Sabtu, 13 Februari 2021

Pemetaan SKL UN SMP Matematika 2020 Statistika

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 Daftar Link Pemetaan Soal UN SMP




 STATISTIKA DAN PELUANG

--------------------------------------------------------------

--------------------------------------------------------------

Menyajikan Dan Mendeskripsikan Data Dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, Garis Atau Lingkaran

--------------------------------------------------------------

Latihan Soal

-----------------------------------------------------------------

1. Mean dan median grafik di bawah ….

a. 4,5 dan 7,0

b. 7,5 dan 7,5

c. 4,5 dan 8,0

d. 7,5 dan 8,5

2. Dari grafik di atas dapat dinyatakan bahwa selisih nilai rata-rata kelas 9A dengan kelas 9B adalah….

a. 0,66 c. 0,14

b. 0,22 d. 0

3. Diagram di samping menyatakan kegemaran dari 1200 siswa. Banyaknya siswa yang gemar bermain basket adalah….

a. 60 orang

b. 80 orang

c. 100 orang

d. 120 orang

4. Data pertumbuhan penduduk dari tahun 1995 sampai 1999 seperti  tampak pada gambar berikut:

Banyak semua penduduk pada data tersebut adalah ….

a. 34 orang

b. 52 orang

c. 40 orang 

d. 60 orang

5. Diagram lingkaran di bawah ini menggambarkan kegiatan waktu luang dari 180 orang. Banyak orang yang melakukan kegiatan sosial adalah ….

a. 30 orang

b. 35 orang                                                                                  

c. 40 orang                                                                                                                                       

d. 60 orang

6. Data penjualan beras di toko sembako selama lima hari adalah sebagai berikut

Rata-rata banyak beras yang terjual setiap hari adalah … .

a. 35 kwintal    

b. 40 kwintal 

c. 42 kwintal 

d. 44 kwintal

7. Perhatikan diagram berikut!  

Jika luas daerah seluruhnya 300 hektar, maka luas daerah yang merupakan hutan adalah … .

a. 10 hektar

b. 12 hektar

c. 100 hektar

d. 120 hektar

8. Jumlah pengunjung perpustakaan di SMP Merdeka pada bulan Juli sampai dengan Desember 2015 nampak seperti pada diagram batang di bawah ini.

Jumlah pengunjung pada tiga bulan pertama adalah …  siswa

a. 100

b. 125

c. 175

d. 225

9. Selisih tertinggi siswa laki-laki dan perempuan ada di kelas......

a. 7A

b. 7B

c. 7C

d. 7D

10. Penurunan yang tinggi penjualan kendaraan di kota X terjadi pada bulan

a. Januari – Februari

b. Februari – Maret

c. Maret – April

d. Juni – Juli

11. Perhatikan diagram batang berikut

Penjualan ayam tertinggi terjadi pada bulan....

a. Januari c. Maret

b. Februari d. April

12. Suhu badan Diva stabil terjadi pada hari

a. Senin – Selasa

b. Selasa – Rabu

c. Rabu – Kamis

d. Kamis – Jumat

13. Jika semua pemilih ada 250 siswa, banyak siswa yang memilih Hidayat adalah

a. 30 siswa

b. 32 siswa

c. 35 siswa

d. 40 siswa

B. Soal Uraian

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1. Perhatikan diagram garis berikut ini

a. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Senin sampai Minggu

b. Tentukan besar kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada hari Rabu sampai Sabtu

2. Dalam satu minggu banyaknya kendaraan yang melintas di jalan tol tercatat dalam tabel berikut.

a. Tentukan persentase banyak kendaraan setiap hari dalam sepekan.

b. Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya kendaraan yang melintas dalam sepekan di jalan tol?

3. Diagram lingkaran di samping ini menunjukkan penjualan mobil di beberapa kota besar.

a. Jika semua mobil yang terjual sebanyak 41.300, tentukan berapa banyak mobil yang terjual tiaptiap kota?

b. Apa kesimpulan kalian tentang banyaknya mobil yang terjual dari kota besar tersebut?

4. Diketahui diagram batang tentang tinggi badan seperti di bawah ini.

Diketahui jumlah siswa adalah 126 anak.

a. Tentukan berapa banyak siswa masing- masing.

b. Pada tinggi badan berapa jumlah siswa yang paling banyak dan paling sedikit?

c. Tentukan ukuran tinggi badan yang banyak siswanya sama?

--------------------------------------------------------------

Ukuran Pemusatan Data

--------------------------------------------------------------

Ukuran Pemusatan (Ukuran Tendensi Sentral)

a. Mean (rata-rata atau rataan) dilambangkan dengan  

Mean ( ) =  

b. Median (Me)

Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data setelah diurutkan. 

Jika banyaknya data genap, maka mediannya adalah rata-rata dari dua data yang ditengah.

c. Modus (Mo)

Modus adalah data yang paling sering muncul

Latihan Soal

1. Diketahui data nilai ulangan matematika 15 orang siswa sebagai berikut.

7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4

Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah ... orang.

a. 4 

b. 7 

c. 8

d. 11

2. Nilai rata-rata sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 62. Jika seorang siswa yang mendapat nilai 23 dari kelom pok itu tidak dimasukkan dalam perhitungan rata-rata tersebut, nilai rata-rata ujian menjadi ....

a. 61,05 

b. 61,425 

c. 62

d. 63

3. Dalam suatu ujian yang diikuti 42 siswa, diperoleh rataan nilai ujian 30. Oleh karena rataannya terlalu rendah, semua nilai ujian siswa dikalikan 2, kemudian dikurangi 5. Rataan nilai yang baru adalah ....

a. 55 

b. 54 

c. 53

d. 52

4. Nilai rata-rata ulangan Matematika 10 siswa adalah 55. Jika digabung lagi dengan 5 siswa lain, nilai rata-ratanya menjadi 53. Nilai rata-rata dari 5 siswa tersebut adalah ....

a. 49 

b. 50 

c. 50,5

d. 51

5. Diketahui data tinggi badan sejumlah anak sebagai berikut :

150cm, 148cm, 153cm, 150cm, 160cm,

150cm, 154cm, 151cm, 153cm, 150cm,

152cm, 154cm, 160cm, 150cm, 148cm. 

Modus data tersebut adalah ... .

a. 148 cm

b. 150 cm

c. 153 cm

d. 160 cm

6. Perhatikan data berikut.

Skor 35 36 37 38 39 40

Frek. 7 18 8 9 6 2

Median dari data tersebut adalah ... .

a. 36

b. 36,5

c. 37

d. 37,5

7. Hasil tes Bahasa Inggris diketahui sebagai berikut :

NILAI 5 6 7 8 9 10

FREK 4 13 12 7 3 1

Banyaknya siswa yang nilainya di atas rata – rata adalah ... .

a. 11 orang

b. 17 orang

c. 23 orang

d. 29 orang

8. Nilai rata-rata siswa perempuan di suatu kelas 70, sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki 75. Jika jumlah siswa di kelas itu 40 orang dan nilai rata-rata seluruh siswa 72, maka banyak siswa laki-laki adalah ... .

a. 16 orang

b. 20 orang

c. 24 orang

d. 28 orang

9. Diagram berikut menunjukkan data penjualan di suatu perusahaan motor.

Pada tahun berapakah terjadi kenaikan penjualan motor sebesar 20%?

A. 2007 C. 2010

B. 2009 D. 2011

10. Diberikan data yang sudah terurut sebagai berikut.

14, 16, 18, x – 3, 20, 22, x + 2

Median dari data tersebut adalah 19. Berapakah nilai x?

A. 19 C. 21

B. 20 D. 22

11. Berikut ini diagram nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A.

Median dari nilai ulangan matematika siswa kelas VIII A adalah ....

A. 6,5 C. 7,5

B. 7 D. 8

12. Data berat badan (dalam kg) sekelompok balita di Posyandu Kasih Bunda sebagai berikut.

16 19 20 21 19 16 21 16

17 20 16 20 17 16 21 17

18 18 18 16 16 19 19 20

20 21 17 18 18 20 16 19

Modus data di atas adalah ....

A. 16 C. 19

B. 18 D. 20

13. Perhatikan tabel berikut.

Median data di atas adalah ....

A. 6,5 C. 7,5

B. 7,0 D. 8,0

14. Rata-rata lima belas bilangan adalah 49,4. Rata- rata lima bilangan pertama adalah 55. Rata-rata enam bilangan terakhir adalah 45. Ratarata empat bilangan yang lain adalah ....

A. 46 C. 48

B. 47 D. 49

15. Suatu kelas terdiri atas 30 siswa baru saja mengikuti tes tulis. Jika 20 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 90, dan 2 siswa mendapat nilai 100, berapakah rata-rata nilai kelas pada tes tulis ini?

A. 82 C. 86

B. 84 D. 88

16. Rata-rata berat badan dari 200 ikan hasil tangkapan di laut lepas adalah 50 kg. Pada saat diperiksa ulang, ternyata terdapat kesalahan tulis yaitu 92 dan 8 berturut-turut seharusnya adalah 192 dan 88. Rataan yang benar adalah ....

A. 50,9 C. 55,9

B. 53,9 D. 59,9

17. Diketahui data nilai ulangan Matematika dari 15 orang siswa sebagai berikut.

7, 5, 4, 6, 5, 7, 8, 6, 4, 4, 5, 9, 5, 6, 4

Banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata adalah .... siswa.

A. 4 C. 6

B. 5 D. 7

18. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari suatu kelas adalah 7. Apabila dua siswa yang baru mengikuti ulangan susulan yang nilainya 4 dan 6 digabungkan, maka nilai rata-rata kelas itu turun 0,1. Banyak siswa semula adalah ....

A. 36 C. 40

B. 38 D. 42

19. Mean dari empat bilangan bulat : 

4, a, b, dan 5 sama dengan median data tersebut, yaitu 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil sama dengan ....

A. 2 C. 4

B. 3 D. 5

20. Dari 10 data pengamatan diketahui bahwa median adalah dua lebihnya dari jangkauan. Bila semua data dikalikan dua kemudian dikurangi 3, maka jumlah dari median dan jangkauan menjadi 21. Jangkauan data mula- mula adalah ....

A. 3 C. 5

B. 4 D. 6

21. Kuartil bawah dari data 12, 13, 11, 6, 4, 9, 3, 7, 6, 5, 9, adalah ....

A. 4 C. 6

B. 5 D. 7

22. Diberikan diagram nilai ulangan Matematika siswa kelas VIII C seperti berikut.

Kuartil atas dari data di atas adalah ....

A. 6,25 C. 8,25

B. 7,5 D. 9,5

23. Tabel berikut ini menunjukkan lama tidur di waktu malam (dalam jam) beberapa siswa kelas VIII.

Dari tabel di atas, diperoleh informasi sebagai berikut.

(1) Median = 6

(2) Q1 = 5

(3) Q3 = 7,5

Pernyataan yang benar adalah ....

A. (1) dan (2) C. (2) dan (3)

B. (1) dan (3) D. (1), (2), dan (3)

24. Simpangan kuartil dari 7, 4, 5, 6, 7, 5, 4, 7, 8, 9, 6 adalah ....

A. 1 C. 2,5

B. 2 D. 3

25. Diketahui data sebagai berikut.

4, 5, 5, 7, 3, 2, 4, 6, 7, 4

Pernyataan berikut yang salah adalah ....

A. Modus = 4 C. Mean = 4,7

B. Median = 5 D. Q3 = 6

26. Diagram berikut menunjukkan nilai ulangan susulan mata pelajaran IPS beberapa siswa kelas VIII.

Dari diagram di atas, 

nilai mean + median + modus = ....

A. 4 C. 6  

B. 5  D. 8

27. Tabel di bawah menunjukkan usia 20 anak di suatu kelas, 2 tahun yang lalu. 

Bila pada tahun ini tiga orang yang berusia 7 tahun dan seorang yang berusia 8 tahun pindah sekolah, maka usia rata-rata 16 orang yang masih tinggal pada saat ini adalah ... tahun.

A. 7 C. 8 

B. 8 D. 9

28. Dari 50 siswa terdapat 20 siswa yang mendapat nilai kurang dari 45 dan 10 siswa mendapat nilai lebih dari 76. Bila nilai yang dapat dicapai adalah bilangan bulat dari 0 sampai 100, maka nilai rata-rata 50 siswa tersebut tidak mungkin sama dengan ....

A. 43 C. 65

B. 50 D. 73

Esai

--------------------------------------------------------------------

1. Jumlah siswa laki-laki kelas IX A SMP Ceria adalah 16 orang dengan berat badan rata-rata adalah 50 kg. Jelaskan secara singkat langkahlangkah untuk mengukur berat badan ke-16 siswa tersebut.

2. Pak Tono memiliki kebun mangga sebanyak 36 pohon, rata-rata panen dari tahun 2013-2017 adalah 373 kg. Tentukan nilai x.

3. Terdapat 8 bilangan dengan rata-rata 18. Enam bilangan di antaranya adalah 16, 17, 19, 20, 21, dan 14. Sisa dua angka bila dijumlahkan sama dengan 2x. Berapakah nilai x?

4. Winda telah mengikuti beberapa kali ujian matematika. Jika Winda memperoleh nilai 94 pada ujian yang akan datang, nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 89. Tetapi jika ia memperoleh nilai 79 maka nilai rata-rata seluruh ujian matematikanya adalah 86.

Dari informasi tersebut, berapa banyak ujian yang telah diikuti oleh Winda sebelumnya?

5. Diketahui data nilai ujian akhir semester siswa kelas VIII A SMP Ceria di bawah ini.

Jika nilai ujian akhir semester siswa di kelas tersebut memiliki nilai rata-rata 7,5, tentukan nilai mediannya.

6. Kelas VIII A SMP Ceria memiliki siswa sebanyak 32 orang. Pada Ujian Tengah Semester diketahui nilai rata-rata pada mata pelajaran matematika adalah 75, sedangkan nilai rata rata pada mata pelajaran IPA adalah 62,4. Pada kelas VIII D, rata-rata nilai matematika yang diperoleh adalah 71,6. Jika nilai rata-rata gabungan kelas VIII A dan kelas VIII D untuk mata pelajaran matematika dan IPA masing-masing adalah 73,2 dan 66, tentukan nilai rata-rata mata pelajaran IPA untuk kelas VIII D.

7. Data berikut menunjukkan hasil Ujian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas VIII.

Jika pihak sekolah memberlakukan aturan bahwa siswa yang memiliki nilai Ujian Akhir Semester lebih dari atau sama dengan nilai rata- rata akan diluluskan, dan siswa yang memiliki nilai di bawah nilai rata-rata tidak lulus, tentukan persentase banyak siswa yang tidak lulus pada Ujian Akhir Sekolah untuk mata pelajaran IPA tersebut (Bulatkan sampai dua tempat desimal).

8. Perbandingan jumlah perempuan dan laki-laki dalam satu kelas adalah 3 : 2 dan jumlah perempuan ada 12. Tentukan rata-rata berat badan laki-laki jika total berat siswa laki-laki adalah 424.

9. Tabel di samping menunjukkan keuntungan setiap bulan dari Restoran Memang Enak selama satu tahun (dalam juta rupiah).

a. Berapakah keuntungan terendah dan tertinggi?

b. Hitunglah nilai kuartil atas dan kuartil bawah dari keuntungan restoran tersebut.

--------------------------------------------------------------

Peluang

--------------------------------------------------------------

Titik sampel adalah kemungkinan-kemungkinan yang muncul.

Ruang sampel adalah semua kejadian yang mungkin muncul pada suatu percobaan.

Peluang adalah kesempatan suatu kejadian muncul pada suatu percobaan

P (A) =  

dimana, 

P(A) = peluang kejadian A

n(A) = banyaknya titik sampel kejadian A

n(S) = banyaknya anggota ruang sampel

Batas nilai peluang munculnya titik sampel A adalah 

0 ≤ P(A) ≤ 1

a. Jika P(A) = 0 disebut kemustahilan

b. Jika P(A) = 1 disebut kepastian

Frekuensi relatif dilambangkan dengan Fr.

Fr =  

Frekuensi harapan dilambangkan dengan Fh.

Fh(A) = P(A) × banyaknya percobaan

Contoh :

1. Dalam percobaan melempar 2 buah dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8 adalah ...

Penyelesaian:

Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3), (6,2)  atau ( 5 kemungkinan )

2. Tiga mata uang logam dilempar undi bersama-sama. Banyak titik sampel  paling sedikit 1 angka adalah … .

Penyelesaian:

Titik  sampel  = 

(A,A,A), (A,A,G), (A,G,A), (A,G,G), (G,A,A), (G,A,G), (G,G,A)

Kejadian paling sedikit 1 Angka = 7

3. Dalam suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah….

Penyelesaian :

Latihan Soal

--------------------------------------------------------------------

1. Dalam sebuah kantong, terdapat 2 kelereng merah, 5 kelereng biru, 4 kelereng hijau, dan 1 kelereng kuning. Peluang terambil kelereng biru adalah ....

a.  c.  

b.  d.  

2. Sebuah dadu dilemparkan sebanyak 180 kali. Frekuensi harapan munculnya mata dadu kurang dari 6 adalah ....

a. 60

b. 90

c. 120

d. 150

3. Tiga keping uang logam yang sama dilemparkan secara bersamaan sebanyak 80 kali. Frekuensi harapan ketiganya muncul sisi angka adalah ....

a. 5

b. 10

c. 20

d. 40

4. Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak sebanyak 260 kali. Jika setiap kartu yang diambil kemudian dikembalikan, frekuensi harapan terambil kartu As adalah ....

a. 5 kali

b. 20 kali

c. 40 kali

d. 60 kali

5. Frekuensi harapan munculnya mata dadu bilangan ganjil pada percobaan pelemparan sebuah dadu sebanyak 300 kali adalah ....

a. 75 kali

b. 100 kali

c. 150 kali

d. 200 kali

6. Sebuah dadu dilempar satu kali. Peluang muncul mata dadu bilangan prima adalah … . 

A.  

B.  

C.  

D.  

7. Andi mempunyai 3 baju dan 2 celana. Banyak cara Andi berpakaian adalah … . 

A. 5

B. 6

C. 8

D. 9

8. Suatu koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika mata koin Angka muncul 40 kali, tentukan peluang empirik kemunculan mata angka tersebut.

A.  

B.  

C.  

D.   

9. Sebuah koin dilempar sebanyak 100 kali. Jika mata koin Angka muncul 48 kali, maka peluang empirik kemunculan mata koin bukan Angka adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

10. Sebuah koin dilempar sebanyak n kali. Jika peluang empirik muncul mata koin Angka adalah a kali, maka peluang empirik muncul mata koin selain Angka dalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

11. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah   , maka percobaan penggelindingan dadu tersebut dilakukan sebanyak ... kali.

A. 24 C. 26

B. 25 D. 27

12. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu. 

Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 40 kali, maka banyak peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

13. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu sebanyak sekian kali.

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah  , maka peluang empirik mata dadu “selain 5” dalam percobaan tersebut adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

14. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu sebanyak sekian kali.

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “1” adalah   , banyak kemunculan mata dadu “selain 2” dalam percobaan tersebut adalah

....

A.  

B.  

C.  

D.  

15. Pada tabel berikut disajikan data hasil pencobaan pengundian dadu bermata enam. 

Setelah dilakukan pengundian didapat data seperti tabel di samping. Dari data tersebut, peluang empirik muncul mata dadu 2 adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

16. Pada tabel di samping disajikan data hasil pencobaan pengundian dadu bermata enam. 

Setelah dilakukan pengundian didapat data sebagai berikut. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 18 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 2 menjadi sebanyak ....

A. 7 kali C. 12 kali

B. 9 kali D. 24 kali

17. Sebuah kantong berisi 5 kelereng merah, 6 kelereng kuning, dan 9 kelereng hijau. Sebuah kelereng diambil dari kantong tersebu. Peluang terambil kelereng kuning adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

18. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 2 dadu.

Peluang teoretik muncul mata dadu kembar dalam pengundian tersebut adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

19. Seorang melakukan pengundian dengan menggelindingkan 1 dadu dan 1 koin logam. Peluang teoretik muncul mata dadu “1” dan mata koin “Angka” dalam pengundian tersebut adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

20. Seorang melakukan pengundian dengan menggilindingkan dua dadu.

Peluang teoretik muncul mata dadu berjumlah 8 dalam pengundian tersebut adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

21. Seorang melakukan pengundian dengan menggilindingkan dua dadu.

Peluang teoretik muncul mata dadu ganjil atau bukan prima dari salah satu mata dadu yang muncul dalam pengundian tersebut adalah ....

A.  

B.  

C.  

D.  

22. Gambar berikut adalah spinner dengan 24

bagian yang sama. Ketika seorang memutar

panah spinner tersebut, panah dapat berhenti di mana saja pada setiap bagian Spinner tersebut.

Spinner tersebut diwarnai   bagian berwarna biru,   bagian berwarna ungu,   bagian berwarna oranye, dan   bagian berwarna merah. Jika seseorang memutar panah spinner, kemungkinan terbesar panah akan berhenti

pada bagian berwarna ....

A. Biru C. Oranye

B. Ungu D. Merah

TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item

23. Di Sekolah SMP Insan Mandiri terdapat 1.200 siswa (laki-laki dan perempuan). 100 sampel diambil secara acak dari siswa-siswa tersebut.

Dari 100 siswa yang diambil, 45 siswa adalah laki-laki. Taksiran banyak siswa laki-laki seluruhnya dalam sekolah tersebut adalah ... siswa.

A. 450 C. 540

B. 500 D. 600

TIMSS 2003 8th Grade Mathematics Item

24. Di suatu kelas 8 terdapat 30 siswa. Jika dilakukan suatu pemilihan secara acak, peluang terpilih seorang siswa dengan usia kurang dari 13 tahun adalah  . Banyak siswa pada kelas tersebut yang berusia 13 tahun atau lebih adalah ... siswa.

A. 23 C. 25

B. 24 D. 26

25. Berikut ini terdapat 11 koin yang bertuliskan bilangan-bilangan.

Dedi mengambil suatu koin tanpa melihat. Berapakah peluang Dedi mendapatkan koin yeng bertuliskan bilangan kelipatan 3?

A.  

B.  

C.  

D.  

TIMSS 1999 8th Grade Mathematics Item

26. Empat pemain sepak bola melakukan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan pada tabel berikut.

Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti adalah ….

A. Arif C. Candra

B. Bambang D. Dedi

Esai

--------------------------------------------------------------------

1. Dari 10 kali pelemparan mata uang logam, diperoleh 4 kali muncul gambar.

a. Tentukan peluang empirik muncul gambar.

b. Tentukan peluang empirik muncul angka.

2. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.

Jika percobaan tersebut dilakukan sebanyak 135 kali, maka banyak peluang empirik kemunculan mata dadu “6” adalah ....

3. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “5” adalah  , peluang empirik mata dadu “6” dalam percobaan tersebut adalah ....

4. Berikut ini tabel yang menyatakan hasil percobaan penggelindingan sebuah dadu.

Jika peluang empirik kemunculan mata dadu “2” adalah   , peluang empirik kemunculan mata dadu “selain 1” dalam percobaan tersebut

adalah ....

5. Dalam percobaan melempar dadu sebanyak 450 kali, secara teoretik akan muncul mata dadu kurang dari 5 sebanyak ... kali.

6. Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, diperoleh 10 kali muncul mata dadu 1, 12 kali muncul mata dadu 2, 11 kali muncul mata dadu 3, dan 8 kali muncul mata dadu 4.

a. Tentukan peluang empirik muncul mata dadu kurang dari 4.

b. Tentukan peluang empirik muncul mata dadu lebih dari 4.

7. Di dalam sebuah kantong terdapat 10 kelereng merah, 11 kelereng hijau, 13 kelereng kuning, dan 9 kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil kelereng selain merah adalah ....

8. Di dalam sebuah kantong terdapat 15 kelereng merah, 14 kelereng hijau, 13 kelereng kuning, dan n kelereng biru. Jika diambil 1 kelereng dari dalam kantong tersebut, peluang teoretik terambil kelereng biru adalah   . Tentukan peluang teoretik jika yang diambil adalah kelereng hijau.

9. Suatu lomba sepeda hias diikuti peserta sebanyak:

• 10 orang berumur 6 tahun,

• 24 orang berumur 9 tahun, dan

• 16 orang berumur 10 tahun.

Jika lomba tersebut akan memilih satu orang terbaik, berapa peluang yang akan terpilih adalah peserta berumur 9 tahun?

10. Ketika berjalan-jalan di sebuah mall, Rudi mendapatkan keberuntungan sebagai pengunjung mall tergpilih di hari itu. Rudi berkesempatan memilih 1 hadiah dari 3 kotak yang sudah disediakan panitia mall.

Setiap kotak tersebut berisi bola berwarna merah mewakili mobil, kuning mewakili motor, dan hijau mewakili TV dengan komposisi sebagai berikut.

Rudi hanya diberi kesempatan untuk mengambil 1 hadiah dari salah satu kotak. Tentukan kotak mana yang memiliki peluang terbesar mendapatkan mobil. Jelaskan.

Download di Aplikasi Lebih Mudah

Rapi dan Siap Cetak, Klik Disini untuk Download Aplikasi

Modul untuk Bimbel / Materi Belajar Sekolah TK SD SMP SMA lebih lengkap dan lebih mudah di Aplikasi Produk Aqila Klik Disini untuk Download

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog