Langkah Pembelajaran Kompetitif berbasisis penyelidikan dengan guru sebagai fasilitator
Berikut ini adalah garis besar untuk mengembangkan setiap langkah dari program menfasilitasi pertanyaan Anda sendiri. Anda dapat menggunakan kotak kosong untuk mengisi ide-ide Anda sendiri untuk merencanakan fasilitas yang Anda perlukan. Pertama-tama dimulai dengan fokus pada kegiatan jangka pendek, tetapi sebagian dipersiapkan untuk diuraikan untuk semua rentang kegiatan.
1. Tujuan Belajar dan Hasil yang Diharapkan
Dalam tahap ini, Anda harus memberikan fokus pengembangan keterampilan untuk pelajaran antara lain termasuk keterampilan observasi, keterampilan riset, kemampuan sintesis, dll
2. Kebiasaan berpikir / ditekankan pada prinsip dasar
Buatlah daftar prinsip dasar yang sedang dipelajari Sebagai contoh: dalam sains, hal ini akan mencakup aspek-aspek tertentu dari metode ilmiah; untuk bahasa Inggris, hal ini akan mencakup ide-ide sastra dan cita-cita.
3. Tema Pembelajaran Berbasis Penyelidikan
Dalam tahap ini, tema yang menghubungkan pelajaran sekarang dengan pelajaran sebelumnya dan ide-ide penting untuk ilmu pengetahuan yang ingin Anda tekankan. Contoh dapat mencakup cara suatu ilmu pengetahuan mengeksplorasi perubahan, cara itu menghubungkan antara satu ide dan ide yang lain, atau cara teori atau ide-ide dapat diterapkan pada berbagai tingkat analisis.
4. Materi Khusus
Daftar materi yang siswa perlu ketahui pada akhir pelajaran. Anda mungkin ingin memasukkan standar ketuntasan minimal anda untuk materi tertentu yang harus dikuasai siswa.
5. Penyediaan Sumber Informasi yang Dibutuhkan
Catatan sumber-sumber di sini seperti perpustakaan, jurnal-jurnal profesional, Internet, dll. Tambahkan Juga daftar bahan-bahan mungkin diperlukan.
6. Potensi penghalang untuk Belajar
Daftar masalah yang Anda lihat dengan membantu siswa belajar materi ini. Juga daftar kemungkinan solusi. Termasuk beberapa alternatif. Bagian ini akan tumbuh seperti yang Anda mau.
7. Pertanyaan Sudah Dimiliki Pembelajar
Jawaban pertanyaan di sini sebagai panduan untuk preassessment dan mengambil pembelajar ke tingkat berikutnya:
a. Apa tingkat keahlian dari para pembelajar?
b. Apa kebiasaan berpikir yang siswa miliki?
c. Apa tingkat pemahaman konseptual dari pembelajar?
d. Apa tingkat pemahaman isi pembelajar?
8. Pertanyaan dan Jenis Pertanyaan untuk diluaskan dan dieksplorasi
Isi di sini pertanyaan utama yang Anda harapkan peserta didik akan mengeksplorasi, mengingat berbagai jenis pertanyaan (inferensi, pertanyaan tentang hipotesis, dll).
9. Penilaian
Setelah siswa mulai mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan dan isi pelajaran, mengamati mereka selama kegiatan tersebut, mempelajari aspek-aspek dari pekerjaan mereka, dan mencari tahu di mana mereka mengalami kesulitan. Buatlah upaya untuk menilai kemajuan setiap pembelajar dari mana dia mulai di mana dia telah berkembang. Mencatat kemajuan ini untuk perbandingan nanti.
10. Sumber yang tepat dan Sumber Daya yang Efektif untuk Memantau Kemajuan
Daftar di sini cara Anda akan menilai siswa pada akhir kegiatan tersebut seperti laporan, ujian, dll).
11. Persiapan Profesional
Daftar di sini hal-hal yang Anda persiapan sebagai guru, perlu mencari tahu sebelum memulai pelajaran.
12. Tujuan jangka panjang, Tujuan jangka menengah, dan Tujuan jangka Pendek
Sertakan tujuan belajar di sini secara keseluruhan untuk tahun (jangka panjang), tujuan-tujuan pembelajaran untuk unit utama studi (jarak sedang), dan tujuan belajar bagi pengalaman belajar spesifik (jarak pendek).
13. Rencana untuk Bantuan untuk Pelajar yang mau menjadi Fasilitator untuk pelajar yang Membutuhkan Bantuan Tambahan
Gunakan ruang ini untuk cara brainstorming untuk memungkinkan siswa maju untuk bekerja dengan orang lain sebagai proyek atau proyek kemajuan dengan suatu perusahaan atau sejenisnya.
Artikel Terkait :
- Metode Inkuiri Kompetitif 6
- Metode Inkuiri Kompetitif 5
- Metode Inkuiri Kompetitif 4
- Metode Inkuiri Kompetitif 3
- Metode Inkuiri Kompetitif 2
- Metode Inkuiri Kompetitif 1
- Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 3
- Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 2
- Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 1
- Metode Examples Non Examples dan Kuantum
- Metode Jigsaw dan TGT
- Metode Debat dan Picture and Picture
- Kooperatif Learning
- Metode Problem Possing
- Metode CTL dan Learning Cycle
- Startegi Inkuiri
- Metode karya wisata, ekspositori
- Metode kerja kelompok, problem solving, drill
- Latihan UAS Gasal Indonesia kelas 7 SMP
- Modul SMP, Cerita Anak
- Modul SMP, Tema Dongeng
- Modul SMP, Surat Pribadi
- Modul SMP, Membaca Cepat
- Modul SMP, Mendengarkan Teks Berita
- Modul SMP, Teknik Menceritakan Kembali
- Modul SMP, Latihan Soal Bahasa Indonesia kelas 7
- Modul SMP, Teknik Bercerita
- Modul SMP, Dongeng
- Modul SMP, Buku Harian
- Modul SMP, Memindai Kamus
- Modul SMP, Sinonim dan Antonim
- Modul SMP, Mendengarkan Berita
- Metode Pembelajaran, Metode Tanya Jawab
- Metode Pembelajaran, Metode Tugas dan Resitasi
- Metode Pembelajaran, Metode Simulasi
- Metode Pembelajaran, Metode Diskusi
- Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi
- Metode Pembelaran, Metode Ceramah
- Metode Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar