1. Makhluk hidup yang mampu menggunakan sinar matahari untuk mengolah makanan adalah ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. manusia
d. jamur
2. Berikut ini adalah contoh individu, kecuali ....
a. sekumpulan bebek
b. sekandang ayam
c. sepotong paha ayam
d. seekor monyet
3. Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air laut adalah ....
a. hiu
b. tumbuhan laut
c. paus
d. ikan kecil
4. Yang berperan sebagai produsen air tawar adalah ....
a. alga
b. serangga
c. jamur
d. ikan kecil
5. Berikut ini adalah jenis-jenis simbiosis, kecuali ....
a. mutualisme
b. komensalisme
c. parasitisme
d. netral
6. Gabungan sekelompok kuda, sekelompok singa dan sekelompok rusa di padang rumput, membentuk ....
a. ekosistem
b. populasi
c. komunitas
d. individu
7. Faktor abiotik yang berpengaruh pada tersedianya oksigen pada lautan adalah ....
a. cahaya matahari
b. angin
c. suhu
d. air
8. Manfaat tumbuhan air dalam akuarium bagi komponen biotik lain adalah ....
a. keindahan
b. menjernihkan air
c. suplai oksigen
d. membuat teduh
9. Ekosistem yang paling mudah mengalami perubahan rantai makanan setiap tahun adalah ....
a. laut
b. sungai
c. sawah
d. hutan
10. Jatuhnya daun pada tanah dapat mengakibatkan ....
a. kesuburan tanah bertambah
b. kesuburan tanah menurun
c. kematian tumbuhan lain
d. kandungan mineral berkurang
11. Hutan memiliki keanekaragaman hayatinya yang sangat tinggi, karena di hutan dapat ditemukan berbagai jenis makhluk hidup. Karena itu hutan disebut gudang ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. mikroorganisme
d. plasma nutfah
12. Berikut ini hewan endemik yang ada di Indonesia adalah ....
a. maleo di Sulawesi
b. anoa di Papua
c. badak bercula satu di Sulawesi
d. jalak putih di Kalimantan
13. Usaha manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah ....
a. penanaman monokultur
b. reboisasi
c. tebang pilih Indonesia
d. rotasi tanaman
14. Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa Barat melindungi hewan endemik ….
a. babi hutan
b. badak bercula satu
c. harimau jawa
d. jerapah
15. Berikut ini taman laut yang dilindungi di Indonesia, kecuali …
a. TL Bunaken
b. TL Karimunjawa
c. TL Pulau Seribu
d. TL Selat Karimata
16. Pada awalnya membudidayakan tumbuhan dan hewan dilakukan manusia karena adanya ....
a. pangan, keindahan, dan kesehatan
b. pangan, sandang, dan papan
c. sandang, nilai ilmiah, dan perumahan
d. sandang, keindahan, dan kesehatan
17. Pada perkembangan berikutnya membudidayakan tumbuhan dan hewan itu dapat dimanfaatkan untuk ....
a. nilai ekonomi, ilmiah, dan mental spiritual
b. nilai ekonomi, sandang, papan, dan pangan
c. nilai ilmiah, sandang, papan, dan pangan
d. nilai ilmiah, ekonomi, papan, dan pangan
18. Belajar mencari ilmu tidak hanya di dalam kelas atau di dalam laboratorium, tetapi memperoleh ilmu, sains, dan teknologi juga dapat dilakukan di alam terbuka yang mengandung tumbuhan, hewan dan lingkungannya.
Hal ini berarti pembudidayaan tumbuhan dan hewan memiliki nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
19. Pembudidayaan hutan sehingga dapat diambil hasilnya berupa rotan, kayu, dan objek wisata yang menghasilkan uang merupakan suatu nilai dari pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hutan, nilai yang dimaksud adalah ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
20. Dengan membudidayakan tumbuhan dan hewan di alam, maka akan nampak Kebesaran Tuhan Sang Pencipta.
Pernyataan ini merupakan nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
21. Tumbuhan dan hewan yang ada di Indonesia memiliki kekhasan yang berbeda dengan bangsa lainnya, maka nilai yang terkandung dari pernyataan ini adalah ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. mental dan spiritual
22. Dengan membudidayakan tumbuhan dan hewan akan terbentuk keindahan dan keseimbangan alam, sehingga membudidayakan ini sebagai nilai ....
a. ekonomi
b. keindahan dan keseimbangan
c. kebanggaan berbangsa
d. estetika dan keselarasan
23. Alam yang indah dan seimbang ini rusak oleh adanya ....
a. tangan manusia yang mengeksplorasi alam secara berlebihan
b. tangan manusia yang memanfaatkan sumber alam dengan bijaksana
c. saling memakan antara hewan buas dengan hewan lainnya
d. saling perebutan makanan di antara hewan-hewan buas
24. Tumbuhan dan hewan mengalami kelangkaan, penyebabnya oleh hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. tingkat reproduksi rendah
b. tingkat reproduksi tinggi
c. kegiatan manusia yang memanfaatkan alam secara berlebihan
d. kegiatan manusia dengan penebangan hutan secara bebas
25. Mengingat akan kelangkaan jenis hewan, maka yang dijadikan sebagai Hewan Nasional adalah ....
a. komodo, ikan solera merah, dan elang Jawa
b. komodo, cendrawasih, dan elang Jawa
c. ikan solera merah, ikan paus biru, dan komodo
d. elang Jawa, ikan paus baru, dan hiu
26. Mengingat akan kelangkaan jenis tumbuhan, maka yang dijadikan sebagai Bunga nasional adalah ....
a. mawar, anggrek bulan, dan Raflesia Arnoldi
b. Raflesia Arnoldi, anggrek bulan, dan melati
c. Raflesia Arnoldi, anggrek hitam, dan anggrek bulan
d. Melati, mawar, dan anggrek
27. Salah satu usaha untuk menyelamatkan kerusakan hutan adalah ....
a. melakukan tebang pilih
b. mengubah hutan menjadi lahan pertanian
c. mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian
d. mengatur jarak tanam
28. Hewan yang sudah langka di Indonesia di antaranya ....
a. ikan, belalang, dan burung
b. badak bercula satu, harimau, dan gajah
c. cendrawasih, bangau, dan merpati
d. kuda, anoa, dan tapir
29. Hewan dan tumbuhan yang sudah langka perlu kita ....
a. pelihara di rumah masing-masing
b. pelihara dan dilestarikan di dalam kebun binatang
c. pelihara dan dilestarikan ke habitat aslinya
d. pelihara dan dikembangbiakkan di kebun raya
30. Para petani di pegunungan telah membuat terasering di lahan pertaniannya, berarti petani telah melakukan ....
a. konservasi tanah, air dan udara
b. konservasi air dan tanah
c. konservasi air
d. konservasi tanah
31. Organisme yang tidak dapat dibagi-bagi lagi disebut individu. Contoh individu adalah … .
a. seekor ayam
b. sekelompok ayam di kandang
c. beberapa ekor kambing
d. sekumpulan lebah
32. Antara makhluk hidup dan lingkungan saling berinteraksi membentuk suatu sistem kesatuan, yaitu … .
a. individu
c. komunitas
b. populasi
d. ekosistem
33. Lingkungan abiotik yang tidak dapat dipengaruhi manusia adalah … .
a. tanah
b. gravitasi bumi
c. air
d. kandungan mineral
34. Roti apabila dibiarkan lama-kelamaan akan membusuk karena adanya … sebagai dekomposer.
a. jamur dan bakteri
b. jamur dan manusia
c. manusia dan protozoa
d. ulat dan cacing
35. Proses pemasakan makanan pada tumbuhan disebut … .
a. respirasi
b. ekskresi
c. fotosintesis
d. reproduksiLES PRIVAT DI RUMAH BIMBEL AQILA | |||||||
Telp/SMS/WhatApps 085641399383
Bimbel Aqila Course adalah Bimbel yang di-Mitrakan meliputi Modul Bimbel, Software Administrasi, SOP dan Aplikasi Mobile Learning. Download Proposal Lengkap Klik Disini
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar