MEMAHAMI SECARA KREATIF TEKS ILMIAH SEDERHANA
Teks Ilmiah Sederhana
Jenis teks ilmiah sederhana terdiri dari prosa non fiksi, artikel yang berupa artikel, tajuk rencana dan lain-lain yang kesemuanya merupakan sebuah teks ilmiah sederhana.
Prosa Non Fiksi
Prosa Non Fiksi adalah suatu karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, sehingga prosa non fiksi merupakan artikel yang berisi informasi faktual dan bukanlah opini yang merupakan kenyataan apa yang terjadi, dapat juga hasil dari pengamatan pengarang, prosa non fiksi sendiri diungkapkan secara sistematis , kronologis, atau kilas balik yang menggunakan bahasa semiformal karangan prosa non fiksi sendiri dapat berbentuk eksposisi, persuasi , deskripsi atau campuran, prosa non fiksi dapat disebut sebagai karangan semiilmiah. Yang termasuk karangan semiilmiah adalah artikel,tajuk rencana, opini , feature, tips , biografi iklan , reportase , pidato dan lain sebaginnya.
Artikel
Artikel adalah sebuah karangan yang berisi uraian atau pemaparan, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut
Isi dari artikel merupakan fakta bukan karangan, bukan sekedar realita
Bersifat faktual
Uraian bukan sepenuhnya pemikiran pengarang
Isi artikel dapat berbentuk apa saja, seperti : profil tokoh, pariwisata dan lain-lain.
Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau editorial adalah karangan yang bersifat argumentatif yang ditulis oleh lembaga atau redaktur media massa tentang hal-hal yang sedang terjadi atau faktual dan aktual, isi dari tajuk sendiri adalah pandangan atau tanggapan penulis mengenai permasalahan atau peristiwa, tajuk rencana sendiri dapat bernama apa saja, tergantung misi dari media massa tersebut, contoh tajuk rencana koran Jawa Pos bernama Jati Diri.
Opini
Opini merupakan tangggapan atau hasil pemikiran seseorang tentang suatu hal, opini sendiri merupakan bentuk prosa faktual karena walaupun masih bersifat pendapat seseorang tetapi dalam opini diungkapkan berbagai alasan yang dapat menguatkan pendapat tersebut.
Iklan
Iklan adalah salah satu bentuk karya ilmiah karena berbentuk faktual dan fakta, walaupun begitu didalam iklan produk biasanya menggunakan bahasa melebih-lebihkan kualitas barang, tetapi itu adalah salah satu cara untuk menarik pembeli, iklan sendiri dapat berbentuk sebagai berikut: berbentuk iklan baris, berbentuk iklan gambar , berbentuk iklan suara , berbentuk iklan biasa dan lain sebaginya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar