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di bawah dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet

3. Gambar berikut menunjukkan apa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tapi magnet Y dan Z tetap terpisah.

a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?

b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?

4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.

a. Bagaimana dia menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?

b. Apa yang seharusnya dia amati jika batang logam 2 merupakan magnet?

5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog