Selasa, 24 Maret 2015

Modul SMP, Teknik Bercerita

Teknik Bercerita yang Baik

Keterampilan mendongeng merupakan bentuk keterampilan berbicara. Oleh karena itu, seorang pendongeng dituntut memiliki perbendaharaan kata yang banyak sehingga dapat memilih kata yang tepat sesuai khalayak pendengarnya. Diksi (pilihan kata) untuk konsumsi anak balita tentu berbeda dengan diksi untuk anak-anak usia SD dan SMP. Seseorang yang suka menceritakan cerita kepada orang lain disebut pendongeng (story teller). Pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? Untuk dapat menjadi seorang pencerita yang baik, hendaknya memerhatikan beberapa teknik dalam bercerita.

Apa saja teknik-teknik tersebut? Berikut akan dibahas satu per satu.
a.      Menggunakan kata-kata yang komunikatif (tidak kaku). Jika mungkin, menggunakan kata-kata baku yang sedang trend agar tercipta hubungan yang dekat dengan pendengar.
b.      Mengucapkan huruf, kata, dan kalimat dengan lafal yang tepat agar pendengar lebih mudah memahami isi cerita.
c.      Memerhatikan intonasi kalimat. Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat yang berfungsi membentuk makna kalimat. Dengan intonasi yang tepat, pendengar dapat membedakan pengucapan kalimat untuk nada sedih, marah, gembira, dan sebagainya.
d.      Mengucapkan kalimat dengan jeda yang tepat. Jeda adalah perhentian lagu kalimat. Jeda berfungsi untuk menandai batas-batas satuan kalimat.
e.      Memerhatikan nada, yaitu tekanan tinggi rendahnya pengucapan suatu kata. Dalam hal ini, intonasi berfungsi untuk memberi tekanan khusus pada kata-kata tertentu. Tinggi-rendahnya nada dapat membedakan bagian kalimat yang satu dengan bagian kalimat lain yang tidak penting.
f.       Penerapan gesture dan mimik yang tepat. Gesture adalah peniruan dengan gerak-gerik anggota badan, sedangkan mimik dalam peniruan gerakan raut muka. Penguasaan gesture dan mimik dapat dilakukan dengan meniru gerakan orang tertawa, menangis, melompat, menyumpit, berteriak, dan sebagainya.

Setelah memahami teknik-teknik bercerita, kamu dapat menggunakan cerita rakyat dari Kalimantan yang berjudul Anggrek Hitam untuk Domia pada halaman depan untuk latihan bercerita. Sebelumnya, perhatikan tandatanda intonasi dan jeda pada pengucapan sebuah kalimat berikut.
a. Tanda / untuk intonasi tinggi.
b. Tanda \ untuk intonasi rendah.
c. Tanda | untuk jeda sebagai tanda henti sementara.
d. Tanda // untuk jeda akhir

















Latihan
Anggrek Hitam untuk Domia
(Diceritakan oleh R. Masri Sareb Putra)
Gong dari rumah panjang menggelegar bertalu-talu. Penduduk kampong Tebelianmangkang sudah tahu. Jika gong ditabuh, berarti ada keadaan genting. Mereka pun bergegas mendatangi rumah itu. Rupanya, seorang wanita bernama Darahitam akan melahirkan bayi. Namun, bayinya tak juga mau keluar. Darahitam sangat khawatir. Sebelumnya, sudah dua kali bayinya meninggal. Sambil kesakitan, ia berdoa dan bernazar.
“Jubata, tolonglah agar anakku lahir dengan selamat. Lelaki atau
perempuan, anak ini akan kupersembahkan menjadi pelayanmu!”
Jubata adalah dewa tertinggi suku Dayak. Jubata adalah perantara antara manusia dan Tuhan. Darahitam yakin, Jubata akan menolongnya. Dan ....
“Hoa, hoa, hoa...,” suara tangis bayi memecah keheningan.
Seluruh penduduk desa menyambut gembira. “Ia lahir dengan selamat!
Bayi yang cantik! Kulitnya bersih. Hidungnya mancung. Alisnya tebal. Bulu matanya lentik,” seru para wanita. Karena sangat cantik, bayi perempuan itu dinamakan Domia. Dalam bahasa Dayak, domia berarti dewi.
Seperti ramalan banyak orang, Domia tumbuh menjadi gadis jelita. Banyak pria yang melamarnya. Namun, Domia menolak sebab ia terikat nazar ibunya pada Jubata. Domia ditakdirkan menjadi pelayan Tuhan atau imam wanita. Seorang imam tak boleh menikah. Tak seorang pun bisa membatalkan nazarnya, kecuali Jubata sendiri yang mencabutnya. Meskipun demikian, Domia jatuh cinta kepada pemuda bernama Ikot Rinding. Pemuda itu pun mencintai Domia. Namun, Ikot Rinding heran karena Domia tak mau menikah dengannya.
Suatu hari yang panas, pergilah Ikot Rinding memancing. Karena tak ada seekor ikan pun yang didapatnya, ia pun pergi ke hulu sungai. Di tengah jalan, Ikot Rinding terhenti. Ia melihat Domia sedang mencuci pakaian. Pemuda itu langsung menghampiri gadis pujaan hatinya.
“Domia, mengapa kau tak mau menjadi istriku?” tanya Ikot Rinding.
Mendengar pertanyaan itu, Domia terkejut. Gadis cantik itu akhirnya
berterus terang. Ia bercerita tentang nazar ibunya pada Jubata ketika melahirkannya. Betapa sedih hati Ikot Rinding mendengar cerita itu. Ia tahu, nazar pada Jubata hanya bisa dibatalkan oleh Jubata sendiri, tetapi ... ke mana ia harus mencari Jubata?
Demi cintanya pada Domia, Ikot Rinding pun mengembara. Setelah enam hari mengembara, sampailah ia di Bukit Sungkung. Ikot Rinding beristirahat dan tertidur pulas di bawah pohon rindang. Begitu bangun, hari sudah pagi, berarti ini hari ketujuh pengembaraannya mencari Jubata.
Ketika akan melangkah pergi, Ikot Rinding terkejut. Ia melihat sebuah sumpit tergeletak di tanah.
Ikot Rinding segera memungutnya dan meneruskan pengembaraannya. Ketika melintasi sebongkah batu, ia tiba-tiba teringat pada nasihat ibunya, “Jangan sekali-kali mengambil barang orang lain tanpa izin. Seketika Ikot Rinding berbalik dan meletakkan sumpit itu ke tempat semula.
 Ikot pun meneruskan perjalanannya mencari Jubata. Badannya lelah. Ia merasa lapar dan dahaga. Akan tetapi, begitu ingat Domia, ia bersemangat kembali. Tiba-tiba terdengar suara desisan. Sekelebat melintas seekor ular tedung. Ia terhenti di depan Ikot Rinding. Lidahnya kecil panjang bercabang. Badannya yang tadi melingkar, ditegakkan. Ikot Rinding sadar, ia harus waspada. Tangan kanannya kini meraih ranting. Diputar-putar ranting itu, dengan cepat tangan kirinya menyambar si ular tedung. Ular itu rupanya terpedaya oleh gerak tipunya. Dilemparkannya ular tedung itu ke tepi jurang.
 Usai peristiwa itu, terdengar langkah kaki. Rupanya ada orang yang menonton perkelahian Ikot Rinding melawan ular tedung. Semula Ikot Rinding curiga. Namun, wajahpemuda itu tampak ramah.
 “Aku Salampandai, putra bungsu raja hutan di sini,” ujarnya. Salampandai bercerita sudah dua hari ini ia berburu. Namun, tak berhasil menangkap apa pun. Ini gara-gara senjatanya hilang. Ia juga bercerita bahwa ayahnya menyuruhnya berlatih menyumpit.
Sekarang Ikot Rinding tahu siapa pemilik sumpit yang ditemukannya tadi. Ia mengajak Salampandai ke tempat sumpit itu. Benda itu masih ada di sana. Karena gembira, Salampandai mengundang Ikot Rinding bermalam di rumahnya. Ia ingin mengenalkan sahabat barunya kepada keluarganya. Bahkan, ia pun ingin menjadikan Ikot Rinding saudara angkatnya, walau ia sudah mempunyai enam orang kakak.
Sejak saat itu, Ikot Rinding diizinkan tinggal di istana. Raja dan ratu
sangat menyayanginya seperti anak kandung sendiri. Salampandai dan Ikot Rinding pun selalu bersama ke mana pun mereka pergi. Suatu hari raja berpesan kepada Ikot Rinding dan keenam putranya saat mereka akan pergi berburu,
“Jaga si bungsu baik-baik!” Ikot Rinding pun mengangguk, tetapi
keenam saudara kandung Salampandai tak menjawab.
Mereka tak menyukai Ikot Rinding. Mereka merasa ratu dan raja hanya memerhatikan si Bungsu dan Ikot Rinding. Mereka lalu membuat rencana mencelakakan salah satu dari Ikot Rinding atau si Bungsu. Mereka mengajak si Bungsu dan Ikot Rindang ke hutan Setibanya di hutan, mereka harus berpencar.
Salampandai mendapat tempat yang jauh agak mendaki dan Ikot Rinding ke tempat yang menurun. Keenam kakak Salampandai sengaja memisahkan mereka berdua. Namun, ketika keenam orang itu sudah pergi, diam-diam Ikot Rinding membuntuti Salampandai. Ia tahu keenam orang itu sengaja menyuruh Salampandai ke tempat yang berbahaya.
“Berhenti! Jangan lewat gua itu!” teriak Ikot Rinding pada si Bungsu.
Ikot Rinding tahu, di gua itu hidup sekawanan kalong. Gigi dan cakar hewanhewan itu sangat tajam.
 “Salampandai, tiarap!” teriak Ikot Rinding saat melihat gumpalan hitam keluar dari mulut gua. Akan tetapi, terlambat. Si Bungsu kini dalam kepungan kelelawar. Dengan tangkas, Ikot Rinding mecabut mandau. Ia menebas ke segala arah. Satu per satu binatang gua itu dikalahkannya. Kini tinggal raja kelelawar yang bertubuh besar. Kali ini Ikot Rinding menggunakan sumpitnya. “Fuuhhhh!” Hanya sekali tiupan, robohlah si raja kelelawar. Si Bungsu pun selamat.
Keduanya lalu pulang. Salampandai menceritakan peristiwa pada ayahnya. Raja sangat takjub mendengarkan cerita ketangkasan Ikot Rinding. ia sangat bahagia karena putra kesayangannya selamat.
“Mintalah apa saja yang kau inginkan,” ujarnya kepada Ikot Rinding.
“Hari ini juga akan segera kupenuhi.” Pada saat itu Ikot Rinding baru sadar. Ayah Salampandai ternyata adalah Jubata itu sendiri. Inilah saat yang diimpikannya. Meski agak ragu, Ikot Rinding pun berkata,
“Aku memohon bukan untuk diriku, tetapi untuk orang lain. Sudilah kiranya Raja membebaskan Domia dari nazar ibunya, Darahitam.”
Jubata ingat. Tujuh belas tahun yang lalu, seorang ibu bernama Darahitam kesulitan bersalin. Karena putus asa, Darahitam bernazar dan kini Ikot Rinding meminta agar nazar itu dilepaskannya. Jubata yang bijaksana mengerti. Berbuat baik jauh lebih penting daripada memegang keteguhan sebuah sumpah.
“Permohonanmu kukabulkan,” ujarnya.
“Apakah tandanya?” tanya Ikot Rinding. Melihat keraguan putra angkatnya, Raja masuk ke kamarnya. Begitu
keluar, tangannya memegang setangkai anggrek hitam, yang hanya tumbuh di halaman istana Jubata.
“Inilah tandanya,” sabda Jubata. Anggrek itu lalu diserahkannya kepada Ikot Rinding.
“Begitu Domia menerima sendiri dari uluran tanganmu, bunga ini segera berubah warna. Itulah pertanda bahwa nazar ibunya telah kulepaskan.”
Usai menerima anggrek hitam itu, Ikot Rinding bergegas meninggalkan istana. Ia telah sangat rindu pada Domia. Perjalanan panjang ditempuhnya tanpa rasa lelah. Tak terasa, tibalah ia di kampung Tebelianmangkang. Anggrek hitam diserahkannya kepada Domia. Tanpa banyak bicara, Domia menurut ketika diminta memejamkan matanya. Ketika membuka kelopak matanya, dia melihat anggrek hitam telah berubah warna jadi putih bersih. Indah berseri bagai anggrek bulan. Domia terlepas dari nazar ibunya. Akhirnya, Ikot Rinding dan Domia hidup bahagia sampai mereka tua.



Latihan
Kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut.
a.      Membuat catatan ringkasan cerita yang telah kamu baca tersebut, yang meliputi judul, nama tokoh, watak tokoh, tema, alur, latar, unsur-unsur lainnya.
b.      Memberi tanda jeda dan intonasi pada ringkasan cerita yang kamu buat.
c.      Perhatikan lafal, intonasi, jeda, gesture, dan mimik pada saat bercerita
         agar pendengar mudah menangkap isi cerita yang kamu sampaikan.
d.      Lakukan bercerita di depan kelas secara bergantian dengan temanmu.

Membaca Cepat dan Menyimpulkan Isi Bacaan
Kecepatan membaca terkait erat dengan pemahaman terhadap bacaan. Seseorang yang dapat menyelesaikan bacaan dalam waktu yang cepat, tetapi sedikit sekali yang dapat dipahami dari bacaan
itu, maka ia tidak dapat dikategorikan sebagai pembaca cepat. Demikian juga seseorang yang dapat memahami bacaan dengan baik, tetapi kecepatan membacanya sangat lambat, juga tidak dapat dikategorikan sebagai pembaca cepat.
Nah, apakah kamu termasuk pembaca cepat? Untuk mengetahui jawabannya, cobalah kamu ikuti serangkaian kegiatan berikut: (1) mengidentifikasi manfaat membaca cepat, (2) membaca sambil
menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan bacaan, (3) menjawab pertanyaan terkait dengan isi bacaan, (4) mengukur kecepatan membaca, (5) membuat simpulan isi bacaan, dan (6)
berlatih meningkatkan kemampuan membaca, (7) mencatat perkembangan kemampuan membaca, dan (8) mengidentifikasi kata dasar dan imbuhan.


Latihan
ORANG-ORANG BUTA DAN SEEKOR GAJAH

Suatu ketika, Budha menceritakan sebuah ceritera tentang orang-orang buta dan seekor gajah. Budha tak mengerti mengapa banyak ajaran waktu itu, contohnya ajaran keagamaan, saling mempersoalkan kebenaran dan masing-masing menyatakan hanya ajarannya sendiri yang paling benar, sementara ajaran agama lain salah. Setelah Budha wafat, ceritera ini tersebar tidak hanya di India saja, tetapi juga di negara dan budaya lain, ceritera ini dikenal dan diceritakan.
Sampai saat ini, cerita ini masih menjadi bacaan wajib dalam buku-buku pelajaran di sekolah
Suatu ketika, seorang raja di India utara memerintahkan pegawai-pegawainya untuk mengumpulkan orang-orang yang buta sejak lahir ke istana kota raja. Sang raja juga memerintahkan pegawainya untuk membawa seekor gajah ke istana. Orang-orang buta ini sepanjang hidupnya belum pernah sama sekali mengerti apa itu gajah. Mereka tidak tahu seperti apakah gajah itu. Sekarang, sang raja memerintahkan mereka untuk menyentuhnya. Mereka hanya diperbolehkan menyentuh bagian-bagian tertentu saja, bukan gajah secara keseluruhan.
Setelah beberapa waktu menunggu, mereka dipersilahkan mengatakan, bagaimana dan apa itu gajah.
Seorang buta yang telah meraba bagian kakinya membandingkan gajah dengan gelondong kayu. Seorang buta yang telah meraba perutnya membandingkannya dengan sebuah balon. Seorang buta yang telah meraba taringnya membandingkannya dengan sebatang kayu
yang bulat dan halus. Seorang buta yang telah meraba kepalanya membandingkannya dengan sebuah panci. Seorang buta yang telah meraba belalainya membandingkannya dengan selang air. Akhirnya seorang buta lain yang telah meraba bagian ekornya tidak mau ketinggalan. Ia membandingkan seekor gajah dengan tali tambang yang sudah rusak.Masing-masing dari mereka memiliki penjelasannya sendiri tentang seekor gajah.
Oleh karena gambaran mereka tentang gajah berbeda, mulailah mereka bertengkar. Masing-masing sangat yakin bahwa hanya penjelasannyalah yang paling benar dan kepunyaan yang lainnya salah. Akhirnya mereka saling berantem dan dengan demikian sang raja terhibur.
Siapakah yang salah dan siapakah yang benar? Adakah seorang dari mereka memiliki kebenaran? Yang pasti sang rajalah yang salah karena telah mempermainkan orang buta. Bagi orang-orang buta sejak lahir, sangatlah sulit mendeskripsikan gajah tanpa merabanya secara
utuh. Masing-masing dari mereka telah menggambarkan dengan tepat apa yang mereka rasakan. Mereka telah melakukannya dengan benar. Masing-masing mengatakan kebenaran. Tak seorang pun berbohong karena mereka hanya diperbolehkan meraba bagian-bagian tertentu saja.
Kesalahan dari masing-masing orang buta tersebut bukan soal kualitas dari penjelasannya, melainkan keyakinan dan pernyataan tentang gajah secara keseluruhan dan menganggap penjelasannyalah yang paling benar. Tak seorang pun memiliki gagasan bahwa masing-masing hanya menjelaskan satu bagian saja.cara keseluruhan
Kesalahan dari masing-masing orang buta tersebut bukan soal kualitas dari penjelasannya, melainkan keyakinan dan pernyataan tentang gajah secara keseluruhan dan menganggap penjelasannyalah yang paling benar. Tak seorang pun memiliki gagasan bahwa masing-masing hanya menjelaskan satu bagian saja.
Bayangkan seumpama satu di antara mereka seorang ilmuwan, maka ia akan mencari penyelesaian dengan gaya para ilmuwan, yaitu dengan metode persentase atau statistik. Ia akan segera mendata berapa banyak orang buta yang membandingkan dengan selang air, berapa persen yang membandingkannya dengan gelondongan kayu, dan seterusnya.
Akhirnya ia memperoleh hasil sebagai berikut: 40% membandingkannya dengan gelondongan kayu, 20% dengan batang kayu yang bulat dan halus, dan masing-masing 10% dari mereka yang membandingkannya dengan panci besar, sebuah balon, selang air dan tali tambang yang rusak. Sangat logis bukan? Seekor gajah memiliki 4 kaki besar seperti gelondong kayu (40%) dan 2 taring (20%), Sedangkan untuk kepala, belalai, perut dan ekor hanya 1 (10%). Sebagaimana para ilmuwan meyakini bahwa kemayoritasan memainkan peranan, cenderung yakin bahwa mayoritas adalah kebenaran, maka ia menyatakan bahwa seekor gajah itu seperti gelondongan kayu karena hamper setengah menyatakannya. Jadi di dalam kasus ini, mayoritas tidak otomatis sebuah kebenaran.
Oleh sebab itu, hanya ada satu pemecahan dari persoalan ini. Orang-orang buta yang hanya meraba bagian-bagian tertentu tersebut harus bekerja sama. Mereka harus bekerja seperti merangkai gambar dari sebuah gambar yang telah dipotong-potong. Lantas katakanlah, seekor gajah itu terdiri dari 4 gelondongan kayu, 2 batang kayu yang bulat dan halus, 1 balon, 1 panci, 1 selang air dan satu tali tambang buntut. Dengan demikian, mereka akan mampu memperolah gambaran tentang seekor gajah secara keseluruhan. Mereka harus menghentikan perselisihan dan bekerja sama. Mereka harus menyatukan gambaran masing-masing dengan gambaran yang didapat temannya. Mereka harus mau belajar dari yang lain. Masing-masing harus menerima dan memahami bahwa ada kebenaran dari penjelasan orang lain. Masing-masing harus mempertimbangkan bahwa mereka bukan satu-satunya
pemaham kebenaran.
Barangsiapa mau membagi pengetahuan dengan orang lain, ia tak akan sedikit pun kehilangan. Justru sebaliknya, jika pengetahuan dibagi, pengetahuannya tidak akan berkurang melainkan bertambah.
Kita manusia memang seperti dongeng orang-orang buta ini. Kita tetap buta, kita mirip mereka ini.
1)      Kita hanya mengambil sebagian (secuil) dari keseluruhan sebuah kenyataan.
2)      Kita hanya memahami sebagian (secuil) dari kekompleksan sebuah kenyataan.
3)      Kita hanya memegang sebuah pengertian yang terbatas dari seluruh kenyataan.
4)      Kita hanya ingin selalu melawan dan menentang apa yang berbeda dari kita.
5)      Kita berjuang mati-matian mempertahankan pernyataan kita sebagai satu-satunya kebenaran.
6)      Kita hanya ingin tampak pandai dengan perselisihan, bukan belajar.
7)         Kita harus bertindak ini (menerima, mendengarkan, dan memahami apa yang dikatakan orang lain), jika kita ingin mengetahui lebih banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog