Selasa, 24 Maret 2015

Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 1

METODE PEMBELAJARAN JIGSAW KOMPETITIF

Guru berdiri di depan kelas, mengajukan pertanyaan, dan menunggu acungan tangan anak-anak sebagai tanda bahwa mereka tahu jawabannya. Kemungkinan terbaiknya, enam sampai sepuluh anak-anak mengangkat tangan mereka, mengangkat diri mereka dari kursi dan merentangkan lengan mereka tinggi-tinggi untuk menarik perhatian guru. Beberapa siswa lainnya duduk diam tanpa menatap guru, berharap guru tidak memanggil mereka.
Ketika guru meminta jawaban salah satu siswa bersemangat, ada kekecewaan tampak di wajah siswa lain yang telah mencoba untuk mendapatkan perhatian guru. Jika siswa yang dipilih muncul dengan jawaban yang benar, guru tersenyum, mengangguk setuju, dan melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Sementara itu, para siswa yang tidak tahu jawaban bernapas lega. Mereka telah lolos untuk tidak dipermalukan saat itu. Apakah selalu akan seperti ini cara mengajar kita ?
Metode Pembelajaran Jigsaw Kompetitif adalah penggabungan antara metode pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif.  Kelas Jigsaw merupakan teknik pembelajaran kooperatif yang tercatat dalam tiga dekade telah berhasil mengurangi konflik ras dan meningkatkan hasil pendidikan yang positif. Seperti halnya dalam sebuah puzlze, setiap potongan - setiap bagian - sangat penting untuk menyelesaikan sebuah gambar yang sempurna dari sebuah permainan puzzle. Jika siswa diibaratkan sebuah bagian penting dalam puzzle, maka setiap siswa menjadi sangat penting, dan itulah yang membuat metode ini sangat efektif.

Sejarah Jigsaw  “Sebuah Cerita dari Professor Aronson”

Kelas jigsaw pertama kali digunakan pada tahun 1971 di Austin, Texas. Saya dan murid-murid saya yang telah lulus telah menemukan metode jigsaw tahun itu, sudah suatu keharusan mutlak untuk membantu meredakan situasi yang menegangkan. Baru-baru ini sekolah dibaurkan, dan karena biasanya setiap ras dipisahkan, anak-anak berkulit putih, anak-anak Afrika-Amerika, dan anak-anak ras indian menemukan diri mereka di kelas yang sama untuk pertama kalinya.
Dalam beberapa minggu, saling curiga mulai terlihat antar ras, ketakutan, dan ketidakpercayaan antara kelompok-kelompok ras menghasilkan suasana kekacauan dan permusuhan. Untuk pertama kalinya perkelahian meletus di koridor. Pengawas sekolah memanggilku untuk melihat apakah kami bisa melakukan sesuatu untuk membantu siswa bergaul satu sama lain. Setelah mengamati apa yang sedang terjadi di dalam kelas selama beberapa hari, murid-murid saya dan saya menyimpulkan bahwa permusuhan antar kelompok didorong oleh lingkungan yang kompetitif di kelas.
Dalam setiap kelas yang kami amati, para siswa bekerja sendiri-sendiri dan bersaing satu sama lain. Berikut ini adalah deskripsi lima kelas yang kami amati:  Hanya perlu beberapa hari pengamatan dan wawancara, untuk melihat apa yang terjadi dalam ruang kelas. Kami menyadari bahwa kami perlu untuk mengalihkan penekanan dari suasana kompetitif tanpa henti ke yang lebih kooperatif. Saat itu, dalam konteks ini kita menemukan metode jigsaw. Penekanan pertama kami adalah dengan anak kelas lima. Pertama-tama kita membantu beberapa guru menyusun metode jigsaw bagi para siswa untuk belajar tentang kehidupan Eleanor Roosevelt. Kami membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, diversifikasi dalam hal ras, etnisitas dan gender, sehingga setiap siswa bertanggung jawab atas bagian tertentu dari biografi Tak perlu dikatakan, setidaknya satu atau dua siswa dalam kelompok masing-masing sudah dipandang sebagai "pecundang" oleh teman sekelas mereka.
Carlos adalah salah satu siswa tersebut. Carlos sangat pemalu dan tidak aman di lingkungan barunya. Bahasa Inggris adalah bahasa kedua baginya. Dia berbicara cukup baik, tetapi dengan sedikit aksen. Coba bayangkan pengalamannya : Setelah terbiasa dengan keadaan seluruh kelas terdiri dari siswa berkulit hitam seperti dirinya, ia tiba-tiba menggunakan bus melintasi kota ke daerah kelas menengah dan masuk ke dalam kelas dengan siswa kulit putih yang fasih berbahasa Inggris.  
Ketika kita merestrukturisasi kelas sehingga siswa sekarang bekerja sama dalam kelompok kecil, awalnya hal ini menakutkan untuk Carlos. Sekarang ia tidak bisa lagi menyelinap di kursinya dan bersembunyi di bagian belakang ruangan. metode jigsaw memaksanya untuk berbicara ketika giliran pasanganya membaca. Meskipun ia telah memperoleh keyakinan sedikit demi berlatih bersama-sama dengan siswa lain yang juga belajar materi sub bab Eleanor Roosevelt dengan PBB, ia masih enggan untuk berbicara ketika tiba gilirannya untuk mengajar siswa dalam kelompok jigsaw-nya. Dia tersipu, terbata-bata, dan mengalami kesulitan yang mencakup materi yang telah dipelajarinya, para siswa lainnya dengan cepat mentertawakannya.
Salah satu asisten penelitian saya mendengar beberapa anggota kelompok Carlos membuat komentar seperti, "Kau bodoh Kau tidak tahu apa yang kamu lakukan. Kamu tidak bisa berbahasa Inggris”. Carlos menjawab mereka untuk "menyenangkan" atau "mencoba untuk bekerja sama," dan membuat salah satu pernyataan sederhana tapi kuat. Ia berkata seperti ini: "Berbicara seperti itu mungkin menyenangkan bagi kalian, tapi itu tidak akan membantu Anda mempelajari sesuatu tentang apa yang dilakukan Eleanor Roosevelt di Perserikatan Bangsa-Bangsa - dan ujian akan diberikan dalam waktu sekitar 15 menit”. Dengan kata lain, dia mengingatkan para siswa bahwa situasi telah berubah. Perilaku itu mungkin berguna untuk mereka di masa lalu, ketika mereka saling bersaing, sekarang sesuatu yang sangat penting: kesempatan untuk melakukan dengan baik pada ujian.
Tak perlu dikatakan, kebiasaan tidak berguna tidak mati dengan mudah, tapi mereka tidak mati. Dalam beberapa hari belajar dengan jigsaw, kelompok Carlos dan teman-temanya secara bertahap menyadari bahwa mereka perlu untuk mengubah taktik mereka. Tidak ada lagi kepentingan mereka sendiri untuk menggentarkan Carlos; mereka membutuhkan Carlos sebagai salah satu tim dalam kelompoknya. Akibatnya, mereka harus menempatkan diri pada posisi Carlos untuk menemukan cara untuk mengajukan pertanyaan yang tidak merusak penampilannya.
Setelah satu atau dua minggu, sebagian besar kelompok-pasangan Carlos berkembang menjadi pewawancara yang terampil, menanyakan pertanyaan yang relevan dan membantunya mengartikulasikan jawaban yang jelas. Dan Carlos berhasil, kelompoknya-pasangan mulai melihat dia dalam cahaya yang lebih positif. Selain itu, Carlos melihat dirinya dalam cahaya baru, sebagai anggota dari kelas yang kompeten yang bisa bekerja dengan orang lain dari kelompok etnis yang berbeda, kinerja membaik bahkan lebih. Selain itu, Carlos mulai melihat kelompoknya-pasangan semakin ramah dan mendukung. Sekolah menjadi tempat yang lebih manusiawi dan menyenangkan, dan ketidakhadiranpun menurun.
Dalam beberapa minggu, keberhasilan jigsaw terlihat jelas. Guru kelas mereka memberitahu kita bagaimana senang mereka pada perubahan lingkungan. Pengunjung disajikan kagum transformasi. Tak perlu dikatakan, hal ini menarik untuk mahasiswa pascasarjana seperti saya. Tetapi sebagai ilmuwan, kita perlu bukti lebih objektif dan kami mendapatkannya. Karena kami telah memperkenalkan intervensi secara acak jigsaw ke beberapa ruang kelas dan bukan orang lain, kita dapat membandingkan kemajuan siswa jigsaw dengan siswa di ruang kelas tradisional. Setelah hanya delapan minggu ada perbedaan yang jelas, meskipun siswa hanya menghabiskan sebagian kecil dari waktu mereka dalam kelompok jigsaw. Ketika diuji secara objektif siswa lebih percaya diri, dan melaporkan menyukai sekolah yang lebih baik daripada anak-anak di ruang kelas tradisional. Apalagi, anak-anak di kelas jigsaw siswa tidak hadir lebih sedikit daripada yang siswa kelas lain, dan mereka yang lebih besar menunjukkan peningkatan akademis, siswa bodoh di kelas jigsaw dinilai secara signifikan tinggi pada ujian objektif daripada siswa pintar di kelas tradisional.

Cara Kerja Metode Jigsaw
Para siswa di kelas Fisika, kompetensi Alat Optik misalnya. Dalam Kompetensi alat Optik ada terdapat 6 sub bab yaitu
1.      mata,
2.      lensa cekung,
3.      lensa cembung,
4.      cermin cekung,
5.      cermin cembung dan
6.      lup.
Kelas dibagi menjadi 6 kelompok sesuai dengan jumlah sub babnya. kelompok-kelompok tersebut terdiri dari limaatau enam siswa. Setiap kelompok diberi tugas sesuai dengan sub bab pada kompetensi alat optik yaitu
1.      Kelompok pertama mempelajari sub bab mata
2.      Kelompok kedua mempelajari sub bab lensa cekung
3.      Kelompok ketiga mempelajari sub bab lensa cembung
4.      Kelompok keempat mempelajari sub bab cermin cekung
5.      Kelompok kelima mempelajari sub bab cermin cembung, dan
6.      Kelompok keenam mempelajari sub bab lup.
Tunjuklah siswa paling dewasa dalam kelompok menjadi ketua kelompok. Misalnya alfin sebagai ketua kelompok pertama dan mempelajari sub bab mata, Adi sebagai ketua kelompok kedua untuk lensa cekung, andre sebagai ketua kelompok ketiga untuk lensa cembung, angga sebagai ketua kelompok keempat untuk cermin cekung, Rio sebagai ketua kelompok kelima untuk cermin cembung, dan Farid sebagai ketua kelompok keenam untuk Lup.
Berilah waktu 1 atau 2 jam pelajaran untuk mempelajari dan berdiskusi dalam kelompoknya menurut kompetensi sesuai dengan pembagian di atas.
Setelah mempelajari dan berdiskusi selesai berilah nomor setiap siswa pada masing-masing kelompok. Misalkan kelompok pertama terdiri dari 5 siswa, maka setiap siswa pada kelompok pertama mendapat nomor 1 - 5, nomor 1 untuk siswa pertama dan seterusnya. Begitu pula untuk kelompok kedua setiap siswa diberi nomor kepala sesuai dengan jumlah kelompoknya.
Gabungkanlah siswa bernomor kepala 1 menjadi satu kelompok, dan menjadi kelompok pertama untuk pembagian kelompok kedua.
Setiap anggota kelompok mempresentasikan dan menjabarkan hasil diskusi pada pembagian kelompok pertama. Misalkan kelompok pertama terdiri dari ketua setiap kelompok maka alfin menjelaskan sub bab mata kepada anggota kelompok pertama yang tidak mempelajari sub bab mata, sehingga alfin bertanggungjawab atas kompetensi sub bab mata kepada anggota kelompoknya, demikian juga Adi menjelaskan lensa cekung, andre menjelaskan lensa cembung, angga menjelaskan cermin cekung, Rio menjelaskan cermin cembung, dan Farid menjelaskan Lup.

Artikel Terkait :
  1. Metode Inkuiri Kompetitif 6
  2. Metode Inkuiri Kompetitif 5
  3. Metode Inkuiri Kompetitif 4
  4. Metode Inkuiri Kompetitif 3
  5. Metode Inkuiri Kompetitif 2
  6. Metode Inkuiri Kompetitif 1
  7. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 3
  8. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 2
  9. Inovasi Metode Pembelajaran, Jigsaw Kompetitif 1
  10. Metode Examples Non Examples dan Kuantum
  11. Metode Jigsaw dan TGT
  12. Metode Debat dan Picture and Picture
  13. Kooperatif Learning
  14. Metode Problem Possing
  15. Metode CTL dan Learning Cycle
  16. Startegi Inkuiri
  17. Metode karya wisata, ekspositori
  18. Metode kerja kelompok, problem solving, drill
  19. Latihan UAS Gasal Indonesia kelas 7 SMP
  20. Modul SMP, Cerita Anak
  21. Modul SMP, Tema Dongeng
  22. Modul SMP, Surat Pribadi
  23. Modul SMP, Membaca Cepat
  24. Modul SMP, Mendengarkan Teks Berita
  25. Modul SMP, Teknik Menceritakan Kembali
  26. Modul SMP, Latihan Soal Bahasa Indonesia kelas 7
  27. Modul SMP, Teknik Bercerita
  28. Modul SMP, Dongeng
  29. Modul SMP, Buku Harian
  30. Modul SMP, Memindai Kamus
  31. Modul SMP, Sinonim dan Antonim
  32. Modul SMP, Mendengarkan Berita
  33. Metode Pembelajaran, Metode Tanya Jawab
  34. Metode Pembelajaran, Metode Tugas dan Resitasi
  35. Metode Pembelajaran, Metode Simulasi
  36. Metode Pembelajaran, Metode Diskusi
  37. Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi
  38. Metode Pembelaran, Metode Ceramah
  39. Metode Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Aqila

Produk Aqila

Kami memiliki beberapa Produk antara Lain :
1. Modul Bimbel Rp 700 ribu
2. Software Administrasi Bimbel Rp 300 ribu
3. Aplikasi Portal Info Administrasi Bimbel Rp 1 juta
4. Aplikasi Konten Belajar Rp 1,5 juta
5. Analisa Bakat OnLine Rp 100 rb/orang
6. Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari
7. Aplikasi Toko Online Rp 4 juta
8. Aplikasi Laundry Online Rp 900 ribu

Contoh Modul dan Contoh Terapan Aplikasi Konten Belajar download di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Software Administrasi Bimbel
Ketik contohadmin.aqilacourse.net
dengan Google Chrome di Laptop
username/Nomor HP 1
Password 1

Contoh Aplikasi Portal Info Bimbel
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.contohgobimbel

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Contoh Aplikasi Toko Online
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample
Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Contoh Aplikasi Laundry
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

info lengkap di
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.aqiladroid

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

 

Kemitraan Bimbingan Belajar


Kemitraan Bimbel

Bimbel Aqila Course membuka Kemitraan yang mendukung Modul Bimbel, Software Admin dan Aplikasi Android.

  • Modul dan SOP Bimbel
  • Dikirim dalam bentuk Flashdisk karena dari pengalaman 80% mitra mengalami masalah saat download
  • SOP meliputi file blangko-blangko, banner dan brosur.
  • Calistung
  • Modul SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn
  • Modul SD K13 Lengkap Kelas 1 s.d. 6
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul SMP KTSP Kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul SMP K13 kelas 7, 8, 9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SMA KTSP Mapel Mat IPA, Fis, Kim, Ing, Eko
  • SMA K13 Mapel Mat Wajib, Fisika dan Kimia
  • SBMPTN Skolastik, Saintek dan Soshum

 

Software Administrasi Bimbel

  • Software web Based artinya dibuka dengan Google Chrome dan butuh Internet.
  • Admin buka di Laptop, Siswa dan Tutor buka di Aplikasi Android - data tersingkronisasi.
  • Fungsi utama menyimpan data siswa, data tutor, Jadwal, Pembayaran, Keuangan, Penggajian, Nilai dan Absensi.

 

Aplikasi Android memakai Nama Bimbel Anda sendiri
Aplikasi ini dapat sebagai media Promo bimbel dan dapat digunakan sebagai Pendaftaran Online.
Konsepnya Admin membuka dengan Laptop, Siswa dan Tutor buka di HP dengan Aplikasi Android.
Siswa dan Tutor dapat mengakses Kehadiran, Pembayaran, Jadwal dan Materi Belajar Bimbel.
Anda bisa memesan Aplikasi ini apabila telah memiliki Logo, Nama Bimbel dan Alamat Bimbel yang fix.

Pengalaman Kami
Beberapa Video Pengalaman Kami dalam mendirikan Bimbel dapat dilihat di PlayList berikut :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t_RvyZ-P1lXygYqMFqRnsJn

Harga Produk Kemitraan Bimbel

  • Modul Rp 700 ribu
  • Software admin Rp 300 ribu
  • Aplikasi Android Nama Bimbel sendiri Rp 1 juta

 

Tips
Untuk Anda yang baru memulai bisa mengambil Modul dan software nya saja
700 rb + 300 rb = Rp 1 juta.

Biaya berjalan
hanya berlaku bagi Anda yang membeli software admin yaitu Rp 100 ribu per tahun dimulai tahun kedua.
Update Modul Rp 2.500 / file (optional)

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Ruang Guru KW10


Aplikasi Konten Belajar

Harga 1,5 juta
Lama Pembuatan 15 s.d. 30 hari

Tujuan Aplikasi

  • Promosi Bimbel
  • Landing Page Bimbel dengan Tombol WhatsApp di Pojok Kanan Bawah.
  • Share Konten Belajar (Telah terisi) bisa dihapus dan ditambah.
  • Share Kegiatan Bimbel seperti Wall Facebook.
  • Hemat Kertas untuk Modul, Soal TryOut dan Soal Lomba.

 

Mode Lanjutan
Aplikasi bisa digunakan sebagai media jual konten belajar (Hanya yang berlangganan yang bisa akses).

Biaya berjalan
Rp 10 per aplikasi dibuka

Contoh Aplikasi Terapan
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Contoh Aplikasi untuk Simulasi Input Soal dll
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.belajarmandiri
Login jadi Admin dengan HP 0123456789 Password 1234

Video Keterangan
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8ygV5DHw5bM2E1WciJ0Ew0

NB :
Harga akan naik sesuai dengan Banyaknya Konten yang telah terisi.
Naik Sekitar Rp 10 ribu per penambahan 1 Paket TryOut.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Bimbel Aqila Magelang


Bimbel Aqila Magelang

Offline di Magelang
Online di Indonesia

Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang
WhatsApp https://wa.me/6285640451319

Daftar Video dan Modul Belajar Lainnya bisa di download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bimbel.aqilamagelang

Daftar Harga Les di Bimbel Aqila Magelang

Bimbel SD 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 240K
  • Privat di Rumah - Rp 280K
  • Private Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 100K

 

Bimbel SMP 8 sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 280K
  • Privat di Rumah - Rp 320K
  • Privat Online - Rp 280K
  • Kelompok di Bimbel - Rp 115K

 

Bimbel SMA 8 Sesi

  • Privat di Bimbel - Rp 400K
  • Privat di Rumah - Rp 400K
  • Privat Online - Rp 400K

 

SBMPTN - UTBK - Saintek - 17 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.360K

SBMPTN - UTBK - Soshum - 12 Sesi
Privat di Bimbel / Online - Rp 1.200K

Privat Mengaji

  • di Bimbel Rp 20K/45 menit
  • di Rumah Rp 35K/45 menit

Pendaftaran - Rp 50K

 

Analisa Bakat Online


Analisa Bakat dengan Sidik Jari Online

Info Lengkap silahkan download di Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat Utama
memiliki Scanner Dokument
(Scanner di Printer Fotocopy sudah cukup)

Harga Rp 100K/analisa
(Biaya di Transfer setelah Hasil Analisa dikirimkan)

Kirimkan :
Hasil Scan Telapak Tangan, dan 10 Ujung jari

Mohon Lihat Video Berikut untuk Cara Pengambilan Data
https://youtu.be/SywA5qmznE0

Video Selengkapnya di PlayList Berikut
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat Analisa :

  • Mengetahui IQ dan EQ Bawaan untuk menyesuaikan kecepatan belajar.
  • Mengetahui Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan dimana hal ini akan mempengaruhi Gaya Kerja, Cara Berfikir, Tingkah laku dan Posisi Kerja.
  • Mengetahui Bakat Alami, Kecerdasan Majemuk, Sifat Bawaan untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan Mengantisipasi Kelemahan.
  • Memperkirakan Jurusan Pendidikan yang cocok.
  • Memperkirakan Posisi Kerja yang lebih relevan.
  • Memperkirakan Pekerjaan yang dengan Kemungkinan Sukses lebih banyak.
  • Mengetahui Kemampuan yang Paling menonjol yang ada pada diri Anda.

 

Hasil Analisa
Hasil Analisa Dalam bentuk PDF 13 Halaman dikirim langsung melalui WhatsApp.

Contoh Hasil Analisa
Kuantitatif
https://drive.google.com/file/d/1_Gj4QoedOtds84olAmvy0nZTbcbKEe71/view?usp=sharing

Kualitatif (jika Gagal Kuantitatif)
https://drive.google.com/file/d/1CJQiHUzeuMVOoAzTnSUMcQeMLOLSMEtR/view?usp=sharing

Info Lebih Lanjut
Website http://fitalis.net
Android App https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung
WhatsApp
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464&text=Saya%20Ingin%20Analisa%20Sidik%20Jari%20Bakat%20Online,%20Nama%20Saya,%20Umur%20Saya
Videp PlayList
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Kemitraan Analisa Bakat dengan Sidik Jari


Kemitraan Analisa Bakat

Info Lengkap Tentang Analisa Bakat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.sjblangsung

Syarat
Memiliki Scanner, Printer dan Komputer
(Scanner bisa menggunakan Scanner di Printer fotocopy)
Mau Belajar dan Mampu Menerangkan Hasil Analisa

Silahkan Pelajari terlebih dahulu penjelasan Hasil Analisa di
https://youtube.com/playlist?list=PLNYE6uj1u6t8FWriHO0kCNnIvNHdshHVo

Manfaat

  • Dapat membuka Outlet Analisa Bakat dengan Sidik Jari
  • Lokasi Anda terdaftar di Aplikasi Analisa Bakat Online
  • Mendapatkan Harga Reseller (Hubungi Kami untuk Detilnya)

 

Biaya Pendaftaran Kemitraan
Rp 500 ribu
Sudah termasuk 5 Analisa untuk Simulasi Pengiriman Data dan Percobaan Penjelasan Hasil

Alur Kerja

  • Pelanggan di-scan 10 jari dan Telapak Tangan
  • Kirimkan Hasil Scan melalui WA atau email aqilabakat@gmail.com
  • Setelah jadi Hasil Analisa dikirimkan ke Anda,
  • silahkan cetak dan berikan ke Pelanggan
  • Jika diperlukan tambahkan sedikit Penjelasan.

 

Untuk lebih mudah memahaminya
Kirimkan Data Anda saat Simulasi Pengiriman Data.

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

 

Aplikasi Toko Online


Aplikasi Toko Online dengan Nama Usaha Anda Sendiri

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Usaha Penjualan (Toko) dimana Aplikasi Tersebut dibuat dengan Nama Usaha Anda Sendiri dan tentu saja muncul di pencarian PlayStore.
Hal ini akan memberikan Warna Baru untuk Usaha Anda dan tentu saja akan menambah kepercayaan Pelanggan.

Fungsi secara Umum

  • Katalog Produk yang menampilkan seluruh Produk/Dagangan Anda.
  • Lebih mudah untuk di-share dengan hanya satu Link aja, dan seluruh Produk sudah include di dalamnya.
  • Broadcast ke seluruh pengguna dalam bentuk notifikasi dimana Pelanggan tidak merasa terganggu namun informasi tersampaikan.
  • Catatan Transaksi lengkap dengan status pembayaran dan status pengiriman sehingga lebih mudah memantau Kondisi Penjualan.
  • Penjelasan Produk bisa lebih detil dilengkapi dengan Foto, Video dan Teks auto Link.
  • Cetak Nota Pembelian dan Nota antar Barang.
  • Chat ke Administrasi dari Pelanggan sebagai Pusat Informasi.
  • Tombol WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp Anda.
  • Profil Usaha lengkap dengan Link Medsos yang terkait.


Apa yang berbeda ?

  • Memakai Nama Usaha Sendiri sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memarketingkan Aplikasi tersebut.
  • Multi admin, Aplikasi dapat dibuka oleh banyak Administrator sehingga memberikan peluang membagi pekerjaan.
  • Fungsi berita dapat digunakan sebagai Informasi Produk baru, Aktifitas atau Promo Toko Anda.
  • Notifikasi akan langsung dikirim secara otomatis ke Seluruh Pelanggan ketika Anda menginput Berita,
  • Pengumuman dan Produk Baru. Hal baru seperti ini selalu disukai Masyarakat.
  • Ukuran Aplikasi relatif kecil hanya 10 mb, jadi Calon pelanggan tidak ragu untuk meng-install.
  • Fungsi Hadiah untuk Meningkatkan Jumlah Install.
  • Kategori Produk untuk memudahkan pencarian oleh Pelanggan.
  • Foto Slider depan sebagai Media Promosi Utama.


Kelemahan

  • Katalog Produk akan efektif apabila kurang dari 500 item, sebenarnya bisa lebih dari 10 ribu namun produk akan sulit ditemukan karena fungsi pencarian hanya untuk 3 kata kunci.
  • Pada Tahap awal relatif sulit untuk membuat calon pelanggan meng-install Aplikasi. Hal ini bisa dirangsang dengan Hadiah atau dengan memberikan diskon lebih ketika membeli melalui Aplikasi.


Silahkan coba Aplikasi Sample-nya
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqila.eshopsample

Buka menu, pilih Login untuk mencoba menambah produk dan mencoba fungsi-fungsinya
Isi Nomor HP 0123456789 Password 1234

Biaya Pembuatan
Harga Rp 4 juta
sudah termasuk Upload di PlayStore
Mohon Persiapkan Logo, Nama Usaha, HP Pemilik, HP pusat Informasi.

Biaya Berjalan
Aplikasi ini Online artinya bisa berjalan karena ada dukungan Server. Untuk itu ada biaya Rp 10 per Aplikasi dibuka.

Custom Fungsi Tambahan
Ada Biaya Tambahan apabila Anda menghendaki Penambahan Fungsi (Menu) sebesar Rp 3 jt per Fungsi.

Update ke Versi Terbaru
Kedepedannya Aplikasi akan mengalami Penambahan Fungsi dan perbaikan-perbaikan UI.
Untuk mendapatkan ke Versi Terbaru, ada Biaya Update sebesar Rp 300 rb karena Perubahan data dan Script membutuhkan waktu cukup lama.

Pemesanan WhatApps ke https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

Aplikasi Laundry Online


Aplikasi Laundry
dengan Nama Laundry Anda Sendiri

Biaya Pembuatan 900 ribu sudah termasuk upload di PlayStore
Lama Pembuatan sekitar 15 s.d. 30 harian.

Jasa Laundry masih akan berkembang layaknya Jasa Ekspedisi (Pengiriman).
Semakin lama orang akan semakin disibukkan dengan Pekerjaan sehingga malas mencuci baju.
Rumah semakin minimalis dan ruang cuci semakin sempit.
Tidak membuat Kondisi rumah berantakan.

Konsep Aplikasi

  • Branding di PlayStore Android dengan Nama Laundry Anda Sendiri.
  • Pelanggan hanya Sekali Klik untuk Penjemputan Cucian.
  • Tracking Kondisi Cucian di Aplikasi.
  • Tombol WhatsApp untuk menghubungi Custumer Service.
  • Biaya Antar Jemput Otomatis / Custom.

 

Contoh Aplikasi
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aqiladroid.loundryonline

Silahkan Isi data sebagai Pemilik Laundry
Aplikasi tersebut masih contoh sehingga digunakan oleh Banyak Pemilik Laundry, Nantinya setelah Pembelian Hanya personal untuk Laundry Anda Sendiri.

Biaya Bejalan
Rp 10 per Aplikasi dibuka (Sekitar Rp 100 per Paket Cucian)

Syarat
Telah memiliki Logo (JPG/PNG) dan Nama Laundry

Hubungi Kami https://api.whatsapp.com/send?phone=6281391005464

SBMPTN Kesimpulan

 

Arsip Blog