Sunday, 6 November 2016

Perubaham Materi

PERUBAHAN MATERI

Sifat-Sifat Materi / Zat
1.   SIFAT FISIKA adalah sifat yang berkaitan dengan penampilan dan keadaan fisik benda itu (sifat materi yang tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru).

      Contoh :
      titik didih, titik leleh, warna, aroma, massa, massa jenis, kelarutan, dll.

Sifat Fisika meliputi :
      a.   Sifat Intrinsik yaitu sifat yang tidak bergantung pada jumlah dan ukuran zat.
     
      Contoh : warna, aroma, titik didih, titik leleh, wujud, massa jenis, rasa, dll.

b.   Sifat Ekstrinsik yaitu sifat yang bergantung pada jumlah dan ukuran zat.

      Contoh : kelarutan, volume, panjang, lebar, massa, ketebalan, dll.

2.   SIFAT KIMIA adalah sifat yang berkaitan dengan reaksi kimia (sifat materi yang berhubungan dengan pembentukan zat baru).

      Contoh :
      mudah tidaknya terbakar, mudah tidaknya berkarat, mudah tidaknya membusuk, dll.

      Sifat Kimia meliputi hanya Sifat Intrinsik.


Perubahan Materi / Zat
1.   Perubahan Fisika
Perubahan materi yang tidak menghasilkan / menimbulkan zat baru (terjadi perubahan wujud saja).

      Contoh :
      Lilin yang dibakar, batu es mencair, besi meleleh, dll.
     
      -     Lilin dibakar berubah wujud dari padat-cair, setelah lilin meleleh berubah wujud dari cair-padat, tetapi susunan molekul pembentuknya tetap sama.
      -     Es mencair berubah wujud menjadi cair, dibekukan berubah wujud menjadi es kembali, tetapi susunan molekul pembentuknya tetap sama (H2O).

2.   Perubahan Kimia
Perubahan materi yang menghasilkan / menimbulkan zat baru (terjadi perubahan wujud dan perubahan zat tetapi tidak mengalami perubahan massa).
Perubahan Kimia tidak bisa diulang, misal beras sudah menjadi nasi, tidak bisa dirubah menjadi beras lagi,
Kertas yang terbakar menjadi abu, abu kertas tidak bisa berubah menjadi kertas lagi
Contoh :
Sumbu lilin yang dibakar, kayu terbakar, minyak menjadi tengik, buah menjadi busuk, besi berkarat, dll.

Tanda-tanda yang menyertai perubahan kimia (reaksi kimia) adalah :
1.   Terjadi perubahan warna,
      Contoh :
      buah menjadi masak, besi berkarat, roti menjadi gosong, dll.

2.   Terjadi perubahan suhu,
      contoh:
      singkong menjadi tape, kedelai menjadi tempe, karbid disiram air, dll.

3.   Terbentuk gas, contoh: kertas dibakar, kompor menyala, karbid disiram air, sampah membusuk, dll.

4.   Terbentuk endapan, contoh: susu menjadi basi, minyak menjadi tengik, batu kapur disiram air, dll.

Perubahan kimia yang terjadi pada suatu materi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah penyebab terjadinya perubahan kimia dan contoh perubahan kimia yang diakibatkannya.

a.   Proses Bernafas
Proses bernafas mengubah oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2). Perubahan oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2) termasuk perubahan kimia.

b.   Proses Fotosintesis
Proses fotosintesis merubah gas karbon dioksida (CO2) dan air menjadi gas oksigen dan karbohidrat. Perubahan tersebut termasuk perubahan kimia.

c.   Pembakaran
Kayu dibakar menjadi arang merupakan contoh perubahan kimia.

d.   Perkaratan
Perkaratan adalah reaksi oksigen menembus ke dalam celah-celah besi sehingga lama kelamaan terbentuk karat pada celah-celah tersebut. Perubahan besi menjadi karat adalah contoh perubahan kimia.

e.   Pembusukan
Contoh perubahan kimia karena peristiwa pembusukan adalah roti menjadi berjamur, nasi yang membusuk, dan susu yang menjadi masam.

f.    Fermentasi
Contoh perubahan kimia karena proses fermentasi adalah perubahan dari singkong atau beras menjadi tape.

g.   Pemasakkan
Contoh perubahan kimia yang disebabkan oleh proses pemasakan adalah menanak nasi.


DASAR PEMISAHAN CAMPURAN

1.   Filtrasi (Penyaringan)
        Filtrasi atau penyaringan merupakan metode pemisahan untuk memisahkan zat padat dari cairannya dengan menggunakan alat berpori (penyaring). Dasar pemisahan metode ini adalah perbedaan ukuran partikel antara pelarut dan zat terlarutnya. Penyaring akan menahan zat padat yang mempunyai ukuran partikel lebih besar dari pori saringan dan meneruskan pelarut.

        Proses filtrasi yang dilakukan adalah bahan harus dibuat dalam bentuk larutan atau berwujud cair kemudian disaring. Hasil penyaringan disebut filtrat sedangkan sisa yang tertinggal dipenyaring disebut residu. (ampas).
        Metode ini dimanfaatkan untuk membersihkan air dari sampah pada pengolahan air, menjernihkan preparat kimia di laboratorium, menghilangkan pirogen (pengotor) pada air suntik injeksi dan obat-obat injeksi, dan membersihkan sirup dari kotoran yang ada pada gula. Penyaringan di laboratorium dapat menggunakan kertas saring dan penyaring buchner. Penyaring buchner adalah penyaring yang terbuat dari bahan kaca yang kuat dilengkapi dengan alat penghisap.



2.    Sublimasi
        Sublimasi merupakan metode pemisahan campuran dengan menguapkan zat padat tanpa melalui fasa cair terlebih dahulu sehingga kotoran yang tidak menyublim akan tertinggal. bahan-bahan yang menggunakan metode ini adalah bahan yang mudah menyublim, seperti kamfer dan iod.



3.    Kristalisasi
        Kristalisasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh zat padat yang terlarut dalam suatu larutan. Dasar metode ini adalah kelarutan bahan dalam suatu pelarut dan perbedaan titik beku. Kristalisasi ada dua cara yaitu kristalisasi penguapan dan kristalisasi pendinginan.
        Contoh proses kristalisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah pembuatan garam dapur dari air laut. Mula-mula air laut ditampung dalam suatu tambak, kemudian dengan bantuan sinar matahari dibiarkan menguap. Setelah proses penguapan, dihasilkan garam dalam bentuk kasar dan masih bercampur dengan pengotornya, sehingga untuk mendapatkan garam yang bersih diperlukan proses rekristalisasi (pengkristalan kembali)
        Contoh lain adalah pembuatan gula putih dari tebu. Batang tebu dihancurkan dan diperas untuk diambil sarinya, kemudian diuapkan dengan penguap hampa udara sehingga air tebu tersebut menjadi kental, lewat jenuh, dan terjadi pengkristalan gula. Kristal ini kemudian dikeringkan sehingga diperoleh gula putih atau gula pasir.

3.    Destilasi
        Destilasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh suatu bahan yang berwujud cair yang terkotori oleh zat padat atau bahan lain yang mempunyai titik didih yang berbeda. Dasar pemisahan adalah titik didih yang berbeda. Bahan yang dipisahkan dengan metode ini adalah bentuk larutan atau cair, tahan terhadap pemanasan, dan perbedaan titik didihnya tidak terlalu dekat.
        Proses pemisahan yang dilakukan adalah bahan campuran dipanaskan pada suhu diantara titik didih bahan yang diinginkan. Pelarut bahan yang diinginkan akan menguap, uap dilewatkan pada tabung pengembun (kondensor). Uap yang mencair ditampung dalam wadah. Bahan hasil pada proses ini disebut destilat, sedangkan sisanya disebut residu.
        Contoh destilasi adalah proses penyulingan minyak bumi, pembuatan minyak kayu putih, dan memurnikan air minum.

4.    Ekstraksi
        Ekstraksi merupakan metode pemisahan dengan melarutkan bahan campuran dalam pelarut yang sesuai. Dasar metode pemisahan ini adalah kelarutan bahan dalam pelarut tertentu.

5.    Adsorbsi
        Adsorbsi merupakan metode pemisahan untuk membersihkan suatu bahan dari pengotornya dengan cara penarikan bahan pengadsorbsi secara kuat sehingga menempel pada permukaan bahan pengadsorbsi. Penggunaan metode ini dipakai untuk memurnikan air dari kotoran renik atau mikroorganisme, memutihkan gula yang berwarna coklat karena terdapat kotoran.

6.    Kromatografi
        Kromatografi adalah cara pemisahan berdasarkan perbedaan kecepatan perambatan pelarut pada suatu lapisan zat tertentu. Dasar pemisahan metode ini adalah kelarutan dalam pelarut tertentu, daya absorbsi oleh bahan penyerap, dan volatilitas (daya penguapan). Contoh proses kromatografi sederhana adalah kromatografi kertas untuk memisahkan tinta.

Pemanfaatan Metode Pemisahan
        Pada proses pemisahan suatu campuran ada yang memerlukan metode pemisahan, ada pula yang dikombinasi lebih dari saru jenis metode. Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan metode pemisahan dengan menggunakan metode pemisahan tertentu.

1.    Pemurnian Garam Dapur
        Air laut banyak mengandung mineral terutama garam dapur (NaCl). Petani garam dapur memisahkan garam dapur dengan menjemur air laut pada sebuah bangunan yang datar dan lapang. Garam yang diperoleh, kemudian diolah di industri untuk dicuci dan ditambah iodium.

2.    Pemurnian Air Minum
        Air adalah sumber kehidupan. Air selalu diperlukan dalam setiap bidang kehidupan kita.bagi penduduk Indonesia, tidak sulit untuk mendapatkan air tawar, namun di daerah timur tengah sulit untuk mendapatkan air tawar. Mereka melakukan penyulingan (destilasi) untuk memperoleh air tawar secara besar-besaran.

    Suatu zat dapat dipisahkan dari campurannya karena mempunyai perbedaan sifat. Hal ini dinamakan dasr pemisahan. Beberapa dasar pemisahan campuran antara lain sebagai berikut :

1.    Ukuran partikel
        Bila ukuran partikel zat yang diinginkan berbeda dengan zat yang tidak diinginkan (zat pencmpur) dapat dipisahkan dengan metode filtrasi (penyaringan). jika partikel zat hasil lebih kecil daripada zat pencampurnya, maka dapat dipilih penyring atau media berpori yang sesuai dengan ukuran partikel zat yang diinginkan. Partikel zat hasil akan melewati penyaring dan zat pencampurnya akan terhalang.

2.    Titik didih
        Bila antara zat hasil dan zat pencampur memiliki titik didih yang jauh berbeda dapat dipishkan dengan metode destilasi. Apabila titik didih zat hasil lebih rendah daripada zat pencampur, maka bahan dipanaskan antara suhu didih zat hasil dan di bawah suhu didih zat pencampur. Zat hasil akan lebih cepat menguap, sedangkan zat pencampur tetap dalam keadaan cair dan sedikit menguap ketika titik didihnya terlewati. Proses pemisahan dengan dasar perbedaan titik didih ini bila dilakukan dengan kontrol suhu yang ketat akan dapat memisahkan suatu zat dari campuranya dengan baik, karena suhu selalu dikontrol untuk tidak melewati titik didih campuran.

3.    Kelarutan
        Suatu zat selalu memiliki spesifikasi kelarutan yang berbeda, artinya suatu zat selalu memiliki spesifikasi kelarutan yang berbeda, artinya suatu zat mungkin larut dalam pelarut A tetapi tidak larut dalam pelarut B, atau sebaliknya. Secara umum pelarut dibagi menjadi dua, yaitu pelarut polar, misalnya air, dan pelarut nonpolar (disebut juga pelarut organik) seperti alkohol, aseton, methanol, petrolium eter, kloroform, dan eter.
        Dengan melihat kelarutan suatu zat yang berbeda dengan zat-zat lain dalam campurannya, maka kita dapat memisahkan zat yang diinginkan tersebut dengan menggunakan pelarut tertentu.

4.    Pengendapan
        Suatu zat akan memiliki kecepatan mengendap yang berbeda dalam suatu campuran atau larutan tertentu. Zat-zat dengan berat jenis yng lebih besar daripada pelarutnya akan segera mengendap. Jika dalam suatu campuran mengandung satu atau beberapa zat dengan kecepatan pengendapan yang berbeda dan kita hanya menginginkan salah satu zat, maka dapat dipisahkan dengan metode sedimentsi tau sentrifugsi. Namun jika dalm campuran mengandung lebih dari satu zat yang akan kita inginkan, maka digunakan metode presipitasi. Metode presipitasi biasanya dikombinasi dengan metode filtrasi.

5.    Difusi
        Dua macm zat berwujud cair atau gas bila dicampur dapat berdifusi (bergerak mengalir dan bercampur) satu sama lain. Gerak partikel dapat dipengaruhi oleh muatan listrik. Listrik yang diatur sedemikian rupa (baik besarnya tegangan maupun kuat arusnya) akan menarik partikel zat hasil ke arah tertentu sehingga diperoleh zat yang murni. Metode pemisahan zat dengan menggunakan bantuan arus listrik disebut elektrodialisis. Selain itu kita mengenal juga istilah elektroforesis, yaitu pemisahan zat berdasarkan banyaknya nukleotida (satuan penyusun DNA) dapat dilakukan dengan elektroforesis menggunakan suatu media agar yang disebut gel agarosa.

6.    Adsorbsi
        Adsorbsi merupakan penarikan suatu zat oleh bahan pengadsorbsi secara kuat sehingga menempel pada permukaan dari bahan pengadsorbsi. Penggunaan metode ini diterapkan pada pemurnian air dan kotoran renik atau organisme.


LES PRIVAT DI RUMAH BIMBEL AQILA

Telp/SMS/WhatApps 085641399383




Tutor Berkualitas
Tutor telah Lulus Ujian Tes Tulis. Kegiatan ini dilakukan di pengelola Kabupaten / Kota yang bekerjasama dengan Kami.

Lebih banyak metode Pembayaran
Tidak hanya dengan Transfer saja, Kami juga menerima Pembayaran dengan Cash di Pengelola Kabupaten/Kota terdekat

Pilih Tentor Lebih Mudah
Teknologi internet dapat memberikan informasi daftar Tentor beserta jadwal yang masih kosong, Anda bisa memilih dan membuat jadwal dengan lebih cepat.

Aplikasi Belajar
Dukungan 200 lebih Aplikasi Belajar dapat membantu belajar siswa menjadi lebih cepat


Metode Baru Bimbingan Belajar Les Privat di Rumah Aqila Course.
Bimbingan Belajar Aqila Course mempekenalkan Metode Baru dalam kegiatan Les siswa Privat dirumah. Dengan adanya kemajuan zaman, dimana segala informasi dapat cepat di-share-kan, Kami berupaya menghadirkan Tekonologi web sebagai alat bantu dalam memberikan fasilitas lebih kepada konsumen dan pelaku kegiatan Bimbingan belajar.

Kelebihan dalam Les Privat di Rumah metode baru ini antara lain
  1. Siswa dapat memilih tutornya sendiri via website.
  2. Waktu Les dirumah juga dapat memilih secara bebas sesuai dengan ketersediaan jadwal tutor
  3. Pembayaran dapat dilakukan dengan Transfer atau dilakukan di Bimbel terdekat
  4. Tutor yang dipilih datang kerumah siswa seuai dengan jadwal dan Absensi Siswa dilakukan oleh tutor via Website dengan Konfirmasi ke Orang Tua.
  5. Sistem Saldo membuat pembayaran administrasi Bimbel lebih adil dan lebih transparan
  6. Dilengkapi dengan lebih dari 200 Aplikasi Belajar di HP Android

Biaya Les Privat Di Rumah
  1. Isi Saldo Pertama Minimal Rp 300.000,-, Mohon isi data siswa terlebih dahulu klik disini
  2. Transfer ke Bank BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang Nomor : 7476 01 000197 50 8 atas nama : Ahmad Hasan Basri atau di Pengelola Bimbel Terdekat
  3. Pendaftaran Rp 50.000,-
  4. Biaya Les Per Sesi (75 menit) sesuai dengan Tarif Tutor yang dipilih

Aturan Dasar Les Privat di Rumah
  1. Ketika Saldo Tidak mencukupi, Les ditangguhkan sementara, dan Jadwal akan ditawarkan ke siswa lain
  2. Tutor Tidak Datang, Saldo Tidak berkurang
  3. Membatalkan Jadwal, Saldo dikurangi Rp 50.000,-
  4. Mohon segera info ke Kami apabila pelayanan dari Tutor Kami kurang memuaskan dengan SMS ke 085641399383

Info Lengkap Les Privat di Rumah Kami di 
http://bimbelaqila.com/

Menerima Pendaftaran Guru / Tutor Baru
di http://bimbelaqila.com/inputtentor.php



Bimbel Aqila Course adalah Bimbel yang di-Mitrakan meliputi Modul Bimbel, Software Administrasi, SOP dan Aplikasi Mobile Learning. Download Proposal Lengkap Klik Disini
Produk-produk Aqila Course meliputi :

PAKET SD DAN SMP STANDAR
Paket SD dan SMP Standar mendapatkan Fasilitas antara lain :
Modul Bimbel SD dan SMP
  • Modul Bimbel SD KTSP Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn, IND
  • Modul Bimbel SD K13 kelas 1,2,3,4,5,6 
  • Skill count 12 jilid
  • English SKill 8 jilid
  • Paket UASBN SD
  • Modul Bimbel SMP KTSP Kelas 7,8,9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Modul Bimbel SMP K13 kelas 7,8,9 Mapel MAT, IPA, ING
  • Paket UN SMP Mapel MAT, IPA, ING, IND
  • SOP (Manajemen Bimbel, Pengajian, Banner, Brosur, Blangko dll)
  • Untuk membangun Bimbel relatif sederhana misal ditengah perumahan atau di kota kecamatan.
  • Contoh modul download di http://contohmodul.aqilacourse.web.id/
  • Penjelasan melalui Video Klik Disini
Software Administrasi V.6
  • Berbasis web (PHP dan MySql basic Software) jadi saat menggunakan Software seperti halnya membuka sebuah website atau social media.
  • Berisi Menu Data Base siswa, Jadwal, absensi kehadiran, Uang Masuk, Uang Keluar dan SMS Server
  • Saat siswa Absen, software akan otomatis mengsms Siswa ke Nomor Orang Tua dan Siswa, begitu juga dengan pembayaran
  • SMS jadwal siswa dapat dilaksanakan dengan hanya mencentang nama siswa, sehingga pekerjaan dapat lebih cepat
  • Menggunakan Kartu Barcode untuk Absensi siswa dan tentor, dengan cara mencetak sendiri dengan printer biasa.
  • Sistem penggajian yang sudah diintegrasikan dengan software sehingga lebih cepat dan tepat.
  • Contoh Software administrasi v.6 dapat dilihat di http://contohadmin.aqilacourse.net/administrasi/
  • biaya Bulanan untuk mengirim SMS server ke siswa dan Orang Tua dibulatkan sebesar Rp 1.000,- per siswa per Bulan (terhitung 8 bulan dalam setahun)
  • Biaya Tahunan untuk Perpanjangan Domain dan Hosting Rp 500.000,- dibayarkan mulai Tahun kedua.
  • Penjelasan melalui Video klik link berikut Video 1Video 2Video 3,
Penawaran Harga Paket SD SMP Standar :

PAKET SD dan SMP DIGITAL
Paket SD dan SMP Digital (Mobile Learning)
  • Dalam Paket ini sudah termasuk Administrasi V.6
  • Menggunakan Aplikasi berbasis Android saat pembelajaran, maksudnya saat bimbingan berlangsung siswa belajar menggunakan HP dengan Aplikasi yang telah disediakan, dan Materinya telah disesuaikan dengan modul yang sudah ada.
  • Aplikasi Android dapat diaktifkan dengan Kode Voucher yang di SMS kan ke Siswa saat Absensi, sehingga siswa diluar Bimbel tidak dapat bermain dengan Aplikasi ini. Hal ini dapat menambah ketertarikan Konsumen untuk datang ke Bimbel Kita.
  • Modul Kelas 1 s.d. 6 Mapel MAT, IPA, IPS, PKn dan IND
  • Modul Kelas 7 s.d. 9 Mapel MAT, IPA, dan ING
  • Modul dibuat per Bab dari agar saat pergantian kurikulum lebih cepat beradaptasi
  • Aplikasi Android tersedia untuk Kelas 3, 4, 5, 6 untuk Mapel MAT, IPA dan IPS serta Paket UN Kelas 6 SD.
  • Aplikasi Android tersedia untuk Kelas 7, 8, 9 untuk Mapel MAT dan IPA serta Paket UN Kelas 9 Mapel MAT, IPA, ING.
  • Untuk Logo Bebas Proses Pembuatan Aplikasi membutuhkan waktu 30 s.d. 60 hari, karena Aplikasi harus dibuat ulang, tidak bisa di copy paste dan Jumlah Aplikasi yang relatif banyak lebih dari 160 Aplikasi.
  • Cocok untuk membangun Bimbel ditengah Kota Madya, Kota Propinsi dan Ibu Kota Jakarta.
  • Bimbel sudah mempunyai fasilitas free wifi unlimited seperti speedy atau sejenisnya.
  • Untuk Logo Bebas didaftarkan sebagai Developer Android.
  • Daftar Aplikasi Mobile Learning dapat dilihat di http://promo.appaqila.web.id/
  • Contoh modul download di http://contohmodul.aqilacourse.web.id/
  • Penjelasan melalui Video klik Link berikut Video 1Video 2
  • Riset tentang penggunaan Mobile Learning dapat dilihat di http://aqilacourse.net/mobile-learning-aqila/
Harga Penawaran Paket SD SMP Digital

No comments:

Post a Comment

Promo Aqila

Promo Aqila ada beberapa Produk Aqila yang dapat membantu dalam Bidang Pendirian Bimbel