Sunday, 6 November 2016

Kalor

KALOR

Definisi Kalor
Peristiwa yang melibatkan kalor sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pada waktu memasak air dengan menggunakan kompor. Air yang semula dingin lama kelamaan menjadi panas. Mengapa air menjadi panas? Air menjadi panas karena mendapat kalor, kalor yang diberikan pada air mengakibatkan suhu air naik. Dari manakah kalor itu? Kalor berasal dari bahan bakar, dalam hal ini terjadi perubahan energi kimia yang terkandung dalam gas menjadi energi panas atau kalor yang dapat memanaskan air.


Sebelum abad ke-17, orang berpendapat bahwa kalor merupakan zat yang mengalir dari suatu benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika kedua benda tersebut bersentuhan atau bercampur. Jika kalor merupakan suatu zat tentunya akan memiliki massadan ternyata benda yang dipanaskan massanya tidak bertambah. Kalor bukan zat tetapi kalor adalah suatu bentuk energi dan merupakan suatu besaran yang dilambangkan Q dengan satuan joule (J), sedang satuan lainnya adalah kalori (kal). Hubungan satuan joule dan kalori adalah :

1 kalori = 4,2 joule
1 joule = 0,24 kalori

Kalor dapat Mengubah Suhu Benda
Apa yang terjadi apabila dua zat cair yang berbeda suhunya dicampur menjadi satu? Bagaimana hubungan antara kalor terhadap perubahan suhu suatu zat? Adakah hubungan antara kalor yang diterima dan kalor yang dilepaskan oleh suatu zat? Semua benda dapat melepas dan menerima kalor. Benda-benda yang bersuhu lebih tinggi dari lingkungannya akan cenderung melepaskan kalor. Demikian juga sebaliknya benda-benda yang bersuhu lebih rendah dari lingkungannya akan cenderung menerima kalor untuk menstabilkan kondisi dengan lingkungan di sekitarnya. Suhu zat akan berubah ketika zat tersebut melepas atau menerima kalor. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa kalor dapat mengubah suhu suatu benda.

Kalor jenis suatu zat adalah banyaknya kalor yang yang diperlukan oleh suatu zat bermassa 1 kg untuk menaikkan suhu 1 °C. Sebagai contoh, kalor jenis air 4.200 J/kg °C, artinya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg air sebesar 1 °C adalah 4.200 J. Kalor jenis suatu zat dapat diukur dengan alat kalorimeter.

Kalor dapat Mengubah Wujud Zat
Suatu zat apabila diberi kalor terus-menerus dan mencapai suhu maksimum, maka zat akan mengalami perubahan wujud. Peristiwa ini juga berlaku jika suatu zat melepaskan kalor terus-menerus dan mencapai suhu minimumnya. Oleh karena itu, selain kalor dapat digunakan untuk mengubah suhu zat, juga dapat digunakan untuk mengubah wujud zat. Perubahan wujud suatu zat akibat pengaruh kalor dapat digambarkan dalam skema berikut.

Perpindahan Kalor
Beras yang dimasukkan ke dalam panci berisi air dan diletakkan di atas kompor menyala, lama-kelamaan akan menjadi nasi. Api kompor mengeluarkan kalor yang berpindah dari panci ke air kemudian air menjadi panas dan memanaskan beras sehingga beras menjadi nasi. Kamu telah mengetahui bahwa kalor merupakan salah satu bentuk energi dan dapat berpindah apabila terdapat perbedaan suhu. Secara alami kalor berpindah dari zat yang suhunya tinggi ke zat yang suhunya rendah. Bagaimana kalor dapat berpindah? Apabila ditinjau dari cara perpindahannya, ada tiga cara dalam perpindahan kalor yaitu:
1.      konduksi (hantaran),
2.      konveksi (aliran), dan
3.      radiasi (pancaran).

Perpindahan Kalor secara Konduksi
Cobalah membakar ujung besi dan ujung besi lainnya kamu pegang, setelah beberapa lama ternyata ujung besi yang kamu pegang lama kelamaan terasa semakin panas. Hal ini disebabkan adanya perpindahan kalor yang melalui besi. Peristiwa perpindahan dari ujung besi kalor yang dipanaskan ke ujung besi yang kamu pegang mirip dengan perpindahan buku yang kamu lakukan, di mana molekul-molekul besi yang menghantarkan kalor tidak ikut berpindah. Perpindahan kalor seperti ini dinamakan perpindahan kalor secara hantaran atau konduksi. Apakah setiap zat dapat menghantarkan kalor secara konduksi? Ambillah sepotong kayu, kemudian ujung yang satu dipanaskan sedang ujung kayu yang lainnya kamu pegang. Apakah ujung yang kamu pegang terasa panas? Ternyata tidak panas. Hal ini berarti bahwa pada kayu tidak terjadi perpindahan kalor secara konduksi.

Bahan yang dapat menghantarkan kalor disebut konduktor kalor, misalnya besi, baja, tembaga, seng, dan aluminium (jenis logam). Adapun penghantar yang kurang baik/penghantar yang buruk disebut isolator kalor, misalnya kayu, kaca, wol, kertas, dan plastic (jenis bukan logam). Bagaimana halnya dengan air? Termasuk konduktor atau isolatorkah air itu? Coba apa ada yang tahu?


Perpindahan Kalor secara Konveksi
Perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Perpindahan kalor secara konveksi terjadi karena adanya perbedaan massajenis dalam zat tersebut. Perpindahan kalor yang diikuti oleh perpindahan partikel-partikel zatnya disebut konveksi/aliran. Selain perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair, ternyata konveksi juga dapat terjadi pada gas/udara. Peristiwa konveksi kalor melalui penghantar gas sama dengan konveksi kalor melalui penghantar air. Kegiatan tersebut juga dapat digunakan untuk menjelaskan prinsip terjadinya angin darat dan angin laut.
Kelas 7 IPA Fisika
Bab 3 Kalor

 
 

·         Angin Darat
Angin darat terjadi pada malam hari dan berhembus dari darat ke laut. Hal ini terjadi karena pada malam hari udara di atas laut lebih panas dari udara di atas darat, sehingga udara di atas laut naik diganti udara di atas darat. Maka terjadilah aliran udara dari darat ke laut. Angin darat dimanfaatkan oleh para nelayan menuju ke laut untuk menangkap ikan.

·         Angin Laut
Angin laut terjadi pada siang hari dan berhembus dari laut ke darat. Hal ini terjadi karena pada siang hari udara di atas darat lebih panas dari udara di atas laut, sehingga udara di atas darat naik diganti udara di atas laut. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke darat. Angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk kembali ke darat atau pantai setelah menangkap ikan. Pemanfaatan konveksi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: pada sistem pendinginan mobil (radiator), pembuatan cerobong asap, dan lemari es.
Perpindahan Kalor secara Radiasi
Bagaimanakah energi kalor matahari dapat sampai ke bumi? Telah kita ketahui bahwa antara matahari dengan bumi berupa ruang hampa udara, sehingga kalor dari matahari sampai ke bumi tanpa melalui zat perantara. Perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara atau medium ini disebut radiasi/hantaran. Contoh perpindahan kalor secara radiasi, misalnya pada waktu kita mengadakan kegiatan perkemahan, di malam hari yang dingin sering menyalakan api unggun. Saat kita berada di dekat api unggun badan kita terasa hangat karena adanya perpindahan kalor dari api unggun ke tubuh kita secara radiasi. Walaupun di sekitar kita terdapat udara yang dapat memindahkan kalor secara konveksi, tetapi udara merupakan penghantar kalor yang buruk (isolator). Jika antara api unggun dengan kita diletakkan sebuah penyekat atau tabir, ternyata hangatnya api unggun tidak dapat kita rasakan lagi. Hal ini berarti tidak ada kalor yang sampai ke tubuh kita, karena terhalang oleh penyekat itu. Dari peristiwa api unggun dapat disimpulkan bahwa: 
·         dalam peristiwa radiasi, kalor berpindah dalam bentuk cahaya, karena cahaya dapat merambat dalam ruang hampa, maka kalor pun dapat merambat dalam ruang hampa;
radiasi kalor dapat dihalangi dengan cara memberikan tabir/penutup yang dapat menghalangi cahaya yang dipancarkan dari sumber cahaya.

LES PRIVAT DI RUMAH BIMBEL AQILA

Telp/SMS/WhatApps 085641399383




Tutor Berkualitas
Tutor telah Lulus Ujian Tes Tulis. Kegiatan ini dilakukan di pengelola Kabupaten / Kota yang bekerjasama dengan Kami.

Lebih banyak metode Pembayaran
Tidak hanya dengan Transfer saja, Kami juga menerima Pembayaran dengan Cash di Pengelola Kabupaten/Kota terdekat

Pilih Tentor Lebih Mudah
Teknologi internet dapat memberikan informasi daftar Tentor beserta jadwal yang masih kosong, Anda bisa memilih dan membuat jadwal dengan lebih cepat.

Aplikasi Belajar
Dukungan 200 lebih Aplikasi Belajar dapat membantu belajar siswa menjadi lebih cepat


Metode Baru Bimbingan Belajar Les Privat di Rumah Aqila Course.
Bimbingan Belajar Aqila Course mempekenalkan Metode Baru dalam kegiatan Les siswa Privat dirumah. Dengan adanya kemajuan zaman, dimana segala informasi dapat cepat di-share-kan, Kami berupaya menghadirkan Tekonologi web sebagai alat bantu dalam memberikan fasilitas lebih kepada konsumen dan pelaku kegiatan Bimbingan belajar.

Kelebihan dalam Les Privat di Rumah metode baru ini antara lain
  1. Siswa dapat memilih tutornya sendiri via website.
  2. Waktu Les dirumah juga dapat memilih secara bebas sesuai dengan ketersediaan jadwal tutor
  3. Pembayaran dapat dilakukan dengan Transfer atau dilakukan di Bimbel terdekat
  4. Tutor yang dipilih datang kerumah siswa seuai dengan jadwal dan Absensi Siswa dilakukan oleh tutor via Website dengan Konfirmasi ke Orang Tua.
  5. Sistem Saldo membuat pembayaran administrasi Bimbel lebih adil dan lebih transparan
  6. Dilengkapi dengan lebih dari 200 Aplikasi Belajar di HP Android

Biaya Les Privat Di Rumah
  1. Isi Saldo Pertama Minimal Rp 300.000,-, Mohon isi data siswa terlebih dahulu klik disini
  2. Transfer ke Bank BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang Nomor : 7476 01 000197 50 8 atas nama : Ahmad Hasan Basri atau di Pengelola Bimbel Terdekat
  3. Pendaftaran Rp 50.000,-
  4. Biaya Les Per Sesi (75 menit) sesuai dengan Tarif Tutor yang dipilih

Aturan Dasar Les Privat di Rumah
  1. Ketika Saldo Tidak mencukupi, Les ditangguhkan sementara, dan Jadwal akan ditawarkan ke siswa lain
  2. Tutor Tidak Datang, Saldo Tidak berkurang
  3. Membatalkan Jadwal, Saldo dikurangi Rp 50.000,-
  4. Mohon segera info ke Kami apabila pelayanan dari Tutor Kami kurang memuaskan dengan SMS ke 085641399383

Info Lengkap Les Privat di Rumah Kami di 



Bimbel Aqila Course adalah Bimbel yang di-Mitrakan meliputi Modul Bimbel, Software Administrasi, SOP dan Aplikasi Mobile Learning. Download Proposal Lengkap Klik Disini
Produk-produk Aqila Course meliputi :

PAKET SD DAN SMP STANDAR
Paket SD dan SMP Standar mendapatkan Fasilitas antara lain :
Modul Bimbel SD dan SMP
  • Modul Bimbel SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn, IND
  • Modul Bimbel SD K13 kelas 1,2,3,4,5,6 
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul Bimbel SMP KTSP Kelas 7,8,9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul Bimbel SMP K13 kelas 7,8,9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SOP (Manajemen Bimbel, Pengajian, Banner, Brosur, Blangko dll)
  • Untuk membangun Bimbel relatif sederhana misal ditengah perumahan atau di kota kecamatan.
  • Contoh modul download di http://contohmodul.aqilacourse.web.id/
  • Penjelasan melalui Video Klik Disini
Software Administrasi V.6
  • Berbasis web (PHP dan MySql basic Software) jadi saat menggunakan Software seperti halnya membuka sebuah website atau social media.
  • Berisi Menu Data Base siswa, Jadwal, absensi kehadiran, Uang Masuk, Uang Keluar dan SMS Server
  • Saat siswa Absen, software akan otomatis mengsms Siswa ke Nomor Orang Tua dan Siswa, begitu juga dengan pembayaran
  • SMS jadwal siswa dapat dilaksanakan dengan hanya mencentang nama siswa, sehingga pekerjaan dapat lebih cepat
  • Menggunakan Kartu Barcode untuk Absensi siswa dan tentor, dengan cara mencetak sendiri dengan printer biasa.
  • Sistem penggajian yang sudah diintegrasikan dengan software sehingga lebih cepat dan tepat.
  • Contoh Software administrasi v.6 dapat dilihat di http://contohadmin.aqilacourse.net/administrasi/
  • biaya Bulanan untuk mengirim SMS server ke siswa dan Orang Tua dibulatkan sebesar Rp 1.000,- per siswa per Bulan (terhitung 8 bulan dalam setahun)
  • Biaya Tahunan untuk Perpanjangan Domain dan Hosting Rp 500.000,- dibayarkan mulai Tahun kedua.
  • Penjelasan melalui Video klik link berikut Video 1Video 2Video 3,
Penawaran Harga Paket SD SMP Standar :

No comments:

Post a Comment

Daftar isi Soal dan Kunci SD SMP

Dapatkan lebih banyak Materi di Download Modul Bimbel Gratis Klik Disini KELAS 5 SD MAPEL IPA LATIHAN SOAL BAB 1 FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA ...