METODE PEMBELAJARAN PERSAINGAN
BERBASIS PENELITIAN
(INQUIRY COMPETITION)
Sebuah
pepatah lama mengatakan : "Katakan padaku dan aku lupa, tunjukkan padaku
dan aku ingat, libatkan aku maka aku akan mengerti." Bagian terakhir dari
pernyataan ini adalah inti dari pembelajaran berbasis penelitian. Pertanyaan-pertanyaan
sebagai indikasi keterlibatan yang mengarah pada pemahaman. Selanjutnya,
keterlibatan dalam belajar berarti memiliki keterampilan dan sikap yang
memungkinkan siswa untuk mencari solusi untuk pertanyaan-pertanyaan saat siswa
membangun pengetahuan baru.
"Pertanyaan"
didefinisikan sebagai "mencari kebenaran, informasi, atau pengetahuan, mencari informasi dengan mempertanyakan."
Individu melakukan proses penyelidikan dari saat mereka lahir sampai mereka
mati. Bayi mulai memahami dunia dengan bertanya. Dari kelahiran, bayi mengamati
wajah-wajah yang datang mendekat, mereka menangkap objek, mereka menempatkan
sesuatu di mulut mereka, dan mereka berbalik ke arah suara. Proses bertanya
dimulai dengan pengumpulan informasi dan data melalui penerapan indra manusia
yaitu melihat, mendengar, menyentuh, mencicipi, dan mencium.
Sebuah Permintaan
Sayangnya, sistem pendidikan
tradisional kita telah bekerja dengan cara yang menghambat proses penyelidikan
alam. Siswa menjadi kurang kritis untuk mengajukan pertanyaan ketika mereka berada
di kelas. Di sekolah-sekolah tradisional, siswa belajar untuk tidak bertanya, tetapi
lebih ditekankan untuk mendengarkan dan mengulangi jawaban yang diharapkan oleh
guru. keefektifan pembelajaran di kelas lebih dari sekedar hanya mengajukan
pertanyaan. Suatu proses kompleks yang terlibat ketika individu mencoba untuk
mengkonversi data ke dalam informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. aplikasi
yang berguna penyelidikan pembelajaran melibatkan beberapa faktor: konteks
untuk pertanyaan, sebuah kerangka kerja untuk pertanyaan, fokus untuk
pertanyaan, dan berbagai tingkat pertanyaan. Penyelidikan yang dirancang dengan
baik belajar menghasilkan pembentukan pengetahuan yang dapat diterapkan secara
luas.
Pentingnya Inquiry
Menghafal fakta-fakta dan
informasi bukan keterampilan yang paling penting di dunia sekarang ini. Fakta
sejarah, dan informasi sudah tersedia dalam buku ataupun software-software
komputer, tetapi yang dibutuhkan saat ini adalah pemahaman tentang bagaimana
untuk mendapatkan dan memahami data tersebut.
Pendidik harus mengerti bahwa kompetensi
yang diajarkan kepada siswa sekarang ini harus berguna untuk siswa setelah siswa
terjun dalam dunia kerja. Jadi sekolah perlu mengumpulkan data dan informasi
kompetensi apa yang bergerak ke arah kompetensi yang berlaku dan pengetahuan
yang bermanfaat pada generasi yang akan datang.
Proses
pembelajaran yang didukung oleh penelitian.
Di masa lalu, suatu negara
berhasil karena mempunyai sumber daya alam yang banyak, sekarang ini, suatu
negara berhasil bergantung pada tenaga kerja yang terampil dengan cara
"bekerja lebih cerdas."
Melalui proses penyelidikan,
banyak guru memberikan pemahaman mereka kepada siswa dan dirancang untuk hidup
di dunia alami (menggali sumber daya alam), tetapi fakta menunjukkan permintaan
tidak begitu banyak mencari jawaban yang benar - karena sering tidak ada -
tetapi lebih menekankan bagaimana mencari solusi yang tepat untuk pertanyaan
dan masalah. Sebagai pendidik, Guru seharusnya memberikan kemampuan menyelidiki
dan mencari solusi dari sebuah pertanyaan yang belum terjawab dari pada
menekankan pada hal-hal yang bersifat data dan sejarah yang sifatnya dapat
digali dari sumber data. Sehingga siswa yang telah menempuh pendidikan sudah
mengerti dan tahu bagaimana menggali data dan mengaplikasikannya untuk
memperoleh jawaban dari suatu pertanyaan atau masalah. Pemikiran akan mencari
suatu jawaban dari suatu masalah atau pertanyaan akan memungkinkan individu
untuk melanjutkan pencarian pengetahuan sepanjang hidup dengan atau tanpa
panduan dari seorang instruktur atau guru.
Materi atau Kompetensi dalam
Pelajaran sangat penting, tetapi bukan sebagai alat untuk mencapai tujuan,
bukan sebagai tujuan itu sendiri. Dasar pengetahuan untuk disiplin ilmu terus
berkembang dan berubah. Tidak ada yang bisa mempelajari segala sesuatu, tapi
semua orang dapat lebih mengembangkan kemampuan mereka dan menumbuhkan sikap
bertanya yang diperlukan untuk melanjutkan generasi dan pemeriksaan pengetahuan
sepanjang hidup mereka. Untuk pendidikan modern, keterampilan dan
kemampuan untuk terus belajar harus menjadi hasil yang paling penting.
Manusia sebagai individu dalam
masyarakat terus-menerus menghasilkan dan mengirimkan pengetahuan baru. Para ahli, bekerja secara terus menerus, terus menambah
pengetahuan baru. Hal ini sangat penting karena pengetahuan akan dikirimkan ke
semua anggota masyarakat. Pengiriman ilmu pengetahuan berlangsung melalui struktur seperti sekolah,
keluarga, dan program pelatihan.