UTS Sem 2 Bahasa Indonesia Kelas 5 TP 2015/2016
Indonesia Paru-paru Dunia
Pewawancara : Selamat siang, Pak! Saya Dio siswa kelas 5 SD Nusantara.
Dapatkah saya meminta informasi dari Bapak mengenai hutan di
Indonesia?
Pak Bondan : Boleh. Begini, Indonesia sering disebut sebagai paru-paru dunia
karena pada saat proses fotosintesis, tumbuh-tumbuhan hutan
menyerap karbondioksida (CO2) dan memproduksi oksigen (O2).
Cara kerjanya seperti paru-paru,bukan?
Pewawancara : Dengan demikian, kerusakan hutan merupakan ancaman bagi
kehidupan manusia dan makhluk lain. Lalu bagaimana
pengembangan pengelolaan hutan di Indonesia?
Pak Bondan : Pengembangannya berdasar pada kebijaksanaan jangka panjang
yang bertujuan memanfaatkan sumber daya hutan secara
berkelanjutan bagi kemakmuran rakyat.
Pewawancara : Wah, terima kasih atas keterangannya, Pak Bondan!
Pak Bondan : Sama-sama, Dio.
Pewawancara : Saya mohon pamit dulu, Pak. Selamat siang!
Pak Bondan : Selamat siang!
1. Yang melakukan wawancara pada teks di atas adalah ....
a. Pak Bondan
b. Rio siswa kelas V SD
c. Pak Bondan dan Dio
d. Dio siswa kelas V SD Nusantara
2. Yang ingin diketahui oleh pewawancara pada teks di atas adalah …
a. Indonesia sering disebut sebagai paru-paru dunia.
b. Informasi mengenai hutan di Indonesiaa.
c. Kerusakan hutan di Indonesiaa.
d. Tujuan memanfaatkan sumber daya hutan Indonesia.
3. Indonesia disebut paru-paru dunia karena …
a. memiliki hutan yang menyerap karbondioksida (CO2) dan memproduksi oksigen (O2).
b. memiliki hutan yang menyerap oksigen (O2) dan memproduksi karbondioksida (CO2).
c. memiliki hutan yang bermanfaat bagi kemakmuran rakyat Indonesia.
d. memiliki hutan yang dikelola dengan baik.
4. Menurut Pak Bondan dalam teks di atas, pengembangan pengelolaan hutan di Indonesia bertujuan untuk ….
a. memanfaatkan sumber daya hutan bagi kemakmuran rakyat Indonesia.
b. menyelamatkan hutan Indonesia dari kerusakan.
c. melestarikan hutan sebagai paru-paru dunia.
d. memanfaatkan hutan untuk memproduksi oksigen (O2).
5. Dalam teks di atas, Pak Bondan merupakan ….
a. nara sumber b. reporter
c. wartawan d. tokoh
6. Pak Boma sangat iba pada anak beruang itu. Dia tidak ingin anak beruang tersebut mati diterkam harimau. Anak beruang itu lalu dibawa dan dirawatnya.
Watak tokoh cerita dalam bacaan di atas adalah ….
a. penyayang b. pemberani c. rendah hati d. penyabar
7. Penulisan tempat dan tanggal surat di bawah ini yang paling tepat adalah ....
a. Bondowoso: 11 Januari 2010 c. Bondowoso; 11 Januari 2010
b. Bondowoso, 11 Januari 2010 d. Bondowoso. 11 Januari 2010
8. Di bawah ini yang tidak perlu dicantumkan dalam laporan pengamatan ialah ....
a. tempat pengamatan b. waktu pengamatan
c. tujuan pengamatan d. biaya pengamatan
9. Di bawah ini yang tidak perlu diperhatikan dalam meringkas isi cerita ialah ....
a. mengetahui pengarang aslinya
b. meringkas isi cerita dalam beberapa kalimat
c. mengenal tokoh utama dalam cerita
d. mengetahui gagasan pokok isi cerita
10. Patih Anom pun ingin anak laki-lakinya menjadi lelaki yang dihargai
penduduk kampung. Patih Anom juga ingin anaknya kelak dapat menjadi
pelindung seluruh kampung. Selain itu, Patih Anom ingin anaknya berlaku adil.
Pokok pikiran paragraf tersebut adalah ....
a. keinginan Patih Anom b. Patih Anom jadi pelindung penduduk kampung.
c. anak Patih Anom d. keadilan anak Patih Anom
11. Meskipun miskin, Rian adalah anak yang paling pandai di kelasnya. Ia
sering membantu teman-temannya yang kesulitan dalam belajar. Maka, tak
heran jika ia mempunyai banyak teman.
Tema yang tepat dari bacaan di atas adalah ….
a. tolong menolong b. kemiskinan
c. persahabatan d. kepandaian akan menjadikan kita banyak teman
12. Sarah : ”Yu, katanya kau juara lomba menulis puisi?”
Uyu : ”....”
Jika ragu-ragu, Uyu akan mengatakan ....
a. Benar sekali, Sarah! b Itu tidak benar, Sarah!
c. Tentu dong! d. Ah, tidak mungkin!
13. Bagaimana pendapatmu jika temanmu tidak mengikuti upacara bendera untuk
mengenang para pahlawan ….
a. "Kita memang tidak usah ikut upacara!"
b. "Wah, ia harus mendapat hukuman!"
c. "Tidak apa-apa, itu kan tidak wajib diikuti!"
d. "Seharusnya ia menaati tata tertib. Kalau tidak, ia harus diberi hukuman!"
14. Di bawah ini kalimat yang menyatakan pendapat adalah …..
a. Menurutku kau harus masuk sekolah
b. Sebaiknya kau lekas mandi agar tidak terlambat
c.Aku akan ke rumahmu , kamu jangan pergi!
d. Ini dia, orang yang kita tunggu-tunggu!
15. Kalimat di bawah ini yang menanyakan alasan adalah ....
a. Bagaimana keadaan ibumu sekarang?
b. Di mana mereka membuat katrol ?
c. Siapa yang akan mengajar kelas V hari ini?
d. Mengapa kita memerlukan teknologi sederhana?
16. Awak kapal berkomunikasi dengan sandi morse.
Sinonim berkomunikasi adalah ....
a. berhubungan b. berbicara c. bercakap-cakap d. berdiskusi
17. Soni anak kelas VI. Sepulang sekolah ia membantu ibu berjualan pisang
goreng,menjelang Maghrib ia baru pulang. Walaupun badan terasa capai tetapi ia tetap belajar setap malam. Ia ingin kehidupannya berubah. Mulai sekarang ia harus ia harus bekerja keras belajar dengan tekun.
Cerita di atas menggambarkan Soni adalah anak yang ....
a. rajin dan tekun b. malas dan tekun
c. rajin tetapi bodoh d.ramah tetapi bodoh
18. Penggunaan tanda petik pada kalimat langsung di bawah ini yang tepat ialah ....
a. Indah berkata,” Aku akan membuat sirup.”
b. ” Indah berkata, aku akan membuat sirup.”
c. Indah,” berkata Akuakan membuat sirup.”
d. Indah berkata, Aku” akan membuat sirup.”
19. ”. . . . Kita tidak boleh menghina barang milik orang lain, sekalipun barang
tersebut di mata kita kuno dan jelek. Sebab, yang perlu diingat, orang memiliki
sesuatu pasti ada alasannya . . . .”
(Dikutip dari ”Si Pitung” dalam Kompas, 30 September 2007, dengan pengubahan seperlunya)
Amanat dalam kutipan cerpen di atas adalah . . . .
a. kita harus menghargai barang milik orang lain
b. barang orang lain yang kuno dan jelek bukan masalah kita
c. banyak hal yang perlu kita ingat
d. setiap orang memiliki alasan yang berbeda
20. Para anggota Palang Merah Remaja ( PMR ) menolong korban tanpa pamrih.
Tanda kurung pada kalimat di atas maksudnya adalah ....
a. persamaan c. menguraikan arti
b. memperjelas arti d. menunjukkan singkatan
21. Mengambil intisari dari suatu teks disebut ….
a. menyimpulkan b. meringkas c. ide pokok d. tema
22. Penggunaan tanda hubung (-) yang tepat terdapat dalam kalimat .....
a. Setiap pagi ayah berolah-raga di stadion.
b. Mereka bekerja- bakti membersihkan selokan.
c. Anak-anak tertawa mendengar cerita pak guru.
d. Kamu harus bertanggung- jawab atas kejadian itu.
23. Meringkas isi buku adalah kegiatan . . . buku.
a. menjelaskan c. merangkum b. membaca d. mendengarkan
24.
Teks 1
Aksesoris dari Makrame
(Karya Sri Murni)
Sejak mendapat pelajaran SBK tentang makrame, saya menjadi lebih rajin membuat berbagai kerajinan dari macam-macam jenis tali beraneka warna. Mulai dari sekadar merajut cincin mainan hingga tempat pot gantung cantik. Ya, semua memang berawal dari hobi. Banyak teman-teman yang memesan gelang, jepit rambut, ikat pinggang, dan berbagai aksesoris dari tali. Tentu saja pekerjaan merajut, memilin, dan menyimpul-nyimpul tali saya lakukan di sela-sela waktu belajar sambil menunggui jemuran padi. Maklum orang tua saya memang petani tulen. Saya tidak pernah mematok harga. Mereka yang pesan memilih sendiri warna dan jenis tali. Harga tali masih asli harga toko. Begitu pesanan jadi, saya catat panjang dan jenis tali yang dipakai. Mereka percaya dengan catatan itu, lalu dihitung sendiri. Saya tinggal menerima pengganti harga tali dan upah rajutan. Ingin tahu hasilnya? Wow, cukup untuk beli buku dan ditabung, minimal membantu orang tua meringankan beban biaya sekolah, gitu. Eh, siapa tahu kelak saya jadi bos alias pimpinan perusahaan aksesoris dari makrame!
Teks 2
Patung dari Sosis
(Karya Sri Murni)
Nama panggilan akrabnya Mus, lengkapnya Musdalifa. Dia baru lulus SD tahun ini. Sejak kelas tiga, dia mahir melukis dan memahat. Sayang sekali emaknya tidak sanggup membiayai pendidikannya di SMP. Setiap pulang sekolah dia harus menyelesaikan sebakul sosis gelondong untuk dibuat berbagai bentuk patung. Tentu saja goresan mata pisaunya tak boleh mengurangi gelondongan sosis itu. Pembeli lebih suka bentuk patung yang unik, tetapi tidak mengurangi bahannya. Begitu sreeeng...! Aroma khas bumbunya menyeruak suasana. Beberapa detik saja sudah bisa diangkat dan siap disantap. Patung-patung sosis yang sedang digoreng itu ditunggui pemesannya. Sekali goreng, dua puluh buah patung sosis siap saji. Berarti dua puluh keping logam lima ratusan masuk ke kaleng Musdalifa. Meskipun demikian, penghasilan emaknya hanya cukup untuk makan sekeluarga. Apalagi si Udin yang baru tiga tahun itu sering sakit-sakitan. Bapaknya meninggal karena terjebak tanah longsor saat menambang batu padas di Gunung Patiayam dua tahun yang lalu. Musdalifa bersama emaknya berjuang untuk tetap hidup dengan berdagang patung sosis.
Persamaan isi dari dua teks di atas adalah ....
a. kedua teks menceritakan tentang pelajaran keterampilan dalam membuat hasil kerajinan tangan di sekolah
b. kedua teks menceritakan tentang anak yang mandiri dan dapat membantu meringankan beban orang tuanya.
c. kedua teks menceritakan tentang anak yang belajar keras untuk mencapai
cita-citanya.
d. kedua teks menceritakan tentang anak yang bekerja keras di sebuah
perusahaan kerajinan untuk meringankan biaya hidup keluarga.
25. Penulisan kata yang baku adalah . . . .
a. ijasah, apotek, pirsawan c. ijasah, apotik, pemirsa
b. ijazah, apotik, pirsawan d. ijazah, apotek, pemirsa
26. Kalimat di bawah ini yang menggunakan kata depan adalah ......
a. Dagangannya dijual dengan harga murah
b. Ia mendapatkan keuntungan yang sangat besar
c. Keindahan bunga anggrek itu sangat mengagumkan
d. Ia akan pergi ke pasar untuk berbelanja
27. Harga di pasar tradisional lebih murah …. di swalayan .
Kata depan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
a. dari b. daripada c. kepada d. pada
28. Pernyataan yang mengungkapkan ketidak percayaan adalah ....
a. Ah, kau hanya bercanda! b. Sampaikan ucapan selamat padanya!
c. Ayo, kita pergi sekarang! d. Ah, tidak mungkin Dimas senekad itu!
29. ”Brodin mengeluh perutnya sakit. Kata saudara kembar Brodin, pagi itu Brodin
belum sarapan. Brodin tidak mau sarapan karena lauknya hanya telur dadar dan
kecap.”
Komentar yang tepat untuk cerita di atas adalah ….
a. Salahnya sendiri tidak mau sarapan!
b. Makan pagi itu penting, karena itu Brodin harus makan dulu sebelum
berangkat ke sekolah. Lagi pula, lauk telur itu sudah bagus
c. Sama dengan aku. Aku juga tidak mau kalau sarapan hanya lauk telur
d. Anak bandel, lauk telur kok tidak mau. Telur dadar kan enak!
30. Anak yang tenggelam itu (selamat) oleh tim SAR.
Kata dalam kurung pada kalimat di atas seharusnya ....
a. diselamati b. menyelamatkan c. diselamatkan d. berselamatkan
31. Di terminal banyak kita jumpai para pedagang membawa kotak kecil berisi
makanan kecil dan minuman, kadang juga rokok dan tisu.
Mereka adalah pedagang ....
a. jalanan b. asongan c. kaki lima d. keliling
32. . . . golongan darah perlu dicek secara teliti?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. Bagaimana b. Mengapa c. Apakah d. Kapan
33. Memberikan komentar atau tanggapan harus disertai ....
a. saran dan alasan yang masuk akal b. kemauan yang kuat
c. keyakinan dalam hati d. keberanian yang tinggi
34. Kakak menanam pohon yang berguna untuk obat.
Tanggapan yang tepat untuk keterangan narasumber di atas ialah ....
a. tanaman obat selain berguna bagi kesehatan juga untuk hiasan.
b. tanaman itu merupakan gerakan penghijauan di pegunungan.
c. tanaman yang demikian menghasilkan uang yang banyak .
d. tanaman itu dapat dituai setahun sekali.
35. Pekerjaan P. Trubus adalah … getah karet.
a. mengambil b. menyadap c. menyedot d. menghisap
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Boy adalah murid terpandai di kelas 5
Arti awalan ter- pada kata “terpandai” adalah ....
2. Orang yang menerima pembayaran di toko swalayan disebut ....
3. Sampah (serak) menambah suasana kumuh tempat pembuangan sampah.
Kata dalam kurung seharusnya ditulis . . . .
4. Pada zaman dahulu, orang melakukan perdagangan dengan cara barter.
Barter artinya .....
5. Kamus, ensiklopedia, dan buku petunjuk telepon disusun berdasarkan urutan ...
6. Pemulung itu memungut puntung rokok. Sinonim kata memungut adalah ....
7. Orang yang mengatur jalannya sebuah pementasan drama adalah ....
8. Ayahnya bekerja sebagai tukang cukur dan ibunya seorang penjahit.
Pekerjaan tersebut di atas termasuk bidang ....
9. Ketika air pasang, para warga di tepi sungai khawatir kebanjiran.
Antonim dari kata yang bercetak miring adalah ....
10. Di kota besar masih banyak kita jumpai tunawisma. Tunawisma artinya ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar